jump to navigation

GESITS Prototipe Motor Listrik Buatan Indonesia Resmi Siap Diproduksi Massal 2017 . . . Top Speednya diklaim 100 km/jam! May 3, 2016

Posted by Taufik in : Teknologi Otomotif, Tentang Motor , trackback

honda-vario-440x100

gesits-garansindo_03-640x420_c

Bro sekalian, akhirnnya Prototipe Motor Listrik GESITS ( kepanjangan dari Garansindo Electric Scooter ITS) Buatan Indonesia karya kolaborasi antara Institut teknologi Sepuluh november Surabaya ( ITS ) dan Perusahaan Otomotif Garasindo resmi diluncurkan. Adalah Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan (Ristek dan Dikti) Tinggi, Muhammad Nasir, Rektor ITS Joni Hermana, dan jajaran Direksi Garansindo menyaksikan acara yang disebut sebut sebut sebagai event ” penyerahan produk motor listrik karya ITS kepada pihak industri untuk diproduksi secara massal ”

440x100_tirei

gesits-garansindo_07

gesits-garansindo_02

GESITS dikabarkan sudah memiliki kandungan Lokal Yang mayoritas . . tercatat hanya baterai saja yang masih impor. FYI GESITS memiliki desain menyerupai Skutik dan berdimensi 1.904 x 687 x 1.086 mm (PxLxT). Roda yang digunakan yaitu 14 inchi dan dilengkapi oleh rem cakram depan belakang.

skutter-listrk-its-2015-2

gesits-garansindo_04

Untuk kemampuan baterai memiliki kapasitas 1980 Wh dengan maximum discharge 61,2 Ampere. Total waktu yang dibutuhkan untuk pengisian ulang cukup 90 menit dengan jarak tempuh 60-100 km. Motor ini boleh dibilang hampir siap produksi massal . . tinggal beberapa pengetesan seperti tes jalan minimal 3.000 km, tes safety, kondisi ekstrem, dan sebagainya sebelum diserahkan total ke Garansindo untuk di Produksi Massal

gesits-garansindo_05

spidi-2

Sebagai tambahan info selain mengembangkan kendaraan, ITS juga memikirkan soal stasiun pengisian listriknya sob .. .  diketahui, bahwa ITS juga sudah menjalin kerja sama dengan PT Emi Jakarta untuk mengembangkan “charge station” yang dapat dimanfaatkan untuk mobil listrik dan sepeda motor listrik.

Motor-listrik-ITS-7-tmcblog

Motor-listrik-ITS-1-tmcblog

mngenai spesifikasi performannya Ketua Laboratorium Mobil Listrik Nasional ITS Dr Muhammad Nur Yuniarto mengatakan Via detik bahwa dengan keadaan Full Pototipe ini, GESITS dapat digeber sampai kecepatan ( top speed) 100 km/jam  . .  kebayang 100 km/jam tanpa suara . . udah kayak Ninja ( the real ninja ) , imho 😀 . Selain ITS dan Garasindo , diberitakan ada dua lagi institusi yang akan menandatangani MOU hari ini Guna penyiapan suku cadang, pengembangan pengisian baterai, hingga produksi kendaraan . . .hal ini diperlukan agar harga jual GESITS nanti ( jadwal produksi massal 2017) sesuai dengan harapan Pak Mentri yakni bisa di bawah 20 Juta ( sumber Dapur pacu ) semoga sukses nih Made In Indonesia

Taufik of BuitenZorg

Foto kedua : dapurpacu

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

EnglishHindiIndonesianJapaneseSpanishThaiVietnamese

Comments»

1. Wrdblog - May 3, 2016

Wow

mx135 - May 3, 2016

Wak haji.. Yg bener Garasindo ato Garansindo yak ? Krn setau ane Garansindo itu Atpm untuk merk seperti Chrysler, Jeep,
Dodge, Alfa Romeo, Fiat, Peugeot Scooter,
Italjet dan Zero Motorcycles. Di sby baru 2015 buka dealer gede. Klo bener ini, mudah2an aftersales nya ga mahal yak. Krn mrk pemegang merk mahal nih.

uutbeniandriyanto - May 3, 2016

cek koment bisa tidak. biasanya nulis banyak kalau tdk hilang yo masuk kandang. nasip nasip

uutbeniandriyanto - May 3, 2016

jika tidak lolos uji emisi mungkin perlu sekolah lg emisi itu apa

uutbeniandriyanto - May 3, 2016

bagasi mungkin nanti pada versi kedua bisa ditambahkan. untuk menyimpan jas hujan minimal bisa membantu rider/joki

uutbeniandriyanto - May 3, 2016

masalah listrik dan banjir hal yang sangat wjib diperhatikan

DISKON HONDA SONIC150R GEDE2AN. lbh lgkap mampir diwarung ane.

uutbeniandriyanto - May 3, 2016

masalah listrik dan banjir hal yang sangat wjib diperhatikan

DISKON HONDA SONIC150R GEDE2AN. lbh lgkap mampir diwarung ane. trmksh wak. trmksh all.

berbagi info itu indah

2. Yamahatiku - May 3, 2016

Lolos uji emisi ga ini??
#Logika_Pemerintah

3. Ahoax - May 3, 2016

Keren wak

4. eno - May 3, 2016

jos kui

5. satria120s - May 3, 2016

Kalau beneran jarak tempuh bisa 100km, bikin ngiler nih.

rere - May 3, 2016

Top speed boss.. Baca

kepo - May 3, 2016

“Total waktu yang dibutuhkan untuk pengisian ulang cukup 90 menit dengan jarak tempuh 60-100 km.”
Baca juga bos biar pinter

Manusia Harimau 🐯 New Generation - May 3, 2016

Jluuueeebbbbhhhh

Bento - May 5, 2016

Bacaaaaa bosss bacaaa buahahaha malu2in jleeebbbb

6. R-f - May 3, 2016

Amin….sukses

7. biker kampung - May 3, 2016

Tinggal pasang sound knalpot moge… Blar… Blar….

8. kojel - May 3, 2016

Ntar layu sblm berkembang lagi gk ya.

9. aganwidodo - May 3, 2016

Udah lolos uji emisi belum tuh? Jangan-jangan gak lolos uji emisi dan yg bikin dimasukin penjara. Ngeri coy…

Taufik - May 3, 2016

hehehe emisi apa yang perlu diuji nih ya

ah sudahlah.. - May 3, 2016

ingat kasus mobil listrik silo gak wak..??

ah sudahlah.. - May 3, 2016

#selo

aganwidodo - May 3, 2016

Entahlah wak, emisi kendaraan listrik ada dimana, coba wak haji tanya ke pak ST yg memenjarakan DA gegara mobil listriknya gak lolos uji emisi. #sad

10. wisnu3ds - May 3, 2016

nah…asal gak dipersulit aja ama no..noh….

pake uji emisi?……

11. ardiantoyugo - May 3, 2016

sepertinya menjanjikan… asik nih…

Review jaket Respiro Velocity R3: http://wp.me/p1eQhG-1HK

12. Kolong langit - May 3, 2016

Ada bocoran ga wak brapa banderolnya kalo di produksi massal?

Taufik - May 3, 2016

pak mentri minta agar bisa dibawah 20 juta

13. Arobz - May 3, 2016

wihh ban lebar..
sok depan asepdon itu kuning2..?
Arm nya ky bebek ya….

14. ken39 - May 3, 2016

jangan dipolitisasi yah

15. newgel - May 3, 2016

tak dukung melu nuku ben payu

16. bang herman - May 3, 2016

mirip mio soul gt
pakai,rantai ya bukan v belt

17. kacong - May 3, 2016

Saran aja wak,,, supaya lebih mudah,, system isinya baterynya bisa seperti kita beli gas atau galon…. jadi bawa/kirim batery kosong, buat di tukar batery yg sudah di charge… tiap pembelian motornya dpt 2 batery.

PemadamKebakaran - May 3, 2016

Baterainya lu kata murah.

Manusia Harimau 🐯 New Generation - May 3, 2016

Ekekekekeke, maklum bro otaknya gak nyampe. Dikiranya sama kali ma batere jam dinding. Batere hp yg kecil aj ratusan ribu, apalagi ini, logika coy.

maDMan - May 3, 2016

masuk akal jg sih biar isi ulang cepet dibikin system ky refill galon aja..batre kosong tuker yg isi jd batre nya dibikin plug in atau knock down gt biar mempercepat bongkar pasang.

18. Bogel - May 3, 2016

Wow,real ninja ga da suara,wusss,,,,

19. jonk - May 3, 2016

lolos uji hujan lebat lum ya…

20. gondes - May 3, 2016

Klo yang uji emisinya bidan apa guru tk wa klo boleh tahu he he he klo uji kelayakan mungkin rada njlimet la ini uji emisi mobil atawa motor listrik la da lah

21. topenk - May 3, 2016

jelas ancaman besar buat pabrikan otomotif konvensional dan minyak bumi…. siap siap aja, beking menteri doang mah lewat

Mr. X - May 5, 2016

Nah ini, selama minyak bumi masih menjadi emas hitam cair, mau dikata motor listrik buatan dalam negeri juga gak bakal kuat lawan bos bos minyak dunia
Kalo buat yg kayak gini sebenernya dari tahun kapan juga udah sanggup negeri ini, balik lagi ke siapa yg di belakangnya

22. motovlog kalsel - May 3, 2016

Hahaha, di bwa k jurnas bsa kesetrum pas hari hujan

23. agus tok - May 3, 2016

Uwawwww…anti polusii..sippppp

24. saleskec@p - May 3, 2016

Jangan sampai layu sebelum berkembang.

25. overlap - May 3, 2016

Speknya menjanjikan. Untuk versi produksi masal belum perlu muluk2.. menurut ane, jika jarak tempuhnya bisa mencapai 60 km berboncengan dan top speed 80 km/j sudah sangat cukup untuk dalam kota.
jangan lupa sediakan pula charger portabel (bisa dijual terpisah sebagai asesoris).
Ini prioritas utk dibeli apalagi klo ada diskon bagi sivitas PTN hehehe…

26. caiyacaiya - May 3, 2016

Katanya Sihh isi ulang baterainya hanya beberapa menit aja kayak tabung 3 Kg itu lohh… baterai tinggal ganti dengan yg full langsung Wuzzzzzz…….

27. Radit - May 3, 2016

Wah beli ah satu, mayan lho buat dr rmh ke stasiun mah 😎😸

28. andaru - May 3, 2016

welcome motor listrik, semoga semakin berkembang dan gak berhenti ditengah jalan

http://www.andarupratomo.blogspot.co.id/2016/05/grand-livina-vs-ertiga-pilih-mana.html

29. iman787 - May 3, 2016

Nanti kalo listrik nya abis bisa di charge pake Powerbank… hehe…
Atau mungkin body nya bisa dikasih panel surya, biar bisa ngecas sendiri….

BTW, kalo ngecas pake listrik rumah ngabisin berapa KWh ya?

30. Riki Bdg - May 3, 2016

Kepincut euy killer,, tp kirain bisa d cas d rumah wak, ntr kalo d cas kya di pom ngantri’a bisa lama donk wak?? Berjam-jam ato gmna?

31. iman787 - May 3, 2016

Wak haji… bikin analisa pasar kedepannya buat motor ini dong…

32. phemau - May 3, 2016

Harus punya power bank nie takut pas turing abis batere ditengah jalan…

33. ipanase - May 3, 2016

bakalan lolos uji emisi nggak ya
pertamax7.com/2016/05/02/lepas-sayap-spakbor-belakang-suzuki-satria-f-injeksi-cuma-lepas-3-sekrup/

34. agus tok - May 3, 2016

Opini saja takutnya di salahgunakan oleh oknum yg ga bertanggung jawab saja …seperti penjambret / penyamun…maling kan montor ni ga ada suara tau tau senyapp dah hilangg…montor yg ber suara aja..kejahatan sekarang meraja lela apa lagi ini montor..
Mungkin laa yaa…mudah mudahan si ga di salah gunakan …karna ni montor lebih senyapp…maaf klo ada salah.

35. tamvan - May 3, 2016

bagus ini..mari d beli g cm d bece

36. PemadamKebakaran - May 3, 2016

Gk bakal lulus uji emisi.
Tau sendiri dah pabrikan jepun suka nyogok pemerintah klo ada buatan lokal

Yamaki - May 3, 2016

Masih aja gak tau coba cari info lagi yg bener tuh gak layak mobilnya wong gak bisa lebih dari 30 kmph kok

tamvan - May 3, 2016

emisi opo bro..mbok ente mikir motor listik g ada emisiny ?? emang ky motor lo ?? ngebul

Yamahatiku - May 3, 2016

Itu sindiran buat pemerintah yg mengganjal mass prod mobik listrik yg diprakarsai Dahlan Iskan, alasannya tidak lolos ujo emisi.. Goblok gak tuh?

PemadamKebakaran - May 3, 2016

Komen gobblok.
Mpus terguncang, delete diri lu dah

37. Bhendjol - May 3, 2016

Bisa lewat banjir gak? Ntar korslet kalo nerjang banjir, secara endonesah kan masih banjir.

38. standing pouch - May 3, 2016

tebeng depannya…vario wanabe

39. Roy (Sempak Operpret) - May 3, 2016

mau laku? kasih merek Honda terus di test di blog2. jos gandos kotos2 ngejengat kui

:v

40. gondes - May 3, 2016

kenapa ya gak pakai gearbox? kan bisa membantu meringankan kerja dinamo

41. Brozki - May 3, 2016

Wak haji, kepanjangan ITS yang bener Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Bukan Institut Teknologi Surabaya.

42. Lawanglangit - May 3, 2016

Masih belum clear mengenai sistem chargernya perlu sarana prasarana yg komplit biar berjalan dan di beli masyarakat. Yang paling mungkin dalam waktu dekat ini adalah target marketnya korporasi seperti gojek dan jasa expedisi, dimana bisa invest peralatan charger dan batt yg tentu gak murah

43. dave - May 3, 2016

mudah2an ga mahal,,
dari kemaren cerita motor listrik,,
belom ada yg kerealisasi nih,,
semoga jg kualitas nya beneran bagus,,

44. motor cool - May 3, 2016

klo daerahnya kekurangan listrik ap bisa wak dicharger pke genset gitu …

45. Bams89 - May 3, 2016

S nya ITS itu Sepuluh November wak.. hehe, mohon untuk dikoreksi…

Semoga lolos uji emisi, biar nggak kayak mobil listriknya pak Dahlan.. *lucunya negeri ini*

46. Agung - May 3, 2016

Namanya kok kurang menjual. Mungkin kalo GTS lebih menjual, biasanya yang cuma beberapa digit menjual tuh, kaya CBR, VTR, kalo perlu singkatanya ga perlu di publis. 😀
*sekedar opini ngelantur

47. nov - May 3, 2016

Penasaran, pake mesin listrik apa, ya???

48. negeri 1000 dongeng - May 3, 2016

bener-bener itu lulus uji emisis gakya..??

49. honda win 100 - May 3, 2016

Mobil nasional yang dibekingi Presiden aja gagal..apalagi ini..cuma dibekingi Menteri..
MUDAH MUDAHAN LOLOS..

Andi - May 3, 2016

Ya mungkin mafia pengusaha sepeda motor ga sekuat mafia pengusaha mobil wkwk

50. bio - May 3, 2016

Kyk mobil rc hobby yg elektrik
Ganti brushless n batre LiPo langsung ngacir

51. dogol - May 3, 2016

dijamin pas mau maspro g lulus uji emisi…. emang motor listrik ada gas buangnya ya

52. Bajahitam - May 3, 2016

Saran saya :

1. Persingkat waktu Charge
2. Sebelum dipasarkan untuk umum, alangkah baiknya di uji coba dulu di area internal ITS selama +/- 1 tahun. Aplikasi sederhananya bisa dipakai Security, Kendaraan operasional antar fakultas, pertamanan & utility dll
Dari situ bisa diketahui plus minusnya kendaraan yang akan diproduksi masal. sekaligus membangun image yang kuat dahulu.

53. The Biker Stig - May 3, 2016

Awas kaga lulus uji emisi
atau ga masuk standar SNI

54. Bolanhok - May 3, 2016

listrik yang dipake untuk charge batere itu dari pembangkit listrik tenaga apa ? kalo BBM ato batu-bara sih TIDAK LOLOS UJI EMISI tuh :p

55. overlap - May 3, 2016

Tlg pebesar bagian dek. Ane lihat dek terlalu kecil/sempit.

56. iwan kasmaran - May 3, 2016

Mantap Made In Indonesia

57. andri - May 3, 2016

pajaknya bgmn nih nantinya? kalo harganya terlalu mahal susah laku jg itu scr skrg sdh banyak sepeda listrik dijual yg tanpa PKB 🙂

58. tores - May 3, 2016

maju terus anak bangsa …

59. Yamaki - May 3, 2016

Edan kalahin top speednya mobil listrik selo yg cuma 30kmph

60. bellatoys - May 3, 2016

pakde, trus yg dr viar gmn? soalnya sy lebih tertarik sama viar, krn tdk perlu d isi ulang d tempat tertentu, ckp d isi ulang sndri bisa. jd gak perlu ribet….
solikin

61. Eva Gerhana - May 3, 2016

Institut Teknologi Surabaya apa Institut Teknologi Sepluh Nopember wak?

Jangan-jangan ini jadi kendaraan politik lagi kaya Esemka nya si Kowi

62. saimo - May 3, 2016

harga batre bisa 50% dari hrg motornya..
umur batre biasanya 6bln-2th..

63. saimo - May 3, 2016

55. Eva Gerhana – May 3, 2016

Institut Teknologi Surabaya apa Institut Teknologi Sepluh Nopember wak?

Jangan-jangan ini jadi kendaraan politik lagi kaya Esemka nya si Kowi
==================================

Disini tempat ngomongin motor, klo mau ngomong politik cari tempat lain aja

64. Win aja - May 3, 2016

ITS : institut teknologi sepuluh november . UNS : universitas negeri sebelas maret

65. dehardy - May 3, 2016

opini, kenapa gak recharge mandiri aja ya?? bila di pasang dua baterai satu cadangan satu dipakai, bila selama perjalanan baterai habis kan bisa di switching ke baterai cadangan sementara sambil nunggu baterai utama penuh, atau pake token liatrik isi ulang juga boleh 😂😂😂😂

66. dehardy - May 3, 2016

opini, kenapa gak recharge mandiri aja ya?? bila di pasang dua baterai satu cadangan satu dipakai, bila selama perjalanan baterai habis kan bisa di switching ke baterai cadangan sementara sambil nunggu baterai utama penuh, atau pake token listrik isi ulang juga boleh 😂😂😂😂

67. junet - May 3, 2016

klo laku pasti bakal ditiru oleh ngahaem ma yamaho…

68. Ikhwan m - May 3, 2016

indonesia makin pesat ni di dunia ootomotif

69. tomi - May 3, 2016

Kalau masalah suara, gampang to…..kasih suara elektronik…..beres, model moge apa bebek, tinggal pilih

70. Yudi - May 3, 2016

gmn klok batre nya 2… dan tiap roda atau velg ad kumparan kyk lilitan sepul nah lilitan spul itu guna nya buat ngisi battre cadangan arus AC jd DC untuk mengisi batre B saat batre A lagi di gunakan jika batre A mau habis pindah ke B dan batre A di isi..

71. Montor - May 3, 2016

Semoga semuanya “selamat”. amin.

72. jack - May 3, 2016

sebenarnya bisa motor listrik gak perlu ngecas dr jakarta ke surabaya

73. ms - May 3, 2016

semoga lancar hingga produksi massal,

74. chintya tanoewidjaya - May 3, 2016

akan lebih hebat lagi kalau berani turun di balap sentul:

jangan jadikan embel embel karya anak bang

75. wong deso - May 3, 2016

kalo bener mass pro, ane beli atu

76. manik - May 3, 2016

semoga benar terwujud, bukan hanya hangat hangat lalu hilang di telan bumi. ini lah ga lulus itu lah yang ga lulus. ATPM lain bagaimana? akankah ikut menjungkalkan produk Made in Indonesia ini? karena yang terkena dampak langsung adalah ATPM motor yang sekarang apalagi harga jual bisa lebih murah.. nah loch

77. Bhendjol - May 3, 2016

Torsi na melimpah kah?

78. Sempak Semar - May 3, 2016

Semoga aja lulus uji komisi… eh emisi

79. Muke Gile - May 3, 2016

Selamat datang Era motor listrik…

toh sepeda listrik aja laku banget,diperumahan2 ibu2,anak ABG,Bapak2 pada pake..ada yg model motor matic ada juga yg model sepeda konvesional. Bahkan temen gawe pake sepeda listrik buat mobilitas transportasi ke kantornya.

80. lemontea - May 3, 2016

modele jossss rak kalah karo model jepang, ramah lingkungan semoga awet laris, seng komen pinter2 joss, adem moco koment sampean sampean ..

81. blueheart - May 3, 2016

ya Allah smga karya anak bangsa ini bsa sukses..ane baru bsa berdoa bllum mampu membantu dgn cara membeli…

82. blueheart - May 3, 2016

ya Allah smga karya anak.bangsa ini berkualitas dan sukses di pasaran…cm bsa bantu doa..jika di luncurkan belum mampu beli

83. Gerry O+ - May 3, 2016

Keren juga yaa…
velg pake buatan Chemco kayaknya,
indonesian made semua .

84. sukasuka - May 3, 2016

roti baru setengah mateng sudah mau dijual

85. jbat - May 3, 2016

Siap2 mbit sama miong ga laku, tp g bs dipake jarak jauh/turing ya?

86. nduk - May 3, 2016

Bisa desewakan di alun2 juossss

87. Rahman - May 3, 2016

Ini lolos kok mobil SELO gak lolos knapa ya?

88. ......."SEMAIKN DIDEPAN"...YANG LAEN " SEMAKIN JAUH DIDEPAN" - May 3, 2016

ok salut…..buat ITS semoga sukses……..

89. yurry1 - May 3, 2016

saya mau beli 1 klo dibawah 20 jt kang.. semoga sukses!

90. gung krisna - May 3, 2016

Sebuah skuter high-voltage

91. Annon - May 3, 2016

Itu yg ngasih komen udah uji emisi kurang kurangin daah -_- mana ada listrik ngeluarin gas buang emisi -_-
Semoga mata dan hati pemerintah tidak tertutup uang lagi agar bisa mendukung karya anak bangsa. Semoga kasus seperti selo tidak terulang lagi!
Cintailah produk indonesia! Bukan larang produk indonesia!!

92. FBO - May 3, 2016

Smoga lulus uji emisi versi pemerintah..
#logikapemerintah

93. Vijay - May 3, 2016

Konsep desainnya udah bagus apalagi dg aplikasi lampu/signal2 LED kelihatan lebih futuristik, tinggal diperhalus lagi aja desainnya terutama sektor body tengah sampai belakang. Secara konsep udah oke, kerjasama dg vendor2 ATPM jg gapapa agae kualitas ga kalah sama ATPM lain. Yang penting dukungan masyarakat dan pemerintah nih kalau mau benar2 terwujud dan sukses. Good job

94. sarungban.com - May 3, 2016

mudah mudahan bisa terlaksana
ngechargenya kudu pakai listrik rumahan doong, biar gak ribet & ini juga jadi pertimbangan saat membeli

@pihak yang “berwenang” gak usah pakai acara jegal menjegal produk anak negeri ya,,,

“semangat BONEK menyertaimu”

95. jetkuL - May 4, 2016

inden1

96. jetkuL - May 4, 2016

saya juga kurang tau sih, tp katanya kendaraan listrik emisinya bs juga diatas kendaraan berBBM, memang susah dipercaya tp ada yg bilang kek gitu wkwk emang gue pikirin… Bodo amat

97. motorbalap2an - May 4, 2016

#tepokjidad buat yang bilang mobil listrik cuma topspeed 30kmh..
#tepokjidad juga buat yang bilang esemka = kendaraan politik

untuk yang pertama banyak2 baca berita aja dah.
untuk yang kedua. logika simple nya. esemka milik seseorang, jokowi brand ambassador/ mempromo juga menggunakan sebagai taktik politik untuk sekaligus memajukan produk2 dalam negri

ya ga bisa mas broh begitu jokowi jadi presiden duit rakyat digelontorkan buat perusahaan milik seseorang tersebut. atuh KKN itu namanya. ditangkap KPK yang ada.

98. kobayogas - May 4, 2016
99. kobayogas - May 4, 2016
100. motorbalap2an - May 4, 2016

yang gagal paham mengenai uji emisi = kasus mobil listrik yang tidak diloloskan oleh “pemerintah” karena ga lolos uji emisi. entah alasan apa mungkin karena ga ada knalpotnya, ga bisa diuji jadinya ga lolos uji emisi

101. Thurston River - May 4, 2016

moga lulus uji emisi, padahal yang perlu di uji emisi itu PLN maupun pembangkit listrik lain yang ngasilin emisi karbon buat ngasilin listrik.
pemerintah juga bikin tempat pembuangan untuk batre2 bekas biar ga bikin racun seiring kendaraan listrik mulai booming.
kalo ga bisa terkendala sana sini mending pake yang ada aja dulu, majuin kualitas orang2 di pemerintahannya dulu biar ga ada tikus2 moneyvora/pemakan uang well harus ada revolusi kayak hapus hukuman penjara buat koruptor, ganti hukuman bikin keluarga koruptor disiksa jiwanya.

102. Someone - May 4, 2016
103. pecel_basi - May 4, 2016

kalo pabrikan jepang ga bikin saingannya….ke laut aja ya…..

104. orongorong - May 4, 2016
105. kojel - May 4, 2016

Brp cc?

106. oppo - May 5, 2016

Tinggal harga bisa diterima pasar gak nanti ? Ngiler lihat modelx gak kalah sm vario 150



%d bloggers like this: