440x100_supragtr150

Bro sekalian, di awal perencanaan dari facelift sirkuit sepang Malaysia selain penghilangan daerah bumpy juga diusahakan dilakukan beberapa upaya untuk membuat drainase air cepat hilang dari Track dan cepat berpindah ke daerah pingir. Cara yang dilakukan oleh Dromo adalah membuat kemiringan dari permukaan Track seperti misalnya di Tikungan ke tiga yang layoutnya dideskripsikan pada gambar berikut ini

440x100_tirei

cengkareng-shop

 MBtech TMCBlog (22 Juni - 31 Juli '16)

5-T-3-sepang-2016

Yap di T3 yang tadinya air hanya mengalir kearah kanan, namun setelah re-surfacing air mengalir baik kekanan dan kekiri dari Track

7-T-5-6-sepang-2016

Begtu juga seperti pada T6 diatas terjadi perubahan arah melipirnya air

12-T-13-sepang-2016

dan di T13-T14 dimana selain merubah arah air dari kiri ke kanan menjadi ke kedua sisi jadi air melipir dari tengah ke  sisi kiri dan kanan dari Track . . Namun bagaimana hasilnya ketika ditest oleh pebalap MotoGP ?

"The big cleanup" ! Nice to see all manufacturers working together today …

A post shared by Cal Crutchlow (@calcrutchlow) on

adalah Cal Crutchlow  yang sempat memfoto tempat yang tmcblog sinyalir sebagai Tikungan ke 9 / T9 dari sirkuit sepang dan di posting ke akun instagramnya dimana pada tikungan tajam ke kiri T9 tersebut sampai menjelang siang genangan air masih belum hilang sehingga harus dikeringkan dengan menggunakan Lap kertas

Postingan crutchlow ini pun diperkuat oleh postingan twitter dari test Rider Yamaha, Coling Edwards yang tmcblog sudah share di awal Artikel ini dimana beneran sob itu butuh tisu gede untuk ngelap air dari tengah Track .. .  KOq bisa  . . Kita cek file dari dromo di T9 ya  . .

10-T-9-sepang-2016

11-T-9-sepang-2016

trnyata memang update drainase boleh dibilang minim di titik ini sob ..  terlihat hanya penghilangan feel bumpy yang menjadi fokus facelift dari point T9 sepang ini.

Sepertinya sepele ya sob ..  namun tmcblog pikir memang benar apa yang dilakukan dan ditemukan oleh Komisi GP diatas . . . bisa dibanyaknkan jika terjadi kasus Flag to Flag dimana Rider berganti cuaca dari Basah Ke kering namun di satu titik yakni T9 keadaan Track sulit kering . . artinya jika pebalap sudah menggunakan Ban Kering . . maka saat melibas sport basah, tentu Grip akan berkurang dan riskan dalam sudut pandang Safety . . . tulisan ini sebenarnya lebih untuk memperlihatkan sampai segitu ketatnya  ya MotoGP soal safety . . .

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

23 COMMENTS

  1. Motogp tdk mempedulikan lingkungan ya
    Kan tisu kertas bahan dr pohon , coba hitung brp bnyak pohon yg ditebang buat bikin tisu

    Guest
    • honda dream . . ya di malaysia memang masih di pakai untuk paddock bike bro

      Administrator
  2. Artikelnya selalu bagus,,, cuman ya finishingnya sering amburadul.. :p
    Typo sana sini.. 😀
    Klo pembaca baru di blog ini , bisa2 salah paham Klo Kurang ngopi 😀 😀 😀

    Guest
  3. Memang di balapan seperti MotoGP ini semua engineering capabilites sudah di-push mendekati limit. Sehingga tidak boleh ada kesalahan sedikitpun baik di motor maupun di sirkuitnya.

    Dan resiko celaka bagi pengendara motor jauh lebih besar dripada pengemudi mobil. Masih inget kata2 seorang teman: Kalo Mobil, besi membungkus daging. Sedangkan Motor, daging membungkus besi.

    Guest
    • kabar baik, tanggal 1 julis udah melayang surat ke DOrna, tinggal tunggu response

      Administrator

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here