440x100_supragtr150

rossi-blow

Bro Sekalian, Simpang siur Rumor penyebab rusaknya dua mesin Yamaha YZR-M1 akhirnya terjawab Secara resmi oleh Kouji Tsuya yang merupakan Project leader Yamaha YZR-M1 2016, Yamaha Motor Co, Ltd. Secara umum yang dapat tmcblog kunyah kunyah penyebab Meleduknya Mesin Yamaha M1 yang dipakai Lorenzo saat Warm Up dan Oleh Rossi saat Race MotoGP Mugello 2016 adalah karena berlebihannya putaran mesin ( Over Rev ) yang mengakibatkan rusaknya Piston dan Klep. Nah Putaran Mesin Yang berlebihan ini diakibatkan karena sistem elektronik ( software Magneti Marelli ) yang gagal mengantisipasi hal tersebut .  . Berikut ini adalah penjabaran Official nya sob

440x100_tirei

cengkareng-shop

MBtech-Riders-24feb2016

Setelah Masalah teknis di Mugello, dua mesin yang mengalami masalah dibawa kembali Ke YMC ( yamaha Motor Corporation) untuk Diinvestigasi. Berdasarkan Investigasi mendetail dari mesin, data telemetri dan sistem yang berhubungan, Kami menemukan sumber masalahnya. Kerusakan diakibatkan masalah elektronik yang berhubungan dengan pembatas putaran mesin ( rev limiter ) yang yang akhirnya mengakibatkan kerusakan katup/ klep dan kerusakan piston. Penyebab kerusakan mesin Jorge dan Valentino adalah sama. Untuk jelasnya tidak ada kesalahan di Komponen dan struktur dari mesin. Murni masalah pada Elektronik

rossi-blown2

Kerusakan Mesin Valentino disebabkan oleh Over Rev ( putaran mesin yang melebihi limit) dan terjadi saat ban belakang  melompat dengan keadaan Throtel gas terbuka penuh di ujung straight. Kesalahan ini tidak berhubungan dengan kesalahan yang dilakukan Valentino di Tikungan San Donato pada satu lap sebelumnya

Tidak ada Mapping Khusus untuk digunakan di MotoGP Mugello 2016. Kami menggunakan Mappping yang sams. Kami sekarang menarik kedua mesin dari alokasi untuk sepanjang sisa musim ini.

Kami memiliki sejarah yang kuat dari kehandalan mesin dan fakta ini tidak merubah ( sejarah ini) setelah kejadian ini; mesin tidak punya masalah, tapi kami tidak menyadari perilaku yang berbeda dari software ECU standar, yang membuat rev limiter bekerja dengan cara yang berbeda dibandingkan tahun lalu. Kami mengatur limiter rev menggunakan data tahun lalu dengan cara yang persis sama seperti yang kami lakukan tahun lalu, tapi kita tidak menyadari bahwa Unified software yang baru bekerja dengan cara yang berbeda.

Mesin Valentino adalah yang paling segar dari tiga mesin yang disegel begitu jauh dari alokasi mesinnya, karena itu setelah kegagalan mesin  yang dialami oleh Jorge Lorenzo saat warm up tidak ada alasan untuk mempertimbangkan menggantinya ( mesin VR46) . Selain itu kami tidak bisa mengetahui masalah elektronik di mesin Jorge dengan jangka waktu sesingkat itu.

Mugello adalah salah satu sirkuit yang paling kritis karena ada sesi melompati puncak dengan kecepatan penuh pada ujung Track lurus (membuat ban belakang lompat lepas dari track ) dan RPM mesin menjadi lebih tinggi. Kami telah belajar dari kejadian ini dan sudah memodifikasi pengaturan rev limiter, sehingga akan OK di Catalunya. Sebagai tindakan pencegahan, mesin lain yang digunakan oleh kedua Valentino dan Jorge di Mugello akan digunakan hanya untuk sesi latihan, sampai siklus hidup mesin mesin ini selesai.

spidi-2

Kami memahami masalah elektronik menyebabkan kegagalan dalam Mugello, oleh karena itu kita tidak perlu campur tangan dengan mesin kami yang tersisa dan belum disegel. Kami masih memiliki cukup mesin untuk sisa musim ini. Kami telah menyusun penanggulangan, sehingga kami yakin bahwa kegagalan di Mugello tidak akan terulang kembali

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

133 COMMENTS

    • Aneh jg,sebab ECU yg digunakan sama jg yg dipakai semua tim moto gp.kok cuma m1 rossi dan lorenzo yg meleduk.yg salah ECU atau mesin????

      Guest
    • Apakah konfigurasi mesin tiap pabrikan sama?
      Dari yang paling sering dibahas di sini bore x stroke, inline – v engine, model crank as, apakah sama cung?

      Gambaran mudahnya motor yang ban belakangnya gak nempel aspal akan lebih cepat putaran mesinnya, karena gak ada gaya gesek ke aspal.

      Limiter secara bodohnya hanya dibatasi di ECU. Sedangkan crank as dibatasi kemapuan piston bergerak maju mundur. Kalo tanpa beban ya over dari limit yang mampu di ijinkan ECU. sedangkan ECU hanya menyuplai data ke TB dan sensor yang lain hanya sebatas data di limit yang di set misalnya 17.000 rpm.

      Contoh lainnya dulu sempat ada yang geber sonic sampai 176 kpj dengan cara di standar tengah. Apakah ketika ban nempel di aspal bisa sampai segitu?

      Makanya, jangan hanya tau mesin salome beat series, cb series, sama gl series.

      Guest
    • Belum lagi pake pneumatic valve, yang solenoid nya diatur ECU untuk buka-tutupnya.

      Guest
    • Marq jgn malu2 IN yg bermasalah united softwarenya bukan ecu, ecu itu hardware, bukan sofware.. Sofware itu tergantung modifikasi setingan yg dipakai tiap pabrikan,.. Krn ini tahun pertama team factory memakai united softwarenya, terjadi kegagalan sofware membaca limit mesin.. Knp pabrikan lain ga, itu bergantung setingan tiap pabrikan.. Dihonda bikin lemot. Di yamaha malah melebihi batas limit mesin

      Guest
    • Terpenting itu yfr tidak lantas mewek dan minta ganti peraturan ini-itu ngoahahaha.

      Guest
    • Terpenting itu yfr gak lantas mewek dan minta ganti peraturan ini itu ngoahahahaa

      Guest
    • Bukankah putaran mesin dibatasi di moto gp,jika melebihi ketentuan pelanggaran.apakah yamaha telah melanggar peraturan dg menaikkan limiter putaran mesin,sehingga putaran mesin melebihi dari peraturan yg berlaku?sehingga mesin jebol??????

      Guest
    • Goblok nya.. Putaran mesin berlebih itu terjadi karena Mugello adalah salah satu sirkuit yang paling kritis karena ada sesi melompati puncak dengan kecepatan penuh pada ujung Track lurus (membuat ban belakang lompat lepas dari track ) dan RPM mesin menjadi lebih tinggi. Disini sofware gagal membaca, seharusnya sofware mengcut putaran mesin, ketika terjadi hal di atas..

      Guest
    • Apakah ente tau batasan regulasi tsb?apakah ente tau batasan utk limiter mesin M1?

      Guest
    • Koen iku Goblok tp sok keminter Qezz Marquezz…
      Kan sdh dijelaskan kalau ada kegagalan (terlambatnya) software magneti marelli dalam membaca limiter putaran mesin..

      Guest
    • Karena M1 lainnya disetting ndak sePowerfull 2 motor M1 ini.Mas Bro.omong2 lo nanya apa pura2(nyindir)??Ngoahahaha.

      Guest
  1. Waduh motor m1 gak siap pake ecu unlimit ternyata wkwkwkkw.
    Apa ecu bawaan yamaha limiternya dibawah punya magneti marelli ya?

    Guest
  2. alangkah baiknya jika limiternya dibatasi sampai 7999RPM. lebih dari itu kami tidak bertanggung jawab untuk all type

    Guest
  3. Memang failure tersebut akibat management bahan bakar yang tersendat, settingan dari ECU yang tidak sempurna. Pada dasarnya mesin normal, secara teknis masih dapat di pergunakan sesuai dengan tune engine motogp.

    Pihak Iwata menemukan adanya gejala terputus aliran bahan bakar ke dalam mesin, itu singkatnya.

    #kata temen yang dagang peyeum di Iwata.

    Guest
    • Bercanda lah, jangan serius terus nanti kena TBC.

      Serius loh di Japan ada pengusaha Tempe sama peuyeum, orang Indonesia juga.

      Guest
    • lah ini engineer dr iwata udh ngasi komentar.
      din, bagi2 lah rezekj dr iwata sm sales2 disini. jgn mentang2 jbtan lo udh mendingan dikit jd takbur.

      #prayforsales #saveUdin

      Guest
  4. Baru sekali ngangkat ban belakang d mugelo saja sdh mleduk.. lihat noh s Marquez hampir ditiap balapan ban belakangnya ngangkat terus knp gak mleduk ?

    ane prediksi bakal ada mleduk part II ?

    Guest
    • Jgn setengah2 baca nya
      ban belakang ngangkat dalam posisi full throtle n ban belakang ngangkat dalam posisi braking itu beda loh…

      Guest
    • Kalau gak ngerti gak usah komen,, jangan pamer kbodhan disini,, ini bukan warung sebelah yang pengunjungnya kalau ngomong asal njeplak,,,,!!!!!

      Guest
    • komen bego yg pernah ane baca.. Haha
      Makanya budayakan baca!
      malah di samain sama marq yg lagi ngrem.. wkwk, jelas beda ini lg full throttle.

      Guest
    • Kalo g ngerti g usah komen mending diem sj dari pada malu2in diri sendiri.
      Ban marquez terangkat2 yg kau lihat itu terangkat karena pengereman dan throtel gas udah ditutup yg pastinya RPM udah turun, sedang kjadian Rossi itu ban trangkat karena mlompat dlm keadaan full throtel gas yg membuat RPM meningkat drastis melewati limiter RPM..

      Guest
  5. Banyak komentator yg lbh hebat dr insinyurnya yamahan ternyata d mari wa… kenapa ga ngelamar jd tim teknik d mgp aja ya pada…? kayaknya loe orang lbh pinter deh. wkwkwkwk

    Guest
  6. Yang komen disini rata2 lebih pintar dari yg bikin motornya xD
    Indonesia bgt pokoknya.
    Top.

    Guest
  7. kalo menurut pengamatan saya sih, itu karena kwalitas cat dari motor Honda marqez yang buruk, mbradul dan mudah mengelupas, segingga serpihan2 cat duco ini terbang dan masuk ke saluran udara di mesin Rosi, sehingga mengakibatkan rusaknya sistem pembakaran mesin Yamaha.

    mohon diinfestigasi lagi, Ini pasti kesalahan Honda terutama Marqes

    Guest
  8. Perangkat elektronik itu sama penting nya sama mesin, nah ini tergantung tunner sama tipe ecu yang di pakai, karena berbagai merk ecu punya karakter yang berbeda. Masalah kayak gini emang lazim terjadi kl kita miss tuning yang pas buat pengaturan putaran mesin dan timming kl di balap mobil, bisa overheat! Efek terburuk nya engine blow. Ini pendapat gw krn gw race manager di salah satu tim balap mobil. Jadi gw sistem kerja ecu antara mobil sama motor kemungkinan sama. Semakin canggih mobil atau motor prototype semakin rumit elektronik nya

    Guest
    • Betul untuk Ecu menurut saya gak masalah karena sudah dipakai dari tahun sebelumnya. Cuma engineer yang set ecu tidak antisipasi perlakuan unified software yang berbeda dengan software inhouse.

      Guest
  9. Pasti karena material yg digunakan kurang kuat alias icikiwir??????ane prediksi race2 berikutnya ada yg ngebul lagi.jika yamaha memaksa 1 mesin buat 3x race??

    Guest
  10. Sales fbh dungu bc kagak elegan, udah dijelasin settingan tahun lalu wkt pake software sendiri dibikin sama kyk settingan tahun ini yg pake unified software, masalahnya unified software kurang presisi membatasi putaran mesin waktu roda belakang tidak menyentuh aspal, harusnya tim yamaha bikin limit lebih rendah lagi klo mau pake unified software ini, mungkin tim lain udah baca telemetri dan bikin limit lebih rendah saat di mugelo

    Guest
  11. pada akhirnya mereka (ymh) akan merengek minta perubahan regulasi spt ondah kmren. bs minta penambahan alokasi mesin..klo ga yo minta pengembangan mesin di musim yg msh berjalan. coz cm mesin mereka yg meledak.
    sekali lg ondah..bener jg…gara2 ecu idiot magnetti marelli.
    ymh termehek2..

    Guest
  12. Bukannya udah dikembangin ya di team satelitnya? Tim teknisnya ngantuk kayaknya waktu nyetting wkwk
    Ya namanya juga manusia

    Guest
  13. Maklum bro pakem tuning yamaha paling payah.
    kebiasaan main durasi overlap besar ya begini, kalo ngak overheat ya paling² ambrol.

    “semakin besar overlapnya maka semakin tinggi resiko klep beradu sama piston dirpm yg sangat tinggi”.

    Mekanik movistar yamaha kurang perhitungan saja….. Xixixixixixixi

    Guest
    • nah itu hebatnya Yamaha bikin overlap besar
      kemampuan Yamaha bikin kualitas overlap besar

      yup mungkin mekanik YFR kurang mengantisipasi bila terjadi persaingan sengin di track

      Guest
  14. wkwkwkwk rada lucu juga kalo masalah elektronik mah :v kalo honda rusak karena elektronik wajar karena tahun sebelomnya dia gak beradaptasi sama ecu terbaru. lahh kalo yamaha sama ducati ? mereka kan udah adaptasi duluan lewat tim satelit dan open classnya. makanya lorenzo sama rossi pede abis menggeber hingga limit, eh malah zonk elektroniknya wkwkwkwkwk :v :v

    Guest
    • unified ecu kan udah dari tahun 2013. Taun ini kan dimulai unified software. dan sampai sekarang semua team pakai ecu sama yaitu magneti marelli AGO340.
      Makanya dibacalah artikel sebelum komen.

      Guest
  15. Disalahkan elektroniknya M1 team lain gimana biasa saja ..dan montor montor yg lainn..dan M1 jorge lorenzo blm ketahuan masalahnya sama sama ngebullll…semua pun pake ECU yg sama …sama sama betot gass.

    Guest
    • Yang lain pake M1 2015 Bro. Kalo elektronik menurutku gak masalah. Yang masalah adalah engineer menganggap perlakuan software buat tuning(rev limiter ketika tidak menyentuh trak) sama dengan software tahun sebelumnya.

      Guest
    • setiap tim punya settingan berbeda beda walaupun Ecu sama

      jadi ini masalah setingannya elc aja bro bukan ada mesinnya

      Guest
  16. Bilang aja durabitas mesin g kuat bila dipaksa buat 3x race,loren dah buka mesin ke 4.mesin fresh masing2 tinggal 3.3×2 race=6 race.sisa race tinggal 12 race.mesin ke 4 masih bisa buat 1x race.6+1=7.12-7=5.jadi bisa dipastikan 5 race loren bakal paksain 1 mesin buat 3race.ditunggu aja,kemungkinan akan sama jeblug.kecuali putaran mesin diturunkan (set ECU)yg berakibat top speed menurun drastis yg berakibat peluang juara minim.?????

    Guest
  17. intinya, mesin yamaha kalo over rev ya ngevul dan njevluk
    ati2 yang pake mesin yamaha, cukup 8000 rpm saza

    ekekekekek

    Guest
  18. yakin ini cm masalah mesin d,,
    kalo emang gara2 masalah software,,
    bisa2 dibatesin kemampuan mesin,,
    terus uda gt,, mesin yamaha loyo lagi di straight,,
    imo,, cmiiw..

    Guest
  19. Akhirnya terjawab sudah. Terimakasih artikelnya kang. Seperti yg saya duga. Bukan murni engine failure. Jarak antara warmp-up di pagi hari dan race sungguh sangat2 mepet. Hampir mustahil memang bisa menganalisa sumber masalahnya. Semgoa minggu ini balapan makin menarik.

    Guest
  20. Mung iso mesem wae lah…terlalu banyak politik di motogo yg kebetulan sekarang yamaha yg kena imbasanya, besok mungkin Honda. (Ducati dan suzuki dipastikan aman) hahahahaha

    Guest
  21. Sama sama dari magneti mreteli tp ko cuman mesin yaMaho yang mrotoli ya… gk motor masal motor proto podo ae Ngebul broo…

    Guest
  22. yakin ini cm masalah mesin d,,
    kalo emang gara2 masalah software,,
    bisa2 dibatesin kemampuan mesin,,
    terus uda gt,, mesin yamaha loyo lagi di straight,,
    imo,, cmiiw..

    ==========================================

    ini antara buta ato nonton nya di tv oon nih hahahaha

    anyway semakin canggih motor prototype ya semakin canggih juga ecu nya

    mungkin ecu baru ga ada crank sensor kali ya, maka nya bisa over rev

    Guest
  23. yakin ini cm masalah mesin d,,
    kalo emang gara2 masalah software,,
    bisa2 dibatesin kemampuan mesin,,
    terus uda gt,, mesin yamaha loyo lagi di straight,,
    imo,, cmiiw..

    ==========================================

    ini antara buta ato nonton nya di tv oon nih hahahaha

    anyway semakin canggih motor prototype ya semakin canggih juga ecu nya

    mungkin ecu baru ga ada crank sensor kali ya, maka nya bisa over rev
    ==================
    bukan,, maksudnya nanti kalo emang beneran masalah ecu,,
    takutnya ecu dimacem2in,,
    terus limitnya dinaekin atw gmn,,
    nah gara2 itu tadinya speed yamaha (lorenzo rossi)
    uda unggul tuh dari honda,,
    takutnya gara2 diapain nanti loyo lagi gt,,
    soalnya sy ngarep akselerasi yamaha bagus,,
    uda terbukti nih di 2016,,
    taon kemaren kan rossi kalah akselerasi sm pedrosa di aragon,,
    di beberapa lap terakhir pas straight,,
    coba kalo pake m1 sekarang,,
    yakin menang tuh rossi,,

    Guest
  24. Yang lain aja gpp kok. Suzuki juga gak papa tuh. Full gas juga tuh. KTM juga gpp tuh. Honda ducati fine fine aja. Alesan aja yamaho. Dasar motor kualitas plastik.

    Salam MELEDUK BULLL BULLL

    Guest
  25. Rev your limit to 8000 rpm… Ostosmastis yaMaho Juaranya sebagai motor Kemebul aka Ngebul broo…

    Maaf itu wajar bro kata Ngabidin D.. wkwkwkwkwkwkwk,..

    Guest
  26. wahhhh… bner2 kudu waspada yamaha ini… durability terkatung dg limiter yg dihigh rev.. semoga bisa ditanggulangi yamaha.

    Guest
  27. hahaha

    sales AHM kebanyak komen samfahh

    sok ngerti

    markes ban belakang ngangkat emang style ngerem nya, itu juga kecepatan rendah (ban belakang juga pasti ikut ngerem)

    kenapa cuma yamaha factory lorenzo n rossi yg kena ? karena m1 satelit itu pake M1 2015

    SDM AHM EMANG SAMFAHHH

    :v

    Guest
  28. bangga bgt nih kita punya banyak komentator berkelas dimari. moga z komentar mereka berdasar analisis teknis dengan data yg valid, biar keliatan kelasnya 🙂 mana yang brilliant mana yg sekedar orator provokator. btw mari kita saksikan seri” berikutnya di sisa musim 206 ini

    Guest
  29. jd tahu mengapa sales sayap sebelah agak2 0on, tulisan gamblang dari wak haji aja masih pada gak paham…ngoahahahahaha

    Guest
    • hahahha

      yah gitu broo

      sales sayap kozel kozel padahal yg menang juga YFR kmaren padahal kmaren dah mau.jingkrak2 ehh disalip Lorenzo di lintasan lurus

      Guest
  30. haha…
    pembodohan inimah… berarti emang mesin m1 gabisa putaran tinggi dong… kalo ecu bermasalah mustinya ecu nya jebol atau minimal error… misalnya karena terjadi kesalahan tegangan listrik nya…

    hahaha makin jelas ngelesnya…

    fix yamaha m1 motor mleduk… mekaniknya bodoh tiputipu… sedunia.

    Guest
    • ini tentang pembatasan Revs Limiter
      settingan

      baca lagi artikelnya
      bukan masalah mesin

      Guest
  31. Sudah dijelaskan dengan gamblang bahwa elektronik ternyata mempengaruhi rev limiter, kog ya masih berasumsi nyalahkan mesin.

    iki sing komentar luwih pinter daripada yang membuat mesin apa?

    kamu jadi Indonesian jangan membuat malu dengan komentar bodohmu rekk..

    lek gak bisa membuat intisari bacaan, jangan komentar.

    membuat malu Indonesian lainnya

    Guest
    • Dari dulu yg paling pintar, smart, cerdas itu fbyek bro, itu udah doktrinnya

      Ekekekeke…

      Guest
  32. Keliatan, yang cuma mudeng otak-atik mesin pake obeng hahaha….
    Mana ngerti software hahaha….
    Bahas motogp ujung-ujungnya piksen, bahas motogp ujung-ujungnya MS.
    SDM memang gak pernah bohong hahaha…

    Guest
  33. Ekekekek omonge wis gawe forged piston sama diasil cilinder kok isek njeblug?? Macam yg digembar gemborin fbyek di fiksyen

    Ngah ngah ngah….

    Guest
  34. ini antara buta ato nonton nya di tv oon nih hahahaha

    anyway semakin canggih motor prototype ya semakin canggih juga ecu nya

    mungkin ecu baru ga ada crank sensor kali ya, maka nya bisa over rev_

    _______________

    Hanya kemunduran teknologi yg bisa ngalahin HRC
    ngoahahahahaah

    Guest
    • ekekek

      tahun 2015 itu championsnya YFR

      HRC aja gampang mewek gitu aja kug PeDe
      HRC pun tak berkutik

      hahahaha

      Guest
  35. ini namanya diluar dugaan dr tim Yamaha tentang Rev Limiter Yamaha memakai dengan setingan musim 2015 Mugello Lorenzo yg juga pada saat itu Podium
    tak disanggka perlakuan berbeda ditambah Pertarungan Lorenzo dan Vale kmaren sangat sengit diatas limit waktu injak.lintasan puncak pun motor Yamaha sangat agresiff dilain pihak Yamaha sangat kencang Tahun kemaren kompetitor tak berkutik dengan Regulasi 2015 lawas
    hanya Yamaha sendirilah yg bisa ngalain Yamaha….

    Guest
  36. fby ngomongin honda mewek ngeluh soal elektronik magneti marelli,
    lah ini jg ujung”a nyalahin elektronik magneti marelli g bisa handel putaran mesin

    Guest
  37. Wkwkwk.. ada yg gak terima M1 mleduk karena engine failure..

    Emangnya cuman s Rossi yg ban belakangnya ke angkat di kecepatan penuh wkwkwk..
    Mikirr..
    Semua riders MotoGP juga balapnya sama d mugelo full throttle ECU sama tp kagak mleduk..

    Elektronik hanya kambing hitam ?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here