Blog-460x110_rev

grfik-share-bebek-150cc

TMCBlog.com – Sobat sekalian, Jika kompas kemarin sempat menunjukan Performance Distribusi penjualan Varian Bebek 150 cc mulai dari saat Supra GTR150 hadir ( mei 2016 ) , maka kita sekarang di TMCBlog mencoba menggabungkan data mulai januari sampai Juli 2016 untuk Varian Bebek 150 cc ini untuk menelisik seperti apa strategi menyeluruh dari masing pabrikan  . . Secara umum dari januari sampai Juli 2016 Yamaha yang menggunakan satu varian yakni Yamaha Jupiter MX-King 150 series Masih memimpin dengan share 43,56% untuk kelas bebek 150 cc . Sedangkan Honda yang mulai Mei 2016 hdir dengan dua varian ( Sonic 150R dan Supra 150 GTR ) hadir di tempat kedua dengan 36,05 % dan Suzuki dengan andalan Suzuki Satria F 150 berada di posisi ke tiga dengan share 20,39%  . . . penjabaran detail performancenya gimana ? Cekidot pembahasan berikut deh sob . . .

440x100_tirei

cengkareng-shop

MBtech-TMCblog 440x110-agt

underbone150-sd-juli16-2

Secara umum flutuasi distribusi penjualan perbulan dari kelas motor bebek 150 cc terlihat seperti gambar grafik di atas. Memang bulan februari 2016 untuk sementara merupakan bulan dengan performa tertinggi dari penjualan bebek 150 cc dengan angka 27.227 unit . . .

Bro bisa simak pada grafik di atas di mana pada bulan Mei, Juni dan Juli 2016 sebenarnya tidak terlalu banyak/ signifikan perbedaan angka distribusi penjualan dibanding 4 bulan pertama 2016 . .

underbone150-sd-juli16

Dari Grafik di atas , boleh dibilang Jupiter MX king memang menjadi Raja penjualan Motor bebek 150 cc ( per-varian) di 7 bulan pertama 2016 ini dengan angka 52.076 unit diikuti Satria F150, Sonic 150R dan Supra GTR150   . . . nahh sekarang coba kita lihat lebih detail performa masing masing varian perbulan . . .

Yamaha-MX-KING-Drift-Black

MXking-sd-juli16

Secara Umum mulai dari Januari sampai Juli 2016 performance distribusi penjualan dari Jupiter MX King adalah seperti yang terlihat di grafik di atas sob . . . Distribusi penjualan terbaik di bulan Februari 2016 dengan angka 14,5 ribu unit . .  namun setelah itu sampai Juli 2016 angka distribusi penjualan Jupiter MX King series berada di bawah 10 ribu unit

satria-F150-FI-3

Satria-sd-juli16

Performance distribusi Penjualan Suzuki Satria F150 pun mirip Yamaha Jupiter MX king dimana bulan Februari merupakan puncak permintaan tertinggi untu sementara dengan 10 ribuan unit. Namun setelah itu distribusi penjualan Suzuki Satria F150 berada di abwah 5 ribuan unit

sonic-magenta

Sonic-sd-juli16

Penjualan Honda sonic 150R terlihat tidak pernah terlalu membuat impuls tinggi . . . bahkan cenderung standar saja dengan performance di bawah 6 ribuan unit perbulan. Sonic mengalami distribusi penjualan tersulit di awal Supra GTR hadir yakni di Mei 2016 dengan hanya terdistribusi 972 unit

Supra-GTR-150-15

SupraGTR-sd-juli16

Gambar grafik di atas adalah gambaran performa distribusi penjualan dari Honda Supra GTR150 selama 3 bulan pertama distribusi . .

dinamika-share2

Nah Jika 4 Grafik performance distribusi penjualan dari 4 varian tersebut digabungkan bisa sobat lihat di grafik atas. Berdasarkan grafik di atas dari januari sampai Mei 2016 Jupiter MX king merajai seri per-varian dari  kelas bebek 150 cc . . namun mulai Juni dan Juli 2016 gantian adalah Honda Supra GTR150R lah yang jadi bebek terlaris bulanan  .. .  apakah  ini bisa menunjukan performa keseluruhan supra GTR 150 kedepan? tmcblog belum bisa berpegang ke data 3 bulan awal sob . . karena biasannya impuls penjualan di 3 bulan pertama motor baru cukup tinggi . . kita tunggu sampai settle dulu deh

Nah selesai dengan grafik di atas  kita coba gabungkan data dari Honda Sonic 150R dan Honda Supra GTR 150

dinamika-share

Nah terlihat dari data diatas, mulai Bulan Mei 2016 terlihat Honda – walaupun masih kalah tipis 0,3% sudah mulai mendekati Yamaha soal share bulanan. Dan akhirnya di dua bulan terakhir Juni dan Juli 2016 dengan strategi beregu/ kerubutan/ keroyokan / you name it deh ( Honda Sonic 150R dan Honda Supra GTR 150) Honda boleh dibilang membalikan posisi pimpinan . Dari 2 bulan awal ( Januari – Februari) Tahun 2016 berada di posisi 3, lalu merangkak di posisi 2 pada kurun waktu Maret – Mei 2016 dan akhirnya bisa memimpin di posisi pertama di bulan Juni dan Juli 2016.

Yamaha-MX-KING-Drift-Black

Pasti ada yang bilang ” segitunya honda  mau menghabisi Jupiter MX king aja sampe ngeluarin dua varian segala ”  . . . ya itu opini lumrah saja karena memang dari strategy yang bisa dilihat memang mengindikasikan ke arah tersebut. disinilah yang tmcblog inginkan yamaha menyadari bahwa jangan terbuai oleh status raja penjualan total 7 bulan pertama di kelas bebek 150 cc  karena potensi serangan dari kompetitor terlihat cukup bikin deg degan . ..  apakah performa Honda bebek 150 cc akan terus terusan seperti ini di 5 bulan terakhir 2016? kita lihat saja nanti sob . . silahkan dikomentari dan semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

sumber 1 , sumber 2

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

47 COMMENTS

  1. mxking body keren cuma di mesin masih banyak kekurangan contoh ngebul dan ngepos wa (dah dibuktikan) sementara gtr gak kern tapi pas lah cuma bodi tambahin dikit n kurangin warna body kulit jeruknya,untuk mesin sih ok (lebih baik dari mxking menurut sy) gak ngebul pastinya..
    jadi bingung pilih yang mana.,,,,

    Guest
  2. bebek super dan ayago honda cenderung naik ya.ini yg harus diwaspadai kompetitor…

    bisa diartikan main kroyokan sih.padahal dilihat dr segmented per produk tuh begini sonic vs fufi, gtr vs king.mending judulnya head to head aja wak gak usah pakai keroyokan.biar seru sonic vs fufi dan gtr vs king

    Guest
    • Mas Bro Andavida.untuk data AISI Sonic dimasukan keBebek(underbone) sedang untuk situs Produk AHM dimasukan kategori Sport.jadi kalo bicara Data AISI maka Sonic termasuk Bebek kaya FU.kalo tim marketing AHM Sonic termasuk devisi Sport.jadi suka2 yg punya Pabrik.

      Guest
  3. sandwich strategi…. dr atas n bawah…gile bener, hrs punya modal besar pake strategi seperti ini!! group astr@ dilawan!!!!!!!

    kyk avxen—>>> ertiga mobilio spin
    sigra-calya—>> karimun7seat,go+
    agya-ayla—->> karimun,go,brio

    Guest
  4. Kalo di blog ****bayaran.com sih GTR paling laris, sampai saat ini belum pernah sekalipun papasan di jalan, sering liat sih tapi dipajang didepan indoma*et sebelahan sama sonic.

    Guest
  5. Kalo di blog ****bayaran.com sih GTR paling laris, sampai saat ini belum pernah sekalipun papasan di jalan, sering liat sih tapi dipajang didepan indoma*et sebelahan sama sonic.

    Guest
  6. Kalo di blog ****bayaran.com sih GTR paling laris, sampai saat ini belum pernah sekalipun papasan di jalan, sering liat sih tapi dipajang didepan indoma*et sebelahan sama sonic.

    Guest
  7. Pasar motor skrang lg lesu,walaupun kondisi ekonomi 2016 lbih baik dr 2015 dilihat dari penjualanya mlah drop…harus ada varian motor anti mainstream sbgai pembuka pasar baru lg dan mungkin kan mjdi trend di masa datang

    Guest
  8. kalo keroyokan dan strateginya sukses ya seneng & bisa balik modal cepet…

    lah kalo udah keroyokan 4:3 g bisa menang ya kebangetan amat lah… 😆

    #g perlu dijelasin yg mana… 😆

    Guest
  9. wak haji, ulasannya adeem and menyeluruh…
    kalo di warung iwb heboh benerr and terlalu lebaay…
    padahal biasa biasa ajaa kaleee…

    Guest
  10. wah serangan keroyokan

    https://dk8000.org/2016/08/12/apakah-wajib-naik-kelas-kalau-sudah-250cc-2-silinder-inline/

    https://dk8000.org/2016/08/11/opini-ktm-masuk-ke-segmen-motor-kubikasi-mainstream/

    Guest
  11. 3 KATA KUNCI SAKTI SUPRA GTR: (1) Honda (2) DOHC (3) Sein belakang gak pake winker! Itu lebih cantik dilihat karena statusnya motor bebek. ?

    Guest
  12. sundul komentar bro ryo.

    kalo ga salah dulu disindir yamaha sport kok tangkinya dibawah jok. trus honda bilang yg membuat sonic masuk sport adalah bentuk shock depan yang sama dengan sport. penjelasan lebih logis honda sih.

    Guest
    • Jadi klo C70 dengan mesin standart ting-ting diganti ukuran shock besar jadi naik kelas ke motor sport donk bro..
      Manteb analisa…

      Guest
  13. COPY PASTE ARTIKEL
    ~namun mulai Juni dan Juli 2016 gantian adalah Honda Supra GTR150R lah yang jadi “bebek terlaris”……
    ———-000000———–
    ~soal “share/distribusi” bulanan dlm dua bulan terakhir Juni dan Juli 2016 dengan strategi beregu/ kerubutan/ keroyokan / you name it deh ( Honda Sonic 150R dan Honda Supra GTR 150) Honda boleh dibilang membalikan posisi pimpinan…

    Apa istilah dlm bahasa sunda utk permainan kata/tulisan utk mmbedakan laris dan share, mas bro taufik ;))

    Guest
  14. AISI memetakan Sonic dan FU termasuk Bebek/Underbone.Tapi AHM juga membagi2 kategori Devisi Marketing Produknya.dan Sonic ditangani Devisi Sport.salahkah???ndak juga,suka2 yg punya Pabrik.kalo AISI kan Organisasi jadi keputusan semua Anggota.

    Guest
  15. Saat pertama kali ahm keluarin ayago semua berfikir kalo targetnya adalah Fu, padahal logika market gak masuk. Seiring berjalannya waktu terlihat bahwa itu hanya strategi menambah market agar lebih mudah mengambil alih tahta.
    Apapun yg di beli, namanya ya tetep bebek honda 150..cerdas!

    Guest
  16. apa kabar supra? apa kabar sonic? sedih liat penjualan motor bebek honda yang ga kunjung laku, udah modelnya ga jelas, fiturnya masih banyakan yamaha lagi. Petinggi Honda pada budek ga pernah dengerin konsumen

    Guest
  17. wkwkwkwk…

    intinya roda berputar.. gantian masbro…

    dulu mxking ‘nampar’ keduanya satria dan sonic…
    sekarang gantian supraGTR ‘getok’ ketiganya sekaligus, walau target nya memang ‘getox’ mxking..

    sonic sudah duluan ‘gaplok’ satria targetnya… huahahahahaaa..

    ditunggu move on nya suzuki.. mana GSX-R mu brader???

    Guest
  18. Utk daerah sukabumi fufi bisa kena itung jari wak kecuali yg karbu klau utk sonic beuh mulai bejibun byk seliweran walau tak sebanyak fu karbu klau mx king jarang” utk gtr baru nemu satu heheheeee.. sekian info nya ?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here