jump to navigation

Kupas Tuntas : Analisis Performa Valentino Rossi VS Crutchlow VS Dovizioso setelah Pit Stop MotoGP Sachsenring 2016 July 23, 2016

Posted by Taufik in : motogp , trackback

440x100_supragtr150

pitlaneafter-pitbox

TMCBlog.com – Bro sekalian , Setelah artikel Iseng yang penuh asumsi dan perandaian kali ini kita akan kembali masuk jalur Fakta sob . . Yap Fakta seperti apa Performa Cal Crutchlow, Dovizioso dan Rossi setelah Masuk it Box MotoGP Sachsenring 2016 , banyak yang bertanya tanya soal ini. Bukan apa apa Baik Rossi, Crutchlow dan Dovizioso masuk Pit Lane untuk berganti Motor dengan waktu yang hampir bersamaan ( Lihat deh Dovi ‘nyetut’ Cal 😀 ) . . namun memang beda strateginya dimana Valentino Rossi Menggunakan Ban depan belakang Intermediate ( Juga Jorge Lorenzo ), Cal Crutchlow dan Andrea Dovizioso menggunakan ban belakang Slick Plus ban depan Kalo nggak salah Intermediate , cmiiw . . . tapi saat masuk finish, Crutchlow do Posisi 2, Dovizioso posisi 3 sedangkan Rossi Di Posisi 8 dimana jarak Rossi dan Crutchlow berkembang sampai 16,582 detik . . jauh banget . . . lha ada apa dengan performa Rossi ?? Berikut hamparan Fakta data Performanya dalam bentuk Grafik  . . Cekidot

 440x100_tirei

cengkareng-shop

MBtech TMCBlog (22 Juni - 31 Juli '16)

Pertama tama kita bahasa dulu soal Laptime dari Lap ke 24 sampai ke lap 30 :

laptime-1

Terlihat di lap lap awal setelah pitstop Rossi paling lambat dibanding Cal dan Dovi. Tercatat Rossi lebih lambat 2,9 detik dari Cal Crutchlow dan sekitar 4,66 detik dari Dovizioso di lap awal . . nahhhh jauh banget ya? terlihat banget Rossi banyak kehilangan waktu dibanding Cal dan Doi di awal lap setelah ganti ban . . . Grafik atas kurang zoom? cekidot sob

laptime-2

Nahhh Secara Umum Rossi memang Under Pace bila dibandingkan dengan Crutchlow dan Dovizioso . .. Bagaimana Kalo Laptime Marquez di masukkan ke Grafik ? Cekidot

laptime-3

Nahhh, ternyata Marquez nggak kencang kencang banget, tapi yaitu dia, Strategynya Brilian dengan masuk Pit terlebih dahulu ( plus ada kemungkinan Marc Mengendurkan Gas setelah tahu jarak antara ia dan Kompetitor sudah terlalu jauh, main aman dan Safety – Logis )  . ..  tercatat soal Laptime, Cal Crutlow adalah Yang paling kencang di antara 3 besar Finisher

Data Persektor

Kurang Puas Juga sama data di atas, mari kita kupas data per sektornya sob  . .

Sektor 1

Sector1

Yap data di atas adalah data Laptime Rossi, Dovi dan Cal di Sektor 1 . . susah menganalisannya ? Mari Kita zoom  . .

Sector1-zoom

Yap, terlihat banget bahwa secara umum Laptime Rossi di sektor 1 ini underperform bila dibanding Crutchlow dan Dovizioso. Laptime rossi 1,8 sampai 2 detik lebih lambat dari Cal dan Dovi di sektor 1. Di sektor 1 ini data laptime yang paling smooth adalah data Dovizioso, sementara Crutchlow walau tetap lebih cepat dari Rossi masih ada sedikit Fluktuasi

Sektor 2

Sector2

Di sektor 2 setelah Lap ke 25 sebenarnya Rossi sudah bisa menyamai Laptime . .. Namun ya itu dia Crutchlow masih tetap kencang, dan ketinggalan di lap 24-25 lah yang membuat Rossi sulit mengejar Cal dan Dovi

Sektor 3

Sector3

Sektor 3 Secara umum Crutchlow lebih cepat dari Dovi maupun Rossi. Rossi sendiri sekitar 0,3-0,5 detik lebih lambat dari keduanya di sektor ini

Sektor 4

Sector4

Dari data di atas terlihat di 3 lap awal setelah pit stop Pace rossi di bawah Cal dan Dovi pada Sektor 4 Sirkuit Sachsenring . . . setelah lap 26 bar deh menyamai Cal dan Dovi.

TOP Speed

Bicara Performa sebagai bonus mari kita lihat bagaimana performa topspeed setelah Pits top/ Bike swap

topspeed

Terlihat Top Speed Rossi lebih rendah dari Crutchlow dan Dovizioso setelah Pitstop. Dovi dengan power Ducati desmosedici 16 GP yang besar terlihat memang menguasai torehan topspeed.  . . bagaimana Jika top speed Marquez dimasukan ?

topspeed+marq

Nah ternyata Top Speed Marquez nggak tinggi tinggi bangat . . Sinyalemen Faktor security dan rasa sudah aman boleh saja dimasukkan sebagai variable penyebab kenapa topspeed ( dan laptime)  Marquez nggak tinggi tinggi banget. Namun kembali segala data data di atas menunjukan bahwa memang entah karena Rossi yang nggak dapet Feeling bagus di motor dan ban baru, atau memang kombinasi ban full Intermediate yang kurang perform sehingga membuat Rossi kedodoran . . namun tentu semua setuju jika memang strategy Marc Marquez yang terlebih dahulu masuk Pit adalah strategy Pebalap, motor dan team yang Smart . . . Silahkan dikunyah kunyah, semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

EnglishHindiIndonesianJapaneseSpanishThaiVietnamese

Comments»

1. AL - July 23, 2016

Heran sayaH dgn lap time rossi yg jomplang gitu?? Maksudn kok gede gapnya??

Marquezz - July 23, 2016

Biasa motor m1 yg dibuat cadangan g sebagus motor pertama,efek mesin inline(carry)dibuat kencang melebihi limit mleduk,paling kuat 2 race doang,dibuat standart kalah sama mesin v😁😁😁😆😆😆

Naga Bangor - July 23, 2016

Sudah saatnya M1 direcall karena lemot dan ngebull…

User - July 23, 2016

Ini FBH mulutnya kayak ngepet. Bacot bgt.

Sanghyangasmara - July 23, 2016

Yg pnting jagoanq podium 2 😄

Marquezz - July 23, 2016

Ternyata rcv bisa naik podium walau tim satelit,bukti rcv motor terbaik.bisa ngalahin m1 pabrikan😁😁😁😆😆😆

2. hary_gepenk - July 23, 2016

Tu Mas Rossi bandel Wak, team udah ngasih tau untuk masuk pit dianya malah lempeng aja..

3. roel - July 23, 2016

Ora mari mari alias gak kelar kelar. .
qiqiqi. .

4. imodi - July 23, 2016

jos honda nguasai 1,2
wak, kenapa rossi juga kalah sama miller?
data miller juga gak di input wak?

Taufik - July 23, 2016

miller, pedrosa, bisa aja di input . . ini aja 2 jam bikin artikelnya, kalo tambah lagi, nanti waktu bikin artikelnya nambah lagi . . saya single fighter soale 😀

kolong langit - July 23, 2016

Ngga kpikiran untuk buat team dlm redaksi tmc wak, lumayan kan berbagi rejeki dgn yg lain..wak haji jg bs sdikit nyantai..

vyzex - July 23, 2016

Ada yg mijet.
Ada yg buat kopi
Ada yg mbersihin rumah
Ada yg nyuci pakaian

Kalo buat materi sih tetap kang taufik dong

Taufik - July 23, 2016

kepikiran, cuma idealisme saya lumayan tinggi

5. wangi - July 23, 2016

Mantap.fans rosi kakean cangkem ketinggalsn 5 kecamatan masih mempermasalahkan handrl kopling.

6. Naga Bangor - July 23, 2016

Salam recall 26 detik 😀

7. nurdin - July 23, 2016

ini artikel gp sachenring ending sampai kapan wak ??
ekekeke

bahas masalah kartel dong , baca di lapak sebelah malah serba ambigu ga jelas gitu …

Taufik - July 23, 2016

sebenarnya kalo baca tulisannya detik, sudah jelas banget soal isi email yang dijembreng soal penetapan harga skutik Yamaha
namun soal siapa yang benar dan saah, ya kita hanya bisa menduga, keputusan tetap nanti KPPU

vyzex - July 23, 2016

begini
Yamaha: bos.situ bikin motor kok canggih amat.
beat aja dikasih iss.
kita nggak bs ngikutin nih.
pelek aja masih pada peyang lu dah kasih remote segala.
kalo cuma ngikutin harga sih bisa

Honda: terserah situ deh.

Sanghyangasmara - July 23, 2016

Wkwkwk…. Telo loe, bro 😂

8. Cah ndeso - July 23, 2016

Kl topsped padahal Marquez paling lemot ya…

Taufik - July 23, 2016

ya bener paling lemot

9. Dudung59 - July 23, 2016

Saya udah bilang di thread sebelumnya…
Rossi tetap d belakang crutchlow n dovi
(Sayang masuk moderasi)
D situ saya juga analisa
Rossi juga tetap d belakang redding n kemungkinan besar d belakang miller…
Rossi mungkin bisa finish d depan pedrosa… sedangkan vs ianone 5050 lah peluangnya…

Taufik - July 23, 2016

yaaaa, semua juga bisa memperkirakan, cuma artikel ini tujuannya memaparkan bukti dalam bentuk data dan grafik
kan enak kalo ngomong pake data

Dudung59 - July 23, 2016

Masalahnya moderasinya kang…
Niatnya kan diskusi…
bener juga sih pk data lebih valid… tp kl alasannya logis kan juga cukup bwt analisa…

Crutchlow n Dovi : ban slick
Masuk barengan dengan rossi… tp krn pilihan ban sangat jelas pace mereka lebih cepat (ga pake data detail cukup posisi finish)
Kl diliat pas balapan grup terdepan (dovi rossi barbera crutchlow n miller saling lirik siapa duluan yg masuk pit… makanya ketika ada yg masuk pit yg lain ikutan (kecuali miller yang telat respon)… maka klo rossi masuk lebih awal yang yalin akan juga lebih awal… kalaupun tidak dovi misalnya yang posisi terdepan… paling cuma beda 1 lap…
Disini dpt ditarik kesimpulan pemilihan strategi ban intermediet rossi salah… ditambah keslahan terlambat swap motor

Redding : ban intermediet
Crutchlow n dovi (ban slick) butuh banyak lap buat nyusul redding… padahal pace nya mereka 1 detik lebih cepat drpd rossi

Miller : ban slick
Swap motor 2 lap lebih terlambat dr rossi… sebelumnya dia masuk d grup depan… tp terlambat respon ketika dovi, crutchlow, rossi n barbera masuk pit… jika rossi masuk lebih awal, katakanlah lap 20 n miller tetap terlambat 2 lap… kemungkinan besar dia tetap finish d depan rossi…

Ianonne ban intermediet
Saya bilang 50 50
Kalo pk data lebih valid

Pedrosa saya kurang tau ban nya
pedrosa swap lebih awal tp gap finishnya sangat dekat… kali rossi masuk 1 lap lebih awal saja maka rossi bisa finish d depan pedrosa..

10. permen - July 23, 2016

coba pedrosa sama miller masukin wak waktunya 😀
btw kalo emang masalah dimotor keduanya rossi. kenapa tim nya gak pernah belajar dari kejadian flag to flag sebelomnya yak yang mana rossi selalu bermasalah sama setingan motor kedua.

Taufik - July 23, 2016

hahahaha, cangkeul masukin datanya satu satu 😀

11. M3 - July 23, 2016

posting masalah kartel dong antara YIMM & AHM yg lgi hot nih wak….

Taufik - July 23, 2016

siappp

12. marq93joss - July 23, 2016

Itulah knp qta hrs percaya kpd team wak krn mereka melihat smw dgn jelas dn gamblang wong mereka mengamati beda halnya dgn rider yg fokusnya terbagi menjadi dua 😆 konsen kejar yg di depan sma konsen jinakin tunggangan biar gk dlosor heheheheee….

13. salam shock protol - July 23, 2016

klo yamaha yang begitu pasti langsung bikin iklan PEMBALAP CERDAS… kayak waktu itu… yang JL menang

14. rventon98 - July 23, 2016

Wak, kok bikin posting data rossi terus? Wak haji nggak bisa move on rossi finish posisi segitu? Kenapa rider lain nggak dibahas kalo lagi bad luck ato under performance? Saran aja, topik technical ttg motogp mungkin bakal lebih bermanfaat wak..

Taufik - July 23, 2016

soale banyak yang nanyain
kalo saya nggak move on, artinya di artikel saya ngebelain rossi, apa iya saya ngebelain rossi diartikel, cari mana kalimatnya ?
topik technical kan udah juga, tuh data telemetri udah baca ?

15. Muke Gile - July 23, 2016

Jadi yg salah sapa ?? strategi team pasang ban Intermediate..?? atau VR46 yang “Gak” nurut strategi Pit stop dari Team ???

Team VR46 apa gak liat MM93 ngacirr pake ban Slick yaa?? gak ambil pelajaran dari situ kah ?? atau gengsi ikut2 strategi team MM93 pake ban Slick ??

Hanya rumput yang tahu . .He he he

16. Muke Gile - July 23, 2016

Dovi nyetut Crutchlow ..

Crutchlow yg minta atau gimana yaa ?? he he

Akhirnya keluar juga di artikel ini.. Pas Race sy pikir Dovi najong motor Crutchlow yg agak mepet dy.. he he he.

17. Muke Gile - July 23, 2016

Dovi nyetut Crutchlow ..

Crutchlow yg minta atau gimana yaa ?? he he

Akhirnya keluar juga di artikel ini.. Pas Race sy pikir Dovi tajong/tendang motor Crutchlow yg agak mepet dy.. he he he.

18. ███▓▒░░アℜ㊣∂ąț❂ℜ™░░▒▓███ - July 23, 2016

ini gara² cuaca gk jlzzzz

Ym - July 23, 2016

Seruan cuaca seperti ini, banyak strategi yg keluar, dari pada race yg cerah kebanyakannya turing, gw harap balap minggu depan gini lg,

mirzafawaid - July 23, 2016

Kalo ane sih berharap 9 seri tersisa pada ujan-reda-ujan cuacanya, lebih greget n banyak kejutan. Gak monoton kaya race kecing

19. dpblog - July 23, 2016
20. ion - July 23, 2016

trimakasih udh repot2 sharing data nya.
spt nya emg salah rossi yg abaikan pitboard dan ban yg disiapkan crew krg cocok dgn kondisi aspal.
toh kalo rossi tdk mengabaikan pitboard, dia mgkn bisa finish di 6 (perkiraan rossi) itu udh jauh lbh baik drpd finish 8.

21. goozir - July 23, 2016

jujur secara pribadi bosen bahas rossi terus… wong ngeyel bae..

10 sepeda motor Yamaha paling irit >>goozir.com

22. reader netral - July 23, 2016

Wak Haji mau nanya TMCBlog dibacanya te em ce blog ato ti em sii blog wak..??

アℜ㊣∂ąț❂ℜ™ - July 23, 2016

serah lu owlang daghhh

Taufik - July 23, 2016

te em ce blog 😀

23. supra mx - July 23, 2016

dah tahu nggak biaya membikin sebuah iphone ataupun samsung galaxy 6…gak lebih dari 3 jtan bro…tpi kenapa mereka tetep saja laku dan jadi penguasa pasar?

kepo - July 23, 2016

Imej, servis center, development

24. orongorong - July 23, 2016
25. dpblog - July 23, 2016
26. Dungu - July 23, 2016

Kang… sekedar masukan, akan lebih afdol kalau datanya dimulai dari lap dimana Marc keluar dari pit… Sehingga akan tahu apakah Marc “sengaja memperlambat” motornya setelah tahu bahwa dia sudah memimpin jauh di depan…

Taufik - July 23, 2016
27. nduk - July 23, 2016

MANTAP ulasannya,moto3 colek dikit dong wak

28. (penikmat cikopi+gorengulen dipagi hari) - July 24, 2016

sebenernya ianone yang paling awal masuk pit… dan ia pun jeblok…

so strategi repsol93 emang jituuu….
nunggu racingline kering dan pake ban slick depan-belakang…

btw mas bro… ane takjub liat moto3… si pawi malaysia juara lagi kondisi wet… jago balap eropa keok sama sembalap asia kalo hujan… wkwkwkwk

29. jakaaria - July 24, 2016

Ga aneh Rossi kalah dari Cruthlow dan Dovi, yang aneh kenapa sampai kalah juga sama Miller di lap akhir, jadi ya ga mungkin Rossi bisa podium dua walau ganti motor lebih dulu

30. dave - July 25, 2016

rossi selalu jelek kalo ganti motor,,
bagaimana pun cuaca nya,,
bagaimana pun ban nya,,
apa pun settingan nya,,
aneh..



%d bloggers like this: