jump to navigation

Tech Talk : Ban Depan Asimetrik Slick Michelin MotoGP Sachsenring 2016 . .. Beda konsep dengan Bridgestone! July 16, 2016

Posted by Taufik in : motogp, tech talk , trackback

440x100_supragtr150

slick-asymetric-tires

TMCBlog.com – Bro sekalian, seperti kita ketahui Track MotoGP Sachsenring memang special, karena ada 7 tikungan ke kiri terus menerus  Mulai dari T5 sampai T11. Cobaan 7 Tikungan ke kiri untuk Ban Michelin ini akan disambut oleh sebuah Fast Corner ke kanan sebagai opening dari ” water fall ” . . Butuh Ban Khusus untuk Track seperti ini dan Michelin membawa Ban depan Slick Khusus dengan karakter Asimetrik / Asymetric Front tire . . seperti apa persisnya desain ban simetrik Michelin ini? beruntung motogp.com menjelaskan via Video Pass dan berikut ini tmcblog coba hadirkan untuk sobat sekalian yang kebetulan belum berlangganan Video Pass . . . cekidot . .

440x100_tirei

cengkareng-shop

MBtech TMCBlog (22 Juni - 31 Juli '16)

Sachsenring_(Schaltung).svg

Sobat bisa lihat di gambat atas, mulai dari T5 sampai T11, tikungannya terus meneruh se arah kiri. Dan Di opening Water Fall setelah T11 . . ada Fast Corner . . . Saat motor miring dari T5 sampai T11, boleh dibilang hanya sisi/ wall sebelah kiri yang terpapar asphal dan sisi/ wall sebelah kanan hanya terkena udara saja. Hal ini menyebabkan pendinginan. Teorinya, untuk ban yang yang terpapar pendinginan, butuh kompon karet yang cepat naik temperaturnya di fast corner  . . nah bagaimana Karakter ban depan slick asimetrik Michelin ?

arah-putar-ban

Bayangkan foto di atas mengenai arah putar ban ..  artinya motor bergerak menjauhi sobat sekalian

soft-wall-asymetric

Michelin mengatakan bahwa bagian yang menggunakan kompon soft hanya 1/3 bagian di wall sebelah kanan. Bagian wall Kanan dari ban yang menggunakan karet lebih soft ini berguna agar ban cepat memperoleh suhu idealnya yakni 100 derajad celcius

hard-wall-asymetric

Sedangkan bagian yang menggunakan kompon karet lebih keras berada di 2/3 bagian sisannya ke arah kiri. Yap bagian 2/3 bagian kearah kiri menggunakan ban dengan karet lebih keras berguna agar ban lebih durable saat dipaksa kerja keras menghajar 7 tikungan ke kiri ..

atc_pre_468x60_eng

Bedanya dengan Bridgestone Asymetric ?

Perbedaan antara Ban Michelin Asimetrik dengan ban Bridgestone Asimetrik berada di seberapa besar bagian yang terkena kompon lebih lunak dan cukup kontras . .. cekidot deh . .

bridgestone

Phillip_Island_Grand_Prix_Circuit.svg

Namun Michelin menambahkan bahwa untuk Race di MotoGP Philip Island 2016 nanti Ban Asimetrik yang akan di bawa nanti akan memiliki konfigurasi dimana Kompon hard hanya menempati 1/3 bagian di sisi dinding / wall ban sebelah kiri dan 2/3 sisa bagian dinding ke arah kanan mengunakan kompon karet slick tipe soft. Hal ini disinyalir melihat ada satu tikungan ke kiri yang super duper abrasif yakni di T11 setelah Tikungan MG

silahkan dikunyah kunyah dan Semoga Mencerahkan,

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

EnglishHindiIndonesianJapaneseSpanishThaiVietnamese

 

 

Comments»

1. hamstring - July 16, 2016

top deh

███▓▒░░アℜ㊣∂ąț❂ℜ™░░▒▓███ - July 16, 2016

asimetrik / picek sebutan tiger revo 🙂

2. krotjo moemet - July 16, 2016

Nyimak

3. rider - July 16, 2016

ada yang dlosor lagi gak ya di race esok

4. Darsono Pangling - July 16, 2016

Marquez pernah jatuh ga wak waktu pake ban ini di latihan kemarin?

5. bejobeja - July 16, 2016

ban ora umun

6. misba - July 16, 2016

Wes diweni ban ngene ndang tukang mewek isek ndlosor eo kon nggowo ban paku cek nancap nok aspal.. cek g mewek wae…

7. motorideweb - July 16, 2016

top artkelnya wak

8. skorpiola - July 16, 2016

Ban PeYang malah dipakai balab ya? Pemikian yang mendahului kenyataan…

9. froo - July 16, 2016

banyak straightnya, ducati bisa bebas banget nih

10. lisyanto - July 16, 2016

apa sudah ada yg pake kang saat FP kemarin ?

11. aldy - July 16, 2016

Ko yang bridgestone komponnya soft semua wak dr sebelah kiri dan kanan

“Jika di Michelin Wall Kiri yang terkena kompon Hard terdiri dari 2/3 bagian saja, maka di Bridgestone juga menggunakan kompon soft, namun 1/3 bagian”

12. ardiantoyugo - July 16, 2016

buset 100 derajat selsius ya… 😯
poin kedua agak keseleo tuh…

Honda CBR 250RR, awas zonk: http://wp.me/p1eQhG-1Rz

13. dave - July 16, 2016

Wah sirkuitnya bener2 ribet ya..

14. robiyana - July 16, 2016

Berarti yang tengah lebih tahan abrasi, beli ah bekasnya buat touring *jokegaring 😀

15. SuRyA - July 16, 2016
16. Pasar Rumah - July 16, 2016

Mantap,

ternyata diteliti sampai sebegitu detailnya untuk bannya saja disesuaikan dengan track balapnya.

17. komodojantan - July 16, 2016

seandainya bukan one make tire pasti lebih seru persaingan bridgestone vs michelin.

18. 022 - July 16, 2016

Kira2 apa settingan shock nya juga beda ya antara kiri sama kanan?

19. Are wege - July 17, 2016

Disesuaikan dengan karakter SIRKUIT

20. roel - July 17, 2016

Ojo kuwalik masang e..
Marai ciloko engko. .



%d bloggers like this: