whats-your-marshmallow-The-Marshmallow-Test

Bro sekalian, Marshmallow test (1) sejatinya adalah sebuah penelitian di Stanford University yang dilakukan tahun 1972 oleh Walter Mischel dan Ebbe B. Ebbesen dimana tujuannya adalah untuk mengukur perkembangan kendali Delay Gratification ( kemampuan untuk menunda untuk memperoleh sesuatu yang diinginkan ) dari sekelompok anak di Bing Nursery School yang masih satu komplek dengan Stanford University . . . Seklompok anak diletakkan di dalam sebuah ruangan Yang bersih dari Distraction. Di depan meja masing masing anak di letakkan 1 Marshmallow yang tentu merupakan kesukaan anak anak dan anak anak diminta menunggu 15 menit jika mereka ingin memperoleh Marshmallow ke dua . . . apa Yang terjadi ?

Ada tiga kelompok anak.

  • Yang pertama adalah yang langsung makan segera setelah Instruktur pergi
  • Yang kedua adalah kelompok akan yang awalnya berusaha bertahan, namun akhirnnya tidak kuat untuk memakan MarshMallow
  • Yang ketiga adalah kelompok anak yang berhasil mengendalikan Delay Gratificationnnya . .menunggu sampai 15 menit

Tidak hanya sampai disana . . Penelitian ini pun berlanjut dan 10 tahun kemudian melalui penelitian dari Mischel, Shoda, & Peake, 1988 (2) . . bahwa anak anak hasil percobaan pertama yang berhasil mengendalikan Delay Gratificationnya, tumbuh menjadi anak anak yang memiliki karakter :

  • Memiliki Kompetensi akademik dan sosial yang lebih | more academically and socially competent, 
  • Cakap Berbicara | verbally  fluent,
  • Rasional | rational,
  • Memiliki Fokus Perhatian Yang bagus | attentive,
  • Perencana yang cakap | planful,  and
  • Dapat mengendalikan diri denganbaik dari Frustasi dan Strees | able  to  deal  well  with  frustration  and stress.

marshmellow

Memang mungkin agak timpang membandingkann Marshmallow test dengan Shaum Ramadhan yang punya ultimate goal membentuk manusia yang bertaqwa,  . . Namun Kalau menurut saya Berpuasa pada Bulan Ramadhan tidak ubahnya test Marshmallow tersebut . . . Bahkan yang dilarang di depan Kita bukan lagi hal hal yang haram, melainkan Hal hal yang halal dilakukan pada bulan bulan lain seperti makan dan minum milik sendiri atau bergaul intim dengan pasangan ( suami istri ) . . . ini adalah test delay Gratification yang lebih Masif

Bro bisa bayangkan, Jika anak anak sudah terbiasa bisa mengendalikan diri dari Sesuatu yang  menarik saja akan membangun 7 karakter baik dalam dirinya, apalagi Shaum ramadhan coba ?. . . dipastikan Efek dari tarbiyah yang diperoleh dari kepompong Shaum ( Puasa ) Ramadhan sangat masif untuk bisa membentuk Manusia dengan karakter terbaik dimuka bumi . . . Pengenkan jadi Manusia Dengan Karakter terbaik ?

*tulisan ini terinspirasi dari kuliah guru saya beberapa hari yang lalu

Taufik of BuitenZorg

56 COMMENTS

  1. Bila membandingkan marshmallow test dengan shaum, maka (menurut saya) akan lebih sebanding dengan, misalnya, puasa senin-kamis. Atau ramadhan di wilayah dengan mayoritas penduduk non-muslim.
    Karena saat puasa ramadhan, saya merasa sering “dimudahkan” oleh semua pihak. Toko-toko makanan banyak yang tutup. Saat yang non muslim akan makan, mereka akan setidaknya “mohon maaf”. Sangat berbeda dengan saat puasa senin-kamis di mana godaan benar-benar ada di depan mata.

    Guest
    • Dimudahkan bagi yang terbiasa seperti masbro,yg belum terbiasa mah susah masbro.. Makanya tempat makan diluar sepi didalam mah ruaameee masbro ?

      Guest
    • sepakat bro,dlm test tersebut kan si anak dlm keadaan sendiri,jd kalo mbandingin kayaknya lebih pas dg puasa sunah/puasa di negeri mayoritas nonmuslim..

      Guest
  2. artikel menarik pak Taufik, sales2 yg suka BC kudu baca baik2 nih artikel, jgn tiap artikel di BC dong… tahan dikit napa ampe buka / mpe selesai nih bulan romadhon…klo perlu ga pake BC2an…biar tumbuh memiliki karakter2 baik diatas….hhh #selamatberpuasa;)

    Guest
  3. Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar
    Tmcblog pancen juooss…
    semoga yang Update artikel ini diberi Kesehatan dan Keberkahan rejeki
    Aamiin

    Guest
  4. mantav…makanya bukan berarti hanya di bulan romadon aja kita berhenti berantem, justru bulan romadon inilah titik pijakan untuk berbuat lebih baik lagi..Insyaa Allah

    Guest
  5. Berarti anak yg masrhmallownya langsung dimakan pas instruktur pergi dia itu…

    …laper (gak mau suudzon dulu :D)

    Guest
  6. wak, result yg dtmpilkan kok yg cm brhasil delay gratification? yg klmpok no 1 & 2 apakah mreka kelak g akn sebagus yg klmpok no 3? big question..

    Guest
  7. Artikel yg bagus wak

    Btw, Sekilas liat judul tadi kirain wak haji mau bahas mengenai Android Marsmallow :v

    Guest
  8. Entahlah…puasa beberapa tahun kebelakang terasa puasa yang dimudahkan…warung2 dipaksa tutup padahal yang namanya puasa adalah menahan godaan bukan menghilangkan godaan….

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here