jump to navigation

Moto3 Musim 2017: Tak Lagi Dijual, Team Wajib Sewa Mesin August 24, 2016

Posted by nugie tmcblog in : motogp, regulasi , trackback

Blog-460x110_rev

p2

Bro dan sister semua, pihak komisi Grand Prix MotoGP (Grand Prix Commission) sudah membuat keputusan soal peraturan penyediaan mesin motor kelas Moto3 untuk tahun 2017 mendatang. Keputusan tersebut diumumkan secara resmi disela-sela race weekend GP Brno minggu lalu, dan rules nya adalah pihak konstruktor/pabrikan tidak boleh menjual paket motor melainkan dengan perjanjian sewa kepada team yang berpartisipasi pada kelas Moto3 2017.

440x100_tirei

cengkareng-shop

MBtech-TMCblog 440x110-agt

IMG_20160823_102809

Seperti yang dilansir MotoGP.com bahwa pihak pabrikan/manufaktur motor seperti Honda, KTM, Mahindra dilarang menjual paket mesin kepada team partisipan, para team mendapatkan paket motor di bawah perjanjian rental/sewa dengan status kepemilikan mesin (beserta gearbox-nya) tetap dipegang oleh pabrikan. Jadi begini, selama musim balapan mesin-mesin tersebut dipegang dan dipelihara oleh team yang menyewa dan setelah musim kompetisi berakhir team-team tersebut harus mengembalikan mesin beserta gearbox nya ke pabrikan. Tetapi, untuk urusan sasis motornya boleh diambil oleh team penyewa ataupun dikembalikan ke pihak pabrikan ikutan si mesin dan gearbox-nya.

IMG_20160823_102944

Hmm… Terus gimana ya kalau misalkan di tengah musim ada update spare parts?? Lanjut lagi komisi Grand Prix menjelaskan soal aturan lebih jauh dalam hal persyaratan penyediaan spare parts (syarat untuk pihak pabrikan) dan lain-lainnya. Pabrikan yang turun di kelas Moto3 harus sanggup mensupply mesin dan spare parts ter-update, jika diminta (oleh team balap), setidaknya untuk kebutuhan 14 pembalap. Ke-14 pembalap yang bisa meminta paket mesin terbaru tersebut juga gak sembarang pembalap, tapi 14 riders yang sudah terseleksi ketat oleh pihak Selection Commitee, dengan beberapa tahap dan syarat penyeleksian yang tidak dibuka secara rinci. Namun bagaimanapun juga, pihak pabrikan juga harus sanggup menyediakan paket mesin terbaru minimal untuk 6 riders yang sebagai syarat yang telah disetujui untuk berpartisipasi di kelas tersebut.

IMG_20160813_190712

Kalau kita perhatikan semenjak bergantinya kelas GP125 (2 tak) menjadi Moto3 (4 tak) di tahun 2012 lalu, kelas kadet ini jarang sekali berubah peraturan secara radikal sampai pada lahirnya keputusan ini. Ya paling cuma ada update-update kecil saja dalam upaya Dorna untuk membuat gelaran Moto3 semakin meriah dan menarik untuk ditonton.
IMG_20160823_102735
Sedikit intermezzo bicara teknis,, Mesinnya prototype 250cc 4 tak dengan bobot hanya seberat motor bebek di Indo (bobot max 148 kgs beserta rider+fuel+oli+coolant), 55 horse power, top speed up to 230 kmh, sudah pasti kuenceng banget itu yah. Dan KTM Austria sudah terlebih dulu menjual untuk versi massalnya RC250GP, tapi produk massal yang dimaksud bukan berarti street legal ya, race use only, sayangnya di Indonesia gak ada gelaran Moto3 nasional lagi, ga bisa jajal langsung disini deh,, hehehe.. Semoga bermanfaat ya sob.
Nugie TMCBlog

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

EnglishHindiIndonesianJapaneseSpanishThaiVietnamese

Comments»

1. ardiantoyugo - August 24, 2016

uhuy…

Marquezz - August 24, 2016

Ktm dan honda memang jos,bisa bikin motor satu silinder 250cc 4tak dg power 55hp dan pastinya anti rompal kayak motor 250cc 2 cyl yg kena recall😁😁😁😆😆😆

vixi - August 24, 2016

jos gandoz gan..
Pnyebabnya honda takut ngebul ky pz balap suzuka 8 hours, jd gak brani jual mesin.. Hahaha
salam ngebul gak di recall #marquez

Anak Cakep anti Alay - August 24, 2016

Lah daripada yahomo g berani turun di moto3 cung, masa sekelas mahindra aja berani turun..
Malu sama mahindra…😜😜😜

Yg ngebul aja bisa podium 1 di sbk, masa yg juara 8 jam nyari akik melulu… 😜😜

2. ipanase - August 24, 2016

apa biar nggak “bocor” gitu ya

Taufik - August 24, 2016

nggak mungkin juga fan, kan pas di sewakan awda waktu setahun untuk mempelajari mesin

3. Rikiii - August 24, 2016

Wah mesin ktm 250

Tanpa Nama - August 24, 2016

tapi bukan KeTeMi RC250 yg di jual disini

4. Tanpa Nama - August 24, 2016

tapi bukan KaTeMi yg dijual di sini katemi RC250 tanpa embel² GP

5. sOerya - August 24, 2016

ngeriiii

6. rx 8 - August 24, 2016

kalo sama ktm rc250 yg dijual di indo beda jauh yaa

Taufik - August 24, 2016

beda sob, soal jauh atau dekat .. ada yng bisa nambahin ?

oklik - August 25, 2016

banyak jauhnya dek wak, coba dilihat dari total weight dan powernya udah beda bgt, yg nantinya pengaruh ke satu tujuan, yaitu power to weight ratio. dan kalopun sama2 punya top speed up to 230 (ini misal), mau butuh jarak brp meter untuk kegape segitu utk motor versi massalnya 😂😂😂

7. SEN - August 24, 2016

Wah team lebih hemat, tinggal moto2 yg beli skg, gak nyewa, kalau multi factory besok2 pasti aturanx nyewa jg

8. dewa - August 24, 2016

Aturan ini terpengaruh Honda wak, karena sejak munculnya NSF250RW mereka gak pernah jual motor lagi melainkan sewa, sementara KTM dan Mahindra masih jual motor ke tim privateer. Aturan sewa ini indikasi kuat bahwa Moto3 bukan lagi balapan murah, terutama semenjak Honda all out di Moto3 sejak rilis NSF250RW yang gak bisa dijual dan harga sewanya setara dengan harga unit motor Mahindra ataupun KTM

Taufik - August 24, 2016

nice oppinion

9. udo - August 24, 2016

itu snalpot kok ada dua wak??

Taufik - August 24, 2016

bener, 1 jadi dua sob

10. Simbah - August 24, 2016

Pengin liat moto3 .tp knpa sekarang gk di tayangin

Taufik - August 24, 2016

kelamaaan mungkin slotnya dan belum ada spnsornya

SEN - August 24, 2016

Streaming aja bro, ada fox sport or BTsport

11. landise - August 24, 2016

230KM/h, 250cc, bobot bebek, artinya kalau di jalanan sini dah juara tuh.

12. Aku - August 24, 2016

Ayo yamaha buktikan kamu bisa……bisa….?

13. marq93zosS - August 24, 2016

Kenceng mana nih motor wak klau adu balap sama kelas 250cc 2clydr macam r25 mohon pencerahan nya

SEN - August 24, 2016

Jauh bro, bagai langit dan bumi, lihat aja catatan waktux d sepang tahun lalu, moto3/kencang poll

14. slamet - August 24, 2016

Beli gp mono wak ..kali aja msh ada yg jual ..
Dapet mesin crf se,dapet alumunium twinspar ,dll

Yaahh iseng iseng buat koleksi …..

Wkwkwkwkwkkwk

15. Ariel - August 24, 2016

Kalo di mari seukuran 250cc 30an dk aja ukuran bannya udah dimelarin segede2nya. Bandingin sama ban Moto3 tuh. Emang bener2 racing oriented

16. dave - August 24, 2016

ini bukan nya malah bikin ribet mas?
untung rugi nya gmn ya?
peraturan kynya ga mendasar,,
yg uda jelas dibikin ngaco menurut saya,,
tapi ya karena sy mungkin ga ngerti,,
kalo bs kasih penjelasan maksud dan tujuan nya,, hehe.. tq

17. dave - August 24, 2016

ini bukan nya malah bikin ribet mas?
untung rugi nya gmn ya?

18. orongorong - August 24, 2016
19. fnaufala - August 24, 2016

sama gp 125 kenceng mana ya?

20. Muke Gile - August 24, 2016

Kalo sy mikirnya.. karena Harga Beli mesin yg mahaL dan semakin mahal kedepannya ..

21. SuRyA - August 24, 2016
22. hi hi hi - August 24, 2016

Pabrikan pengen koleksi data kale ya, kalau jual putus kan gak tau apa apa

23. Komentator - August 24, 2016

Buseeettt…

Bener” motor prototype ya
250 1 silinder tenaga 55hp… Ediaaannn

24. Roy (Sempak Operpret) - August 24, 2016

Kenceng GP 125…

ALEX - August 24, 2016

Gag usah ngomongin masa-lalu Roy’__
GP125 2tak ea jagoannya dari negeri Sakura sudah pasti NSR125 GP,,
kalo secara keseluruhan memang juara yg paling banyak di GP125 2Tak itu Aprilia,,

ada tambahan Roy,,

25. Roy (Sempak Operpret) - August 24, 2016

yang nanya kencengan mana 125cc 2 tak vs 250cc 4 tak ya disini

The highest speed for a MotoGP motorcycle in 125 cc category is 249.76 km/h (155.19 mph) by Valentino Rossi in 1996 for Aprilia

2 tak kok dilawan. ngelawan 2 tak ya pake Market Share

sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Grand_Prix_motorcycle_racing

26. ridhojms - August 24, 2016

sayang sekali mas skrg kelas capung udh berubah. dulu gp125 dan awal moto3 kelas ini identik dgn “production racer”, pabrikan masih menjual motor spek kelas 2 ke tim privater (rs125r, rsw125, tz125, ktm rc250r, nsf250r).
cuma rc250r kurang diminati wkt itu, tim lebih memilih nyewa rc250gp krn speknya lebih tinggi.
kalo sistem sewa kayak gini pstinya biaya jd lebih mahal, kurang cocok mnurutku

27. RichardGN - August 24, 2016

Mungkin tujuan sistem sewa dimana tim mengembalikan motor ke pabrikan di akhir musim, untuk memperkaya feedback yang didapatkan pabrikan. apa ada tujuan lain ya ?

28. Damen - August 24, 2016

Jangan bandingin level moto3 dengan motor anak jalanan 250cc..hora level..
Anak jalanan 250cc aja ngelawan GPMono ( sasis ala GP125,mesin SE 250cc) megap-megap apalagi lawan moto3

29. Roy (Sempak Operpret) - August 25, 2016

@ALEX

Paling kenceng n sering juara aprillia tp msh brani bilang nsr 125 paling ok. Dalam hal market share? Atau balapan?

:v



%d bloggers like this: