jump to navigation

Citizen Journalism : Opini Skutik 200 cc Honda untuk meladeni Skutik 150 cc dan 250 cc Yamaha May 1, 2016

Posted by Taufik in : Citizen Journalism , trackback

honda-vario-440x100

2014_Honda_Forza_1801843

Bro sekalian, setelah artikel Citizen Journalism yang pertama yang membahas dari sisi Pabrikan Yamaha . . . hadir Tulisan kedua dari pengunjung tmcblog yang memiliki pemikiran berbeda dan mengambil sudut pandang dari pabrikan Honda. Adalah Bro Orna RAditya yang mengirimkan surat elektronik ke tmcblog yang berisi pendapat dia mengenai apa yang mungkin bisa dipikirkan Honda dalam strategy Segmen Skutik premium. Agak Out of The box dengan pendapat yang lain ..  . Bro Adit ini malah mengemukakan perdapatnya bahwa Honda bisa tampil beda dan tidak tercebur dalam red Ocean dengan Yamaha di segmen ini  . . . yakni dengan merilis/ memproduksi skutik 200 cc . . . Pas -tidak, sesuai – tidak dengan pendapat mas bro sekalian bukan masalah yang penting sudah memberikan Opini. Yang pasti segala diskusi akan membuat kita semua makin cerdas . . . silahkan disimak sob

460x110mpx

Seneng rasanya bisa membaca artikel2 dari blognya TMC, terutama yang bersifat opini seputar perkembangan pasar roda dua di tanah air.  Sedikit tergelitik nih Wak sewaktu membaca artikel tanggal 26 April 2016 lalu, perihal strategi AHM maupun YIMM di pasar medium/big scooter, dimana YIMM (menurut opini TMC) akan membuat diferensiasi di line up NMAX utk memberi value lebih ketimbang produk yg nanti dihadirkan oleh AHM. langkah ini (kembali menurut TMC) diambil melihat karakter dari AHM yg selalu membenturkan produknya dengan produk pesaing secara desain, dimensi dan fitur, istilah kasarnya AHM dalam hal ini akan terus menjadi follower untuk menumbangkan produk kompetitornya.

NMAX-

berbicara kembali ke soal medium/big scooter, kebanyakan orang sudah memprediksi bahwa langkah AHM adalah dengan merilis Forza 150/250 untuk menyaingi NMAX dan sekaligus mengantisipasi kehadiran XMAX250, saya pribadi memiliki pemikiran mengenai langkah apa yang sebaiknya diambil oleh AHM dalam memenangkan pasar ini. menurut pendapat saya, ada langkah alternatif yang bisa dihadirkan oleh AHM, yaitu menghadirkan Forza 200 lokal di harga 35jutaan (maksimal).

spidi-2

kenapa kok malah merilis medium/big scooter nanggung dengan 200cc?, ada beberapa alasan:

  1. pasar medium/big scooter dengan pricelist di atas 45jutaan tidaklah gemuk, bisa dilihat dari penjualan Brugmann200 dan lineup 200cc< SYM atau Kymco (walaupun saya sadar, membandingkan brand d iatas tidaklah apple-to-apple apabila dihadapkan dengan AHM atau YIMM). adalah logis jika AHM tetap menggarap ceruk pasar yang terbukti penjualannya moncer, pasar mainstream masih dapat menerima produk seharga 35jutaan
  2. Memiliki desain yg lebih fresh dan fitur lebih (dibanding NMAX) belum memberikan jaminan untuk Forza dalam mengambil pimpinan pasar medium/big scooter 150cc, dengan tambahan 50cc, konsumen akan berpikir bahwa Forza memiliki value yang secara riil terasa diatas pesaingnya. nah giliran YIMM yang akan bingung dalam menempatkan XMAX 250cc, apabila mereka salah dalam menerapkan kebijakan harga dijamin konsumen akan berpikir ulang untuk membeli produk scooter 250cc mereka. mau tidak mau YIMM akan mati-matian memepetkan harga jual XMAX250 dengan Forza200 (buah simalakama bagi YIMM)
  3. Dengan mesin 200cc, konsumen matic Honda (khususnya vario user) akan merasa bahwa produk AHM kali ini tidak sekedar “ganti baju” saja, tentunya akan menambah pertimbangan mereka untuk “upgrade” ke Forza200. begitupun dengan konsumen NMAX, mereka akan mempertimbangkan antara Forza200-XMAX250 apabila ingin naik kelas, tentu dengan value produk yang baik, Forza200 sanggup membuat para pemakai NMAX menjadi gundah gulana 😀
  4. Langkah ini menjadi menarik dikala berbicara mengenai efisiensi produksi. jika AHM merilis dua varian Forza yakni Forza150 dan Forza250, bukankah mereka juga harus membuat mesin 250cc?, itupun dengan asumsi bahwa Forza150 menggunakan mesin sama plek dengan vario series. bandingkan dengan 1 lini produksi khusus 200cc, tentu mengurangi ongkos produksi. memang AHM tetap harus membuat mesin baru dengan kapasitas 200cc (setahu saya Honda belum memiliki mesin dengan ukuran 200cc sejak jaman Tiger), namun akan lebih efisien ketimbang mengeluarkan dua varian di atas.

Yamaha_SMAX_155-8

sekarang yang menjadi pertaruhan di pasar ini adalah pabrikan yang sanggup menjaga momentum, saat ini YIMM sanggup menjaga momentum penjualan NMAX, apalagi dengan dirilisnya B65 nanti. AHM harus cerdas dalam bermain di segmen pasar ini, karena menjadi follower belum tentu sanggup menggulingkan sang pemimpin pasar (lihat contoh Sonic150). so, Forza200, sepertinya bisa menjadi alternatif penggebuk duet NMAX/XMAX

silahkan didiskusikan sob

* seluruh foto hanyalah ilustrasi

Ornas Raditya – on behafl TMCBlog

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

Comments»

1. rio - May 1, 2016

mantap

Yamahatiku - May 1, 2016

Ada kata2
– Blue Ocean
– Efisiensi Produksi
– Belum memberikan jaminan diterima pasar

Strategi itu ga cocok buat Honda..

Marberuux - May 1, 2016

Honda kan spesialis foti copy. Biar yamaha aja yg buka pasar… Ngoahahhaba

lg - May 2, 2016

blue ocean ya?
di saat kompetitor cuma berani main aman dengan desainrilis 1 varian skutik saja, honda berani rilisrilis 2 varian vario & beat sekaligus.
di saat kompetitor cuma berani rilis skutik dengan desain standar, honda berani rilis skutik retro scoopy.
dsb.
belum lagi kalau ngomongin motor jadul macam tiger, nsr, dll.
so, masing2 punya momen menjadi trendsetter dan follower sendiri, jadi tidak usah fanatik berlebihan lah

Agusta - May 1, 2016

Xmax 250 itu 2 silinder kah?
Klo 200cc 1 silinder 35jt, ya mending 250cc 2 silinder 40-45jt.

arai - May 1, 2016

nanggung..efisien gak dapet .pride jg gak dapet… 250 2 cil tu br joss

Uovariso - May 1, 2016

Menurut saya sih honda kecolongan disini.di saat honda mengeluarkan maxi scooter pertama di indonesia(pcx)yg setengah2 karena cbu,yamaha membuat nmax yang produksi lokal dan membuat pcx overprice secara value.yamaha berhasil membuat branding image soal maxi scooter yg di awali honda.(di luar bruggman,kymco dll karena saya melihat dari kacamata honda vs yamaha)dengan xmax pembagian pasar maxi yamaha udah jelas ceruk nya,nmax maxi most valuable dan xmax motor prestige.kalo mau adu banteng sih repot menurut kacamata saya orang awam

2. Ardiantoyugo - May 1, 2016

Emang ahm bisanya jadi follower… Wkwkwk…
*mlayu…

Jangan sampe kasus R25 terulang di CBR 250RR: http://wp.me/p1eQhG-1Hk

3. aris - May 1, 2016
4. racheto - May 1, 2016

Turu wak

5. markus budiman - May 1, 2016

opini yg cerdas. kembali consumen yg diuntungkan ….

6. blast - May 1, 2016

follower :v

7. Neutral - May 1, 2016

200cc? 35 juta? Yakkin? Serius? Dengan ekonomi Indonesia yg kaya gini?
Nmax laris karena best value bung,,,

8. mbah kromo - May 1, 2016

ngasih masukan sekligus ngatain, follower….

9. ryanto - May 1, 2016

Patut di pertimbangkan nih sm AHM.. Tp klo akhirnya tetap merilis forza 150, mesin ny y jgn pke mesin vario dong.

10. jimmoth - May 1, 2016

Seandainya yang 150 cc -> 28 jt, 200 cc -> 35 jt, 250cc -> 40 jt, pilih yg mana Wak?

11. Hendry BS - May 1, 2016

Masuk iki…
200 CC, ini baru jalur tengah.

12. paijo - May 1, 2016

Yang jelas penjualan Vario laris manis. Kasian yiimm semakin moncrot 😛

13. Bhendjol - May 1, 2016

Akankah YIMM belajar dari kesalahan Miong yang di gebukin mbit dan vario?

14. Emang - May 1, 2016

Honda punya bnyak snjata di kelas matik, tinggal mau yg mana dihadirkan, bukan follower.lagipula ahm sudah punya rencana matang.lebih baik anda pahami dulu pengertian follower, jangan bikin malu lah.

15. anas - May 1, 2016

Ga bangetttttttt hanya bermodal 200cc????????? Lahhh pcx ente kemanain???mau ngebunuhhh sodara sendiri hanya untuk membunuh max series

16. Jos Ma Ru - May 1, 2016

– operasional harian cukup skutik vario/mbeat
– premium harian & turing ane beli dari pilihan Yamaha maxi series

sisanya …ah sudahlah

17. are wege - May 1, 2016

Strategy dan pemikiran

18. Bogel - May 1, 2016

Bawah sendiri motor apa wak?

19. kacong - May 1, 2016

Klo mnurut ane nih ya,,, market di sni belum bisa terima matic yg terlalu bongsor seperti dimensi si Brugman&Zaferano. Dimensi pCx & Nmax saat ini paling pas. Kesan matic premiumnya dapet, trus masih bisa di ajak selap-selip di macet2n, walau ga selincah matic dgn body mainstream macam vario, mio dll… istilahnya maticers vario trus naik kelas ke Forza 200/250 lompatannya agak jauh, pasnya vario – pcx/forza150 – forza 200/250… nnt klo market udah terlalu biasa dgn nmax,pcx,forza 150 (mudah2n) dengan hrga terjangkau tentunya, barulah focus dgn matic bongsor…

20. Z800★RIDERS - May 1, 2016

tetep z follower forever
failed ever

haiyyaaa cilaka luwa welas waaa

21. SUDOSO AL-Fharisi - May 1, 2016

Itu Orang Kapan Pinter nya Ya Analisa Ko kaya Gitu
You know Yamaha & Honda Adalah Rival
Kalau mereka mau mempertahan kan Gengsi Atau Image
Mereka Harus membuat motor yang Head to Head
Guna Memperlihatkan ke konsumen Ini lo diverensiasi nya Kita
ini lo value kita di banding brand sebelah
Kalau Pabrikan india / China
baru Bisa lah main di kubangan yang beda kaya viar dengan Gerobak mesin nya
Malu ketemu Brugman di jalan lah
masa dengan brand suzuki brand honda bisa di bawah nya
dan nanti mindset mereka kalau Honda benar benar Bosok masih di bawah telapak kaki suzuki

if you know market Share 200 cc 35 juta
market pcx 150 40 juta

Mikir ???/////

Derasta - May 1, 2016

Yg satu 150cc CBU 40jt yg satu lg 200cc lokal 35jt, ya ya ya, situ memang berpikir…pendek…

22. bang herman - May 1, 2016

vario bore up dong
klo AHM keluarin 200cc akan lebih lama lgi munculnya. itupun klo head to head sama n max yang 150cc bakalan kedodoran.
klo nggak ada inovasi baru untuk melawan VVA yang powerfull.
lihat VARIO 150 powernya Gk beda jauh ama 125.

23. bang herman - May 1, 2016

soal harga juga 35 jt
N MAX 24jt non ABS
bayangkan saja BEAT vs VARIO yang laris tetep BEAT
padahal beda harga 3-4jutaan

24. Pras - May 1, 2016

Lebih baik honda buat 150cc dg fitur dan mesin yg lebih baik dr nmax dan 250ccnya yamaha, harga jangan lebih dr 25jt

25. sumpelo - May 1, 2016

sebuah kritik buat cara berpikir out of the box:
“why make things harder than they need to be?” selama masih ada celah untuk simplicity dan practicality?

simpel nya:
kenapa enggak pcx lokal, dengan semua fitur overkill? harga 4-7 juta lebih mahal drpd current vario.

-gak usah riset mesin baru 200cc>mahal>makan waktu
-memanfaatkan line produksi (common part) existing>cost down
-harus ada penjenjangan kelas skutik yang masuk akal dan dapat diterima konsumen> apa yang dia bicarakan tentang 200cc adalah sebenernya si coming soon forza, yang 150cc di 33-38 jutaan, yang 250cc di 44-50 jutaan, 200cc make no sense at all.
-bukan habit honda bermain di kelas nanggung, walaupun bukan tabu juga ya melirik cs1 dan tiger, setidaknya berkaca pada trend sekarang.

26. bantut hitut - May 1, 2016

Logika yang aneh untuk point 4
Mending bikin 250cc full fitur dengan harga mepet 150cc sebelah, trust me it works
Ngarepe calon pemakai kere 🙂

27. klotok - May 1, 2016

intinya honda pabrikan follower
alias tukang tiru

28. kuching - May 1, 2016

mending ambil nmax 150 klo gitu. harga beda jauh. ini matic bray, beda 50 cc aja gk ngaruh. ngapain ngambil di atas 35 juta 200 cc, mending 25 juta 150 cc worth to buy

29. ojak - May 1, 2016

Komen pnjang ilang hadeh yo wes rapopo

30. rikuo - May 1, 2016

sejak era tiger berakhir,, cc nanggung 200cc ga pernah laris di indo
mulai suzuki, tvs, bahkan bajaj-kawak juga ga laris
irit kagak, knceng juga kagak, dan gak ada prestise nya

justru strategi honda gencet atas bawah, bukan main di tengah2

skutik low 150 udah ada vario yang laku 2x lipat dari nmax, padahal cuma selisih 3 juta,, tinggal bikin skutik 150 yang lebih dari nmax, harga 25-26 untuk non abs, 30 untuk abs
fitur misalnya full led, acg-iss, c-abs, stability control, hybrid kalo perlu, bahkan kalo perlu honda juga bisa menurunkan mesin cb/cbr seris ke matic
dohc, rra, near square, power di set ke 15 ps biar irit, nmax dah klepek2

👹 Pangeran 👹 - May 1, 2016

Bener mau di kasih mesin NCB ?? Power 15HP on crank … Siap buat beban biaya maintenancenya ???

31. blade-int - May 1, 2016

Opini ngawur. Si Mas ini gak tau kalau NMax yg laris itu yg Non ABS, 24 jutaan. AHM mau keluarin Forza150 aja bingung mau dikasih harga brapa? Dipepetin ke NMax sama aja akan menggerus Vario Series. Ditaruh di atas NMax belum tentu secara tekno!ogi dan fitur di atas NMax… Be!um lagi kalau YIMM bikin adiknya NMax yg diseting di 20an juta untuk menggerogoti Vario Series !!! Max Series : 20 jt – 24 jt – 28 jt – 40 jt – 45 jt

tigor mm93 - May 1, 2016

Atas ane opini yg luar biasa…

Bhendjol - May 1, 2016

Itu juga yang gw pikir, manfaatkan momentum nmax. Jangan biarkan kejadian mio terulang.

32. akang - May 1, 2016

bukan tipikal Honda bikin mesin Baru

33. Boled - May 1, 2016

1. pcx mau dikemanain?
2. rival terberat honda, YIMM atau SIS?
3. konsumen sensitif harga apalgi cc cuma beda 50an (35 jutaan itu gamurah, buktinya nmax lebih laku yg non abs toh dibanding yg abs?)
4. ay lebih pilih nmax jika 200cc ketemu laskar brugman dikata followers 😂

Ayam aha - May 1, 2016

Strategi yamaha naikin cc nya dikit. Dari 150cc jadi 155cc. Bermain di 200cc lebih baik tuh. Pajaknya lebih murah dibanding 250cc

34. terjadi galat - May 1, 2016

Vario 150 ganti baju ala big skutik hrg sekitar nmax jg udah jozz. Bikin versi 125 sekalian biar kejepit si nmax.

35. tomcat - May 1, 2016

brrati yimm hrs antisipasi duluan nih..nmax 155 cc …s max 200cc…x max 250 cc…

36. moi - May 1, 2016

200 sese? lini produksi sm common part so siap? LBH irit kl ada produk ahm yg mesinya sejenis

37. ASD - May 1, 2016

Daripada jauh2 mikir 200cc, mending matic 150cc tp 4 klep.

38. Derasta - May 1, 2016

Jualan matic honda itu di pasar low-mid end, yg bilang NMAX non ABS nggerogoti pasar vario itu cuma sedikit, selisih 4jutaan antara NMSX non ABS – vario150 masih gede bagi konsumen indo. Walau ada kontranya, gw lbh banyak pro-nya sama isi artikel. Namanya jg opini

39. Rizal Iman F - May 1, 2016

Opini saya wak,kyknya nanggung klo 200cc harganya 35jt. Klopun xmax250 dijual dibawah 48jt dan forza200 dijual 35jt ya mending ambil yg 48jt sekalian. Power pasti lebih ngisi jika melihat dari kubikasi(walaupun ada banyak hal yg mempengaruhi raihan power dan torsi mesin) Berkaca dari NMax,pasti XMax250 jga memiliki value yg menggiurkan bagi calon konsumen nya. Klopun mau maen blue ocean,knp gak bikin CB200X/CB250X??

40. motor cool - May 1, 2016

hora usah cc besar besar wak saya kira cc kecil kubikasi 125/150 cc wae udah jouz buat melawan metik yamaha asal fitur lengkap seperti forza model besar alias gambot sperti metik premium dgn segudang fitur tromol belakang jg gk maslah .. dgn begitu konsumen jg cerdas bakalan digerigotin perlahan pasar nmax ato xmax klo brojol nanti ..

41. Muke Gile - May 1, 2016

kasih Opini panjang lebar… initinya bilang AHM folower..

42. Muke Gile - May 1, 2016

kasih Opini panjang lebar… initinya bilang honda Niru langkah Ymha aja

43. ghaizan - May 1, 2016

sebenarnya pcx udh bisa d benturkan sama nmax. cuma harga yg lebih mahal d banding nmax yg membuat pcx gak laku.

44. Mujib karangmalang semarang :D - May 1, 2016

Ada tuh sekutik mocin 200 cc , viar bukan ya :D?
#hadah Ahm QC mocin dong
Cilaka waaa 😀

45. alay mande - May 1, 2016

opini saya.
200cc itu pamali, ,artiy. . .mau sport,matik,bebek. .kalo cc nya 200 itu alamat ga laku.
Artiy. . . Nanggung dibwhy ada 150cc nambah dikit 250cc.
Dan. . . Ingat! Angka 200cc kurang familiar buat biker.
Yg lg ngetrend ya 150(udah ky punya motor 250cc) dan 250(udah ky punya motor 650cc).
Kalo ahm nekad ambil 200cc ..alamt mati sblum perang.

46. embit - May 1, 2016

lagi lagi harus menjadi follower
dan membuat motor dengan cc yg lbh besar untuk sekedar menjungkalkan pabrik seruling Sohc
😀
😀
😀
😀
😀
mbit memang mtor segala raja
😀

47. gilak - May 1, 2016

Nmax tu motor value to money banget
Kalo AHM mau ngerogoti pasar NMax non abs harus benturin langsung dg katakan lah forza 150
Masalahnya selama ini honda terlalu banggain brandnya terus jual overprice

48. hfz - May 1, 2016

Kenapa tidak dengan cc 200?? Tp dengan harga 35 jt?? Mending kagak usah deh. Kecuali kalo harga mepet dengan nmax ABS, ane rasa pas bgt,

49. wong deso - May 1, 2016

hahaha… jgn meremehkan merk kymco boss.
lihat tuh skutik sekarang udah mirip kymco.
dek rata, bagasi, filter disamping, you name it!

blom pernah coba kymco racing 150…
apalagi yg racing king 180, pasti ga mau pindah kalo dah nyoba!

yg sudah pake kymco aja tidak bergeming ditawari merk jepang, walau dengan sejumlah masalah.

kymco tahun ini mulai bangkit boss…

catatan buat pabrikan jepang,
sekarang jalanan macet, buatlah motor matic kecil yg lincah, pengisian bbm ga usah buka jok, dek rata, mesin tahan panas, akselerasi cepat, top speed cukup 100kpj, dll

50. Victor - May 1, 2016

Kang,sebenarnya mnurut bocoran forza 150 kluar kapan ya dan kalau pake mesin vario 150 apa tenaga mesinnya bakal sama atau lbh tinggi?

51. denize - May 1, 2016

beat dgn vario yg sangat laku ya beat series. dan vario series yang banyak laku ya vario 110 baru 125 disusul vario150 . omongin 200 cc, pcx saja belum lokal.

52. tigor mm93 - May 1, 2016

Klo tekhnologi ahaem m sellu lbh dlu tp klo soal marketing produk lbh byak jadi follower itu fakta…sll cr aman…gk prnh out of the box, kyok bebek ngikut ja kemana induknya berjalan…

53. orongorong - May 1, 2016
54. siEG - May 1, 2016

Silahkan YIMM AHM bikin med/big skutik gw tunggu hasilnya siapa yg value for money ya gw beli komsumen mah menang milih 😀

55. tigor mm93 - May 1, 2016

Kasian sm nasib fbh pengen naek motor matic 150cc rasa premium dek rata gk sanggup beli pcx krn harganya mahal, mau beli nmax gk cucok dihati akhirnya terpaksa ambil variyo dek sempit rasa beat, dgn hati sedih sambil lirik2 liat nmax mondar mandir dgn kerenya,,,saran saja jgn jadi penyembah suatu produk aka gila merk klo gk ingin hidupmu sengsara, hidup netral ja mana yg lbh best value biarkan pabrikan berjuang mgluarkan produk terbaiknya kita sbg konsumen tinggal memilih mana yg tebaik…salam satu hati dan sll terdepan…

56. blade-int - May 1, 2016

Kalau Varuo150 sj sudah nyentuh 21jt, maka kl AHM mau maen di 23-24jt, modelnya gak bakalan jauhdari AIRBLADE Thailand. Paling dpannya dikasih jilbab !!! Kalau spek model Forza AHM matok harga pa!ing murah 45 jutaan !? Loe mau beli matic 150 di atas 40 jt? Rea!istis aja. Lawannya NMax adalah PCX dg baju baru (depan mirip2 Forza, blakang mirip Airblade, mesin Vario150, harga 24)

57. bengkelbubut - May 1, 2016

desain lampu yamaha emang bagus, berharap tampak depan R1M diturunkan ke r25 sayang klo sampek dipake merek lain, begitu juga desain muka r25 bisa diturunkan ke matic yamaha

58. iwan bin ajaran - May 1, 2016

opini malah menjerumuskan….udah tutup matik yg gak laku ganti model baru rebes!

59. iwan bin ajaran - May 1, 2016

benturkan sekalian..ayo maju trus honda indonesiaaaaa…..

60. tanyakenapa - May 1, 2016

ngomongin kymco kymci kymca, sadar gak sih pada saat berdirinya tahun 1960an kymco kerjasama ama honda dan transfer teknologinya? kenapa? karena mereka tak punya sumberdaya sendiri!

61. Tong Bajil - May 1, 2016

kl mw menjegal nmax gw rasa ga perlu honda keluarin produk baru. suruh aja kymco masuk bwt merecoki nmax. toh setau gw honda memiliki saham di kymco.

62. mirzafawaid - May 1, 2016

Lokalin aja PCX pasang harga sejuta dibawah NMAX non ABS, kelepek-klepek deh itu NMAX dan Vario150 hahahaha

63. dony - May 1, 2016

forza 200cc =35jt kalo jadi.. yim tinggal keluarin xmax 250cc harga 40jt ato di samain..
mantap nih ..

64. ASD - May 1, 2016

Vario 150 ganti baju ala big skutik hrg sekitar nmax jg udah jozz. Bikin versi 125 sekalian biar kejepit si nmax.

jadi… PCX 150?
Taro harga dikit diatas Nmax Non-ABS juga laku, yg penting desain ok.

65. eugol - May 1, 2016

hmmmm klo opini ane sih
mending pcx 150 di lokalin
harga diantara nmax non abs dan abs
klo mau masukin forza tumplek blek fitur kyak EU punya kyaknya susah deh untuk neken harga. karena di EU aja harganya 4rb euro (pcx di EU itu 2,6rb euro)

66. The Biker Stig - May 1, 2016

Setuju! kalo mau merusak pasar N max dan Xmax harusnya honda merilis 200cc dengan harga mendekati si Nmax 150cc, namun fitur yang minimum sama tentunya ditambah dengan menutupi kekurangan pada Nmax (misalnya shock yang terlalu keras). hehe

67. Pam - May 1, 2016

200 cc..hrg 35 jutaan..susah..

68. Mbuhlah - May 2, 2016

Singkat saja… Bukan AH* kalo nggak nyemplung ke red ocean. Dengan dukungan modal yg super duper besar, Merk Dan jaringan dealer tinggal lihat pasar yg rame yg mana. Gak usah capek riset Dan coba-coba yg belum tentu berhasil (ada taruhan jabatan di dalem Mas Bro). Tinggal bikin group discussion buat riset desain/feature.

69. honda win 100 - May 2, 2016

kok sepertinya..
comment @30. rikuo ,paling masuk akal yah..

70. andri - May 2, 2016

sebenarnya strategi ini lebih cocok untuk Suzuki, karena Suzuki tidak ada beban apapun di segmen ini.
seandainya Suzuki mau melokalkan Brugman 200 dan dijual dengan harga mepet Nmax, pasti bisa diterima pasar.

71. Jamal - May 2, 2016

fby banyak bacot soal NMAX yg katanya murah…beli aj kagak

72. dave - May 2, 2016

kalo motor forza nya bagus secara kualitas dan tampilan,,
mo head to head ma nmax jg ga masalah c harusna,,
terus soal kalo emang mo bikin 200cc,,
harga 35 kemahalan,, kalo mo bikin nmax 150 ketar ketir,,
ya bikin forza 200 harga 30juta,, baru d,, geger..

73. Jamal - May 2, 2016

Ane dukung AHM prod Scooter 200 CC nya…masukin harga 29 jt an

74. FBYSHK - May 2, 2016

Kl saya sih, sekalian bikin yg maknyuss gak papa harga diatas 40jt asal anti repot,anti bolak-balik ke bengkel padahal baru beli. Intinya gak pake pr, langsung joss budal tok. Cuma yaa sepertinya pasar blm siap.

75. aman - May 3, 2016

Iya yah, kalau dipikir-pikir AHM selama ini hanya membuat produk yang digempur kan mirip atau seolah meniru diarahkan untuk menyaingi produk sejenis. Seharusnya AHM harus bisa ber inovasi dan membuat produk yang berbeda supaya pengguna produk lain akan gundah gulana. Well, keputusan ada di AHM

76. Something - May 4, 2016

Hi..hi.. sedih banget sih AHM harus pusing dg Nmax… sebagai pabrikan dg sumberdaya besar… create something new atuh… mbo yao ada idealisme dl berbisnis… lebih-lebih terkait etika dg bisnis pihak lain… ngga akan pernah selesai jika mentalnya follower…



%d bloggers like this: