440x100

FWB-TMCBLOG

speedweek-ban

Bro sekalian, Meletusnya Ban Medium Compound Michelin karena Overheat setelah dipakai selama 7 lap oleh Pebalap Ducati  Pramac racing, Scott Redding Pada FP4 menghasilkan keputusan bahwa akhirnnya dua kompon Ban Michelin Yang di nawa ke Aegentina ditarik ( withdraw ) Untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut oleh pihak Michelin dan tidak akan dipakai lagi di Race Hari ahad ini dengan alasan bahwa dua ban yg dibawa dibangun dengan struktur penguat yang sama, cuma beda di jenis karet nya saja sehingga apa yang terjadi di Ban medium bisa saja terjadi Di ban hard.

460x110mpx

440x110 6

Sebagai gantinya , Pebalap masing masing akan dialokasikan 4 unit  ban baru dengan nama  the extra “special” rear compound  . ..  ban Baru michelin ini dibangun dengan kontruksi yang lebih kuat dan tahan akan ‘strain’ dan temperatur tinggi . . .

suratdorna-michelin

pertanyaan selanjutnya adalah, Pebalap tentu harus beradaptasi dengan ban baru ini . . . oleh karena itu juga khusus untuk kelas motoGP diberikan waktu ujicoba ban selama 30 menit dimulai pukul 9 pagi sebelum dilakukan warm up Official yang sudah di jadwalkan semula . .

spidi-2

Problem masalah degradasi Ban Michelin yang mengemuka di awal Musim 2016 ini selalu mengenai Pebalap Ducati dengan postur tubuh yang bongsor, opini dari luar Track memperkirakan ada hubungan antara bobot tubuh yang membuat gaya Normal Motor ( bobot dikali  grafitasi) bertambah .

friksi-formula

Dalam Mekanika Klasik, Logika sederhananya adalah Jika Gaya Normal bertambah maka Gaya friksi ( gesek) yang terjadi antara Karet dan Asphal pun akan bertambah besar, mengakibatkan Degradasi ban akan lebih cepat terjadi ( lebih cepat gundul tuh ban )  . . . Logis sih, mudah mudahan semua lancar nih dan Pebalap dapat dengan cepat mengetahui karakteristik ban baru  . . kecuali . . . Kondisi Race Hujan . . Gak perlu ban slick . . semua Pakai Ban Michelin Power rain . .. berikut pendapat beberapa pebalap :

Marc Marquez : “Setelah Keputusan oleh Michelin ini keluar, kupikir esok akan lebih blank karena semua pebalap akan menggunakan ban dengan spesifikasi berbeda dengan yang telah kami pakai selama akhir pekan ini. Kami akan tunggu dan lihat bagaimana kerjanya. Kami akan memiliki dua waktu Warm up, pertama selama 30 menit untuk memperoleh informasi dan kami akan lihat apakah semuannya berjalan dengan baik, Kita harapkan nggak banyak perubahan dari ban yang selama ini kami pakai “

Valentino Rossi : “lokasi baru ini merubah banget situasi, karena saya pikir awalnya saya berpikir mereka ( Michelin) akan menarik ban soft dan kita bisa racedengan opsi yang lebih keras, namun sayangnya kami harus race dengan ban yang sama sekali belum pernah kami coba. Dengan keputusan ini kami harus mulai dari NOL, so Kami harap esok pagi di setengah jam sebelum warm upkami dapat mengerti situasi ini dan ban tersebut aman. Semua Oarang akan memperoleh hal yang sama, Kita lihat esok

Jorge Lorenzo : ” Benar benar situasi yang aneh dan belum pernah terjadi sebelumnya, sayangnya kita punya Isu yang terjadi di masa yang lampau, dan jelas ini bukan kondisi yang nyaman untuk pebalap dan team, Namun begitulah kejadiannya. Saya cukup Respect pada Michelin dan upaya yang mereka lakukan untuk meningkatkan (kualitas ) ban 2016. Waaupun terakhir ada hal yang tidak mengenakkan, Saya yakin mereka akan tetap bekerja karena  keselamatan adalah prioritas utama di racing. Besok, Race akan sangat sulit, Kami harus mulai dari Nol, Namun paling tidak semua Pebalap merasakan hal yang sama, kita lihat saja esok pagi.”

Silahkan dikunyah kunyah dan semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

Foto : speedweek

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

 

 

46 COMMENTS

    • bener banget, special compound itu . . atau ban lama tapi hard
      coz’ compound yang ditarik hanya medium dan soft saja

      Administrator
  1. wak haji ayo ke lap. sempur bogor… ni ane lg jogging bareng isyana
    badan sehat sekalian cuci mata… lumayan bening² 😀

    haiyyaaa cilaka luwa welas waaa

    Guest
  2. Apa kata ban bridgestone ya,
    Ban ko kaya bom pada meledug, ini motogp keselamatan yg utama,
    Meledug-nyungsep-bisa (selamat / wassalam)

    Guest
  3. Michelin kurang bagus apa kali ya…. harusnya pilihan merk ban bebas lah …. mau pake brdgstone ato irc ke , ato federal ke , swallow ke … harusnya bebas biar seru…hehhe

    Guest
  4. Ban tipe hard masih boleh dong?
    Markes klo gk salah pake kombinasi hard-hard
    Hmmm… keknya markes bakal podium

    Guest
  5. waktu zamane stoner borong podium nang ducati bane yo kuwi bridgestone sedang honda pke micheline waktu itu sangat kesulitan ngejar stoner wak mbuh yamha opo nganggo bridgestone opo ora ..

    Guest
  6. apa ini efek dr ring 17″?? Yg menjadikan permukaan yg menempel ke aspal lbh lebar dibanding 16,5″, shg degradasi ban jd lbh cepat. Dan ketebalan kompon jg lbh tipis shg dg degradasi besar maka ban akan makin cepat rusak.
    Bs dijelaskan scr teknik gak wak?? Skalian bahas perbedaan ukuran ring 17 ama 16,5.

    Guest
    • kalau mau analisa dari sisi itu bukan hanya diameter ring, namun juga dengan lebar tapaknya dan persentase

      Administrator
  7. berarti wak.. tekanan angin di ban + bobot rider dan tekanan gravitasi mempengaruhi ban banget ya.. klihatan nya ngeri bgt sampe bisa bkin bagian belakang penyok keatas ky di tabrak dari belakang..

    Guest
  8. asiiik semuanya baru….Ban baru, semuanya blank dan seperti direset dari nol lagi…jadi sekarang bener2 skill dan keberuntungan yg berbicara

    Guest
    • Benar sekali..dan apakah nanti ‘ The doctor’ akan membuktikan masih layak disebut the doctor atau baby alien akan membuktikan bahwa bukan manusia biasa alias emang dari alien..

      Guest
  9. Michelin has withdrawn BOTH of its planned rear
    tyre compounds ahead of Sunday’s MotoGP race
    in Argentina.
    The decision has been made on safety grounds
    following a scary incident for Scott Redding
    during final MotoGP practice in Argentina.
    A new medium rear, with a stiffer construction,
    will now be introduced on Sunday.
    “The reason both current tyres [medium and
    hard compounds] must be withdrawn is
    because they are both of the same construction,
    meaning that there is a possibility of a similar
    failure on the harder tyre,” said a statement.
    “Michelin’s new rear tyre to be introduced from
    Sunday is of a harder construction, and will cope
    better with the hard strains and temperatures
    put through it – albeit at the expense of lap
    times.”

    Sumber: Crash.net

    Jadi yg ditarik adalah baik “medium” maupun “hard compound tyres” dan diganti dgn medium dan hard compound tyres baru yg konstruksinya lebih kokoh.

    Guest
    • Emang bro
      Kalo gak salah michelin hanya menyediakan ban medium dan hard untuk ban belakang di gp argentina
      Jadi yang ditarik ya kedua ban itu

      Ban special compound itu mungkin ban extra hard yang akan dipakai di race2 tertentu
      Mustahil juga michelin buat ban baru dalam waktu sesingkat itu
      Dan compound spesial itu akan dipakai oleh semua pembalap, jadi gak ada perbedaan ban untuk ban belakang nanti

      Guest
  10. ducati dah 2x pecah ban…
    apa mungkin pengaruh kebanyakan winglet sehingga tekanan yg di terima ban yg dipake ducati lebih besar daripada yg lain..?

    Guest
  11. Klo emang dr efek peningkatan gravitasi berarti pedrosa aman ae, kang taufik juara (ceritanya ikutan), redding, rossi, petrux dll ban belakangnya meletus di tengah race (ceritanya ga ditarik, hihi)

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.