jump to navigation

Tinjauan Aerodinamika Mulai Signifikan mempengaruhi Desain helm MotoGP ? June 19, 2016

Posted by Taufik in : motogp, Teknologi Otomotif , trackback

440x100_supragtr150

Lorenzo-helmet-aerodinamika1

Bro sekalian, menarik membaca gambaryang di kirim oleh Bro Nugie Pratomo ke Tmcblog yang menggambarkan bagaimana update perubahan desain / penambahan part semacam Spoiler di bagian belakang helm shark yang dipakai Jorge Lorenzo. Walaupun mungkin bukan yang pertama kali terjadi, namun disinyalir memang riset segala macam di MotoGP ini terus menerus dilakukan termasuk di helm. Mesin dibekukan pengembangannya, maka team, pabrikan harus putar otak mencari celah di bagian bagian minor lain, sekecil apapun celah dimanfaatkan dengan tujuan agar bisa membuat pebalap lebih nyaman atau lebih cepat beberapa mili, mikro atau mungkin nano detik  . .. Ya winglets lah, perubahan frame, perubahan posisi tempat Fuel Cap, sampai desain Helm dan lain lain . . . widihhh

440x100_tirei

cengkareng-shop

MBtech-Riders-24feb2016

AGV-Corsa

Tapi sekarang kita lagi mau bahas update tekologi di Sisi aerodinamika Helm. menarik melihat spoiler dibagian belakang Helm Shark Jorge Lorenzo pada foto Cover artikel atau helm AGV Corsa pada gambar di atas . . . sebeenarnya apa sih fungsi dari spoiler ? coba deh cek gambar gambar berikut ini :

spoiler_drag

atau kalau ilustrasi di Helm adalah sebagai berikut

spoiler-helmet-shoei

Atau yang barusan dilakukan oleh Sam Lowes

samlowes

Ya kalau Helm tanpa Spoiler maka akan terjadi semacam Turbulensi udara di belakang  ..  nah apa efek negatif dari turbulensi udara di belakang helm ini .. . ? Besarnya Turbulensi udara akan menghasilkan variable Drag dan  gaya angkat (lift) yang besar . dan nilainya akan semakin tinggi seiring dengan naiknya kecepatan dari Motor . Dan Yang memiliki tugas menahan Dua hal ini adalah leher Pebalap

shoei-x12

Artinya Jika Spoiler dapat memperkecil Variabel Drag dan Lift, maka leher pebalap akan kekurangan beban/ terasa lebih nyaman . . . dan Bukan tidak mungkin jika pebalap semakin nyaman, maka ia akan bisa semakin fokus dengan hal hal lain seperti menjaga ritme kecepatan dengan parameter bukaan gas, engine brake, serta mungkin setingan kendali elektronik Motor yang Mulai Musim MotoGP Tahun 2016 ini harus dilakukan manual Via Unit Control Button ( gak boleh dilakukan oleh robot – non adaptive electronic ) .  .

Fungsi atau Fashion?

Namun Kalau melihat helm Jorge Lorenzo di atas . . . menurut tmcblog itu spoiler jelas panjang banget, dan menurut tmcblog kalau dari segi penampilan sih nggak terlalu OK kalau diaplikasikan untuk helm Harian, kalau kata orang belanda agak Wagu. Namun Ya itu dia, seperti juga winglets, kadang di Atmosfer MotoGP yang super cepat dimana 0,001 detik sangat diperhitungkan Fungsi bisa mengalahkan Fashion  . . . silahkan dikunyah kunyah sob . . semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

EnglishHindiIndonesianJapaneseSpanishThaiVietnamese

Comments»

1. Yamahatiku - June 19, 2016

Supaya helm-helm itu tidak direcall seperti Yamaha R25

Marquezz - June 19, 2016

Shark meniru helm shoei punya marquez😁😁😁😆😆😆

Aseng - June 19, 2016

Jluubbbb😆😆😆

MT_Rider - June 19, 2016

Mentok 150 cc apa yg mau digapai..sakit hati gk kuat beli 2 silinder

2. johar - June 19, 2016

Pertamax

3. oncom - June 19, 2016

masih sepi

4. nawi - June 19, 2016

joss

5. johar - June 19, 2016

Moderasu..gak tahan kritik nih

Pengamat - June 19, 2016

^
Setuju!

6. ariipod - June 19, 2016

iya, sepi ni

7. Brandalz - June 19, 2016

Sarapan sek…om
ben ga mode trasi..
Sego pecel wae..
#hormatiyanggapuasa #jahahahhaah

8. arman - June 19, 2016

Artikel apa komen apa.
Kalau ga kebeli R25 jangan gitu brow, syukuri aja apa yang ada walaupun cuma BEAT.
Gua aja owner R25 enjoy ko, malah bagus itu recall.

arman - June 19, 2016

To yamahatiku

PemadamKebakaran - June 19, 2016

Tabahkan hati anda. Banyak settan blom kebelenggu disini.

arman - June 19, 2016

Oh pantesan. thanks infonya 😃

Ponari Sweet - June 19, 2016

Biasa omm, antar sales se merk aja gontok-gontokan. Target jualan gede. Makanya dia bau busuk terus mulut nya kalo ngomong. Kalo komentar pasti menyebar kebencian.
Siapa sih yang gak ngerti tipikal FBH dan salesnya?

kuncoro - June 19, 2016

Yoi brooo..R25 gw jg msh ok2 aja kok. Maklumlah mereka kan emang sales yg di bayar buat bc

9. hamji - June 19, 2016

spoilernya gede banget 😀

10. Suradji - June 19, 2016

Njlimet

11. agusyhok - June 19, 2016

helm vale wak juga ada spoiler samping keknya…klo ga salah liat

12. PemadamKebakaran - June 19, 2016

Seng jelas kalo buat harian gk bakal ngaruh dan keliatan aneh.
Hehehehehe

13. amar - June 19, 2016

wak haji jangan bikin artikel kaya gini dunk.. kasian para pemilik beat cicilan.. pada melongo gk ngerti. kalo para pemilik R25 pasti pada ngerti dengan bahasa ilmiah kaya gini

Aseng - June 19, 2016

Sudah nikmati zaza miong geal-geol mu…

Ekekekekeekk…
😆😆😆😆

14. Muke Gile - June 19, 2016

Itu request pembalapnya ke Helm yaa ??? Klo bukan request bisa samaan dong sm pembalap yg lain 1 merk helm.

15. udinsastro - June 19, 2016

Kalo utk harian ukuran spoilernya diperkecil agar sisi fashionnya dapat

16. Darsono Pangling - June 19, 2016

Paling joss aplikasi aja model helm pebalap sepeda roadbike yg buat Time trial…dijamin anteng 🙂

17. bang herman - June 19, 2016

yang jelas klo buat harian
jadi jelek

18. goozir - June 19, 2016

belanda mana nih Wagu…

10 teknologi motor yang berkembang dalam 30 tahun terakhir >>goozir.com

19. ardiantoyugo - June 19, 2016

sampek koyok cucuk bebek ngono…

Akibat motor kehabisan oli mesin: http://wp.me/p1eQhG-1MP

20. arek ugalan - June 19, 2016

Biyuuuuhhhhhhh …. diperhitungkan sampek segitunya yaa….

21. Dewa - June 19, 2016

Kalo helm TRX gimana yah? :mrgreen:

22. imam - June 19, 2016

Yg menurut saya keren tuh desainer arai wak. Mereka berusaha mempertahankan ciri khas desain arai tp gamau ketinggalan update perangkat aerodinamika. Liat aja helm Dani Pedrosa dll. Ada kyk winglet transparan di dagu sama dibelakang helm. Jadi sepintas desainnya sama tp fungsi aerodinamika meningkat.

Taufik - June 19, 2016

fungsinya selain saat laju di straight kayaknya ya, soalnya kalo di straightkan ngumpet 😀

imam - June 19, 2016

Kalo menurut saya pas pembalap nunduk fungsi winglet belakang helm supaya tekanan angin dibelakang helm ga terlalu rendah soalnya angin lgsg diterusin lewat permukaan punuk wearpacknya. Jadinya angin ga nabrak punuknya itu. Disimulasi wind tunnel shoei x14 kalo saya amatin sih gitu. IMHO loh yaa wkwk

Taufik - June 19, 2016

diterusin, jadi minim turbulensi gitu ya bro?

23. ipanase - June 19, 2016

yang penting nggak melanggar regulasi pokoke sikat, 0,000000 1 detik pokoke embat ,,, yang penting finish duluan,,
/pertamax7.com/2016/06/19/harga-motor-listrik-viar-pulse-16-juta-rupiah-off-the-road/

24. mekilo - June 19, 2016

Di foto atas lorenzo jadi kliatan kayak pake baskom 😀

25. torsi - June 19, 2016

kaya alien

26. Pengamat - June 19, 2016

“Turbulensi udara akan menghasilkan koefesien Drag dan Koefesien angkat (lift) yang besar…”

Ngomong opo sih????

Mari kita cek satu2…

Turbulensi adalah perubahan kecepatan aliran fluida yang sering terjadi pada skala kecil, jangka waktu yang pendek, serta acak.

Koefisien adalah bilangan yang memuat variabel dari suatu suku pada bentuk aljabar.

Drag coefficient justru terbentuk dari shape benda yg bergerak, bukan dari aliran fluida nya.

Jadi apa maksud kalimat dalam atikel di atas????

Note:
Drag coefficient is a dimensionless quantity that is used to quantify the drag or resistance of an object in a fluid environment.

Taufik - June 19, 2016

terimakasih ralatnya

27. Jetcool - June 19, 2016

Spoiler for AGV 😀

28. RGV 120r - June 19, 2016

kalo ada artikel jelimet kaya gini,, suka kasian sama para pemilik motor sampah model , jupiter z, mio, dan vega… mereka pasti ga akan ngerti,,

BUAHAHAHAHHAH

Salam RIKOLLLLLLLL

GKGKGKGKGKGKGKG

29. margondes - June 19, 2016

Recall adalah tanggung jawab. Ngertio kowe le

Farid21rr - June 20, 2016

Tanggung jawab barang yg djual lg ada masalah,
Bwt yg suka nge BC ke pabrikan apapun, Please jgn BC, ini soal keselamatan konsumen soalnya..

Bs terjadi kesiapapun termasuk org terdekat kita

30. ardianto_you_goblog - June 19, 2016

Suruh pake helm super force

31. killbill1 - June 19, 2016

Fungsinya mengarahkan aliran udara di bagian belakang obyek bergerak agar tidak terjebak jadi pusaran yg menghambat pada keceparan tinggi

Taufik - June 19, 2016

makasih tambahannya mi

Are wege - June 19, 2016

Wak taufik ,maaf mau nanya article wak taufik ,ko gak semuanya saya bisa koment ya

imam - June 19, 2016

Nah iya nih. Supaya ga terjebak di ruang antara bagian belakang helm sama punuk pas pembalap lg nunduk

32. Adil - June 19, 2016

Intinya sih slain aerodinamika ini juga untuk stabilitas helmnya, soalnya di kcepatan tinggi helm yg gk bagus aerodinamikanya bakal ganggu pembalap, sprti kasus HJC lorenzo

33. Udin - June 19, 2016

Artikel begini mas taufik jagonya

34. SOHC SUPERIOR - June 19, 2016

Kalo helm TRX auto rotation punya pabrikan amVas gimana pak

35. SOHC SUPERIOR - June 19, 2016

Recall,bukti tanggung jawab produsen kepada konsumen

Kalo pabrikan amVas, mesin rompal bin klothok2 dibiarin saza

Makanya cebong ϑ¡ suntik muodiarrrrr diganti 150cc operciurutttt

36. Prilitiwe - June 20, 2016

Anehh..msh bagus spoilernya corsa/pista

37. rotom09 - June 20, 2016

belakangnya lancip malah keren wak

38. marq93jozz - June 20, 2016

Sedetil itukah wk haji bnr2 kelas para dewa heheheheeeee…..

39. alvandhika - June 20, 2016

kayak helmnya tron legacy

40. joe - June 20, 2016

lorenzo koq kepalanya seperti film ALIEN

41. bejobejo - June 20, 2016

selain untuk aerodinamika juga unthk safety wak, contoh aja helm lorenzo secara gak langsung berfungsi melindungi bagian kepala belakang yg rawan, imho

42. dave - June 20, 2016

hmm,, jadi aneh ya?

43. #022 - June 20, 2016

Drag lift helm, apa kayak kepala kerasa manggut2 padahal kita udah nunduk di blakang fisor gitu wak?

serreniti - June 21, 2016

kalo yg tak rasain kepala berasa diajak kenana-kiri kalo kecepatan diatas 130kpj an..
apa seperti itu pula wak?

44. orongorong - June 20, 2016


%d bloggers like this: