jump to navigation

Statistik Jelang MotoGP Ceko 2016 . . . Dovizioso berpeluang Cetak sejarah August 18, 2016

Posted by Taufik in : motogp , trackback

Blog-460x110_rev

2002-manuel-poggiali-michel-fabrizio-andrea-dovizioso-jorge-lorenzo-casey-stoner-gp125

TMCblog.com – Bro seklaian, akhir pekan ini MotoGP Ceko 2016 akan menyapa kita semua. Yap bedanya hanya sepekan setelah MotoGP Austria 2016 yang menjadi momen emas kemenangan Ducati. Secara Sejarah, gelaran Race yang akan diadakan hari ahad nanti merupakan gelaran ke 47 kali grandprix di sirkuit brno. Namun Brno yang dulu bukanlah Brno Circuit sekarang. Brno jaman dulu ( Masaryk Circuit) mulai tahun 1965 diadakan di sirkuit jalan raya sepanjang 13,94 km . . Track panjang ini pertama kali dimenangkan oleh Mike Hailwood diatas MV agusta.

440x100_tirei

cengkareng-shop

MBtech-TMCblog 440x110-agt

brno6472-masaryk

 

Dari awalnya sejauh 13,94 km, Sirkuit ini yang awalnya panjang ( lihat gambar atas) diperpendek menjadi hanya 10,92 km saja di tahun 1975 ( lihat gambar bawah)  sampai akhirnnya disetop untuk race motor cc besar ( 500 cc ) karena dipikir berbahaya pada tahun 1977.

czech_11km

Note Race kelas cc kecil masih diadakan saat race diperpendek. GrandPrix Racing pertama di Sirkuit Brno yang sekarang ( Sirkuit permanen )  diadakan mulai tahun 1987 dan dari tahun tersebut sampai Musim 2016 saat ini, tercatat hanya sekali Brno Circuit absen sebagai penyelenggara yakni tahun 1992.

rossi-first-czech

Setelah diperkenalkannnya era Balap MotoGP 4 tak dari tahun 2002 sampai sekarang Honda dan Yamaha mengantungi angka kesuksesan yang sama yakni 6 kali sedangkan Ducati baru dua kali menang di MotoGP Brno. Nah Valentino Rossi merupakan pebalap aktif motoGP yang paling sering menang di GP Ceko ini dengan 8 kali kemenangan yakni 1x 125cc, 1 x 250cc, 1 x 500cc, dan 4 x MotoGP. Sebenarnya angka kemenangan Rossi ini sama dengan Max Biaggi. Namun Biaggi bukanlah lagi pebalap aktif MotoGP saat ini.

andrea-dovizioso-honda-125-gp

Yang patut jadi perhatian lagi adalah Statistik Andrea Dovizioso yang baru saja finish di podium 2 pada gelaran GP Austria sepekan yang lalu. Dovi punya kesempatan besar bikin ejarah menjadi pebalap yang paling sering jadi starter secara kontinu di Grandprix dengan catatan statistik 250 kali pada Start MotoGP Ceko hari ahad mendatang.Tercatat Race pertama DOvi mulai tahun 2002 Kelas GP125 GPJepang disirkuit Suzuka dan terakhir di MotoGP Austria 2016 pekan lalu .. .  dan Dovi nggak pernah absen sekalipun jadi starter sepanjang itu.

dovi2

Ditempat kedua ada nama Valentino Rossi yang catatan statitik start di kelas grandprix dimulai tahun 1996 di Sirkuit syah alam dan terus jadi starter tanpa jeda sampai akhirnnya terhenti di angka 230 kali saat start di MotoGP Mugello dimana saat itu ia Crash dan kakinya patah. Setelah itu Ia absen Start beberapa GP. Ditempat ketiga ada Biaggi dan ia pun tidak mungkin memperpanjang statistik start nya yang 201 kali. Seperti apakah Race hari ahad esok . . . dua Race motoGP terakhir memang dimenangkan oleh Honda (2014) dan Yamaha (2015) Tahun ini ?

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

EnglishHindiIndonesianJapaneseSpanishThaiVietnamese

 

Comments»

1. try - August 18, 2016

semoga hujan jadi seru

2. yamahal - August 18, 2016

Juara starter

3. hady - August 18, 2016

dapet aja fotonya kang.

4. kodok - August 18, 2016

semoga racenya ngga ‘turing’

5. yanu - August 18, 2016

Josss

6. MacanBalap - August 18, 2016

Manuel poggiali, skr gmn kbrnya

7. Petter Tesla - August 18, 2016

Dulu sempat ngefans sama Pogiali…stelah klas 125 g kedengeran lagi..smepat 250sebentar..trus ngilang..

8. ardiantoyugo - August 18, 2016

dovi seh imut imut ngono yo… wkwkwk…

9. Mas Riski - August 18, 2016

buset kaya sprint race :mrgreen:

Cara mudah dan murah menghilangkan karat di motor 😀
http://rpmsuper.com/cara-menghilangkan-karat-di-motor/

10. rizal - August 18, 2016

wak, analisis gp austria kok gk ada??

11. DaJo - August 18, 2016

hmm.

12. Muke Gile - August 18, 2016

Poggiali rider berbakat juara 125 & 250 sayang naik turun kelas mulu..
Knp yaa? gak ada sponsor yah

13. dave - August 18, 2016

Ya mudah2n dovi bs race..
Pembalap paling unlucky..
Lumayan lha titlenya..

14. ka te em - August 18, 2016

ducati on fire

15. kucink! - August 19, 2016

250 start tanpa pernah absen.. selama 14th…

njeeerr… lama bgt euy…

16. Ariel - August 19, 2016

Berarti si Dovi ini bisa dicalonkan jadi ketua kelas & murid kesayangan guru.
Jarang absen soalnya :mrgreen:

17. SuRyA - August 19, 2016


%d bloggers like this: