440x100_supragtr150

Bro sekalian, sesi report Pertama tmcblog mengenai Honda Supra GTR 150 Yang dihadirkan kemarin Via short Touring Bandung – Karawang dalah sesi Review Ergonomi dari Honda Supra GTR 150. Selain Via Artikel ini, sobat juga bisa lihat di Video yang tmcblog ambil secara amatir di parkiran Daya Adicipta Motora Bandung dimana terlihat tmcblog mencoba untuk bisa merasakan sisi ergonomi  Satu Unit Honda Supra GTR 150 untuk dicoba statis sekedar mengetahui sisi ergonomi dari Motor ini sob . ..

440x100_tirei

cengkareng-shop

MBtech-Riders-24feb2016

ergonomi-Supra-gtr150-1

ergonomi-Supra-gtr150-5

ergonomi-Supra-gtr150-3

Bila dilihat dari spesifikasinya, Honda Supra GTR 150 yang baru ini memiliki tinggi jok tempat duduk ( seat height) setinggi 780mm ( 78,7 cm ) .. .  dan ini jelas banget sudah dapat dipastikan tmcblog jinjit masbro . . . soalnya jangkauan kaki tmcblog cuma 70 cm . . . ya kelebihan 8 cm hehehe . ..  nah setelah dilihat dari sisi ketinggian Jok mari kita simak seperti apa sisi ergonominya  . .  sob

ergonomi-Supra-gtr150-2

ergonomi-Supra-gtr150-4

ergonomi-Supra-gtr150-8

Terlihat banget kan bahwa cara lengan tmcblog meng-handle setang terlihat agak santai dilihat dari postur punggung . ..  jok Honda Supra GTR 150  sendiri tipisnya sekitar 5-7 cm , namun empuk plus berdimensi lebar  ..  . jadi kerasa banget dibuat menopang (maaf) bokong jadi rada terasa lebar . .mungkin ini dengan Pertimbangan pemakaian jarak jauh . . silah bro cek dengan foto test ergonomi statis Yamaha Jupiter MX King berikut ini

DIBANDINGKAN DENGAN YAMAHA JUPITER MX KING

ergonomi-mxking150-1

ergonomi-mxking150-2

Bileh dibilang untuk postir seperti TMCblog, menggunakan Jupiter MX king membuat tubuh lebih nunduk kedepan .. .  Penyebabnya apa, sepertinya Honda Supra GTR 150 unya posisi setang yang lebih tinggi dibandingkan dengan Yamaha Jupiter MX King

DIBANDINGKAN DENGAN HONDA SONIC 150R

Sonic-seatheight

Kenapa TMCBlog juga membandingkan Honda Supra GTR 150 dengan Honda Sonic 150R ? Ya karena keduannya adalah produk kembar dengan mesin yang sama. Bagaimana diferensiasi keduanya ? Terlihat dengan jelas  digambar di atas bahwa dibandingkan dengan Supra GTR 150, Honda sonic punya ketinggian tempat duduk yang lebih rendah, asli nggak jinjit buat jangkauan kaki 70 cm sekalipun.

Sonic-ergonomi

Namun segitiga Ergonomi dari Honda sonic 150R memang lebih menawarkan feel Jauh lebih racy dibanding Honda supra GTR 150 . .. Bukan hanya yang terlihat dari Gambar . . . Kalau sobat naik langsung ke Supra GTR 150, akan terasa bahwa feelnya akan berasa jauh lebih ‘besar’ dibandingkan dengan Sonic 150R . . .

spidi-2

THE VERDICT

Pabrikan Selau mendesain dan membuat sepeda motor biasannya lebih ke orientasi konsumen, nah dari dua perbandingan di atas saja dapat kita ketahui bahwa Sepertinya AHM mendesain Honda Supra GTR 150 ke arah pemakaian harian dengan jarak tempuh yang jauh sehingga dari desain ergonominya pun dibuat tidak terlalu menunduk untuk membuat posisi riding lebih standar. Sedangkan Yamaha Mendesain Jupiter MX-King dengan aura racy  . . .

Tinggal Pilih yang mana ? kalo sudah begini sebenarnya buat konsumen lebih mudah memilih karena diferensiasi keduannya lebih kentara. Bukan artinya secara ergonomi yang satu lebih baik dari yang lainnya ..  namun lebih ke Ergonomi Yang satu lebih sesuai bagi konsumen sesuai dengan peruntukannya . .. pilihan berada di tangan sobat sekalian . . .

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

69 COMMENTS

  1. kameramen nya siapa?
    pas banget posisi pengambilan gambarnya

    jadi kelihatan bagaimana tampang supra gtr kalo dilihat langsung

  2. kalo aku naik supra gtr ini koq rasanya sepertinya 10 tahun lebih tua ya wak?. kalo mx-king 10 th lebih muda apa cuman perasaan sj ya?

  3. sayang tidak punya bagasi.
    jadi penasaran, kalau di bawah jok penuh, bagian tebeng depan (area di bawah headlamp) kosong atau jadi tempat aki kaya matic honda?

  4. atas ane ada yg bilg naek supri brasa lebih tuwir, naek mbeking brasa lebih abg, inilah ciri2 org g percya diri, anda terlalu lama menyendiri ya.

  5. mesinnya terlihat kegedean, berbanding terbalik dgn mx king/vixion, yg terlihat mesinnya kekecilan,

  6. aku gak minat dua duanya, lebih enak metik lambungnya gede, tinggal puntir gas langsung joooooooosssssssssss……

    yg anti metik, perlu dites kejiwaannya (lirikFBY)

  7. Saya sih ngeliat sari strategi maen nya..

    (Khusus di Indonesia)
    Keliatan banget, si Honda copas strategi maen yamaha.

    Ketika yamaha pertama kali mengeluarkan mx dng enginenya 135cc, dia berpikir jg pengen masuk ke pasar sport 150. Berhubung modal kapasitas pabrik kecil maka cukuplah dari basic engine 135 itu di ekstrak menjadi 150 tnp membuat blueprint baru.

    Lalu sekarang karena pasar moped menjadi kecil, maka mau nggak mau membuat moped flagship dimana walau penjualan nggak banyak tp menguntungkan. Ditambah yamaha meliat kesuksesan satria 150. Maka yamaha memutuskan menaik series engine 135 mopednya menjadi 150. Sekalian lah lebih hemat ongkos produksi. Karena dari sisi engine sudah hemat ongko produksi maka model new jupie 150 ini dikasih fitur2 yg lebih advance dari generasi sebelumnya.

    Dan ternyata lumayan laku.

    Nah honda ini yg kelabakan..

    Akhirnya daripada pusing mikirn strategi baru, di copas ajalah dari tetangga pakai sistem ATM. Amati, Tiru, Modifikasi. Plus pny modal besar baik itu duit maupun kapasitas pabrik besar jadilah spt ini penetrasi dari honda.

    Dari semua uraian diatas, kalo saya sih lebih milih yamaha. Kenapa, asli strategi blue ocean mereka ciamik.

    Walau produknya inferior dibanding kompetitor, menunggangi motor yamaha ada sedikit kebanggaan karena ini lah motor yg true leading innovator.

    Yaa skr sih tergantung dr pembaca ada yg sreg sama honda ya monggo.

    Klo saya pilih yamaha karena mereka True-leading-Innovator walau produknya sedikit inferior *walau toh gak jelek2 amat.

    • Saya mah mau nunggangi motornya, bukan pabrik dan strateginya. Asal dari merk Y H S Z, asal value, uang ada, pas lagi perlu, ya angkut

    • ahm sepertinya belum puas,mereka membidik pasar suzuki satria fu dengan menghadirkan sonic.nah kali ini pun sepertinya ahm ngiler melihat kue bebek super yg di tempati mx king.

  8. mbek king terliat kelebaran body samping jd lebih besar dibanding supri gtr yg memang slim dan tajem tajem dari sisi mana pun . tp supri koyone mongtor bebek berasa posisiny seperti naek motor batangan aplg di bawa perjalanan jauh lebih oke wak ..

    • yamaha MX king untuk anak muda doyan sporty dan balap… keren coy… cool… gak malu kalau boncengin cewek..

      kalau honda gtr cocoknya untuk bapak bapak…. nganter anak ke sekolah atau ke pasar…

      malu kalau anak muda naik supra…

      cewek2 juga malu kalau pacarnya naik supra

      tp honda pinter .. yang punya duit kan orang tua… mau gak mau beli motor ya yang bisa dipakai satu keluarga….

      bakalan laris ne motor….

  9. Wak haji udah tinggian skr mah, liat foto gtr sama sonic celananya udah gak ditilep, beda waktu naik mx king, , , ,

  10. ane fbk garis keras. ( becanda)

    meski inferior ane masih berselera pilih MX King lebih pas proporsi desain nya walaupun sayang dua2 nya ngga punya bagasi helm in.

    buat ane bebek 150cc memang harus gambot ( MX King uda cukup lah) . karena kalo mau selap selip bisa pilih sonic ato ya matic aja.

    semoga ada pabrikan yg mau jadi inovator bikin bebek 150 gambot berbagasi helm-in.

    Suzuki mungkin berminat jadi first mover?!? ato Yamaha lagi ?!?

    kenapa tidak?!? .

    salam damai brader!

  11. Dan ditunggu saja apakah suzuki mau bikin Shogun 150 bermesin satria fi

    *kalo Kawasaki mah gak usah diharapkan bikin bebek 150cc

  12. Cuma mau nunggu komentar yang sering ngatain, SPAKBOR GEDEBOK PISANG.
    Sama yang sering ngatain desain sebelah jelek #lirik sayap dobel layer.

    Ingus mana ingussss….. :mrgreen:

    Ahhh sudahlah, mereka memang sering berkelakuan kek gitu

  13. Gmana efek pemakaian jarak jauh untuk bagian (maaf) bokong wak? Dibandingkan dengan mx king dan supra-x lama

    • kalau dari demografis sasaran konsumen yang dikeker sih nggak gitu sob, nanti kita kupas sasaran demografis dari GTR 150 ini

  14. Wak taufik nulis ketebalan jok gtr 150 dengan “tipisnya 5-7cm” he..he..dari sisi pemilihan kata, sepertinya ada rasa kekhawatiran dari wak taufik dianggap memperhalus/menyamarkan kekurangan sebuah produk yg direview, seperti yg dituduhkan segelintir blogger yg meng-klaim idealis. Menurut saya wak taufik tidak perlu khawatir seperti itu (dalam pemilihan kata), karena secara bahasa orang akan bertanya “berapa keTEBALan joknya?” Meskipun jok nya relatif TIPIS; seperti halnya kita bertanya kepada (maaf) orang yg relatif pendek, “anda TINGGI badannya berapa?” tidak boleh kita bertanya padanya “anda PENDEK badannya berapa?”, imho

    • saya nggak khawatir ngapain musti khawatir, karena memang gitu, empuk tapi tipis . silahkan bro cek sendiri . . .nanti di artikel test ride akan saya jelaskan lebih dalam efek dari jok seperti ini jika dipakai turing

    • Kalo menurut ane bkn niru tp melanjutkan serta menyempurnakan sosok body yg udah di tinggal sang kompetitor hehehehee,,,
      Jujur aja ane lebih demen body mx 135 ketimbang yg skrg klau yg skrg buset gede’a pake banget bohay lg di jejerin ame vixion aje msh besaran mx 150 jd mata saya lebih demen mx135 knp juga yamaha hrs meninggalkan’a heran ane juga

  15. coba new jupiter mx 135 masih dijual, tp yg versi non kopling saja, yg pakai kopling tetap mx king.. agar pilihan konsumen semakin beragam..

  16. joknya kelebaran bikin sampean jinjit.
    mesin doch 150cc tp tangki BBM bebek, pasti sering bolak balik SPBU ya?

  17. untuk panas mesin terasa sampai ke area betis gak wak? misalnya untuk bawa telur dari pasar dalam plastik dicantelin di tebeng depan, kira-kira sampai rumah, telurnya sudah mateng belum ya?

  18. babak baru bebek 20jt-an. Bebek lain silahkan menyusul. Konsumen siap2 mesti merogoh kantong lebih dalem

  19. ergonomi mirip supra 125 atau karisma. Bindandingkan mx king, ane sendiri pilih MX KIng, lebih racy gitu…..klu supra 150 kesannya santai untuk perkotaan, malah ane enakan pake revo 110 secara ergonomi dari pada pake supra/karisma.Klu pake supra 125 Kuningan-subang/bandung pegel banget pundak, pas cobain revo 110 pundak gak terlalu pegel, cuma gak bisa lari kayak supra 125 ha..ha..ha…. anak muda model ane, masih pilih ergonomi MX King. Gak tau kalu bapak-bapak umur >40 th…wkwkwk…

  20. Mmg dr dlu mulai jupiter dan supra desain yamaha sellu lbh pendek dan menunduk dan ini feel buat pengendara lebh enk dan stabil buat tikungan beda jika naek supra maupun bit motor terasa oleng sekali aplagi klo buat nikung, apakah ini menjurus ke yamaha M1 ya yg terkenal stabil…spt itulah yamaha.

  21. Di sini komennya ya lumayan adem adem.. Ga. Terlalu sporadis.. Hehe..

    Pan dipake ke jalan berllmpur “rusak” pake ban bawaan slip ga wa??

    Klo,dri,desain selera tp saya memang masih pilih MX King

  22. mahal amat bebek2 sekarang,udah paling bener pake Verza,murah,irit nyaman dipake jauh…dn yg pasti gen nya jelas SPORT… bukan bebek tp sport tp tangki kecil tp bawa barang susah juga,gagah ngga lucu juga ngga..

  23. ane pilih verza spoke modif touring, tanpa mazicjar, gouble sok, irit , kuat, enteng pakai lebaran jarak jauh pas bener, tas 2 jadiin sidebox, ok dech

  24. Artikel lama tapi ane baru komen sekarang.

    Ane demen ini motor, tapi liat penjualannya kalah mulu ama mx king.

    Lagi nimbang nimbang antara gtr atawa verza, gitu?

    Lagi pengeng ganti atawa nambah motor ini ceritanya. Tapi mau yang kelas ekonomi aja. Yang premium masih terlalu tinggi buat ane.

  25. Saya sdh merasakan enaknya Mx King untuk jarak jauh, saya berkali2 mudik Borneo – Celebes gak ada masalah. Bahkan jarak tempuh antara Berau-Balikpapan cuma sekali singgah isi BBM dan lanjut naik kapal Balikpapan Makassar, Makassar-Bulukumba. Hanya butuh 15 ltr bbm, kalian boleh deh lihat peta sebrp jauh perjalanan yang sy tempuh…!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here