jump to navigation

Pesta Prestasi Uji Kompetensi Teknik Sepeda Motor Honda untuk SMK ke 7 diperkaya dengan Pameran Inovasi June 7, 2016

Posted by Taufik in : Honda , trackback

440x100_supragtr150

Kontes-SMK_004

Bro sekalian, Mulai semenjak hari Rabu 1 Juni 2016 atau 6 hari yang lalu 42 Siswa terpilih dan terbaik dari SMK yang mengimplementasikan Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Honda dari berbagai wilayah di Indonesia hadir mengkuti kegiatan yang merupakan puncak hasil seleksi ketat terhadap 25.440 siswa dari 477 SMK, Yakni Final Uji Kompetensi Teknik Sepeda Motor bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang kini memasuki tahun pelaksanaan ke-7. Kehadiran mereka di mulai dengan kegiatan Plant Tour Di Plant 3 Honda AHM yang merupakan Pabrik basis pembuatan Sepeda motor tipe cub dan Skutik AHM. Setelah puas mengetahui bagaimana kerja sebuah pabrik berskala besar memproduksi sepeda motor, 42 siswa SMK terbaik ini pun kembali ke Astra Honda Training Center (AHTC) Jakarta untuk bersiap melakukan kegiatan utama . .yakni proses kontest keterampilan yang akan memilih 3 peserta terbaik tahun ini

440x100_tirei

cengkareng-shop

MBtech-Riders-24feb2016Kontes-SMK_002

Setelah dilakukan proses pengujian yang ketat, Pemenang jatuh kepada Deni Kusmawan asal SMKN 1 Bendo Magetan dan main dealer PT. Mitra Pinasthika Mulia – Surabaya yang berhasil mengumpulkan total 885,67 poin. Di Posisi kedua hadir Rio Nurman Syaputra asal SMKN 2 Bandar Lampung dengan total poin 877,00. Dan posisi 3 diraih oleh Iqbal Hasan yang berasal dari SMKN 1 Geger Kab. Madiun yang berhasil mengumpulkan total 874,67 poin. Ini belum 10 kontestan terbaik, masing – masing berhak memperoleh uang tunai sebesar Rp 1.000.000, satu unit smartphone, dan satu unit helm. Kontes Keterampilan Teknik SMK ini merupakan bagian dari upaya AHM untuk mendukung program Link and Match yantara pemerintah dan industri dalam mewujudkan generasi muda yang handal, terampil, serta inovatif.

Kontes-SMK_006

spidi-2

Pameran Karya Inovasi Siswa SMK

Tidak hanya menyediakan hadiah bagi para pemenang kontes, pada kesempatan ini AHM pun mulai mengangkat karya-karya inovasi dari siswa-siswa TSM Honda yang terkait dengan produk sepeda motor melalui Eksibisi Inovasi. Karya yang dipamerkan dalam event ini antara lain tiga diantaranya yang cukup menarik perhatian adalah alat penghemat bahan bakar dengan elektromagnetik, Treker bagi caliper – semacam alat pendorong piston caliper rem cakram agar mudah dibersihkan, dan Smart Side Stand yakni standar pintar yang membuat motor tidak jatuh kalau parkir di tempat miring.

Smart Side Stand

smart-side-stand

Cara kerjanya ? Di bagian paling bawah Side stand terdapat gigi-gigi yang jumlahnya banyak sehingga bisa mengatur ketinggian standar. Kalau tanah tempat motor berpijak sangat miring atau sangat landai, maka tinggal putar dan tekan standar ke bagian atas untuk memperpendek / memperpanjang standar, kemudian kunci dengan mekanisme kunci yang sudah disediakan . . .

smart-side-stand2

smart-side-stand3

“Pakai standar ini, motor Honda bisa parkir di mana saja,” ujar Ahmad Fauzi. Menurut Siswa SMK Muhammadiyah 04 Sukorejo di Kendal, Jawa Tengah ini , ia mau mengembangkan sistem ini lebih jauh dengan sistem elektrik. Jadi tinggal pijit tombol di setang motor sebelah kiri, standar ini bisa naik turun menyesuaikan dengan kemiringan tanah. Sederhana tapi boleh juga ya? Beitu yang tmcblog peroleh impresinya dari Detik.com (1) . .

Penghemat bbm dengan elektromagnetik

penghemat bbm-2

Inovasi lain adalah alat Penghemat bbm dengan elektromagnetik karya Ibnu Hafizh, siswa SMK Negeri 1 Bulakamba dinamai BBM Nebula X Power. Idenya sih bukan hal yang baru lagi namun yang menajdi point penting adalah penggunaan bahan sederhana dan mudah ditemui seperti pelat seng, kawat email  0.01 mm dan resistor 1kilo ohm dan lampu indikator LED biasa. efeknya? Hafiz mengklaim Kalau motor biasanya 1 liter mencapai 40 km, maka kalau menambah penghemat BBM Nebula X Power jarak tempuh bisa bertambah 10 km lagi

penghemat bbm-1

Via Detik (2), Hafiz menjelaskan Cara kerja alat inovasi siswa SMK ini adalah didasari karakter bahan bakar seperti bensin yang memiliki komponen hidrokarbon (CH) dengan posisi tidak beraturan, molekulnya saling tertarik satu sama lainnya. Dengan dipasangi magnet, maka komponen hidrokarbon tadi akan terinduksi dan berubah sifatnya menjadi beraturan dan homogen. Ibaratnya kalau orang melewati terowongan saling berdesak-desakan, maka sulit untuk melewati terowongan, tetapi kalau teratur maka melewati terowongan lebih mudah. . .. mantabbb semoga kedepan akan Juga hadir inovasi inovasi berguna lainnya dari anak anak SMK . .

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

EnglishHindiIndonesianJapaneseSpanishThaiVietnamese

Comments»

1. cangijo - June 7, 2016

mantap

2. agus tok - June 7, 2016

Juozzz

3. mbah kromo - June 7, 2016

haha

4. Bogel - June 7, 2016

Judulnya Susah di cerna,perlu di kunyah-kunyah dulu kayaknya😀

5. are wege - June 7, 2016

Mencerdeskan anak bangsa

6. virus on - June 8, 2016

Artikel mendidik jebule sepi pengunjung

7. Ariel - June 8, 2016

Berharap teknologi hybrid ala CRZ mulai dipopulerkan di R2.
Itung2 sbg proses transformasi menuju era Electric Bike



%d bloggers like this: