jump to navigation

Marshmallow Test . . . June 10, 2016

Posted by Taufik in : Ngaji di Blog , trackback

whats-your-marshmallow-The-Marshmallow-Test

Bro sekalian, Marshmallow test (1) sejatinya adalah sebuah penelitian di Stanford University yang dilakukan tahun 1972 oleh Walter Mischel dan Ebbe B. Ebbesen dimana tujuannya adalah untuk mengukur perkembangan kendali Delay Gratification ( kemampuan untuk menunda untuk memperoleh sesuatu yang diinginkan ) dari sekelompok anak di Bing Nursery School yang masih satu komplek dengan Stanford University . . . Seklompok anak diletakkan di dalam sebuah ruangan Yang bersih dari Distraction. Di depan meja masing masing anak di letakkan 1 Marshmallow yang tentu merupakan kesukaan anak anak dan anak anak diminta menunggu 15 menit jika mereka ingin memperoleh Marshmallow ke dua . . . apa Yang terjadi ?

Ada tiga kelompok anak.

Tidak hanya sampai disana . . Penelitian ini pun berlanjut dan 10 tahun kemudian melalui penelitian dari Mischel, Shoda, & Peake, 1988 (2) . . bahwa anak anak hasil percobaan pertama yang berhasil mengendalikan Delay Gratificationnya, tumbuh menjadi anak anak yang memiliki karakter :

marshmellow

Memang mungkin agak timpang membandingkann Marshmallow test dengan Shaum Ramadhan yang punya ultimate goal membentuk manusia yang bertaqwa,  . . Namun Kalau menurut saya Berpuasa pada Bulan Ramadhan tidak ubahnya test Marshmallow tersebut . . . Bahkan yang dilarang di depan Kita bukan lagi hal hal yang haram, melainkan Hal hal yang halal dilakukan pada bulan bulan lain seperti makan dan minum milik sendiri atau bergaul intim dengan pasangan ( suami istri ) . . . ini adalah test delay Gratification yang lebih Masif

Bro bisa bayangkan, Jika anak anak sudah terbiasa bisa mengendalikan diri dari Sesuatu yang  menarik saja akan membangun 7 karakter baik dalam dirinya, apalagi Shaum ramadhan coba ?. . . dipastikan Efek dari tarbiyah yang diperoleh dari kepompong Shaum ( Puasa ) Ramadhan sangat masif untuk bisa membentuk Manusia dengan karakter terbaik dimuka bumi . . . Pengenkan jadi Manusia Dengan Karakter terbaik ?

*tulisan ini terinspirasi dari kuliah guru saya beberapa hari yang lalu

Taufik of BuitenZorg

Comments»

1. Yadi Arcadia - June 10, 2016

pertamax ah

2. aan - June 10, 2016

siip wak artikele

3. Bach - June 10, 2016

mantab kang..

4. alit - June 10, 2016

juozzz

5. ebokgs - June 10, 2016

Mantang mang.. Puasa banyak manfaatnya..

6. widy - June 10, 2016

mantap wak sharingnya, semoga jadi berkah ya puasa kita

7. Bodem - June 10, 2016

Bila membandingkan marshmallow test dengan shaum, maka (menurut saya) akan lebih sebanding dengan, misalnya, puasa senin-kamis. Atau ramadhan di wilayah dengan mayoritas penduduk non-muslim.
Karena saat puasa ramadhan, saya merasa sering “dimudahkan” oleh semua pihak. Toko-toko makanan banyak yang tutup. Saat yang non muslim akan makan, mereka akan setidaknya “mohon maaf”. Sangat berbeda dengan saat puasa senin-kamis di mana godaan benar-benar ada di depan mata.

Rizal Iman - June 10, 2016

Dimudahkan bagi yang terbiasa seperti masbro,yg belum terbiasa mah susah masbro.. Makanya tempat makan diluar sepi didalam mah ruaameee masbro 😂

bebekgirang - June 10, 2016

sepakat bro,dlm test tersebut kan si anak dlm keadaan sendiri,jd kalo mbandingin kayaknya lebih pas dg puasa sunah/puasa di negeri mayoritas nonmuslim..

8. oncom - June 10, 2016

siap wak

9. Rins - June 10, 2016

syukron wak
😁😁😁

10. tolet teblum - June 10, 2016

mantab Wak haji

11. dave - June 10, 2016

sip,,

12. Stop n' Go - June 10, 2016

Tahan, Sabar, dan Nikmatilah Hasilnya….

13. iwan rambanan botak jenggot sariawan - June 10, 2016

Joss wak haji 🙌😄

14. dhan - June 10, 2016

artikel menarik pak Taufik, sales2 yg suka BC kudu baca baik2 nih artikel, jgn tiap artikel di BC dong… tahan dikit napa ampe buka / mpe selesai nih bulan romadhon…klo perlu ga pake BC2an…biar tumbuh memiliki karakter2 baik diatas….hhh #selamatberpuasa;)

15. acilz - June 10, 2016

Subhanalloh
Joss

16. babe_umar - June 10, 2016

artikel pencerahan jiwa … yang suka bc dan nge-flame agar bertobat

17. Alwib - June 10, 2016

weww ternyata…
kirain Marshmallow Test itu berkaitan dengan smartphone android :3

18. gearbalap - June 10, 2016

Mungkin ada yang mau coba marshmallow test untuk buah hati di rumah..
btw subyek tesnya usia berapa wak..?
Honda Big Wing itu seperti Rumah Sakit Khusus.. Dan CBR 250RR adalah pasiennya.. First class service..!

Taufik - June 10, 2016

usia TK mas bro

19. hrU - June 10, 2016

ijin share di FB wak…smoga berguna dan menginpirasi bagi sesama

20. oji - June 10, 2016

santapan rohani jozzz

21. Din Syams - June 10, 2016

Subhanallah, terima kasih tarbiyahnya,

22. Andryasha - June 10, 2016

kalo tulisan gini gag ada iklan nya wak..hee
btw nice artikel wak..perbanyak yg begini..

23. jbat - June 10, 2016

Subhanalloh.. adem..

24. Pengamat Blogger - June 10, 2016

Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar
Tmcblog pancen juooss…
semoga yang Update artikel ini diberi Kesehatan dan Keberkahan rejeki
Aamiin

25. Abibudi - June 10, 2016

Artikelnya bagus kang….ijin share kang taufik…

26. Eri W - June 10, 2016

Jum’at barokah wak Haji, Amien. 🙂

27. warungasep - June 10, 2016

mantap mantap mantap

28. are wege - June 10, 2016

Mantabs ,pengendalian diri

29. shadow - June 10, 2016

jozz sekali artikel nya

30. M16 - June 10, 2016

mantav…makanya bukan berarti hanya di bulan romadon aja kita berhenti berantem, justru bulan romadon inilah titik pijakan untuk berbuat lebih baik lagi..Insyaa Allah

31. aan - June 10, 2016

baru kali ini pertamaaax di blog wak haji…..:)

32. ipanase - June 10, 2016

Alhamdulillah..

33. david - June 10, 2016

mantap wak

34. irfed - June 10, 2016

super sekali wak haji

35. ade - June 10, 2016

Mantap artikelnya….!!!!

adit arek gresik - June 10, 2016

Manteps bener nih

36. anonimus - June 10, 2016

Berarti anak yg masrhmallownya langsung dimakan pas instruktur pergi dia itu…

…laper (gak mau suudzon dulu :D)

37. arif - June 10, 2016

maaf, habis ngeshare baru ijin wak

38. Tedi Trikoni - June 10, 2016

mantap wak

39. Roy (Sempak Operpret) - June 10, 2016

Mirip ama kasus h****

40. JAFFAR - June 10, 2016

@ Roy (Sempak Operpret)

🙂

41. muhammad basyarudin - June 10, 2016

Nice artikel mas H. Taufik. Izin share

42. Reka - June 10, 2016

bagus kang artikelnya…

43. arai - June 10, 2016

like this …hikmah dibalik puasa

44. Bruud - June 10, 2016

Sama kayak kasus ****

45. faitor - June 10, 2016

nice kang
izin bookmark hihihi

46. Diki Oktavia - June 10, 2016

Joss

47. unyil - June 10, 2016

wak, result yg dtmpilkan kok yg cm brhasil delay gratification? yg klmpok no 1 & 2 apakah mreka kelak g akn sebagus yg klmpok no 3? big question..

48. Lord Duarte - June 10, 2016

Artikel yg bagus wak

Btw, Sekilas liat judul tadi kirain wak haji mau bahas mengenai Android Marsmallow :v

49. Mujib karangmalang semarang :D - June 10, 2016

Suppppeeerr.

50. Bachtiar - June 10, 2016

Artikelnya bersih tanpa komen BC hehe

51. subaru - June 11, 2016

Entahlah…puasa beberapa tahun kebelakang terasa puasa yang dimudahkan…warung2 dipaksa tutup padahal yang namanya puasa adalah menahan godaan bukan menghilangkan godaan….

52. Suherlin - September 13, 2016

Alhamdulillah, selalu bersyukur mengingat orang tua saya juga membiasakan anak-anaknya untuk shaum sejak kecil.



%d bloggers like this: