jump to navigation

Kebutuhan Anti Wheelie dijelaskan dari Data Telemetri MotoGP March 25, 2016

Posted by Taufik in : motogp , trackback

440x100

Yamaha_GIF_440x100_Teaser-Z

banner-promos

rossi

Bro sekalian, Elektronik yang dipasok Oleh Magneti Marelli juga pula membenamkan fitur strategy Anti Wheelie didalamnya walaupun dalam penggunaannya sudah tidak lagi bersifat adaptive atau beradaptasi secara otomatik sesuai kondisi motor, jadi di 2016 ini setingan harus dilakukan oleh Pebalap secara manual dari Control Button Unit. Nah Sebenarnya seperti apasih butuhnya Anti wheelie tersebut? Berikut ini beberapa gambaran Yang tmcblog peroleh dari Video Pass MotoGP ( silahkan subscribe untuk melihatnya sob ) mengenai Kebutuhan Anti Wheelie dijelaskan dari Data Telemetri MotoGP . . .hmm telemetri . . menarik nih . . . Cekidot deh  . .

460x110mpx

MBtech-Riders-24feb2016

440x110 6

Wheelie sendiri merupakan sebuah kejadian yang membuat roda depan terangkat contohnya saat ngebut di straight, dan terangkatnya roda depan saat straight akan menyebabkan ada power yang terbuang percuma karena ban depan tidak memperoleh Grip yang efesien. nah lihat deh Grafik berikut ini

telemetry-graph1

Oke sekarang kita berlanjut ke Grafik telemetri yang ini :

telemetry-graph3

telemetry-graph2

Nah sekarang coba lihat di grafik atas . . . Grafik anti wheelie aktif ketika terjadi riple tangga pada grafik pertama ( ban depan sedang wheelie )  . . . gambar yang sedikit lebih lengkap

telemetry-graph

spidi-2

Nah saat anti wheelie elektronik bekerja, ia akan men-cut power sebentar untuk mengembalikan ban kembali pada posisinya menjejak asphal. Nah caranya yang umum di motoGP minimal ada dua , yakni mengecilkan bukaan klep input sehingga udara yang masuk jadi lebih sedikit, atau menyeting timing pembakaran menjadi sedikit lebih terlambat . . . namun kedua ini jelas akan men-cut Power, dan mayoritas pebalap gak mau ada power yang di-Cut. mereka ingin ban depan dapat traksi, namun power minim di cut . .

dovi

440x100

Oleh karena itu lahirlah pemikiran Winglets sebagai part custom aerodinamika yang dipercaya akan memberikan efek downforce di roda depan agar ban depan kembali dapat grip . ..  namun ya itu dia, keberadaan Winglet sedang kembali dipertanyakan atas dasar aspek pemikiran keselamatan . . . namun apapun keputusannya tentang winglet, tmcblog lega sudah bisa menjelaskan ke sobat semua gabaran mengenai Fenomena wheelie dan diperlukannya anti wheelie langsung dari sumber jelas yakni MotoGP . . . semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

Comments»

1. Cak Man - March 25, 2016

siiippp..

ninja150ss - March 25, 2016

wheeli ntr kehilangan wkt&bs njempalik mgkn 😂

http://traktordohc.com/2016/03/25/motor-suzuki-di-bangkok-motor-show-2016/

2. jildhuz - March 25, 2016

di motogp whelly / jumping di kurangin, di mata alay doyan drag malah jika whelly artinya keren

wkwkkwkwkw

http://jildhuz.com/2016/01/29/mengapa-produk-mlm-yang-di-jual-diapotik-lebih-murah/

3. windy Sweety - March 25, 2016

Yamaha M1 Ahlinya Smooth,Solusinya Kenyamanan Di saat menggeber Sampai Limit.
Cornering apalagi.

4. windy Sweety - March 25, 2016

Boleh nanya wak haji…
Kalau Rc213v Masih memakai Chasis versi 2014 atau versi 2016?

5. Muke Gile - March 25, 2016

Kalo sekarang 2016 ada yg berasa “ganggu” tuh Singlet.. dulu 2014,2015 kok lom berasa yah ??

apa karena Makin lebar wingletnya ??
hmm ckckck..ada efeknya buat th 2016 ini…

SEN25 - March 25, 2016

Dulu cm dipakai di 2 seri sob, skg planning di semua seri

6. Muke Gile - March 25, 2016

mau tanya…

Klo di WSBK torsi kan hampir mendekati motogp yahh… tp efek Wheelie ini bukan jadi masalah kah ??

7. tamvan - March 25, 2016

wihh moto gp pake singlet..?? demi keamanan lebih baik pakai wearpack :v

8. zato - March 25, 2016

Bisa jg sih idenya magrelli…

9. Muke Gile - March 25, 2016

soalnya di Roadrace aplikasiin singlet juga..yaah pernah kan ?? kok di WSBK yg torsi hampir mendekati motogp gak masang ?. atau karena biaya yg mahal buat riset winglet itu ??…

10. Kebutuhan Anti Wheelie dijelaskan dari Data Telemetri MotoGP - INDOMOTONEWS - March 25, 2016

[…] dijelaskan dari Data Telemetri MotoGP ­ iframe { visibility: hidden; opacity: 0; } Previous […]

11. M16 - March 25, 2016

Itu angka powér maxnya berapa ya?

12. sijidewe - March 25, 2016
13. kliwon - March 25, 2016

Oooo..gitu ya

Maaf

#kami bukan kaun Nearly

zato - March 25, 2016

Saya jga bukan pengguna SOHC bro….

14. Benzema ngat - March 25, 2016

Ini baru artikel…independen , obyektif tanpa memihak

15. LorokTm - March 25, 2016

menurutku motornya Marc yg paling parah wheelienya pada saat race Qatar kemarin 😀

16. Nmm - March 25, 2016

Ducati terlalu ganas pake winglet wkwkwk

17. Shawang Shulna - March 25, 2016

Ducati+Winglet=Anti Wheelie
Yamaha=Anti Kickback
Honda=Anti Sruntul

18. otnu - March 25, 2016

wak haji, klo emang winglet itu utk mendapatkan downforce, kok winglet di motor ducati itu (gambar diatas) kok tidak menukik kbawah y?
padahal kan yg aq tau, winglet menukik untuk downforce, winglet menengadah untuk gaya angkat seperti di pesawat terbang.

19. harisnanggala - March 25, 2016

pusing kang..

20. Dyuser - March 25, 2016

Kalo winglet tidak boleh, bisa di ganti dengan wing tip

21. wosos - March 25, 2016

jozzz

22. windy Sweety - March 25, 2016

Yang pertama Ngeluh soal Winglet kan Rider” Honda?

23. Gerimis - March 25, 2016

Oh gitu wak.
Nyimak .
Paham

24. the yonjk - March 25, 2016

Mantap artikelnya. Ilmiah bingit

25. Tukang Fotocopy - March 25, 2016

Mantap…

26. XXX - March 25, 2016

Simplenya aja, kalo gak mau kena turbulensi winglet ya mesti ada di depannya kan? Nah kalo gini komplain? Ya artinya motor yg komplain itu lelet hahahahah

DNFmagz - March 25, 2016

Nais

27. Aladin - March 25, 2016

kalo artikel tentang data telemetri gini , ane mangut2 aja…

soalnya ane kagak paham :mrgreen:

28. SuRyA - March 25, 2016

mantabb kang.. walopun sedikit trauma melihat grafik seperti itu. mengingatkan kuliah saat belajar sistem komunikasi hahahaha

http://dk8000.org/2016/03/23/sebuah-catatan-mengenai-formula-1-rio-haryanto-dan-mendadak-f1/

http://dk8000.org/2016/03/24/manfaatkan-fasilitas-indihome-untuk-wifi-id/

29. Roy (Sempak Operpret) - March 25, 2016

Enaknya pmbalap skrg. Era gp500, traction control adanya dibahu, abs dijari, anti wheelie n anti spin adanya ditangan kanan. Pantes lorenzo gak mw balik ke era gp 500. Bawa yg 250 aja feelingnya harus kuat.

Hilman Kurniawan - March 29, 2016

Bentar lagi robot pada balapan pake AI. Manusia cuma nontonin aja 😂

30. mirzafawaid - March 25, 2016

Lebih seru winglet di motogp dilarang, biar sama dengan moto2 dan moto3

31. Darsono pangling - March 25, 2016

Yg jelas ECUnya emang di buat untuk mekanik yg ga mau belajar lebih alias males dan kurang cerdas…mekanik jenis ini biasanya mencari alesan keselamatan dan kesenjangan!!! Mreka kurang kompetitif di teknologi komputer dan data, ya jadinya ngajak kompetisi mundur kebelakang!!! Dan ini downgrade buat motogp!!! Ingat ini motogp bukan wsbk apalagi roadrace!!!

32. Adid blues - March 25, 2016

di era GP 2 tak dulu kok pembalapnya kaya sengaja bikin motor wheelie ya tiap keluar tikungan? Itu bener disengaja atau mata saya yg salah ya?

33. anz - March 26, 2016

mantap wak penjelasannya

34. dave - March 27, 2016

Itu pake data motor sapa mas?



%d bloggers like this: