jump to navigation

TMCBlog Expert Talk : Jarno Zaffelli Bicara Perubahan Sirkuit Sepang . . . Plus Penjelasan Lengkap ! May 16, 2016

Posted by Taufik in : expert talk, Racing , trackback

honda-vario-440x100

1awal

Bro sekalian Inia dalah artikel baru dari temastis EXPERT talk Khas TMCBlog yang berisi ulasan para ahli mengenai hal hal yang menyangkut Roda dua  . . .  dan Persis setelah diadakan pengetesan Resmi MotoGP pada Februari 2016 yang lalu, sirkuit sepang langsung mengalami Update. Pengerjaan update ini diserahkan kepada Dromo yang di pimpin oleh Jarno Zafelli dan Updatenya berupa Pengaspalan baru dan perubahan desain di beberapa tikungan yakni tikungan T1, T2, T3, T4, T5-6, T7-8, T9, T13-14 dan T15. Proses pengerjaan baru selesai 23 April 2016 dan Gelaran World Superbike Seri Malaysia 2016 adalah gelaran pertama yang menggunakan desain sirkuit Update baru ini . . .

15-T-15-sepang-2016

Segera setelah dilakukan FP1 langsung banyak tanggapan mengalir baik dari Pebalap WSBK, WSS maupun ATC .  . Vandermark misalnya, ia nggak suka desain tikungan terakhir yang mengadopsi negative chamber, Andi Gilang sebagai salah satu pebalap indonesia yang mencoba update dari sirkuit in bilang ke tmcblog bahwa memang tikungan terakhir sangat menantang.  . . . semenantang apa sih ? Cekidot penjelsannya berikut ini yang tmcblog peroleh langsung dari Dromo melalui perantara sobat tmcblog, Peter McLaren dari Crah.net . .. Buat kalangan pelaku balap yang memerlukan file aslinya silah hub tmcblog via email ya

440x100_tirei

cengkareng-shop

2-R1

Bumpy di ujung stright dan masuk ke mulut tikungan T1 telah dipapas dan dihilangkan sehingga pendekatan ke mulut tikungannya dapat dilakukan dengan peningkatan kendali motor yang lebih baik. Ujung run Off straight dihilangkan dengan pandangan keselamatan dan digantikan dengan gravel

3-T2-sepang-2016

Tikungan 2 T2 Sepang mengalami perubahan dimana bumpy dihilangkan dan pembuatan kerb sebelah Kiri ( LHS ) menjadi lebih terlihat

3-T1-2-sepang-2016

4-T1-2-3-sepang-2016

Seperti sobat bisa lihat pada gambar kedua diatas bagian kiri ( kerbs) setelah masuk tikungan pertama memasuki tikungan ke dua telah di perkecil sedikit ke arah dalam sehingga akan membuat Lebar track menjadi konstant keseluruhan 16 meter

5-T-3-sepang-2016

Tikungan Ketiga ( T3 ) sepang mengalami perubahan Profil . . .  Perubahan kemiringan yang dimaksudkan adalah dengan sedikit meninggikan bagian tengan Track dan membuatnya seperti ‘crown’ dimana yang awalnya kemiringan konstant ke kanan, sekarang kemiringan yang berguna untk membuang air ini berada ke arah kanan dan kiri.

6-T-4-sepang-2016

7-T-4-sepang-2016

Sisi pengendalian memasuki Tikungan 4 sirkuit sepang telah di tingkatkan dengan penghilangan bumpy di kerb kirinya. Sobat bisa lihat ujung Run Offnya juga telah diperbaiki dengan pertimbangan prespektif keselamatan dimana bagian run off sirkuit awal diihilangkan  dan diganti Gravel, ini mirip seperti di T1. Selain itu Juga perubahan dilakukan pada sisi sebelah kanan setelah tikungan T4

7-T-5-6-sepang-2016

8-T-5-6-sepang-2016

Bro bisa lihat di dua tikungan T5 dan T6 ada perubahan juga yakni yang awalnya  berupa positif chamber menurun dari kanan ke kiri. Maka di desain profil yang baru daerah kanan dibuat sedikit flat  mendatar dulu balu flat menurun

9-T-7-8-sepang-2016

Bumpy pada T7 dihilangkan dan ini akan membuat feel pengendaraan lebih stabil

10-T-9-sepang-2016

11-T-9-sepang-2016

Tikungan 9 Sepang telah juga diupdate . . . Bumpy dihilangkan, putaran ke kiri pada T9 dibuat chamber ( kemiringan ) positif sedikit yang ditujukan agar memudahkan dan mempercepat riders melibas tikungan ini.

12-T-13-sepang-2016

 

Bumpy menjelang T12 telah diperbaiki dan dihilangkan. Perubahan juga dilakukan antara T12 dan T13 dimana arah kemiringan air menjadi kanan dan kiri plus perbaikan drainase air di sebelah kanan yang pada update terbaru 2016 ini ditambahkan juga satu kolam besar sebagai penampungan air ( lihat gambar di atas )

13-T-13-sepang-2016

TIkungan 15/ T15 menjadi tikungan yang paling signifikan berubah dari sirkuit Sepang ini . Di desain sepag awal . . . tikungan ini dibuat Rata ( flat) namun ada masalah ketika Hujan yakni air hujan tidak cepat habis tersapu dan menggenangi daerah tikungan. Oleh sebab itu disisi sebelah dalam dari tikungan ini dibuat tinggi. Lebih tinggi 1 meter dibandingkan dengan desain sirkuit sepang yang lama

14-T-15-sepang-2016

Desain yang membuat Permukaan track menjadi miring ke kanan ini akan meyakinkan air mudah tersapu. dan disebelah kanan  juga dibuat Drainase yang lebih baik untuk cepat menampung air ini ( bisa dilihat dari Video di bawah yang memperlihatkan bahwa saat hujan , track khususnya T15 jadi minim genangan air )  . Note Juga sob jika melihat gambar diatas . ..  area run Off nya di perkecil dan digantikan Gravel

spidi-2

Jarno Zafelli menjelaskan bahwa tikungan ini memang dibuat lebih lambat dibanding desain awal sebelumnya. Sehingga menyebabkan kecepatan saat exit corner juga akan menurun karena tikugan ini akan berlaku sebagai Negative Chamber . . . agak tricky buat nikung! .. .  alhasil top speed pada ujung straight memasuki T1 juga akan menurun . . . ini juga ada tinjauan safetynya secara run off di T1 sekarang sudah nggak ada jadi memang logis jika top speed di Straigt dipaksa turun sekarang.

Saat tmcblog wawancarai di Sepang media centre, Jarno menceritakan bahwa tujuan awalnya memang untuk memberikan asphal yang berbeda dengan sebelumnya. Ashalnya sendiri boleh dibilang berbeda dengan asphal sebelumnya. Asphalnya sendiri memang dipilih khusus untuk Karakteristik dan cuaca sirkuit sendiri. Juga dengan beberapa bagian kemiringan tikungan, plus beberapa penambahan drainase pemindahan beberapa posisi gravel dan runoff. silahkan sobat simak di link rekanman ekslusif tmcblog –  Jarno Zafelli diatas ya . . . Oh ya Kami juga membicarakan soal Proposal Zafenelli tentang Sentul yang akan kita bahas di artikel mendatang . .  semoga berguna ..  salam dari Sepang, malaysia

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

EnglishHindiIndonesianJapaneseSpanishThaiVietnamese

Comments»

1. black cobra - May 16, 2016

trnyata mbah dromo . org yg brpengaruh di sepang

2. nurdin - May 16, 2016

terlalu mewah untuk sirkuit di asia tenggara …
se mewah sentul ea kan wakji 😂

3. rinc - May 16, 2016

kalau miring kanan kiri, berarti pembalab yang melebar makin banyak kehilangan waktu ya wak?

4. wong blitar - May 16, 2016

Jos ya insinyurnya

5. ah sudahlah.. - May 16, 2016

masih malu mengakui kalo mlay beberapa hal lebih maju dari kita???

6. Sunartosili - May 16, 2016

Yg udh bagus aja diperbaiki.

7. HamHam - May 16, 2016

Jauh banget indonesia (y)

8. ardiantoyugo - May 16, 2016

ubahane gur sak upil ngono yo…

9. Sumeng - May 16, 2016

kunyah kunyah trus telen, yg ompong ngemut ajah

10. mixer roti - May 16, 2016

kapan sentul kek gini?

11. Joshe - May 16, 2016

Sentul kapan di update-nya ya…?

12. otoborn - May 16, 2016
13. jbat - May 16, 2016

Malaysia boleh, indonesia ora iso, kakehan omdo. 🙁

14. Garry McCoy - May 16, 2016

wue….kang jarno tah….?

15. dave - May 16, 2016

iya tuh sentul kapan kali di renov?
itu sepang aja tiap taon kynya di remake,, ckck

16. agus tok - May 16, 2016

Bandara udara ae malaysia ndue 4 guwede guwede..

17. Lebayogas - May 16, 2016

ah masih jauh sama sentul ini mah….

18. jimjoker - May 16, 2016

terimakasih wak, luar biasa menambah ilmu buat kami yg awam, ternyata pengaspalan ulang pun ada beda dan pengaruh ke data race nantinya, two thumbs up dah, nice article wak, good job.

19. Gundamfreak - May 16, 2016

Menunggu Sentul di permak abis…
Biar makin banyak gelaran internesyenel di Sentul…

20. aleix - May 16, 2016

Jarno Zaffelli ini kalo gak salah paling murah dibanding 2 insinyur lain waktu perencanaan renovasi Sentul, waktu itu Jarno cuma mau permak area keselamatan dan katanya krikil gravel Sentul terlalu keras dan dalam, dia ngusulin pakai kerikil kayu.

21. gelki - May 16, 2016

yamaha diuntungkan nih. dan akan banyak aksi selap selip kek nya.

22. Robiyana - May 16, 2016

Wak, kalo bumpy menuju corner emang sengaja dibuat atau efek pengereman dari kendaraan balapnya? *mirip di jalan aspal menurun, suka bergelombang karna banyak kendaraan ngerem di titik yang sama terus”an

23. strike - May 16, 2016

Pengerjaan update ini diserahkan kepada Dromo yang di pimpin oleh Jarno

sliwer sitik
mbok kiro darmo sing dadi kontraktor e

bima ag - May 17, 2016

darmo emang jossss….

24. orongorong - May 17, 2016


%d bloggers like this: