460x110-indent-now

TMCBlog.com-Bro seklaian coba simak deh gambar di bawah ini . . Yap itu adalah Part Waterpump dari Honda CBR250RR . . . Biasa aja ? Coba deh cek di motor motor dohc lainnya, R25 dan Ninja 250 atau bahkan di CBR150R dimana biasannya / umumnya peletakkan Waterpump untuk sistem water/ Liquid cooling berada pada bagian bawah CrankCase di motor SOHC, kebanyakan Mesin minarelli seriesnya Yamaha juga sudah mengaplikasikan sistem dimana waterpump berada di head silinder  . . Namun Di Honda CBR250RR letak Waterpump mesin DOHC berada di atas yakni di head silinder  . . .

spek2-CBR250RR-43

Honda mengklaim sistem waterpump yang di aplikasikan ke Honda CBR250RR ini boleh dibilang sama dengan letak waterpump dari Honda RC213V MotoGP . . . beast banget idenya . . kayak apa kesamaan sama Honda MotoGP dan fungsinya buat apa ? Cekidot pembahasannya berikut ini sob

440x100_tirei

cengkareng-shop

MBtech-TMCblog 440x110-agt

coba kita cek dulu bagaimana Hodna RC213V dan Honda RC213VS memiliki waterpump  . .

waterpump-rc213V

waterpump-rc213V-1

TUJUAN Waterpump diletakkan di Atas Head cylinder Honda CBR250RR

spek2-CBR250RR-45

Dalam bundelan product knowledge untuk Media, disana Honda menuliskan tujuan tujuan pendesainan dari waterpump ini dan yang bisa tmcblog kunyah knyah adalah

  1. Dengan menempatkan waterpump di bagian Camshaft ini akan menyebabkan putaran dari baling baling waterpump akan sama dengan kecepatan putar dari camshaft . . artinya makin kencang mesin berputar, maka makin cepat aliran cairan dari sistem water coolingnya . . . dan ini akan membuat sistem pendinginan mesin Honda CBR250RR akan jadi lebih optimal menurut Honda.
  2. Dengan menampatkan di Bagian Camshaft maka sistem waterpump akan lebih sederhana bila dibandingkan dengan waterpump yang diletakkan di Bagian Crankcase . . kasarnya, ada beberapa sistem gear gear yang dihilangkan . . ini jelas akan berkontribusi dalam pengurangan bobot pada bagian Part mesin dan pengurangan Friksi/ gesekan
  3. Sama seperti Tujuan Honda RC213V MotoGP menempatkan waterpump di bagian atas . . ini akan menyebabkan pipa saluran air coolant akan lebih pendek karena jarak dari waterpump ke Radiator juga jadi makin pendek. Artinya ada bobot pemakaian pipa water cooling yang di pangkas dan ada bobot air / cairan / collant sistem water cooling juga  yang dipangkas . ..

Secara Umum ada dua keuntungan Honda CBR250RR meniru pola watercooler Honda RC213V MotoGP yakni yang pertama jelas membuat sistem pendinginan akan sesuai kebutuhan . . saat kencang, pompa air kencang dan sebaliknya dan yang kedua adalah reduce / mengurangi bobot dalam rangkan tujuan besar menambah Power to weight ratio . . . Smart euy !

jangan lupa simak videonya juga dan Silahkan dikunyah kunyah dan semoga berguna sob

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

117 COMMENTS

    • bruakakakak….bawa bawa motogp padahal mx ama viksi udah pake duluan….bruakakakak…salam tipu dan tiru…

      Guest
    • @ndas becak:
      Pan uda dibilang wak haji kalo posisi water pump mesin minarellinya yamaha emang di head silinder…

      Yang dibahas wak haji putaran water pump nya sob , mengikuti putaran camshaft…
      Emang putaran water pump mesin Vixi ngikutin putaran camshaft ya??
      Serius nanya ane ini , maklum ane gaptek 😀

      Guest
    • @aladin. Emang ada motor pump di head cylinder piksen ya? Kalo ngga berarti sama dengan putaran camshaft piksen. Mau kenceng atau pelan, sama.

      Guest
    • Waduh ternyata teknologi usang motor DOHC yang ditiru, 3advantage itu hanya bahasa orang dagang. Yang bener untuk mengurangi biaya konstruksi gigi2 reduksi supaya keuntungan bisa minim maksimal

      Guest
    • partnya kayaknya dari plastik.padahal fbh anti tuh.
      dan apa jadi ngga nambah beban rantai timing/kasarnya jadi cepat kendor???

      Guest
    • rantai timing wes ciri khas honda gampang kendor boss..klotok klotok itu wajar bagi fbh….salam sekali geber langsung klotok klotok…wkkkkkkkkkkk

      Guest
    • @jombre
      saya belum nemu nih gambar poros camshaft siglenya vixion yang terlihat langsung bertemu dengan putaran kipas pompanya, ubek ubek belum nemu, kalo ada link gambar slahkan share sob . . .

      Administrator
    • kalo sama nya saya bisa jawab, sama 2 diatas
      kalo bedanya ?? apa yah, kalo di vixi nempel di satu satunya camshaft , kalo disini kagak . . githu kali yah ? 😀

      Administrator
  1. tujuannya cuman mengurangi cost, pertanyaannya apakah transfer n pelepasan panasnya jadi optimal ?. terlalu kenceng arus air malah bisa bikin panas tidak terserap optimal / pas pelepasan panas di sirip radiator tidak optimal.

    Guest
    • Nah,makanya itu tugas si RCV,buat nyobain inovasi &teknologi terbaru,buktinya RCV nggak pernah engine blow karena Overheat di Race (walopun metalurgi juga sangat pengaruh)

      Guest
    • @shiro : emg tu rcv maen macet2an d indonesia jg bro?? Wkwkwk. Rcv sekali nya nikung jg di atas 80km/h. Radiator adem kena angin kencang yg dingin.
      Masih ad aj yg nyamain panas di indo sama panas di benua eropa.

      Guest
  2. widih manteb nih cocok dikasi livery HRC. mudah-2an di versi mass pro performa nya juga oke. selamat buat yg udah bisa beli.

    salam R2 enthusiast.

    Guest
  3. Pertinyiinyi adalah :

    Kapan dirilis spek mesinnya?
    Berapa hp@berapa rpm
    Torsi berapa nm@berapa rpm.

    Itu saja hehehe…

    Guest
    • ya pilihan, kalo di bawah ada friksi dan ambil power dari crank
      kalau diatas pakai gerakan camshaft, namun saya malah jadi kepo ingin tahu apakah ada perbedaan dari pengaplikasian rantai keteng nya ya

      Administrator
  4. Wak, bukannya klan engine vixion udh pake sistem radiator ini dri 2005 dulu yah, pas pertama MX kopling otomatis keluar. Honda yang telat apa nyontek tekno yamaha tahun 2005 yah, anehnya, engine R25 gk menganut sistem ini secara teknologi ini udh ada di yamaha 10 tahun silam. Klo emang menguntungkan, kenapa yamaha gk pake yah?

    Guest
    • Iy Honda yg nyontek Yamaha,,, karena ga efisien, ga di pake lg di R25. Sekarang R25 pake teknologi yg paling maju,, bahkan dr M1 sekali pun

      Guest
    • bener memang, namun emntah mengapa untuk mesin twin DOHC baru honda yang melakukan ini
      saya cuma menulis berdasarkan info product knowledge untuk media saja, bahwa tujuan sistem ini disamakan dengan tujuan peletakan waterpump dari RC213V

      Administrator
    • Teknologi terbaru bukan berarti lebih baik drpd yg lama..bisa jadi coba2 ja buktix vixion skrg kalo soal speed n kestabilan mesin masih kalah dg vixion yg lama..

      Guest
  5. Ibank@…kencengnx mesin segini butuh aer segini cepetx muter aer segini pasti udh diitung ms insinyur honda….semoga aja begitu..hehehe.ben ga meleduk.katane kn ini motor jg mau dibuat balap.misal dipake balap trus meleduk kn malu ma r25.secara fitur elektronikx kn canggih kaya pesawat tempur..ride by wire gt lhooh..

    Guest
  6. iya tuh, Yamaha dah pake waterpump di cilinder head sejak MX pertama kluar.. Dulu jg pernah ada brita kalo kipas waterpump Vixion meleleh karna panas yg abnormal, apa itu ya alasan Yamaha buat merubah waterpump di R25..??

    Guest
  7. kalau dibilang lebih kencang, toh di crankcase juga kencang..bahkan klo rasionya 1:1 bakal lebih kencang di crankcase karena camshaft kan putarannya cuman 1/2 kecepatan crankshaft..

    poin no2 dan 3 okelah..tapi vixion dan mx juga udah begitu dari dulu..lagian beban camchain juga makin berat donk, umurnya makin pendek

    Guest
  8. eh iya baru inget…beginian emang baru buat honda…wajar lah
    wong lubang drainase air di selokan tanki aja sempey mau ditutup, karena baru punya tutuo tanki rata (biasanya dikasih stupa terus)

    Guest
  9. tapi kalau dipikir-pikir lagi Wa, bahasa “Dengan menempatkan waterpump di bagian Camshaft ini akan menyebabkan putaran dari baling baling waterpump akan sama dengan kecepatan putar dari camshaft” kan engga ada bedanya dengan naruh dibagian gearbox ya ?? secara gearbox dan Camshaft juga berputar sesuai putaran Crankshaft kan Wa ???
    nah itu pertanyaan tentang membebani Camshaft yang patut diwaspadai Wa menurut saya, Btw pakenya di cam In atau Out wa ???
    ataukah betul ini strategi mengurangi cost Wa??

    Guest
  10. Klo dilihat dr Yamaha part catalogue, kipas waterpump vixion diputar oleh camshaft
    Model kayak gini memang lebih flexible, apalagi buat yg suka oprek mesin motor, blok kaya gini bisa diaplikasikan dimotor apa saja, tanpa khawatir naruh pompa radiator dimana, sebab pompa selalu mengikuti kepala silinder…
    Smart.

    Guest
  11. Sama aja kayak vixion dan minarelli series wak.
    LC sendiri kan tujuannya untuk mendinginkan area silinder saja.
    Bagian gear2 bawah, camshaft dan transmisi cukup didinginkan oli.
    kalo di SOHC kan camshaftnya satu jd beban lebih balance.
    Kalo DOHC beban di camshaft jd kurang balance di camshaft satunya (???)
    Ataukah ada metode utk mem “balance” kan beban dr waterpump di camshaft satunya?

    Guest
    • ekekekekek

      Pendinginan bagian bawah seperti Oil Jet Piston Cooler

      Mirip Teknologi yg disematkan pada Yamaha Mio M3 gan

      hayayayaya

      Guest
  12. artikel terlanjur di tulis
    ada yang nyletuk mx udah pakai sistem ini.
    .
    komentator di mari hebat jos gandos… )

    Guest
  13. Pertinyiinyi
    Ni dah lama tpi knapa motor yg 250cc dari yg teknologi jadul ampe yg bru brojol tempo hari dgn hrga lbih murah tidak mengaplikasikannya ??
    Apa harus nunggu honda make dulu gitu kali ya

    Guest
    • Salah satu jawabannya adalah
      Dari dulu sengaja dibedakan supaya ngak bisa saling kanibal, part blok head punya tetangga sebelah…. Xixixixixixixi

      Guest
  14. perputarannya mengikuti putaran noken as ya?
    pertanyaannya kalo macet kan rpm rendah, otomatis putaran noken as ga kenceng, nah kalo gitu gimana pendinginannya?

    Guest
  15. ekkekekeke

    Kayak MX lawasss kie wakkk

    wahh. MX teknologi Moto GP

    siap siap ntar nyervis nya di BeReS Yamaha nih

    hayayayayayay

    Guest
  16. perasaan di artikel sama wa haji dah di tulis deh,
    ”Coba deh cek di motor motor dohc lainnya, R25 dan Ninja 250 atau bahkan di CBR150R dimana biasannya / umumnya peletakkan Waterpump untuk sistem water/ Liquid cooling berada pada bagian bawah CrankCase di motor SOHC, kebanyakan Mesin minarelli seriesnya Yamaha juga sudah mengaplikasikan sistem dimana waterpump berada di head silinder . . Namun Di Honda CBR250RR letak Waterpump mesin DOHC berada di atas yakni di head silinder”.
    Di komen ko masih banyak nyang protes, pa ga di baca dulu ya?

    Guest
    • gpp, karena saya nulis Minarelli engine series dan masih banyak yang belum ngeh mungkin sama istilah Minarelli engine, imho

      Administrator
    • Jadi new cbr250 sama minarelli engine seriesnya yamaho sama sama memakai waterpump di silinder head dan jadi satu mekanismenya dengan noken as……CMIIW…..

      Guest
  17. josssss…

    Update tiap hari,blog tentang teknologi,entertainment,misteri,sepak bola,sport,aneh dan unik,dan info lainnya.https://galakxi.wordpress.com/

    Guest
  18. Good design by Honda.

    Saya amati letak waterpumpnya berbeda antara RCV dg CBR ini. Waterpump RCV digerakkan oleh cam ex, sedangkan waterpump CBR ini digerakkan oleh cam in. Pasti ada tujuan teknisnya. Honda lah yg lebih tau pastinya.

    Guest
  19. ini bener ga ya pernyataannya?
    bukannya kalo lagi pelan atw bahkan berenti sama sekali,,
    semisal macet parah siang2 panas itu yg perlu pergerakan coolant lebih?
    kalo misalnya lagi ngebut gt mah kan kebantu angin,,
    kenapa jg harus makin cepet perputaran coolant nya? cmiiw..

    Guest
    • kalo berhenti, biasannya ada kipas untuk mendinginkan radiator yang dibantu cara kerjanya sama semacam thermistor bro
      kalo temp cairannya panas, maka fan dinyalakan otomatis . .. cmiiw

      Administrator
  20. Perbedaan mendasar antara mesin keduanya yakni RCV menggunakan mekanisme gear driven camshaft, sama seperti mesin prototype pada umumnya. Sedangkan mesin CBR 250RR ini menggunakan mekanisme camshaft berpenggerak rantai. Jadi, mesin RCV tidak menggunakan rantai keteng. Sedangkan mesin CBR 250RR pakai rantai keteng (cam chain).

    Guest
  21. Moge liquid cooled engine umumnya menempatkan waterpump di bawah gear sprocket depan. Biasanya ini pada mesin inline. Namun pada V engine penempatannya lebih bebas. Mesin YZR M1 & GSX RR menempatkan waterpump di bawah sprocket gear depan. Sedangkan mesin RCV & Desmosedici waterpump diletakkan pada head silinder, digerakkan oleh cam ex.

    Guest
  22. perbedaannya, milik yamaha langsung dr gear chain camshaft nya yang memang dipakai untuk memutar cam sekaligus memutar water pump,kalau di cbr 250 diujung chamsaft yang letaknya berseberangan dengan letak rantai keteng.tujuan nya sama supaya mendapatkan bagian crankcase yang kompak tidak terlalu banyak gear2.(maaf wak penggunaan bahasanya campur-campur).

    Guest
  23. Yg bawa2 mesin Vixion series & MX segala macem perlu diingat ye, bahwa Minarelli lah yg mendesain mesin tsb. Itu mesin gak pure dr Yamaha. Namun Minarelli dimiliki oleh Yamaha, jadi Yamaha bebas pakai mesin tsb.

    Nah yg protes kenapa Yamaha tidak menerapkan mekanisme waterpump tsb saat mendesain mesin R25, bisa jadi perbedaan pola pikir. Sekilas visi Minarelli terlihat lebih advance dalam mendesain mesin :mrgreen:

    Guest
  24. 40. LGI – August 29, 2016

    perputarannya mengikuti putaran noken as ya?
    pertanyaannya kalo macet kan rpm rendah, otomatis putaran noken as ga kenceng, nah kalo gitu gimana pendinginannya?
    —————-

    45. dave – August 29, 2016

    ini bener ga ya pernyataannya?
    bukannya kalo lagi pelan atw bahkan berenti sama sekali,,
    semisal macet parah siang2 panas itu yg perlu pergerakan coolant lebih?
    kalo misalnya lagi ngebut gt mah kan kebantu angin,,
    kenapa jg harus makin cepet perputaran coolant nya? cmiiw..
    Reply

    ======================
    Taufik – August 29, 2016

    kalo berhenti, biasannya ada kipas untuk mendinginkan radiator yang dibantu cara kerjanya sama semacam thermistor bro
    kalo temp cairannya panas, maka fan dinyalakan otomatis . .. cmiiw

    ——
    Iya bener kok Mas Taufik karena itulah gunanya ada kipas radiator. membantu pendinginan disaat terkena macet atau jalan pelan.

    Guest
  25. sistem pendingin itu kan butuh waktu penyerapan panas nya wak, kalo terlalu cepat apakah masih efisien, apalagi dengan kecepatan putaran bertambah kinerja seal jd bertambah pula, butuh material yg durability nya menjamin.. cmiiw…

    Guest
  26. biar gak malu2in…ini klas 250 …mungkin aja berkaca pd cb/cbr150 yg gampang jebol seal waterpumpnya…jd dibikin se aman mungkin…cb150r th 2014 ane dah ganti 2 x seal waterpumpnya dan seal oli.gw ja nyesel bli produk ahm…

    Guest
  27. biar lebih awet mungkin…coba cek grup fb cb150 sf…banyak yg seal water pumpnya dah pd jeboll…termasuk punya gw…

    Guest
  28. Wak haji tujuannya biar mesin tidak melebar..jadi ramping…lihat aja rantai camrat nya aja udah disebelah kanan

    Guest
  29. Kalo di RCV yg bentuk mesinnya V ada 2 depan belakang apa cuma di bagian head mesin bagian depan aja wak?
    Pengen tau doang sih, oot. Haha

    Guest
    • @ Smoke :
      Coba bantu jawab ya bro, waterpump RCV hanya ada di head silinder depan. Berbeda dg Desmosedici yg punya waterpump di head silinder depan & belakang.

      Guest
  30. Buat para FBY yg gaptek nih ane ksh tau klo teknologi water pump di head silinder juga udeh diterapkan di Honda Vario 125, PCX 125 jadi bukan berarti Honda nyontek si Jadul Pigson.. trus sepeda motor pertama di dunia yg menerapkan sistem Fuel Injection adalah Honda CX500 Turbo tahun 1982. so jadi siapa yg tukang Contek/ Ngekor sebenarnya?? Loe pikir aja ndiri..!!

    Guest
  31. komennya cerdas cerdas..
    terimakasih wak haji dan para komentator atas artikel dan ilmunya josss..

    lets see sistem model mana kedepannya yg paling efisien utk speda motor ber LC.. ?

    Guest
  32. 1.Dengan menempatkan waterpump di bagian Camshaft ini akan menyebabkan putaran dari baling baling waterpump akan sama dengan kecepatan putar dari camshaft . . artinya makin kencang mesin berputar, maka makin cepat aliran cairan dari sistem water coolingnya . . . dan ini akan membuat sistem pendinginan mesin Honda CBR250RR akan jadi lebih optimal menurut Honda.

    kalo menurut saya penempatan water pump di bagian bawa enigine seperti ninja250/r25 akan sama dengan point no 1 diatas wak, dimana putaran impeller waterpump akan mengikuti putaran mesin juga (saat RPM mesin naik RPM waterpump ikut naik) tinggal kita lihat perbadingan gigi penggerak di ninja250/r25, kalau di CBR250RR putaran waterpump pasti separuh dari putaran mesin (engine 3000rpm/waterpump 1500rpm) karena mengikuti putaran camshaft nah tinggal liat perbandingan gear penggerak dari waterpump untuk ninja250/r25, secara ninja250/r25 masih menggunakan mechanical drive untuk water pump, CMIIW

    Guest
  33. https://www.youtube.com/watch?v=cJx7-IxaVs8

    Mesin keliarga vixion waterpump nyambung ke poros cam, nyambungnya kaya baud kepala minus ketemu impeler yang ujungnya kaya obeng minus.

    Keuntungannya sudah disebutkan kang taufik, jelas bahan harus durable tapi ringan biar ga membebani timing cam. klo di vixion dkk pake plastik dan kelemahannya, impeler bisa hancur sampe ga bersisa klo rusak (baling2nya rontok).

    Guest
  34. setuju ama nmr 65 diatas ataupun dibawah puteran waterpump tetap sama dengan rpm mesin..
    klo ooondah yg bikin mah purely saving cost IMHO 😆
    buat point nmr 2 mengurangi gesekan cuma menambah beban rantai keteng ??
    inga” pompa kerja nya lebih berat buat isap daripada dorong..
    klo pompa jebol ato rante keteng rusak gimana akibatnya om ? :mrgreen:
    point nmr 3
    selang berkurang cairan berkurang bukannya makin rawan overheat ?
    selang sama cairan membantu loh buat menyerap dan membuang panas klo mo hitung”an :mrgreen:

    Guest
  35. 54. ule – August 29, 2016

    sistem pendingin itu kan butuh waktu penyerapan panas nya wak, kalo terlalu cepat apakah masih efisien, apalagi dengan kecepatan putaran bertambah kinerja seal jd bertambah pula, butuh material yg durability nya menjamin.. cmiiw…
    ===========================
    Ada Thermostat bro yang bertugas menjaga agar aliran cairan tidak langsung ke radiator. Jika suhu sudah mencapai yang ditargetkan, baru dah Thermostat bakalan ngebuka dan mengalirkan cairan ke radiator untuk didinginkan.

    Guest
  36. Penjelasan pertama dan ke tiga tidak mendasar semakin kenceng ya kipas makin kenceng sama aja di water pump di bawah jg sama rasio pasti sudah di atur klo lewat cam perputaran 1 banding 2 perputaran jika mesin 10rb rpm kipas waterpump pasti 5000 jd walaupun sistem pompa di bawah kaya cb150 pun Gir sudah di atur sama rasio perbandingan nya. Klo penjelasan no 2 itu sy setuju.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here