jump to navigation

Ujub April 8, 2016

Posted by Taufik in : Ngaji di Blog , trackback

batu

Bro sekalian, Ujub memiliki makna suatu sifat dimana seseorang dilanda perasaan takjub terhadap diri sendiri sehingga seolah-olah dirinyalah yang paling utama daripada yang lain. Penyakit ini biasanya menghinggapi seseorang yang dalam hatinya tidak merasa ikhlas terhadap apa yang ia lakukan. Seorang sobat saya yang sempat satu SMP, Satu SMA sampai Satu Fakultas di depok pernah mengirimkan satu pesan singkat yang memiliki makna sangat dalam berasal dari mulut seorang Ibnul Qayyim : ” Sesungguhnya engkau terlelap tidur semalaman dan pagi harinya menyesal adalah lebih baik dari pada beribadah ( sholat malam ) semalaman namun paginya engkau merasa takjub dan bangga diri dengan amalmu ” . ..  jlebbsss  . . .  dalem yah ?

Jleb  . . . jelas sampai saya menuliskan kata demi kata dalam artikel ini pun, perkataan Ibnul Qayyim terus terkenang kenang dan terngiang ngiang dalam otak saya . . . kegalauan saya adalah  ”  Ya Rabb, jangan jangan selama ini ada sebesar biji atom perasaan tersebut dalam hati saya yang lemah ini. Merasa bangga akan apa yang telah saya tulis dalam kolom ngaji di blog dan merasa saya punya keutamaan lebih dibanding sobat sobat saya yang membacanya . . . padahal  . . . ahhh Astaghfirullah ”

Berbuat baik dan Ikhlas itu menurut saya memang harus inline . .. Berbuat baik  bisa saja mudah dilakukan secara fisik, namun ikhlas itu adalah pergolakan hati, tidak ada yang mengetahui kecuali diri sendiri dan Sang Maha Mengetahui. Dan Ingat sang penggoda akan terus menghembuskan dan membisikan hati kita untuk merasa bangga dan merasa utama akan perbuatan baik yang telah kita lakukan . . .

Persoalan apakah perbuatan baik kita itu akan mengangkat derajad kita atau nggak, janganlah dipikirkan, biarlah itu jadi kuasa dan hak Prerogatif Sang Maha Menentukan  . . . Jelas Utamanya Tulisan ini adalah untuk memberikan warning kepada pribadi saya sendiri dan tentunya mudah mudahan juga bisa jadi rambu rambu buat kita semua agar amal perbuatan baik yang kita lakukan juga nggak sia sia . . . mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan artikel ini, semua kesalahan berasal dari kelemahan saya sebagai manusia. Salam

Taufik of BuitenZorg

Comments»

1. No FB - April 8, 2016

Wak haji .. R U ok ..?

hatori - April 8, 2016

Semoga kita selalu menjadi pribadi yang lebih baik. Amiin

No FB - April 8, 2016

Aamiin ya Alloh ..

2. Seta - April 8, 2016

Juoooosss.. Wak Haji.. Mantaaappp..!?

Seta - April 8, 2016

Tumben bisa popokdium 2 di blog wak haji

3. SEN25 - April 8, 2016

Ok ok ok mari memperbaiki diri

4. pramono - April 8, 2016

Wih sepi wak haji. Mumpung sepi sesekali mbahas motor niaga .mulai jenis honda win sampe motor tiga roda gitu wak makasih

5. cangijo - April 8, 2016

makasih pencerahannya wak haji..

6. Wong Biasa - April 8, 2016

👌👍👍👍👍👍
Siiipp….!! Lima jempol deh…

7. warogrider - April 8, 2016

merasa bangga akan diri sendiri itu penyakit yang kadang tanpa kita sadari muncul dari diri kita.
semoga dijauhkan dari sifat ujub yang tercela dan selalu rendah diri dalam berbagi dan bersukur atas yang diberi.

8. Nastar - April 8, 2016

Yah semoga aja ga ada blog yang suka ujub dan melakukan penggiringan opini. Adil lebih deket kepada takwa.

Semoga wak haji diberi kesehatan dan nikmat selalu. Ciaoo wak.

9. Ujub - INDOMOTONEWS - April 8, 2016

[…] Home/Blogging activity/Aggregator/Ujub ­ iframe { visibility: hidden; opacity: 0; } Previous […]

10. aris arsenio - April 8, 2016

Mantab ni artikelnya,,,josss ,,,like it

11. (penikmat cikopi+gorengulen di pagi hari) - April 8, 2016

mudah2an kita semua menjauhkan diri dari sifat ujub, riya dan takabur….. aamiinn…

12. lindamorsilit - April 8, 2016

Jleg..jleg..jleg…jleg……….

13. Hayaat - April 8, 2016

“……mudah mudahan juga bisa jadi rambu rambu buat kita semua agar amal perbuatan baik yang kita lakukan juga nggak sia sia….”

Aamiin Yaa Robbal’alamiin.

14. mt rider - April 8, 2016

bagaimana bila blog tsb justru membawa org pada pertikaian, pada keburukan..bukankah itu juga menjadi kesalahan?

15. Polas - April 8, 2016

Terima kasih wak armtas pencerhanya 🙂

16. serreniti - April 8, 2016

Aamiinn

mudah2an kita selalu dalam lindungan Allah SWT wak.. Aamiinn

17. budi arlan aditya - April 8, 2016

Insyaallah

18. genres - April 8, 2016

Insyaalah wak… wak haji nulisnya sambil nangis yah?

19. genres - April 8, 2016

Insyaallah.. maaf salah tulis wak… sedih huh.

20. RUGI TRIATMONO - April 8, 2016

Sodaranya Ucup

21. RUGI TRIATMONO - April 8, 2016

Betul wak haji,,,jangan seperti yg terlalu bangga dengan produk sesembahannya

22. HamHam - April 8, 2016

Amin

23. Darsono Pangling - April 8, 2016

Jleeebs banget wak…

24. killbill1 - April 8, 2016

Tabiat narsis itu sebagai biang dari ujub/riya’/takabur,Fik. Perilaku AIDS (angkuh,iri,dengki,sombong) made in iblis ini yg menyebabkan terusir dari surga

25. paijo jancox - April 8, 2016

orang yang merasa ikhlas, dialah sesungguhnya tidak ikhlas, orang yang merasa paling baik, dialah ssgghya orang yang jelek, orang yg merasa paling benar, dialah ssngguhnya orang yg salah.. orag yg bijak dan benar adalah, yg mau meniti/menghisab amalnya sendiri sendiri setiap saat setiap waktu setiap ruh/nafas berhembus… waduh jancookii nggedabrus wong…kkkkkk
siip wak kaji…

26. wakhaji - April 8, 2016

mantebb wak

27. Vera - April 8, 2016

Mohon maaf juga wak kaji, atas komen-komen kami, BC yg selalu ujung – ujungnya membanggakan diri atas merk motor yg kami pakai atau bahkan membanggakan idola kami yg justru jauh dari contoh sang Rasul
Trims sudah kasih inspirasi kami

28. ym - April 8, 2016

Yuk kita intropeksi diri, , ,

29. tomi - April 8, 2016

betul kata Vera , mudah-mudahan setelah ini fby dan fbh tdk ada yg ujub, tdk ada yg merasa paling baik, sehingga tdk olok-olokan gara-gara motor, toh juga gak ada untungnya, paling-paling yang untung YIMM dan AHM, kita dapet dosanya, betul gak ?

30. oke - April 8, 2016

ada tuh ####### yg merasa ujub!! hehe…
ga usah sebut nama…
astagfirullah…

31. lontong sayur - April 8, 2016

Wak..kira kiraa kita masuk surga gx ya wak??

Pantes pora wong koyok dewe mlebu suargo wak??

Po jangan jangan di strika neng neroko selawase wak

Astagfirullah

32. Skidrow - April 8, 2016

Mantap wak, ini yang khas dari wak haji kadang ada selingan siraman rohani

Ujub kalo di malang artinya istri/pacar :mrgreen:

33. jaya - April 8, 2016

semoga kita semua bisa ikhlas…. Amin

34. aku anak jenderal - April 8, 2016

Aamiin

35. ade semarang - April 8, 2016

kebaikan sifatnya inline…
terus yg V Twin opo wak haji?..

36. goozir - April 8, 2016

terima kasih pak haji sudah di ingatkan,, kemarin sebelah berbicara histori, sekarang pak haji mengingatkan kita semua. suwun… tidak tau ada konsisi apa atau ada apa pokoknya suwun pak haji..

salah satu bentuk silaturahmi adalah berkunjung ke blog orang lain…
sebuah konsep desain yang prestisius dari Yamaha nongol di vietnam motor show

goozir.com/2016/04/yamaha-04gen-skutik-capung-transparan.html

37. Bogel - April 8, 2016

Alhamdulillah,di ingatkan wak,memang orang yg paling beruntung,yg saling mengingat kan dalam hal kebaikan dan kesabaran,suwun wak…

38. fireblade - April 8, 2016

Mungkin lbh tepatnya perbuatan baik itu harus inline 3 silinder kali y wak, yg mlibatkan hati, lisan, dan amal perbuatan. Sbagaimana iman adlh meyakini dlm hati, mngucapkn mll lisan, dan mlaksanakn lewat prbuatan. 3 anggota bdn tsb jd pnya amal msng2 yg bs brbuah pahala. Amal hati dgn takut pd Allah, brharap ampunan,ikhlas dsb, amal lisan pd dzikir2nya,tdk mnybut amal2ny/pamer, amal prbuatan ada pd sholat,puasa,bantu orng, sedekah dgn tangan kanan shg tangan kiriny tdk mngtahui dsb. Jk smuanya baik in syaa Allah akn dinaikkan derajat kt oleh Allah.
Smoga kt smua dimudahkn Allah dlm amal ktaatan. Aamiin.

39. tangguh hw - April 8, 2016

siraman embun pagi..

40. DNFmagz - April 8, 2016
41. gemini - April 8, 2016
42. cbsf lemot - April 8, 2016

One word to say: thanks.

43. Chihuahua™ - April 8, 2016

yup setuju… jgn sombong tetep rendah hati tp jgn rendah diri waaaa
keep Rockin’

haiyyaaa cilaka luwa welas waaa

ah sudahlah.. - April 8, 2016

mna z800 anda ??
gk di pajang???

44. Nugie - April 8, 2016

Masya Allah wak Taufik,,
Hati jd adem nih wak pagi2 baca artikel UJUB.
Barakallahufik

45. FBY Smart - April 8, 2016

hakkkk desssss…..

mak jlub…. di hati….

#jaring oh jaring

46. Didi - April 8, 2016

Intinya hidup itu harus tawadlu (rendah hati), sepintar2 nya kita, atau sehebat2 nya kita tetap ada yang lebih yaitu sang kholik.

47. dave - April 8, 2016

susah tuh menghilangkan penyakit ky gt

48. rosijos - April 8, 2016

Yg penting tulisan sampeyan gak berat sebelah aja,itu sdh joss kok
Jgn kayak sebelah….

49. alay mande - April 8, 2016

para sales panas dingin ba2 ini

50. orongorong - April 8, 2016
51. sule - April 8, 2016

terima kasih wak haji..

52. amare - April 8, 2016

jangan ujub dengan produk yang kalian bela. semuanya ada nilai lebih dan kekurangan dengan produk yang kalian bela mati matian itu.
si Y memang bagus si H juga tak kalah bagus.. S Y mesin nya Rompal di H juga Rompal juga begitu pun dengan brand-brand yg lain. di balik kelebihan pasti ada kekurangan .. JANGAN UJUB

53. aganwidodo - April 8, 2016

Astaghfirullah, saya juga sering ujub, merasa lebih dari orang lain.
Kadang dibanding orang lain saya merasa lebih benar, lebih baik, lebih kaya, lebih rendah hati, lebih pintar, dll… Kadang gak sadar ketika rasa itu datang.

54. bud - April 8, 2016

RQ tinggi macam cak nun..

55. jildhuz - April 8, 2016

kangen sama artikel inspirasi wak aji nih, kayanya minimal 2 minggu sekali harus ada artikel model ginian, motivasi

http://jildhuz.com/2016/04/08/logika-simpel-di-mlm-tidak-ada-pasive-income/

56. Widji Soetedjo - April 8, 2016

Sepi soko SALES Wak yen artikel kya gini,,, 😀

57. da rori - April 8, 2016

matur nuwun wak…

58. Arial - April 8, 2016

https: //youtu.be/ZZRzCXtp8WI
^^^ Ayo persiapan.. persiapan..
Silakan yg punya wifi gratis atau kuota lebih, diklik yaa… 😉
Tonton sampai habis.. dijamin bakalan kaget sama isi materinya..

59. Orang nanya - April 8, 2016

Nanya wak, apakah Percaya diri dan Optimis juga termasuk Ujub ?

Taufik - April 8, 2016

Percaya diri dan Optimis namun tetap menjaga hati dan tetap tawadhu

60. bel sekolah - April 8, 2016

trimakasih kang

61. ilham - April 9, 2016

Aamiin wak…
Semoga kita semua diselamatkan dari segala penyakit hati.

Mengingatkan org secara tersirat dengan bahasa yg halus salah satu sifat dakwah rasulullah.

62. DARSONO LINGLUNG - April 9, 2016

@ 55. Jilboobz

Koyok motivasi ikut em el em sampeyan yak?

Xixixixixi 😆



%d bloggers like this: