440x100_supragtr150

NMAX-

Bro seklaian, Ini jelas adalah artikel Opini strategy marketing yang bisa lagi tmcblog pikirkan mengenai Yamaha NMX  . . . Yap ada Preventive ada juga Pre-Emptive strategy, Sekedar mengingatkan kembali mengenai kosa kata ini. Di artikel lama telah pernah kita diskusikan bersama bahwa pada dasarnya PreEmptive Strike lebih merupakan Upaya mengantisipasi Strategy serangan Kompetitor yang sudah kasat mata dan di depan mata. Namun Bagaimana Mengenai Preventive strategy? Stretgy ini jauh lebih terencana, menoropong lebih jauh, lebih dalam dan lebih komprehensif mengenai potensi potensi yang dimiliki oleh Kompetitor dan berusaha menghajar potensi potensi ini sebagai langkah pencegahan agar potensi tersebut tidak bisa menghegemoni di kemudian hari . . . Nah tmcblog menganalisa bahwa Yamaha Indoensia sedang berupaya melakukan agenda besar di segmen MAX-Series/ Segmen Skutik 150 cc Premium series . ..

440x100_tirei

cengkareng-shop

MBtech TMCBlog (22 Juni - 31 Juli '16)

Cerdasnya Yamaha adalah, mereka tidak mau larut berjibaku head to head dan melancarkan Red Ocean Strategy dengan Honda. DI Skutik Entry level berat, di skutik 125 cc juga cukup berat dimana Baik Xeon Series maupun Aerox belum ada tanda tanda bisa menandingin Vario 125 series . . Nah terlebih lagi saat keluar Vario 150 . .. Yamaha sepertinya melihat akan lebih banyak effort yang mereka keluarkan jika jadi mengeluarkan Xeon 150 ataupun misalnya Aerox 150 untuk berjibaku head to head dengan Vario 150 walaupun misalnnya sampai menggunakan mesin 150 cc LC VVA

Kehebatan NMAX jika ditinjau dari Produknya sendiri di market bukan hanya karena soal Mesin 150 cc LC VVA plus fitur ABS nya saja, dari Bentuk dan ergonominya sendiri yang nyaman sudah sangat terdiferensiasi dari produk skutik lokal Honda manapun ..  plus terakhir diperkuat dengan value Harga . .. so it just near Perfect.

TMCblog melihat Yamaha Mulai ngerti banget bahwa MAx Series adalah satu baru yang siap heboh setelah MIo dan Vixion series di market, dan sepertinya Yamaha siap habis habisan membela market NMAX/ MAx series ini dan bikin NMAX jauh lebih booming lagi. Yang pertama bro bisa lihat seperti apa Support Pabrikan ke Komunitas  . . . tmcblog melihat salah satu komunitas yang gaungnya cukup berakselerasi adalah Komunitas NMAX/ MAX series . . Bukan hanya dari Keinginan Anggota Komunitasnya, dari Pabrikannya juga support lebih intens. MAX-Day . . hari khusus MAX series adalah salah satu contoh pengakuan dan support penuh YIMM ke Komunitas untuk menjaga bonding

ISS-yamaha-Fig3

Itu jika kita lihat dari segi non teknis, Jika kita lihat dari Produknya sendiri . . ada dua hal  . . yang pertama adalah peningkatan Value dari NMAX sendiri secara portfolio  . . Bukan hanya VVA, ABS saja ..  pokoknya PALU GADA  . . apa lu mau Gua ada  . . . Bisa jadi kedepan akan hadir di NMAX soal Idling stop dan generator AC . . jelas bukan kemustahilan karena Yamaha sendiri secara Global sudah terbongkar sudah melakkan riset mesin disana juga dan bahkan sudah dipatentkan  . .munkin ini lebih ke masalah Preventive strategy dibanding Pre-emtive strategy  ..  Mencoba mencegah penetrasi Kompetitor dengan mencoba menambahkan value seraya menutup racing line kalau dalam dunia Balap , imho 😀

Yamaha_SMAX_155-8

yang kedua masalah diversifikasi Produkkenapa Yamaha Indonesia bersepakat menamakan MAX-Day . . kenapa Bukan NMAX-Day . . ? Yap disinyalir karena ada agenda besar kedepan . . TMCBlog mensinyalir produk lokal Max-series YIMM bukan hanya NMAX . . Bisa jadi akan ana Max Max lain seperti misalnya S-Max yang gunanya adalah untuk memberikan peluang diversifikasi produk yang tentunya akan membuat decoy dan membuat Kompetitor berfikir dua atau tiga kali jika ingin menghadirkan kompetitor dari NMAX. . . fokus di NMAX atau DI MAX Lain ? nahh . . . jelas ini hanya opini tmcblog semata, silahkan share Opini bernas mas bro semua dan kita mulai diskusi sehingga membuat semua kita bisa lebih cerdas dan produktif dalam menggunakan media blog

taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

 

62 COMMENTS

    • Inget honda jadi inget kualitas mesin tek tek klotok, kualitas plastik renggang dan mudah lepas bautnya.

      Semoga honda sadar dan ga budeg dengerin keluhan konsumen.

      Guest
  1. Misalkan ada xeon/aerox 150 pasti bawanya pada ngebut secara nmax bawanya pada ngebut… tp tergantung ridernya aja sih

    Trus kalau ada smax nggak akan kemakan tuh nmax

    Guest
  2. mirip main Clash Royal… klo troop sudah kalah level harus pinter mengambil celah. sumber daya yang dimiliki yamaha jelas kalah jauh sama honda, makanya ga mungkin terus dilayanin head to head.

    apa mungkin mio series bertransformasi menjadi max series.

    Guest
  3. Saya Yakin banget, YIMM bisa bangkit dari matic jika mereka konsen ke bentuk body motor yang seperti NMAX, caranya :
    1. mio,soul,xeon,aerox ganti saja jadi 1 produk sporty biar ga pusing2 RnD nya.
    2. keluarkan max family dengan kubikasi kecil 125 OKe lah.
    yakin beat bisa kepontal pantil…buat differensiasi ciptakan pasar baru kan sudah jagonya YIMM, banyak yg pengen NMAX tp duit masih ga kesampaian ke sana. liat aja tuh vario 110,125,150 mereka bisa punya pasar sendiri sendiri dan laris.
    so, tungu apa lagi YIMM?
    makin kesini tren dari kendaraan roda 2 adalah kendaraan yg multifungsi nyaman dan kayak mobil bagasi luas… tambah lagi dengan body yang aduhai dan tdk terlalu xtrem.

    Guest
  4. IYA WAK kompetitor mulai melirik tandingan N-MAX – takut kena gusur juga kayak si pincent

    Guest
  5. yamaha terlalu memaksakan image sport pada matic entry levelnya, padahal matik disukai karena kepraktisannya, nyaman dan fungsional.

    Guest
    • Nmax kurang fungsional apa bro?

      -Nmax bagasi udah luas, kalah jauh sm Vario
      -Nmax mesin udah VVA, vario masih konvensional, udah gtu boros. (Pengalaman punya vario)
      -Nmax kaki bisa senderan, vario kaki mentok
      -Nmax elegan dan nyaman. Vario cuma motor pasaran, yg nyaman juga nanggung.

      Be smart.

      Guest
  6. baru baca komen atas, mas bima tq, bener YIMM patut ngeluarin produk :
    max 110
    max 125
    max 150
    max 200
    max 250
    wes bakal brodol kabeh jenggote…
    MAX day…. Oke…
    saya termasuk yang ga keturutan beli nmax, malah beli xabre…haduh…

    Guest
  7. Nama MAX Disinyalir kuat sebagai perwujudan terimakasih yaMaho kepada honda y selama ini motor Honda GL MAX seriesnya banyak di pelajari n di Jiplak yaMaho jadi Motor jajaran SOHC Operstruknya… walaupun belum sempurna masih Ngebul kang… namae juga Motor KW pasti gk sebagus aslinya….c

    Guest
  8. YIMM tinggal buat update NMAX/rilis new Max series dengan suspensi yg lebih nyaman, udah cukup buat nekuk next medscooternya AHM

    Guest
  9. Kayaknya YIMM masih konsen di perbaikan mesin SOHC Operstruk jiplakan dari GL MAX ko Masih aj Ngebul bosen di test gk ad hasilnya..

    Maklum mesin GL MAX y asli tanpa radiator masih sehat hora ngebul. nah Jiplakannya walaupun pake radiator gk jaminan sehat malah Ngebul Haus Oli… nasih mesin KW KWean Jiplakan GL MAX khas yaMaho.

    Guest
  10. Honda GL MAX emang Josh Ghandoss… gk cuman mesinnya y terkenal bandel awet di jiplak yaMaho sampe skrng.. tpi namanya y legendaris Dijiplak yaMaho juga tanpa Kompromi…. wkwkwkwkwkwkwkw.

    Guest
  11. Haha jadi inget mesin GL Max dan GL Pro sebelum era GL neo tech, top tenan bandelnya, mesin tiger mah kalah dah

    Guest
  12. yaMaho udah biasa bikin Motor SeMOX bin Bhantet tpi roda mini.. Ostosmastis jalane Gheal Gheol tanpa Kompromi macem beruang sirkus knalpot nembak nembak lagi….

    Guest
  13. Yang baru disupport abis sementara yang lama malah dilupain sampe disponsorin sebelah
    Ni pabrikan kalo gitu terus gimana mau jaga konsumen loyal

    Guest
  14. Semoga ga telat coz mungkin pcx or forza lokal dah siap menanti next year setelah taun ini bombardir pasar sport
    Harusnya aerox g perlu lahir ganti smax biar max series makin buming dan mengakar, duetkan smax dan nmax biar jadi luas pasarnya
    Klo nunggu ampe pcx lokal ngaspal bisa gampang tumbang, kaya pohon akarnya belum kuat kena badai ya lbih gmpang robohnya

    Guest
  15. produk yamaha memang bagus…
    tpi knpa harga jual kmbali kurang bagus
    ( klo gk mau diktakan anjlok ) padhal produk ymh lgsung dpt srtifikasi yamaha jepang…??
    nmax non ABS belum setahun sudah hilang 5jt lbih hrgnya….

    Guest
    • Coba cek, vario 150 penjualan nya bekas nya anjlok, nyaris harganya sama kayak 125. Mending saran jual aja vario nya. Kalau perlu dibakar ???

      Guest
  16. Kebanyakan yang komen sales honda. Make aja belum pernah, pakai sok komen.

    Nmax value bgt untuk daerah perkotaan. Di desa aja, anak kecil pada doyan naik nmax.

    Guest
  17. pabrikan kalo udah kejepit ya gini jadinya… lari tunggang langgang kabur dari peperangan.. okelah fokus di max trus yg lain dikemanain?

    Guest
  18. Ploduk ploduk yaMaho semua bermuara ke ploduk honda GL MAX tahun 80an kang.. Mulai jajaran mesin SOHC Operstruk hasil jiplakan mesin GL MAX. sampe nama GL MAX juga di Jiplak yaMaho MAX-MAXan Tanpa Kompromi…

    Guest
    • Jadi inget iklan Nmax di Tv yang versi Rossi.. pertama kali mulai kan bunyi suara hidupin mesinnya.. kalo sampe dibikin starter senyap sepertinya bagian awal iklan ini akan dicut..

      Guest
  19. trus kenapa honda selalu menang? Kerna mereka menawarkan nilai lebih, itu yg tidak dilakukan yamaha terhadap productnya, emang apa si kelebihan honda? Banyak banget, terutama di bagian fitur, dan tentu juga termasuk pasukan GEGANA eh salah FBI eh salah lagi,,taulah sales mereka seperti apa,,, bahkan mereka sampai membuat pasukan khusus cm demi menjungkalkan piksen,,, ngerih,,,,,

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here