440x100_supragtr150

steering-damper

Bro sekalian, di koleksi Video Pass MotoGP ada satu yang menarik mengenai pembahasan teknologi MotoGP, tmcblog share satu info dari Video Pass MotoGP dimana komentator MotoGp dylan Gray menjelaskan secara ringan mengenai kegunaan Steering damper di MotoGP Khususnya di sirkuit sirkuit dengan model tikungan yang cepat berganti dari kiri – ke kanan plus ditambah akselerasi. Cekidot

440x100_tirei

cengkareng-shop

 MBtech TMCBlog (22 Juni - 31 Juli '16)

So pada dasarnya sebuah Steering damper adalah alat yang menghubungi antara steering ( setang) dengan sasis depan. Steering damper seperti juga namanya damper, bertugas untuk meredam getaran / vibrasi yang hadir terutama dari Roda depan yang langsung dirasakan oleh rider via setangnya misannya karena akselerasi  . .

close-steering-damper

Steering damper pada dasarnya memiliki dua jenis seting yang dapat dioperasikan via putaran klik  .. .  ada setingan Close ( hard ) ada juga setingan open ( soft )  . . dimana saat diseting close/ hard maka setang akan jeuh lebih sulit di putar dan butuh tenaga lebih dibandingkan saat diseting open. Koq kayak yang nyusah nyusahin ya ?

open-steering-damper

Namun ternyata ada gunannya sob . . sebagai contoh kasus dimana di sirkuit Assen ada beberapa spot dimana ada tikungan saling balas yang dilakukan pebalap under acceleration jadi nikung kanan kiri sambil betot gas kenceng dan ini menyebabkan banyak kejadian setang depan wooble alias terlihat godek godek jika setingan steering dampernya kurang keras . . . nah setingan Steering damper yang lebih keras akan meminimalisasi gejala ini sob . . .

Namun jelas banyak variable dalam menentukan setingan steering damper dan ini lah yang dicari oleh Pebalap saat sesi FreePractice baik jelnis tikungan , permukaan asphal, cuaca, kekuatan rider dan lain lain  ..  setingan Steering damper yang pas untuk semua tikungan . . bukan apa apa, cuma sekali doang setingan steering damper dapat di ubah saat jalan . . . mungkin kedepan akan menarik kalo ada adaptive steering damper heheheh

gray

Seberapa keras setingan Maksimum Steering Damper MotoGP ?

Yap itu adalah pertanyaan menarik, Steering damper jelas punya kegunaan yang vital baik di motoGP maupun race race balap lainnya .. . cuma seberapa besar kerasnya setingan maksimum Steering Damper MotoGP ? Dylan Gray dari MotoGP.com menjelaskan bahwa setingan maksimum Steering damper di MotoGP adalah senilai dengan kegiatan di Gym yang pull atau push beban seberat 50 kg . . wiiihhh, oleh karena itu penting buat seorang pebalap untuk menjaga stamina dan terbiasa dengan latihan beban nih yaa . ..  silahkan dikunyah kunyah, semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

28 COMMENTS

  1. pembalap motor bebek dikasih steering dumper 50kg dijamin gk bisa belok. wkwkwk

    btw damper juga umum digunain di balap drag resmi supaya gk nabrak kanan kiri

    Guest
  2. ini kayanya di sini dah dipake buat ngedrag..atau kadang dimotor2 ban kecil juga dipake yah….( fu/ninja sih kebanyakan)…..fungsi mungkin sama yah…..atau gayaaja?…

    Guest
  3. lah ni alat biasanya nyang dipake sama motor trondol warna warni tuh yeee…hehehe kalo bebek ato metik dpsang gtuan buat apa..biar kagak goyang cos pke ban cacingan kalii yeee

    Guest
  4. lah ni alat biasanya nyang dipake sama motor trondol warna warni tuh yeee…hehehe kalo bebek ato metik dpsang gtuan buat apa..biar kagak godek godek cos pke ban cacingan kalii yeee

    Guest
  5. …mungkin kedepan akan menarik kalo ada adaptive steering damper heheheh…
    ————————————————————
    Gak mustahil wak, bahkan kedepan saya prediksi sensor tdk hanya tertanam secara internal dimotor, mungkin saja sepanjang sirkuit bakalan berjajar sensor yg terintegrasi dengan ECU motor. Jadi setingan motor akan selalu berubah secara otomatis disetiap jengkal sirkuit termasuk tentu saja yg wak haji sebutkan tadi adaptive steering damper. Menilik perkembangan saat ini sepertinya teknologi kearah sana sudah dekat.

    Guest
  6. Kalau main game motogp, trus kadang motor kita suka oversteer trus minta tolong benerin sama mekaniknya, mungkin bagian ini juga salah satu yang di adjust ulang. sama suspensi.

    Guest
  7. pernah nyobain di zx6, mungkin krn tdk terbiasa, terasa sangat berat klo belok. ntah setingannya open atau close

    https://dk8000.org/2016/07/11/mau-nyobain-selfie-gaya-begini/

    https://dk8000.org/2016/07/12/regenerasi-fbr-fans-berat-rossi/

    Guest
  8. motogp mah udh gapake yg manual steering damper nya, macam electronic steering damper yg di zx10r & ninja h2r, ohlins mechatronic steering damper bawaan pabrik nya, menyesuaikan tingkat kekerasan sesuai kecepatan dll lah.

    Guest
    • kalo lihat video di motogp.com . . kayaknya motor tech3 bradley smith masih manual diputer2 sama dylan Gray sob

      Administrator

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here