460x110-indent-now

KTM-RC16-3

TMCBlog.com – Bro sekalian sudah lama Sepertinya Sobat serta Jurnalis Permanen MotoGP – Manuel Pecino Tidak menuangkan pemikiran dan opini bernasnya di TMCBlog.com. Dan pasca test IRTA Brno kemarin satu email hadir di Inbox tmcblog yang isinya adalah opini dari sudut pandang lain mengenai side effect signifikan di Paddock MotoGP pasca kehadiran Pabrikan Baru ( KTM, Suzuki, Aprilia )   . . berikut tmcblog coba terjemahkan secara bebas tanpa menghilangkan maksud dari tulisan Manuel . . . cekidot deh sob

440x100_tirei

cengkareng-shop

MBtech-TMCblog 440x110-agt

KTM-RC16-4

Di Redbull Ring, Carmelo Ezpeleta mengumumkan bahwa masuknya KTM ke Kejuaraan Dunia MotoGP  menggenapkan jumlah Pabrikan yang eksis di MotoGP menjadi 6 “ Dengan kehadiran KTM, maka  keseimbangan antara pabrikan Eropa dan jepang menjadi sempurna, dengan penambahan ini kami sedang memikirkan bahwa kuora ( pabrikan ) sudah tercapai dan Kami tidak membutuhkan tambahan (pabrikan) lagi

Booming Penambahan Jumlah Pabrikan Yang amsuk ke MotoGP ( dimulai dari masuknya Suzuki lalu Aprilia dan yang akan Datang KTM ) adalah buah kesuksesan Dorna me-manage dan membuat Kejuaraan menjadi menarik sehingga punya potensi yang sama buat pabrikan manapun ke depan. Namun Booming ini akan memiliki efek samping. Dalam Dunia Balap/Racing ada yang mengatakan bahwa ketika satu aspek mengalami peningkatan maka akan berefek kepada efek yang lain dimana di masa lalu sudah berjalan ‘baik’ dalam arti kata akan menciptakan masalah yang sebelumnya tidak pernah ada. Dan dalam Kasus ini pun terjadi .

Sebelum ini, secara mendasar hanya ada Honda dan Yamaha di MotoGP. Tujuan akhir setiap pebalap dan teknisi adalah mengakhiri karir di salah satu dari dua Team Factory ini. Di sanalah uang dan teknologi berada. Team team sisanya adalah tim swasta yang pemiliknya secara mendasar tujuan ikut motogp adlaah membuat ‘bisnis mereka’ sedapat mungkin bisa bisa profit/ meraih keuntungan. Ketika Ducati hadir, kesempatan itu bertambah.  Ketika hadir Suzuki dan Aprilia, tim tim elit ( Factory ) ini secara sinifikan mempengaruhi persentase isi dari Paddock dan tiba tiba juga ada uang lain yang mengalir diluar dari dua Paddock mainstream yang lama. Itu kalo bicara soal kapital uang

KTM-RC16-1

Namun Kehadiran KTM lah yang secara tiba tiba mempengaruhi efek perubahan ” market tenaga kerja ” di MotoGP. Dan yang saya lihat dari apa yang terjadi ( dan bagi saya cukup menarik ) adalah keseimbangan antara Supply dan Demand sepertinya berpindah kepada yang terakhir hadir ( KTM). Dan ketika permintaan bertambah- seperti juga yang terjadi di market-Maka ‘harga’ akan naik, Kupikir ini lah yang dinamakan para ekonom sebagai Inflasi. Sekarang ada  6 Pabrikan dan bukan hanya dua  dimana semua punya tuntunan kemenangan dan tuntutan menjadi kompetitif.

Perubahan ini menandakan hilangnya ‘one Factory Show’ dalam kejuaraan MotoGP dan berarti pula sumber daya dibutuhkan, dan siapa yang paling butuh banyak sumber daya sekarang? Jawabannya mudah yakni “ the new comers ” – KTM, Suzuki, Aprilia  . Pertanyaan kedua adalah Bagaimana cara mereka bisa kompetitif dengan cepat? Yang pasti butuh orang orang yang ‘capable’ Pertanyaan Ketiga adalah Dimana Orang orang ‘capable’ ini dapat diperoleh ? jawabannya adalah  . . well, ada di pabrikan yang membuat level MotoGP jadi tinggi seperti sekarang ini

Para ‘pendatang baru’ ini tak sungkan menebar jala untuk bisa menarik sumber daya dari paddock paddock yang ada dengan senjata penawaran berupa kapital ( uang) yang lebih besar, kondisi dan kebebasan berkreasi yang lebih dan lain lain. Buat Satu pabrikan tidak masalah, namun di pabrikan lain tetap ada efeknya. Ducati sebagai contoh akan kehilangan Marco Rigamonti yang akan hijrah ke suzuki bersama Andrea Iannone. Rigamonti akan bergabung dengan Manuel Cazeaux yang telah berpindah baju dari merah ke biru dua tahun yang lalu.

Stoner-Gabbarini-Ducati

Namun ‘pendarahan’ terbesar hadir di kubu Honda dan diprediksi akan terus berlangsung dimana banyak teknisi yang akan hengkang dari sana. Teknisi Jack Miller yakni Christian Gabbarini  akan kembali ke Box Ducati tahun depan dan akan menjadi ‘Guardian Angel’ bagi Jorge Lorenzo. Perpindahan Gabbarini akan disusul oleh Chris Pike yang merupakan salah satu angota team telemetri di Team Estrella Galicia. Tujuan perpindahan dari SDM Yang terakhir kita sebut baru akan kita ketahui beberapa waktu kedepan

Hal ini meningkatkan konsern bahwa sepertinya Honda adalah pabrikan yang paling Vulnerable/ Rentan dari aksi ‘tebar jala’ yang dilakukan KTM. Presiden dari Brand KTM tidak malu malu menyembunyikan bahwa target utama mereka di MotoGP tidak berbeda dengan target target mereka di Moto3, Dakar, the World MX dan USA Supecross series yakni : HONDA . Dan cara apa yang lebih baik untuk melemahkan sebuah brand dari pada aksi ‘mencuri’ teknisi nya.

Pertama adalah pindahnya Mike Leitner yang bergabung dengan KTM setelah tidak lagi dipakai oleh Dani Pedrosa. Dan dari sana banyak sekali menakin dari Box HRC pindah utuk membentuk 2 team Full factory di KTM yang akan berlaga Musim yang akan datang. GAJI ? santer dirumorkan hampir dua kali dari apa yang ditawarkan di team lain dan tentunya kesepakatan derajat kebebasan dan kenyamanan kondisi kerja yang lebih menarik, dan ini lah hal dibalik layar yang terjadi di paddock MotoGP

Manuel Pecino on Behalf of TMCBlog

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

 

85 COMMENTS

  1. Mirip halnya seperti di Indonesia,, disaat gaung NEW CBR sedang hot2nya. KTM masuk dgn harga yg nggilani buat para biker

    • Mirip waktu Yamaha ambil Rossi beserta mekanik dan kru2nya dari Honda
      Ilmu yg didapat dari Honda membuat Yamaha yg sebelumnya tidak kompetitif menjadi pabrikan yg sangat diperhitungkan bahkan sampai sekarang.
      Semua pabrikan gurem pasti akan spt itu
      Mau ngembangin semua sendiri dari 0?
      Butuh brp tahun?

  2. wkwkwk dari dulu ini pabrikan seakan akan nyari gara” sama honda. nanti kalo honda ngamuk mencak” lagi ke dorna kaya kasus di moto3.
    ketika 2015 danny kent mendominasi moto3 ktm keteteran. minta motornya danny kent dibongkar karena melebihi batas limit kecepatan kata ktm dan pas dibongkar ternyata tidak ada masalah sama motor danny kent.
    mirip kasus SSG honda di motogp wkwkwk

    • Dibongkar buat dicontek
      Udah lagu lama
      SSG di motogp jg begitu kan?
      Dituding teknologi ilegal, suruh diperiksa.., padahal cuma pengen nyontek

    • LC4V iya bro dibongkar mirip kasus SSG honda pas jaman stoner.
      kalo motornya danny kent dicurigain melewati batas limit. misalnya diperbolehkan 9000rpm ketika yang lain stagnan gas mentok 9000rpm ternyata danny kent 9100rpm dan pas dibongkar ternyata tidak terbukti melewati batas limit.
      makanya seru bro pas moto3 2015 motor ktm gampang banget dilewatin sama hondanya danny kent di trek lurus.

  3. Masbro… Tolong klo bisa diulas yamaha motogp setelah era wayne rainey.
    Knp ga ada raider lain yg bisa bawa motor yamaha selain rainey sebelum era rossi.

  4. ga yakin ktm bisa kompetitif setara suzuki aja dulu ,,,
    mentok² paling banyak problem macam rcv sekarang …
    masih ga habis pikir kenapa one make ecu di berlakukan ,, begitu superiorkah honda ???

    • gimana ya om? kalok soal superior keknya emang ia sih, honda pernah menang moto gp dengan mesin 4 tak saat semua pabrikan pake mesin 2 tak, buat mesin moto gp v5, kayaknya kalok moto gp itu gak pake aturan yg ketat, honda hrc bisa seenaknya aja bikin tipe mesin om, apa lagi honda pernah punya team f1, liat aja ssg itu awalnya kan terinspirasi dari mobil f1 honda, di perbaiki sana sini biar masuk regulasi moto gp, pabrikan laen butuh waktu berap taun om untuk ikutin ssg,

    • Rcv juara race dg tim pabrikan dan satelit,jg mimpin klasemen moto gp.yamaha bisa apa,ngebul itu masalah yg serius??????

    • saya juga bingung kenapa motogp harus pake ecu seragam secara kan ini prototype laboratorium berjalan buat mengembangkan teknologi roda 2. apalagi pas tahun 2015 kemarin tuh ada pabrikan yang dikasih istimewa banget sama dorna buat ngudak yamaha dan honda. dikasih keistimewaan sampe harus bisa podium tuh pabrikan baru dihilangkan keistimewaannya wkwkwk. tau lah pabrikan mana yang dimaksud yang juara seri austria itu loh wkwkwk.
      yang bikin motor motogp modelnya aneh ada sayap kaya kapal”an wkwkwk

    • konsumenbiasa emang sih harus ada pembahasan. cuma yak lucu aja ada pabrikan yang riset butuh waktu dan biaya besar tiba” ada pabrikan lain mewek mau ngikutin teknologi tersebut.
      honda juga bikin ssg gak ngeplek main pasang aja dari F1 ke motogp kan butuh riset juga.
      tapi yang lucu itu gigi nya ducati. ketika pabrikan lain mau membekukan sayap dia kekeh mau nyontek teknologi tor ductornya honda. wkwkwkwk lama” lucu pengembangan teknologi motogp kalo kaya gitu jatuhnya pabrikan males riset tinggal nunggu pabrikan lain bikin dan kita tiru.

  5. Mudah2an motogp kedepan lebih kompetitif antar pabrikan. Suzuki, Aprilia, KTM semoga dapat bersaing dengan honda dan yamaha.

  6. kenapa ga fokus aja di moto 2 wak haji itu ktm , kan honda ga mau jadi supplier engine ,,,
    ngapain ngures² prototipe bike yang ga di maspro …
    buang² dana aja …
    ekekeke

  7. secara ktm ingin mengubah image honda yang sudah harum di ranah balap ,gitu kah wak haji ???
    secara menggulikan ms mereka ga bakal bisa , sebelah dulu yang udah 45%an aja malah ribut sendiri , jadi ya gini sekarang 20% kelonjotan pula …
    nah …
    hihihi…
    ngookkk…

  8. wah,, pebalap ktm harus yg super dong,,
    kalo ga rugi itu ktm uda keluar uang banyak buat teknisi,,
    gmn nih 35 sm 44? siap bertanding melawan para alien? 😀

  9. Dalam kompetisi, yg jadi target/ benchmark ya pasti tim yg dianggap sbg yg “ter…..”
    Perkara nentuin target per musim dgn mengacu kpd tim2 lain itu hanyalah sbg strategi bertahap seiring progress yg dicapai.
    Dan kalo saat ini KTM menjadikan Honda sbg “target” nya, maka secara tidak lgsg, KTM mengakui H sebagai yg ter……
    *nah silakan dilanjut bagi yg mau bakar2an ?

  10. Itu lah hebatnya orang Jepang SDM nya benar” berkwalitas baik untuk teknologi dan ekonomi tak terkalahkan dari negara mana pun, itu sudah.

  11. kalo pun iya gakan terjadi 2x masbro… ktm paling senasib aprilia… boro2 deketin ducati apalagi honda…

    sebenernya moto3 sengaja dibiarin honda biar ada saingan… eropa lagi brand nya… moso harus saingan sama mahindra ??? wkwkwk..
    oon nya brand jepang laen ga ikutan… ato gak punya modal???

    tuh liat moto2 honda semua… yang laen ga punya modal !

    nah kalo motogp emang rame dari dulu… ga kebayang kalo honda dominan…
    balapan gp dunia jadi mirip OMR honda donk…

    • Bro. Masalah kenapa ga ada pabrikan lain di moto2 itu udah dibahas wak haji taufik pas awal dorna buka tender buat supplier mesin moto2, juga udah dibahas sama wak haji siapa aja yang ngajuin, dan alasan kenapa honda yang di accept dorna. Gih ubek ubek post lama nya wak haji

  12. hrc emang josss….dorna mulai dengan ecu…. selanjutkan baru dipikirkan …itulah awal menggerogoti pabrikan honda….

  13. anAlisa yang luar biasa
    sampai2 kita tak sadar
    ketika dani pedrosa mencoba hengkang dari honda.
    bahkan jika slot yamaha factory kosong
    markes pun mungkin tertarik dengan team biru.

  14. Honda dilawan??? Oraa isooh coy!!!
    Isone paling yo mung di grogoti alon2…
    Mulai dengan perubahan regulasi kelistrikan, regulasi pembatasan pengembangan mesin! Wakakaka
    Tapi kalo KTM mo instans kalahkan Honda, gampang cuma modal duit banyakan dikit sama jurus isu adu domba…culik tuh Marquez kelar bozzz. Wakakaka (inget yamaha bajak rossy)
    Kalo adu teknologi Tanpa sensor..honda di lawan orah isooh…iyo po ra son wakakaka

  15. Honda dilawan??? Oraa isooh coy!!!
    Isone paling yo mung di grogoti alon2…
    Mulai dengan perubahan regulasi kelistrikan, regulasi pembatasan pengembangan mesin! Wakakaka
    Tapi kalo KTM mo instans kalahkan Honda, gampang cuma modal duit banyakan dikit sama jurus isu adu domba…culik tuh Marquez kelar bozzz. Wakakaka (inget yamaha bajak rossy)
    Kalo adu teknologi Tanpa sensor..honda di lawan orah isooh…iyo po ra son wakakaka

  16. ah bos ktm ini bener bener dungu, motor paling sempurna dunia akhirat adalah m1, dan teknisi yang paling kompeten dan superior adalah mereka mereka yang telah berhasil membuat m1 begitu sempurna. mengapa bukan teknisi m1 yang diambil? hmm, pasti gara gara kagak bisa bayar kan? secara gaji mereka sangat mengerikan.

  17. karena teknisinya yamaha udah dibajak sama honda bos…
    ada yg koar2 rossi bajak kru n mekanik dari honda, kl cm kru n mekanik mah dah biasa tiap rider pindah tim mereka ngikut…
    mgkin mereka lp, crossplane enjin yg skrg dipake m1 udah dsiapin sblum rossi gabung yamaha, n rossi tinggal milih jenis mesin yg mana yg disuka…

  18. inilah politiknya di dunia balap, tujuannya gak lain lagi yaitu demi kompetitif dan keuntungan untuk bisnis.

    selamat berjuang untuk KTM, Aprilia dan Suzuki.

  19. Dan cara apa yang lebih baik untuk melemahkan sebuah brand dari pada aksi ‘mencuri’ teknisi nya.
    Pertama adalah pindahnya Mike Leitner yang bergabung dengan KTM setelah tidak lagi dipakai oleh Dani Pedrosa. gak dibutuhkan oleh honda lagi disebut mencuri????????????!??

    • Kayaknya kru, manajer, pemain pindah2 team di olahraga biasa aja deh bukan mencuri, terlalu lebay istilahnya… Nggak ngerti ada yg namanya kontrak?
      Kalo Honda merasa teknologinya dicuri gugat aja pabrikan yg mencuri, kan ada yg namanya paten
      #Lirikkirikanan

  20. Moga yg moto2 multi brand..kalo diambil ktm,kasihan anak didik ahrt..mentok moto3 doang…kayak kasus anak asuh yamaha indo..setelah latihan di camp vr|46 y mentok,gk ada peningkatan..

    • paling juga ujung”nya moto2 kaya moto3 dulu. moto3 kan dulu one make race honda cuma sasisnya aja beda macem moto2 ada kalex atau suter dulu moto3 ada ftr.
      kalo moto2 di multi brand seru juga sih ktm sama honda bisa bertarung lagi disitu.

  21. seru2….bajak membajak itu biasa apalagi didunia agency…apalgi kalo bisa bawa sponsor …minal trik/ilmu yang dah pernah dilihat dipabrikan sebelumnya…

    pernah baca di mana gtu crash atau mnc…kalo honda itu bagai nasa,,,kalo gak dihentikan semua dikeluarin….bener kata wak haji,,,cara susah dilakukan walaupun buat mereka jd gak kompetitif…

  22. Jadi penasaran sama KTM, harapan sih begitu nongol di 2017 udah bisa setara tahun pertama suzuki. Lalu tahun ke-dua mulai ada peningkatan seperti pernah podium atau misalnya langganan 5 besar.

    Nah tahun ketiga rombak rider. ambil yang tiga besar rider terbaik. (Marc kayanya cocok nih atau Pedrosa) kasih motor terbaik agar bisa meramaikan persaingan kejuaraan.

  23. itu sockbreaker depan belakang WP, apalah semua produk KTM pakai WP wak? secara KTM terkenal dengan Suspensionya yg Nyaman.

  24. itu sockbreaker depan belakang WP, apakah semua produk KTM pakai WP wak? secara KTM terkenal dengan Suspensionya yg Nyaman.

  25. setelah teknisi, berikutnya tinggal pembalap.
    calon pembalap yg bakal direkrut adalah yg sekarang di seponsori oleh redbull.

  26. Yakin banget lu MotoGP itu prototype lab berjalan?? Kalo idealis sih iya, tapi realnya adalah murni bisnis bro!! Aturan unified software ada supaya persaingan di MotoGP lebih kompetitif dan bisa menarik pabrikan yang secara resource lebih kecil dibanding 2 pabrikan macam honda dan yamaha…

    Kalo gak ada aturan kayak gitu nanti honda dan yamaha kebablasan ngembangin mesin mentang-mentang punya resource yang jauh lebih gede. So, jangan terlalu lugu lah dengan cuma bilang “MotoGP kan balap prototype lab berjalan and blablabla” tapi liat sisi lainnya…

  27. RedBull KTM … setelah Mike Leitner … bisa jadi mereka akan bidik pembalap alien (Big Four)

    Repsol Honda : Marc Marquez
    Movistar Yamaha : Valentino Rossi
    Ducati : Jorge Lorenzo
    KTM : Dani Pedrosa ?

    Sponsor pribadi (RedBull), tidak dipakai lagi dalam pengembangan
    RC213V, cari tantangan baru setelah bertahun” tidak pindah tim,
    dan tentunya gaji yg berlipat dari KTM serta jaminan pembalap
    utama plus arah pengembangan motor.

    Dengan demikian MotoGP akan tambah seruuuuu ….

  28. sepertinya sejalan dengan penetrasi KTM (di bawah 400cc) di pasar Indonesia. capital yang dibutuhkan berasal dari mass product CKD yang akan ditebar. mari rame-rame beli KTM biar modal mereka di moto gp ikut terkerek naik.

  29. Berarti apa yg saya tangkap Honda emang pabrikan yg paling ditakuti ya wak sampe2 banyak tim yg mau melemahkan Honda?? Dan jika peraturan keseragaman dan apalah2 namanya dihilangkan apa mungkin Honda yg nguasai MotoGP dengan teknologi2 canggih dan para mekanik jga insinyur berotak komputer? Ditambah rider seperti Marquez yg skill nya udh hampir matang??

  30. klo ane tankep history motogp sejak era rosi meninggalkan Honda. ane punya kesimpulan
    “u need more than poitical regulation to shoot down Honda”

  31. Ini padagagal paham soal istilah mencuri,
    Karna disini yg dIbahas ktm sm honda Aja,tapi istilah tu berlaku buat semua
    maksud wak haji mah karna menurut ktm mekanik honda bagua y mereka jadiin target buat jafi mekanik mereka,honda jg kalo liat ada mekanik team lain jg pasti ambil buat mekanik mereka,
    Orang lagi bahas ktm sm honda Y g disebutin jg lah honda,yamaha dll jg kaya gitu,Sampe pada teriak” “kaya honda G peRnah aja” liat dulu yg dibahas dsini apa bro….
    Makasih Wak taufIk info’a

  32. pdahal homda motornya aja keteteran musim ini sama ducati n yamaha, ngapain ya KTM pake ngelemahin homda lagi,.udah cukup menderita homda musim ini..target homda aja sekarang ngarepin balapan flag to flag apa ga finish ga kejauhan di belakang yamaho. .

  33. Semua yang berkompetisi pasti ingin menang. Bagaimanapun caranya comot sana sini boleh saja asal didalam aturan. Kenapa KTM? karna ktm ingin menang mencurahkan daya dan upayanya untuk menang dalam kompetisi bukan ingin melemahkan honda dari dalam pesertakompetisi memerlukan teknsi handal untuk mengembangkan motor ge- er ini kompetisi bro bukan arisan keluarga masa diminta ngalah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here