jump to navigation

Mengenai Piston Speed dan Rumor 19K RPM Mesin KTM RC16 MotoGP September 1, 2016

Posted by Taufik in : motogp , trackback

460x110-indent-now

cengkareng-shop

TMCBlog.com- Bro seklaian, tmcblog menunggu nunggu memang seperti apa hasil sneak peak para Jurnalis mengenai potensi Motor KTM RC16 yang telah diuji cobakan di depan umum di Brno. yang menarik dari yang tmcblog baca dari tulisan jurnalis David Emmet adalah rumor kuat bahwa RPM maksimum dari Mesin V-4 KTM RC16 ada di angka 19.000 rpm dan angka ini melebihi dari rumor angka RPM maksimum yang bisa diraih Ducati Desmosedici 16 GP ( 18 ribu RPM ) , Honda RC213V ( 17.750 rpm ) dan Yamaha M1 ( 17.250 rpm ) yang juga telah di hadirkan oleh Bro nugie di artikel sebelmnya sob  . . .  dan artikel ini berikut videonya memang mau memfokuskan dulu di pebahasan Piston speed, dan dari angka rumor maksimum rpm ke empat Motor Factory ini diperolehlah angka angka piston speed yakni sebesar .  . cekidot

440x100_tirei

MBtech - TMC sep16

KTM-RC16-1

Nah memang sih besarnya angka kecepatan Piston bukanlah segala galanya dalam motoGP karena jelas motoGP kan bukan motor adu drag di lintasan lurus . . . handycap tikungannya bermacam macam dan membutuhkan bukan hanya sekedar mesin yang bisa digeber paling tinggi potensinya . . ada keluwesan sasis untuk belok, bagaimana akselerasi keluar tikungan , bagaimana stabilitas motor saat mengerem masuk tikungan dan lain lain . . Namun begitu, paling tidak jika benar KTM bisa masuk ke angka piston speed 30,7 m/detik . . ini jelas luar biasa . .

MOTORSPORTS - Austrian MotoGP

Untuk bisa membuat Motor digerakan oleh Piston yang sedemikian kencang pergerakannya jelas butuh riset mendalam entah di bentuk, riset bentuk dan penempatan pin piston, pemilihan material yang super duper bengis sehingga diperoleh material piston yang durable namun ringan . . . kayak apa sebenarnya piston si KTM RC16 ini . . jelas pasti bikin kepo bukan hanya kita kita ini, para kompetitor honda, yamaha, ducati, suzuki, aprilia kayaknya jauh lebih kepo lagi . . . ya kepo bareng bareng dah . . .

Kalo benar ya 19K rpm, hidden agenda apa yang disiapkan KTM . .  ? atau karena KTM Tahu dan sudah memperhitungkan bahwa dengan jumlah jatah 9 mesin, mereka punya sedikit ruang untuk mendekat ke pabrikan pabrikan yang sudah mapan duluan seperti ducati honda dan Yamaha ? Dengan mengorbankan rpm lebih tinggi, part mesin memang jadi rada Vulnerable alias rentan, so dipendekin deh umur kilometer dari masing masing mesin guna mendekat . . . Karena memang faktanya . ..  di Redbull ring saat ujicoba perdana head to head, dengan test rider sekelas Mika Kalio RC16 sudah bisa 2 detik lebih lambat dari Ducati . . . masih ada ruang pengembangan . . patut dicatat ini kita baru bahas mesinnya doang . . jelas banyak faktor lain . . Sasis, suspensi, elektronik, Rider  . . hmmm

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

EnglishHindiIndonesianJapaneseSpanishThaiVietnamese

Comments»

1. dragon - September 1, 2016

zzzzz

Marquezz - September 1, 2016

Jika juara satu race aja dah lumayan tuh ktm walau mesin dibuat extrem dan mungkin g kuat bila buat balap full 18 race,dg jatah mesin yg ada tentunya.ducati aja menang sekali sejak 2010 dah seneng bgt.apalagi ktm bisa menang diawal ikutan moto gp😁😁😁😆😆😆

2. fery - September 1, 2016

pertamax dulu dh baru baca
hehehe

3. he ru - September 1, 2016

juos

4. dragon - September 1, 2016

akhirnya pertamax jg setelah 4 tahun jd silent rider

2UL|kibul™· - September 1, 2016

Selamat ya bro…

😀

5. komodobunting - September 1, 2016

semua ini berkat jokowi jadi presiden. yang 10 tahun kemarin ngapain aja ampe ga bisa tercipta mesin motor dengan kecepatan piston 30.7 m/s

2UL|kibul™· - September 1, 2016

Gak nyambung luh…
Pake kampanye segala

😀

Hidup gw ga ada yg berubah, klo bukan diri gw yg berubah siapapun presidennya…
Udahlah gak usah nyebar omong kosong dimari..

😀

Bau!!!

NMC - September 1, 2016

Buahahahaa
Komodo bunting atau kecebong anyut tuh yg nyasar di mari? 😆
Sok-sok’an bawa2 politik segala kayak paham aja ente.
Harusnya yg ente pertanyakan itu gini :
Rezim yg udah 2 tahun memimpin ini ngapain aja koq belum ada motor asli Indonesia & sirkuit balap berfasilitas internasional di Indonesia?
Katanya beliau demen otomotif??

6. ibnu - September 1, 2016

Raja lintasan long straight nih kayagnya 😁

7. ibnu - September 1, 2016

Jagi di lintasan lurus yg panjang nih kayagnya 😁

8. Keong - September 1, 2016

Motogp ada limit rpmnya… max 15rb rpm kalo gk salah… walau tembus 20rb jg gk ada guna kayaknya… 😀

Paijo - September 1, 2016

Ngarang aja lu tong.. makanya banyak baca..
Yg ada tuh limitasi bore 81mm

tung - September 3, 2016

Itu moto3. Karena honda kalah dr ktm makanya mewek ke dorna minta dilimit rpm moto3. Biasalah honda

9. Sayur Kangkung - September 1, 2016

Ini yang gua suka dari blognya tmc dapat ilmu gak cuma tesride, review dsb,

unyu2 - September 2, 2016

betul itu… bukan jaz joz jaz joz ky sebelah…

10. tolet teblum - September 1, 2016

jadi penasaran juga sama getaran mesinnya. Bakalan bergetar hebat ngga ya?Sasisnya harus bagus nih buat nahan getaran mesinnya cuz kalo ngga, buat keluwesan “menari” di tikungan jadi berkurang. Ayo Mas Taufik, gali terus dan terima kasih.

Taufik - September 1, 2016

wah iya masih banyak yang dikepoin sob

Wicak - September 1, 2016

Secara teoritis sih mesin V4 bersudut 90 derajat harusnya minim getaran, karena punya 2 bank silinder yg saling berhadapan. Sifatnya saling menyerap getaran satu sama lain antar bank-nya. Ini karena sudut 90 derajat dpt menjadi penetral dr gerakan piston + con-rod antar bank silindernya. Sehingga tidak urgent ada balancer shaft.
Tapi jika dipadukan dg frame steel trellis? Ini yg belum diketahui. Namun dr testimoni beberapa test ridernya tidak satupun yg menyebut getaran mesin. Ini pertanda bagus utk KTM RC16.

Wicak - September 1, 2016

Mesin V4 bersudut 90 derajat harusnya minim getaran. Tapi jika dipadukan dg frame steel trellis, nah ini yg blm diketahui. Namun dr testimoni semua test ridernya tidak ada satupun yg komplain soal getaran mesin. Ini jadi pertanda bagus utk KTM RC16.

NMC - September 1, 2016

Harusnya sih minim getar, karena sudut 90 derajat dapat meredam getaran dr aktifitas gerak piston & con-rod di silinder seberang/hadapannya. Tapi saat dipadukan dg frame steel trellis? Ini yg belum diketahui. Namun dr testimoni semua test ridernya tidak ada 1 pun yg komplain getaran mesin. So far so good nih KTM RC16.

11. kepo - September 1, 2016

20 ribu RPM biasa aja sih, mesin Ducati tahun 2007 diklaim bisa lebih dari itu, kalau mau dikepoin itu bukan piston atau pin balancernya tapi sistem klepnya bagaimana? itu yg vital di RPM tinggi

12. Mesinrompal - September 1, 2016

Wak punya data batas aman Piston Speed tiap Merek Piston dan matrialnya gak, lumayan buat nambah ilmu korek mesin.

amlbil contoh dari motor yang pistonnya pasaran. anggaplah piston S*tri* FU > Bahannya dari apa, limit Piston Speednya berapa untuk Stroke Berapa. kalau ada tabelnya kan enak.

Taufik - September 1, 2016

wah saya nggak punya nih, musti kontak eyang ibnu sambodo mungkin yah

13. goezman - September 1, 2016

Klo material terkait piston speed sih masih lebih “mungkin” wak. Yang ane penasaran itu sistem pneumatic katupnya. Ducati aja bisa pasang rpm begitu tinggi karena pake desmodromic.

Taufik - September 1, 2016

nice insight . . . makin kepo

14. telo - September 1, 2016

kepoin aq dink…eHh donk

15. Taplax - September 1, 2016

Lebih liar dari pada Desmo gp16…..
Berarti butuh rider “gila” yang ngendaliin ktm rc16…

16. gema - September 1, 2016

Yg jadi pertanyaan saya kalau pun emang rpm bisa tembus segitu adalah bagaimana respon motor saat masuk tikungan wak. Mesin juga berpengaruh ke handling motor, jadi ga cuma geometry sasisnya doang. Semakin tinggi rpm berarti semakin besar gaya gyroscopic di komponen mesin yg berputar. Berarti semakin sulit untuk diubah posisinya (dibelokkan) saat rpm mesin masih tinggi. Bisa temen2 coba masuk cornering kecepatan 80kpj rpm 11000 sama pake rpm 7000 pasti lebih mudah nekuk motor di rpm 7000. Asumsi saya motor ktm kalah jika diadu latebrake dibanding motor2 peserta GP yg lainnya. Bukan kalah pakem2 ngeremnya, tp kalah tajam masuk tikungannya. Ataupun kalo masih bisa ngimbangin berarti jokinya harus punya power luar biasa buat belokin rc16. Ini masalah yg ada di ducati gp waktu dipegang sama stoner dan mulai terpecahkan setelah rossi masuk yaitu motor yg understeer. Atau emang ada tekhnologinya buat “ngerem” putaran mesin wak?
CMIIW

vyzex - September 1, 2016

Ada.
Pake ecu pirelli

Taufik - September 1, 2016

bener
nah kalo itu kita masuk ke masalah sasis, suspensi dan elektronik
jadi kenapa KTM bersikeras pakai trelis .. ya karena mereka expert disana
data mengenai sasis ini jaluh lebih banyak dibandingkan saisi doublebeam/ perimeter

jika baca kembali di tulisan David emmet, para pengamat dari ‘kompetitor’ melihat RC16 ditikungan punya rapot yang cukup baik minimal jika dilihat secara visual

17. lol - September 1, 2016

Kang ini artikel apaan si gak bobot banget buang waktu buat baca artikel ginian
Artikel mbok yg langsung ada pembahasan…
Makin sini ko makin banyak pembukaanya timbang pembahasannya

Sekedar masukan aja

Taufik - September 1, 2016

nggak masalah
kadang ada yang suka motor baru
kadang ada yang malah suka artikel beginian, silah cek ke komen2 diatas
so . . bergantung yang baca juga, saya mah .. jalan terus with the way i am 😀

Deka - September 1, 2016

Artikel bagus kok, jarang2 dapet ilmu ginian yg belum tentu bisa didapet dari blog lain

18. Mesinrompal - September 1, 2016

oh iya wak, apakah team MotoGp membuat part sendiri seperti Piston dan ring pistonnya, atau bekerjasama dengan pengembang part lain seperti shock dan rem. satu lagi wak, part apa saja yang bukan bikinan team itu sendiri (yang baru diketahui banyak orang kan cuma Shock, Rem dan ECU).

Taufik - September 1, 2016

saya nggak bisa jawab secara detail kalo masuk ke piston, karena data ini biasannya cukup rapet . . atau ada sobat yang bisa bantu jawab ?
namun kalo menurut saya cukup banyak selain Shock, Rem dan ECU yang bukan buatan pabrikan, salah sataunya dalah girbox transmisi

Wicak - September 1, 2016

Khusus utk KTM, dia memiliki grup supplier teknis yg beranggotakan WP (White Power) dan Pankl. WP menyuplai part sasis utk KTM seperti : frame, front fork, cushion, swing arm, dll. Sedangkan Pankl menyuplai part daleman mesin seperti : piston, connecting rod, dll.

19. Trio - September 1, 2016

Rekot ptaran trtinggi RPM mesin ttp ducati GP7 saat juara dunia yg nyemplak CS27, coba lihat tuh 21rb rpm, sampai” pabrikan brikan jepun mewek untuk pembatasan ptaran mesinnya, akhirnya kluar peraturan baru untuk mmbatasinya, diameter bore dibatasi wk.k.k.k

harjono - September 1, 2016

Sekarang kan dengan bore yang dibatasi dan bisa kitir 19k itu sesuatu bangeeet!!!

20. CF110R - September 1, 2016

Mari kepo bersama dengan om taufik

21. Mesinrompal - September 1, 2016

duh racun keponya sungguh memabukan…. wajib ditunggu neh artikel kepo selanjutnya.

22. shiro - September 1, 2016

jangan-jangan pake Oval piston kayak NR750

23. ardiantoyugo - September 1, 2016

Kok sangar men…

24. Tua tua siput laju - September 1, 2016

Wak jadi kepo ni, ni kan uda ada pembatasan bore maximal 81, nah dari sisi material ada pembatasan ngga si ? Misal ni piston dri magnesium (misal) atau ada limitasi material yg tdak bleh digunakan, secara demi menempuh piston speed yg tinggi jga d butihkan material kelas wahid

Taufik - September 1, 2016

ini yang saya belum bisa korek detail ke arah sana

25. marq93zoss - September 1, 2016

Padahal setiap pabrikan mampu buat mesin berkitir di angka 20rbu rpm yah wak hmmm syg smw kembali ke regulasi dorna yg semekin ketet dari mulai penyelarasan ecu ampe ban pun cuma di pegang tunggal satu brand..mgkin bagus biar kompetitif tp menyunat kreasi serta pengembangan di bidang teknologi yg bernama ecu so prototype wak tp ko di sunat dgn ecu seragam rugi donk dgn pengembangan ecu pabrikan yg udah riset abisin biaya gk sedikit macam honda dn yamaha 😆 meskipun intinya agar lebih berimbang .

asu dahlah - September 1, 2016

“menyunat kreasi serta pengembangan di bidang teknologi yg bernama ecu so prototype”

Dengan keterbatasan kemampuan pada ecu yang ada justru membuat para engineer semakin harus memutar otak lebih keras lagi. Jadi gak ada istilah nyunat kreasi, nyunat duit iya. Kreasi gak selalu berbanding lurus dengan duit bro.

Bicara soal biaya riset honda & yamaha, menurut gue mereka gak rugi juga kok. Secara ROI (Return Of Invesment) yang mereka dapat sudah sebanding (juara dunia, market share paling gede diantara pabrikan lain dsb)

26. Darsono - September 1, 2016

Ehmm…menarik ktm ini, proyek sangat ambisius, tapi terbukti Ducati aja yg dengan segala sumber daya yg wow aja motornya cuma kenceng dan bisa juara dengan satu pebalap!
Seorang Legend Rossi jg memakai motor yg bukan paling paling wow di sektor mesin di motogp bisa jurdun berkali kali..
Honda…nah ini pabrikan paling realistis soal gmn cara jadi juara dunia….hahahaha dengan paket motor dan pebalap superstar lah yg bisa jadi juara era motogp modern (doohan,rossi,hayden,stoner) mreka pernah juara dunia pake Honda…
Jadi terkadang ambisi menutupi logika sederhana…hahahaha

*rung sarapan iki

27. eric - September 1, 2016

setuju.. pasti ada kelebihan dan ada kekurangannya jg.. bisa bagus banget di straight tapi belum tentu corneringnya bs sebagus yg lain..

28. cewek seksi - September 1, 2016

Dengan catatan stroke tiap pabrikan SAMA. Tapi kita kan gaktau apa stroke setiap pabrikan sama? Biarpun bore dibatasi 81mm, belum tentu kan semua pabrikan pakai bore 81mm? Contoh paling gampang Moto3, setahu saya cuma NSF250RW sama KTM M36 yang pakai bore 81mm..

29. Boie #48 - September 1, 2016

Wakk… secara fungsi dan kenyamanan lebih bagus sasis tralis atau delta box mungkin punya datanya kelebihan dan kekurangan masing2…?

jadi makin penasaran liat KTM musim depan atau nanti saat gp Valencia, jika memang KTM bisa menyesuaiakan dengan regulasi dorna di tambah skill pembalapnya bukan tidak mungkin bisa merepotkan para peserta yang lain.

30. Darsono pangling - September 1, 2016

Ehmm…menarik ktm ini, proyek sangat ambisius, tapi terbukti Ducati aja yg dengan segala sumber daya yg wow aja motornya cuma kenceng dan bisa juara dengan satu pebalap!
Seorang Legend Rossi jg memakai motor yg bukan paling paling wow di sektor mesin di motogp bisa jurdun berkali kali..
Honda…nah ini pabrikan paling realistis soal gmn cara jadi juara dunia….hahahaha dengan paket motor dan pebalap superstar lah yg bisa jadi juara era motogp modern (doohan,rossi,hayden,stoner) mreka pernah juara dunia pake Honda…
Jadi terkadang ambisi menutupi logika sederhana…hahahaha

*rung sarapan iki

31. Wicak - September 1, 2016

Setelah test di Misano minggu lalu Kallio berkata bahwa top speed KTM RC16 masih kalah dr Ducati Desmosedici 16 GP, namun sudah mendekati. Artinya, meskipun enjin RC16 mampu berkitir lebih tinggi dr Desmosedici, namun capaian top speed lebih rendah.

Mungkin rasio gearbox RC16 lebih ringan sehingga butuh rpm lebih tinggi utk bisa mendekati capaian top speed Desmosedici.

Seperti yg sudah diketahui, top speed Desmosedici mencapai 355 km/h. Bermodal 19000 rpm, saya yakin top speed KTM RC16 bisa mencapai 350 km/h, melampaui Honda, Yamaha, Suzuki dan Aprilia.

32. galakxi - September 1, 2016

wih..yamaha mantapp.

https://galakxi.wordpress.com

33. dave - September 1, 2016

waw,, rame ya bahas ginian,,
semoga bukan cm rumor ya,,

34. wisnu3ds - September 1, 2016

sueee ada yang gak baca artikelnya…..

mantep artikel cadas!,,,,,ditambah komentator cerdas…tret menyegarkan dan mencerdaskan ini namanya…..

35. meong - September 1, 2016

komeen eluu yang gk berboboott semvaaakkk, . jati diri aj gk berani di nongolin pake acara ngasih saraah. . guooblook aka pekoookkk. . wakakakakakak, biar aj wak haji

36. meong - September 1, 2016

hadehh, fiture reply nya kok gk work di pc wak

37. Victor_satria@yahoo.co.id - September 1, 2016

Wak bagaimana dengan linear speed piston yg katanya di pembahasan wak haji dulu bilang kalo batasnya sampe 29m/s?? Dan kl ngga salah rev motor motogp dipatok di 18rb, apakah untuk team bru sperti ktm untuk rev nya ngga dibatasin? Apalagi klo ngga salah untuk diameter piston dbatasi sampe 81mm doank

Taufik - September 1, 2016

ya diameter piston dibatasi 81 mm maksimal

38. Muke Gile - September 1, 2016

Wak haji kenapa Jok rider KTM tebel banget yaa?? kayakna lebih tebel dari pabrikan lain di motoGp..

39. ridhojms - September 1, 2016

kalo soal power betul sekitar 270-280 hp, hayden sendiri udh bilang di wawancara 2015 sekitar 270 hp.
kalo soal rpm yg tembus 19.000 wew luar biasa tuh udh macam F1 aja. mestinya dorna harus ngembalikan regulasi rev limiter kayak jaman 990 dulu (15500-16000 rpm). rpm skrg terlalu tinggi, top speed terlalu tinggi otomatis biaya perawatan jg pasti lebih mahal boros…

ridhojms - September 1, 2016

jauh beda dibandingkan 500cc dulu yg cuma 12500-13000 rpm utk V4 nya
😀

NMC - September 1, 2016

Ducati sudah pernah menolak pembatasan putaran mesin, itu karena Desmosedici yg paling dirugikan. Performanya mau dikebiri jadi 16000 rpm maxnya, jelas Ducati ogah lah. Disunat 2000 rpm merugikan banget karena punya potensi top speed 355 km/h di straight panjang.

Sedangkan motor GP500 cuma 13000 rpm itu karena panjang stroke 54,5 mm. Bore 54 mm. Bandingkan dg motor motogp sekarang yg panjang strokenya cuma 48,5 mm tapi bore super gede 81 mm. Ini terkait dg piston speed.

40. NMC - September 1, 2016

@ ridhojms :
Ducati sudah pernah menolak pembatasan rpm. Itu karena Desmosedici jelas yg paling dirugikan jika disunat jadi 16000 rpm. Turun 2000 rpm bikin top speed juga berkurang drastis. Pasti ogah lah Ducati.

Motor GP500 kenapa rpm maxnya cuma 13000? Itu karena panjang stroke 54,5 mm dg bore 54 mm. Sedangkan Motogp 1000 cc panjang stroke cuma 48,5 mm dg bore super besar 81 mm. Jadi ini terkait dg piston speed bro.

ridhojms - September 1, 2016

iya aku tau gan ducati paling dirugikan top speed terpangkas bnyk, tapi kalo mau hemat biaya apa boleh buat kan…
wsbk aja skrg udh mulai hemat2 biaya dgn regulasi EVO…
sbenarnya ada lagi selain itu, pengaruh jaman/eranya. gp250cc tahun2 terakhir udh tembus 14.000 honda-aprilia-gilera, stroke tetap sama 54,5…

ridhojms - September 1, 2016

iya aku tau gan ducati paling dirugikan top speed terpangkas bnyk, tapi kalo mau hemat biaya apa boleh buat kan…
wsbk aja skrg udh mulai hemat2 biaya dgn regulasi EVO…
sbenarnya ada lagi selain itu, pengaruh jaman/eranya. gp250cc tahun2 terakhir udh tembus 14.000 honda-aprilia-gilera, stroke tetap sama 54,5…

ridhojms - September 1, 2016

iya aku tau gan ducati paling dirugikan top speed terpangkas bnyk, tapi kalo mau hemat biaya apa boleh buat kan…
wsbk aja skrg udh mulai hemat2 biaya dgn regulasi EVO…
sbenarnya ada lagi selain itu, pengaruh jaman/eranya. gp250cc tahun2 terakhir udh tembus 14.000 honda-aprilia-gilera, stroke tetap sama 54,5…

ridhojms - September 1, 2016

iya aku tau ducati paling dirugikan top speed kepotong drastis, tapi kalo mau hemat dana apa boleh buat. wsbk aja udh mulai hemat2 (rules EVO).
oh ya selain itu ada lgi, faktor teknologi di era/jamannya. jaman 250cc tahun2 terakhir limiter udh tembus rpm 14rb, stroke tetap sama 54,5

41. Agista - September 1, 2016

jika perhitungan matematis masalah durability dgn jumlah maesin.. bisa juga om demikian..

om.. mau tanya ttg metalurgi part spt piston dan ringnya..
“ada g bahan yg kuat dan ringan utk membuat piston selain titanium..??

mungkin dri sini kita bisa dapat gambaran ttg rahasia ni ktm.. sumpah.. aku kepo.. sampai lihat tabel periodik.. xixici

Thanos - September 1, 2016

Ada bro, pake Adamantium, bahan cakar nya Wolverine ato bisa juga Vibranium perisai Captain America, logam terkuat di dunia… (yang cuman ada di Marvel Cinematic Universe) hahaha… Peace Bro..

42. ridhojms - September 1, 2016

iya aku tau gan ducati paling dirugikan top speed terpangkas bnyk, tapi kalo mau hemat biaya apa boleh buat kan…
wsbk aja skrg udh mulai hemat2 biaya dgn regulasi EVO…
sbenarnya ada lagi selain itu, pengaruh jaman/eranya. gp250cc tahun2 terakhir udh tembus 14.000 honda-aprilia-gilera, stroke tetap sama 54,5…

43. ridhojms - September 1, 2016

@NMC
iya aku tau gan ducati paling dirugikan top speed terpangkas bnyk, tapi kalo mau hemat biaya apa boleh buat kan…
wsbk aja skrg udh mulai hemat2 biaya dgn regulasi EVO…
sbenarnya ada lagi selain itu, pengaruh jaman/eranya. gp250cc tahun2 terakhir udh tembus 14.000 honda-aprilia-gilera, stroke tetap sama 54,5…

44. ridhojms - September 1, 2016

iya aku tau gan ducati paling dirugikan top speed terpangkas bnyk, tapi kalo mau hemat biaya apa boleh buat kan…
wsbk aja skrg udh mulai hemat2 biaya dgn regulasi EVO…
sbenarnya ada lagi selain itu, pengaruh jaman/eranya. gp250cc tahun2 terakhir udh tembus 14.000 honda-aprilia-gilera, stroke tetap sama 54,5…

45. ridhojms - September 1, 2016

@NMC
iya aku tau gan ducati paling dirugikan top speed terpangkas bnyk, tapi kalo mau hemat biaya apa boleh buat kan…
wsbk aja skrg udh mulai hemat2 biaya dgn regulasi EVO…
sbenarnya ada lagi selain itu, pengaruh jaman/eranya. gp250cc tahun2 terakhir udh tembus 14.000 honda-aprilia-gilera, stroke tetap sama 54,5…

46. NMC - September 1, 2016

19000 rpm?
Selain material piston & mekanisme pneumatic valve-nya, ane penasaran dg material dinding silindernya.
Adakah yg lebih hebat dr nikasil silinder?

47. wawan - September 1, 2016

keren caranya jelasin, jd inget jaman kuliah 😀

48. wisnu3ds - September 1, 2016

dari semua komentar banyak banget paparan menarik tapi banyak juga jawaban yang belom kejawab…beugh….wajib ditunggu nih artikel baru yg akan datang….wak ini dari twitnya david emmet…..

49. Pororo - September 1, 2016

Ampun dah, saya browsing2, max piston speed itu 21m/s

Ini koq bisa 150% nya?….

Apa yg 21m/s itu cuma utk produksi masal dan dipake harian ya?

Rizal Iman - September 1, 2016

Iya mangbro,21 m/s itu spek harian,klo untuk balap apalagi MotoGP lebih gede lgi

50. ade semarang - September 1, 2016

Kalo gak salah dulu mesin F1 ada yg bisa berkitir 20.000 …pake pleumatic

Pororo - September 2, 2016

Semakin pendek stroke, semakin tinggi rpm. Yg sedang dibahas disini, piston speed, bukan sekedar seberapa tinggi rpm

51. Motor matic ngeenggg brrrrrr - September 3, 2016

Liner bloknya gimana ya wak? Kan notabene piston speed 30,7 tuh kenceng banget, resiko mesin blown juga gede, kalo ga karena klep tabrakan.atau bisa juga karena piston macet sama blok mesin gara gara pistonnya memuai. So pendinginannya juga pasti lebih advance dari pada motor motogp yg lain.. soalnya kan jarak nya jauh banget sama motor harian yg rata rata 18m/s (kecuali yamaha, suka sampe 20m/ atau 21m/s kurang lebih)

52. VR46 - September 3, 2016

16. lol – September 1, 2016

Kang ini artikel apaan si gak bobot banget buang waktu buat baca artikel ginian
Artikel mbok yg langsung ada pembahasan…
Makin sini ko makin banyak pembukaanya timbang pembahasannya

Sekedar masukan aja
———————————————————–
gini nih yg biasa mlototin bokep puyeng di kasi artikel berbau teknis beginih…. ngiahaha…



%d bloggers like this: