jump to navigation

Kayak gini Konstruksi Double Muffler Honda CBR250RR . . [VLOG] July 30, 2016

Posted by Taufik in : Honda, tech talk , trackback

Blog-460x110_rev

TMCBlog.com – Bro sekalian salah satu yang menarik dari Honda CBR250RR adalah desain dari Mufflernya yang tmcblog sebut sebagai double barrel end Muffler ada dua keluaran gas buang . . koq sampai dua githu sih, padahal desain awalnya di konsep pakai mid-ship muffler yang unyu unyu . ..  kayak apa konstruksi dalamnya ? Cekidot deh sob

honda-cbr-250-rr-081-tmcblo

440x100_tirei

cengkareng-shop

MBtech TMCBlog (22 Juni - 31 Juli '16)

airscoop-front-cbr250rr-2

muffler

Yap jadi secara umum desain belahan dari Muffler Honda CBR250RR adalah seperti diatas . . tmcblog sendiri belum melihat belahan konstruksinya langsung . . namun dari gambar di atas sepertinya sistem muffler dari Honda nCBR250RR adalah 2-1-2 jadi dari dua manifold out bergabung jadi satu, masuk sistem Katalisator lalu keluar dipisah lagi menajdi dua cabang output . . dimana jalur udaranya disinyalir akan seperti ini

muffler2

Terlihat setelah terpecah dua dari leher knalpot maka di masing amsing barrel Muffler, gas buang akan ketemu paling tidak 3 ruang/ chamber jadi secara umum aliran gas buang nggak plong plong banget/ free flow . .  namun yang kepikiran oleh tmcblog, kalo Honda merancangnya dengan 1 muffler kan bisa hemat bobot yang artinya akan memperbesar angka Power to weight ratio yang biasannya punya konsekuensi langsung dengan performa motor . .. entahlahh  . . mungkin sobat ada yang mau kasih pendapat ?

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

EnglishHindiIndonesianJapaneseSpanishThaiVietnamese

Comments»

1. Ardiantoyugo - July 30, 2016

Hadeerrr…

💗💞 ™MB@H D@RMO™ 💞💗 - July 30, 2016

naahh..
bagian ini yg bikin paket desain jelekk..
wong power sak criittt aja knalpotnya lebayy..

gak minat blazz .

😁😁😂😂

💗💞 ™MB@H D@RMO™ 💞💗 - July 30, 2016

secara etika dan estetika sudah keterlaluan … iya kalo powernya 10000hp bisa dimengerti ..
Laa wong power sak critttt aja lebayy nya minta ampun …

yang ada gak bisa lari keberatan knalpot ..

naahhh betuulll ???

😁😁😁😂😂😂

PANITIA SUNAT MASSAL . . . ! ! ! - July 30, 2016

Kismin Byk congor ..

Jijaayyy …

Fahri - July 30, 2016

Ya gak minatlah, naeknya aja honda revo :v

Rec4L - July 30, 2016

Penunggang motor recalan dilarang comment

zaenal - July 30, 2016

😂😂😂😂😂

2. lw - July 30, 2016

Bersiin filter udranx kekx rumit

3. hrcr - July 30, 2016

pertalite

4. johar - July 30, 2016

Estetika saja mungkin

Butat - July 30, 2016

Dengan Double muffler gini aja bobotny udah paling ringan, power paling gede, logikanya emang sengaja tu honda mengkebiri power karena engine terlalu advance,,

yakinla kalo udah ganti freeflow, yang slip on aja mungkin bisa naik 2-3 hp,, cmiiiw

5. kawasaqi - July 30, 2016

mungkin yg 1 bonus itu wak..g fungsi jg

6. nduk - July 30, 2016

Biar sedikit merepotkan pengrajin knalpot after market 🙂

7. Ipy - July 30, 2016

Kok nangung amat yak 2-1-2 kenapa tidak 2-2 ajah….

8. Ridwan - July 30, 2016

Kalo dianalisa dari gambar, aliran muffler atas berputar karna terlihat ada pipa2 kecil berwarna silver seperti pada motor umum dan muffler bawah terlihat lebih plong karna gk ada pipa2

Ridwan - July 30, 2016

Koreksi: sebenarnya di dalam hanya 1 alur melalui pipa2 silver tersebut namun dengan 2 lubang keluar berwarna hitam

9. gema - July 30, 2016

Pake servo kali Wak didalemnya buat ngatur output pembuangan sesuai riding mode yg dipilih…

10. Badu - July 30, 2016

Sepertinya, untuk mengambil torsi di rpm rendah dan power di rpm tinggi biar dapat dua duanya.

11. cayo - July 30, 2016

250 CC SUPERIOR Bike … buat ngincer putaran power bawah sama ataasnya kali wak kek RCV sama DESMO kan pake double Muffler juga ya ???,, Untung CBR250RR masih Double muffler tp letaknya numpuk kalo sampe HONDA ngasih mirip Rcv (knalpot UNDERTAIL) wwwkwkwkwkwwkwk PARRRAAHHH dah

black vixi - July 30, 2016

rcv ama ducati mah mufler 2 karena enginenya v bro, kalo mau dijadiin satu ribet, ga kayak engine inline. beda cerita ini mah, kalo ini buat tampilan aja biar konsumen tau kalo engine cbr 2 silinder. dan malah merusak penampilan nutupin swing arm almu nya

miko - July 30, 2016

Bwahahaha. Cuma 2 silinder disama2in ama yg 4 silinder V…oalagh mbiing mbing..

12. Badu - July 30, 2016

Mungkin ,
Kalau lihat gambarnya snalpot,
Bagian atas alirannya udaranya muter muter, buat mengail torsi.
Bagian bawah free flow, buat mengail power.

13. mirzafawaid - July 30, 2016

Desain knalpot ini menurut saya hanya sebagai pemanis, meskipun AHM bilang ada sedikit keuntungan saat digeber di rpm tinggi

Nanti kalo turun balap saya kira akan balik jadi 1 lubang knalpotnya

14. Badu - July 30, 2016

Terlihat sekilas volume tiap chamber berbeda.

*Jadi tanya ke om gogel tentang muffler theory

15. ridersepuh - July 30, 2016

tolong wak,,,jabarin tentang ram air filternya.sama tangki.penasaran ni.kayak nya jos ni handling.scara bobot dkat dngan center gravity kyak supersport.

16. je - July 30, 2016

mungkin juga buat efek suara yang lebih ngebas seperti Nmp/verza wak

17. masje - July 30, 2016

mungkin juga buat efek suara yang lebih ngebas seperti Nmp/verza wak, jadi kemungkinan suara knalpotnya akan lebih ngebas/sangar dari kompetitornya

18. Landise - July 30, 2016

Mending knalpotnya misah, kanan kiri atau satu di bawah jok itu baru namanya tampil beda.

19. Andicielo - July 30, 2016

Apakah kemungkinan kerjanya sama kayak muffler cbr1000rr fireblade yg mana kontruksinya 4-1-2, yg mana pada saat putaran bawah gas buang hanya melewati 1 lubang, kalo putaran atas gas buang melewati 2 lubang

ifoelfumi - July 30, 2016

Setuju sm yg di atas, kan mekaniknya kemarin bilang ” kamu akan merasakan sensasi yg berbeda pd knalpot, jk kecepatan sudah di atas 70, atas lagi dan lagi”

andri - July 30, 2016

benar kata mas Andicielo, mungkin memang mau meniru knalpot CBR1000RR.

20. gundamfreak - July 30, 2016

Dengan sistem exhaust 2-1-2, karakter motor jadi bagaimana wak?
Trus apa pengaruhnya terhadap performa motor?
Yang terakhir, apa berpengaruh ke suara putaran atas dan bawah?

21. goozir - July 30, 2016

knalpot under seat 2 mantap tuh

22. Jabrix - July 30, 2016

kog gak sreg ane ya….mungkin subyektif.

23. ░アℜ㊣∂ąț❂ℜ™░░ - July 30, 2016

kirain 2 manifol terpisah sampe ke muffler
trnyata 212 wirosableng…

kalo secara awam itu cm gegayaan doang
tp entahlah fungsionalnya apa

24. yoye - July 30, 2016

itu blue ocean design wak… kyake rival blm ada yg begitu

25. timi - July 30, 2016

Penasaran ama pukulan ni knalpot
Secara motor soport macam vixi pukulan ke muka pengendara saat lampu merah lumayan brasa buat yg pas di blakang
Apa klo dibikin dua gini jadi jdi tambah lembut apa tetep nendang ??
Disain selera tpi lebih kece model neked kaya yg aftermarketnya kmarin kyanya bkalan laris tu knalpot klo ni motor laris juga tentunya
Lumayanlah ada yg bisa di modif bagi yg suka modif biar ga mainstream ama cbr yg lain coz yg lain dah top markotop

26. naldo - July 30, 2016

mungkin utk euro 4 wak

27. Max biaggi - July 30, 2016

Itu nanti sesuai dg riding mode yg akan dipilih..

28. Eko poer - July 30, 2016

Wiro sableng 212
Angka 2 terakhir biar dikira h2r
Ahaaahahahahahaaa

29. mydroid.id - July 30, 2016

knalpot nyabang euy

renderan samsung galaxy note 7 dan spesifikasi yang diusung
http://www.mydroid.id/2016/07/bocoran-gamblang-samsung-galaxy-note-7.html

30. mariodevan - July 30, 2016
31. euan - July 30, 2016

Ke 1, tampil beda
Ke 2, suara beda
Ke 3, tenaga

Kan bgtu y wak kata AHM

32. 2UL|kibul™· - July 30, 2016

gampang buat versi racing tinggal ganti yg single aja…
klo buat harian ya biar keren aja dan gak mainstream

😀

good job ahm…

33. ms - July 30, 2016

tujuannya adalah power besar layaknya knalpot aftermarket, namun dengan suara standard.

34. 2UL|kibul™· - July 30, 2016

udh wak jgn bahas motor ganteng mulu, kasian tetangga tambah meriang…

😀

bahas info recall25 aja gmn tuh masih tetep lanjut pake gear tamiya aja?

😀

ya klo gak ganti konsekwensinya konsumen cuma jd kelinci percobaan doang…
sesuatu yg vital kok dianggap spele…
klo soal tangki plastik pecah masih bisa pake botol susu

35. ato - July 30, 2016

disinyalir ada system bukaan automatis sesuai dengan riding mode yang di pilih, jadi dengan settingan yang komplit antara ruang bakar dan exhaust perbedaan power akan benar terasa bukan sugesti semata.. cmiw..

36. diji - July 30, 2016

Besok dicek aja wak waktu tes ride. Pas rpm rendah buangan asep knalpot kenceng mana atas ma bawah, gitu jg wktu rpm menengah dan rpm tinggi. Rirasain pake tangan gitu kan bisa wak. Klo fungsinya hayo mboh wak.

37. adul - July 30, 2016

kenalpot standard dari pabrikan mana aja, mau modelnya kaya apa juga bunyinya ya werrr..werrrrr… pasti diganti sama yang beli, pake knalpot after market yang merdu… buat standard penampilan aja ok lahh…

38. adul - July 30, 2016

ngomongin power yg disunat untuk jualan umum, itu biasa buat pabrikan motor..nah utk honda, kita udah lihat gimana performa si jomblo dulu saat udah dikorek, sadiisss banget kan..?..

39. adul - July 30, 2016

kita lihat aja nanti kalo sudah real digunakan masyarakat, apakah fairingnya meleleh karena kejebak macet ?..apakah area speedo dan head lamp berembun bahkan kemasukan air ?..apakah oli shock breakernya meleleh ?..apakah rem nya ndlosor ? apakah larinya nyeruduk kaya celeng susah belok ?..apakah hawa panasnya naik ke biji ??…

40. adul - July 30, 2016

tambahan, apakah bak oli gampang pecah/retak kalo kena “polisi tidur” ?

41. (penikmat cikopi+gorengulen dipagi hari) - July 30, 2016

sebenernya itu model muffler jadul dengan regulasi anyar…

42. henri - July 30, 2016

Pantes banget ini buat motornya Knight Rider macam Ksatria Baja Hitam…

43. Didi - July 30, 2016

Kang, kemungkinan ada versi naked nya ga?. Usul aza buat muffler nya di bedain, underbelly kaya cb650, biar makin gagah.

44. pengamat - July 30, 2016

Pabrikan sih harus taat aturan uji emisi.
mengenai silincer sih yg penting lancar serta meredam suara.
pada bagian pipa terluar ada 2 pipa out dgn panjang berbeda, mempunyai tekanan berbeda, Shg menghasilkan 2 nada suara.
Muffler yg atas suaranya garing spt cbsf.
Muffler yg bawah suaranya ngebas spt verza.

45. Rosi - July 30, 2016

knalpot dirancang oleh perancang lebay diperuntukan bagi fbh lebay.. nunggu blog lebay bikin artikel lebay.

46. miko - July 30, 2016

Mbekha dimari pada muji2, padahal nggak beli…ya khan mbing?
Atau pengen beli stikernya doank trus ditempelin di mbit masing2?
wekekeke…
Wes mbekhaaa gak usah ngayal terus…urusi dulu kredit mbitmu yg mau jatuh tempo…

47. miko - July 30, 2016

Atau jangan sepeda pancal aja gak punya…duh nasibmu mbing, turut priatin ane…
Kapan2 antri deh di rumah ane, ane kasih zakat…

48. skorpiola - July 30, 2016

Knalpot 2-1-2 WIRO SABLENG… Muantab iki…

49. ™MB@H D@RMO™ 💗💞 spOnSor - July 30, 2016

xixixixixi

muanteebbb…?
disinyalirr FBH lg cekott” mikir kreditt embitt blm lunasss
udh lonceng ploduk baruu lg…

powerr n torsii… hrga jual blm kliatann
qo udah maen indenttt
wkwkwkwkwk….
binggungg setting mesin..
lah, wong isine 62X40 kompresii 11.5 : 1
dinaekinnn limitt RPM 16rb tensionerr’e lngsung berkumandang

hohohohohohohhoooo

50. dave - July 30, 2016

iya tuh,, knp hrs keluar 2 ya?

51. teuku raja pratama - July 30, 2016

Asw bang taufik. Sy raja pemuda asal aceh 23th, orang baru di blog ini. Izin silaturahmi bersama.

oke jd sya pikir Untuk desain knalpot sebenarnya terispirasi dari desain muffler kawasaki ninja h2, hanya saja untuk menandingi keganasan suara raungan mesin 4 tak doch 2 slinder kompetitor maka honda cbr250rr menerapkan sistem pembuangan 2-1-2 sehingga suara yang di hasilkan lebih mengelegar tanpa harus mengantikan slincer aftermarket. Mungkin produk honda bermesin 4 slinder kedepannya akan mengunakan sistem yang sama degan cbr250rr. Saat ini honda tengah berinovasi dan melakukan langkah yang berbeda dari sebelumnya. Dan saya lebih suka jika posisi knapot ada di bawak jok pebonceng sehingga mendapat kesan aura motor sport murni. Jauh lebih baik dari cbr1000rr.

52. SuRyA - July 30, 2016
53. saimo - July 30, 2016

koyok tvs…. :v

54. yudha prabowo - July 30, 2016

Knalpot double barrel sbenarnya berfungsi untuk memberi ruang lebih pada gas buang agar tekanan gas buang tidak pressure back ke manifold di putaran tinggi… pertimbangan AHM knapa harus double barrel adalah kitiran mesin max/rpm redline cbr250rr pada 14.000 rpm keatas …jika dg knalpot single pipe 2-1 maka akan dibuat lebih besar dr kompetitor apalagi 2 silinder bekerja bersamaan …. di pipa tengah sbenarnya ada pipa H pada rata rata konstruksi knalpot seperti ini,keuntungannya power bisa terkail maksimal karena ada ruang lebar di double silincer..pipa H tidak akan menghambat flow ekhaust …karena hanya sekian Cm… jadi kenapa double barrel,karena standar kbisingan bisa berkurang..aliran udara lancar/bisa dibilang free flow… kitiran mesin tinggi plus air ram pasti deras alirannya… sayang tidak kelihatan desain leher depannya..

55. 022 - July 30, 2016

Lebih ke penampilan kayaknya wak, toh juga pasti pada dganti after market nantinya buat yang udah pada nyidam suara twin.
Tp dari bentuk swingarm nya emang eman2 klo ketutupan knalpot gitu. Mending pendek atau underbelly sekalian.

56. yogi - July 31, 2016

Menurut saya desain knalpotny dirancang seperti untuk mengejar emisi euro 4 yang berlaku di eropa,secara Honda CBR250RR adalah produk global. Kang Taufik ingat langkah yang dilakukan Ducati terhadap produk mereka 959 Panigale,mereka menyediakan dua tipe knalpot untuk mengakali peraturan emisi euro 4.
Jadi menurut saya desain knalpot CBR250RR untuk emisi euro4.

57. handoyo - August 1, 2016

tunggu sudah di garasi orang biar puas nge geber dan tahu apa yang bisa di sunat selain knalpot

58. Rahmat yaya - October 1, 2016

ijin nyumbang pendapat kang.
tentang knalpot ini, kan akan di artikel sebelum fungsi muffler ini memberikan raungan yang bagus di rpm atas dan bawah. (iya itu bener memang).
tapi narasumber yang ngasih tau ke akang itu “jahat” . (kata cinta pada rangga).
karena tidak dijelaskan manipulasi gas buang.

dia 3 chamber. lalu satu ram in gas buang, dan dua ram out gas buang. lalu pipa-pipa dalam chamber itu ada pipa panjang pendek. ada juga pipa yang punya bolongan-bolongan.

fungsinya knalpot itu tujuannya pengen dapat tarikan rpm atas dan bawah. saat rpm rendah gas buang masih lambat, jadi gas buang ngikuti jalur lintasan pipa pipa dalam chamber. mengikuti itu secara teratur.

tapi ketika sudah rpm tinggi si gas buang mulai berlompatan nyari jalan pintas. nah akhirnya mereka cari jalur yang paling dekat. ada yang masuk lewat lobang-lobang kecil dari pipa itu secara cepat.

ini memberi efek tendangan balik di rpm bawah, tapi plong di putaran atas.

sistem ini dipakai di mobil formula 1 untuk mesin naturally aspirated, high revving engine.
kalo gak salah di dunia aftermarket namanya “catback muffler”.
mobil legal yang pakai juga yaitu porsche carrera gt.

cmiw



%d bloggers like this: