jump to navigation

Prediksi Cuaca MotoGP Silverstone September 2, 2016

Posted by nugie tmcblog in : motogp, Pojok Opini , trackback

silverstone.big

TMCBlog.com – Bro sekalian, seperti yang kita tahu dan pasti sudah kita tunggu-tunggu weekend ini adalah gelaran MotoGP Inggris di sirkuit Silverstone, dan dari sekian banyak hal menarik soal MotoGP di Silverstone adalah masalah cuaca yang jadi pertaruhan besar para riders dalam menentukan setup motor di track ini pada tahun-tahun sebelumnya. Tahun 2016 ini balap MotoGP sering menyajikan tontonan kepada pecintanya banyak balapan dalam kondisi wet race, sebut saja GP Argentina yang jadi flag-to-flag race pertama tahun ini, lalu GP Assen yang sempat red flagged dan restart, Sachsenring dan terakhir adalah wet race Brno yang sekaligus menjadi saksi sejarah kemenangan pertama Cal Crutchlow di premier class. Pada artikel ini TMCBlog mencoba untuk sedikit memprediksi soal cuaca selama race weekend, mulai dari sesi latihan bebas, sesi kualifikasi sampai ke balapannya, silahkan disimak ya sobat.

Sirkuit Silverstone yang jika dilihat dari sisi topografinya memang kurang menantang, karena cenderung flat tanpa suguhan pemandangan uphill-downhill, dikarenakan dulunya lokasi sirkuit merupakan sebuah bandara militer Inggris, so ya mesti flat kontur tanah di sana. Tapi bukan berarti ini track yang mudah, Valentino Rossi juara seri wet race Silverstone 2015 bilang bahwa Silverstone merupakan salah satu track yang demanding. Dan yang hampir bisa dipastikan ciri khas dari Silverstone adalah soal perubahan cuaca yang sangat cepat di sana membuat pemilihan setup motor baik elektronik, suspensi dan ban merupakan pertaruhan besar bagi riders untuk balap di hari minggunya.
jumat-climate2
Okay, kita mulai weather forecast untuk hari ini Jumat 2 September, dimana yang TMCBlog dapat data prakiraan cuaca langit yang berawan dengan rata-rata temperatur udara di angka tertinggi 17°C terendah 12°C di pagi hari. Sesi FP1 MotoGP dimulai jam 09:55 LT yang berpotensi gerimis dan data menunjukkan jumlah awan di sana sampai 40% dengan kecepatan angin berkisar 20-23 km/h dan kelembaban udara 69%. Biasanya sih sesi Free Practice 1 digunakan riders untuk mengenali track dan adaptasi setingan motor paling awal yang sering diambil dari data setup tahun sebelumnya di sirkuit yang sama.
Lanjut pada siang harinya sesi FP2 MotoGP di jam 14:05-14:50 yang justru suhu udaranya semakin menurun karena diramalkan akan turun hujan ringan sampai sedang dengan temperatur 16°C siang hari. Kelembaban udara semakin naik nih sob, sekitar 88% dan kecepatan angin cenderung makin kencang sampai 26 km/h.
sabtu-climate2
Pada hari Sabtu 3 September di pagi hari suhu udara tertinggi adalah 19°C dan terendah 14°C, saatnya sesi Free Practice 3 nih buat kelas MotoGP jam yang sama dengan hari Jumat 9 pagi. Kali ini berbeda, cenderung cerah, tingkat kelembaban udara juga relatif menurun 75%, jumlah awan pun relatif sedikit hanya 8%. Lalu tak jauh berbeda prediksi cuaca di siang hari Sabtu nanti dimana ada sesi FP4 yang mepet waktunya dengan sesi Q1 (beda 10 menit saja), kondisi di siang hari pun cerah berawan.
Artinya kondisi ini cukup ideal buat mencari setup motor untuk kondisi dry race hari minggu, dan pembalap bisa gas penuh untuk mencari limitasi dari motor dan juga ban baru Michelin yang sebelumnya sudah dicoba pada sesi FP di Brno 2 minggu lalu. Pihak Michelin menjanjikan konstruksi ban baru ini lebih baik dari sebelumnya, sejalan dengan testimoni dari beberapa pembalap yang merespon ban baru tersebut secara positif.
ahad-climate-myweather2com
Prediksi cuaca di Silverstone hari Minggu 3 September pada pagi harinya setelah sunrise di sana (jam 06:21) track diprediksikan akan diguyur hujan sedang sampai jam 9:00-9:30 pagi. Otomatis prediksi lamanya hujan akan melewati sesi warm up Moto3 dan berakhir saat WUP Moto2, dan kalau benar demikian track masih dalam kondisi basah saat WUP kelas MotoGP, kecepatan angin pun cenderung kencang nih sob berkisar 32-46 km/h.
Lanjut lagi untuk prediksi cuaca saat balapan berlangsung, pada weather forecast sheet bisa kita lihat kalau hujan masih akan mengguyur Silverstone saat kelas MotoGP berlangsung (15:30 LT), masih berdasarkan pada forecast sheet juga, jumlah awan mencapai 89-90% angin berhembus 27-41 km/h kelembaban mencapai 77%, yang bisa disimpulkan akan terjadi wet race dari awal sampai akhir balap.
Mungkin kalau kita bayangin hari Minggu nanti awan tebal akan merata di atas langit Silverstone, ya walaupun gak jadi hujan tapi bisa bikin pembalap dan team siaga dengan motor kedua dan bersiap untuk flag-to-flag race.
bridgestone_circuit_map_great_britain
Mungkin itu yang bisa Saya sedikit prediksikan terkait cuaca saat British GP nanti sob, namanya prediksi kan bisa saja tepat tapi gak jarang juga meleset yah 😉 . By the way, kalau kalian sendiri lebih senang Silverstone yang seperti apa sob? Balapan dengan kondisi dry race seperti tahun 2013 dimana terjadi dog fight sampai last lap last corner antara Lorenzo yang menang atas Marquez dengan selisih 0.081 second, atau Silverstone 2015 yang full wet race bikin deg-degan nahan nafas (lebay) waktu Vale dan pembalap lain seperti “dancing under the rain”.. Mesti siap-siap pasang breath deflector helm nih supaya visor helm gak berembun. Hehehe…
Nugie TMCBlog

Comments»

1. ohyess - September 2, 2016

koment dulu baru baca..

2. ohyess - September 2, 2016

apapun cuacanya bakalan seru wak..udh gk sabar ini buat race besok.

3. HaDong - September 2, 2016

Josh.

アℜ㊣∂ąț❂ℜ Ⅲ ♂ - September 2, 2016

haiyyaaa jolor siap mewek darah waaa

4. ohyess - September 2, 2016

kok sepi 😀 tumben

5. ALEX - September 2, 2016

Artikel khas hari Jumat’__
Ngebut coy,,

eeekkkeeekkkk

Ala tur eLeX - September 2, 2016

ngebut kek cuongor lo

6. zai - September 2, 2016

Sempoga turun salju

7. jos - September 2, 2016

jossss

8. jos - September 2, 2016

pegawe bmkg …

9. ada_apa? - September 2, 2016

full wet race!

10. kucink kecil - September 2, 2016

UJAN lageee… aseekk bener dah, haha

11. アℜ㊣∂ąț❂ℜ Ⅲ ♂ - September 2, 2016

haiyyaaa ni sirkuit serig hujan waaa
dah kek bogor z

12. oncomgehu - September 2, 2016

Mudah2an full hujan hehehee ~~~ ga flag to flag atau kering sekalian

13. Usman - September 2, 2016

hujaan

14. paino - September 2, 2016

ulasan prediksinya mantap bos.
tinggal lihat racenya kalau bener prediksi cuacanya lorencong pasti jijik sama wet race + rosed yg over PD kalau wet race, hahaha tinggal lht hslnya.

15. hamstring - September 2, 2016

Jangan mewek lagi

16. ardiantoyugo - September 2, 2016

semoga saja bener bener ujan lagi… uhuy…

New Vixion 2017: http://wp.me/p7LBn5-1ZB

nugie tmcblog - September 2, 2016

Komeng,, uhuiy 😀

17. JagoMotogpScience 2004-now - September 2, 2016

Kesuaaell kayanya dorna hrs rombak urutan balap sesuai musimnya deh. Tahun ini jelek banget motogp kebanyakan wet race. Bosen lihatnya

18. dave - September 2, 2016

waduh hujan lagi? ckck,, mudah2an aja jgn flag to flag d,,

Mesti siap-siap pasang breath deflector helm nih supaya visor helm gak berembun

yg ini maksudny apa nih? wkwk,,

19. misba - September 2, 2016

Mbah ros nyari akik karena bersentuhan sama pembalap lain…

20. wisnu3ds - September 2, 2016

loh bro nugie ini admin yah..kok kuning yah ….

21. galakxi - September 2, 2016
22. candra - September 4, 2016

Goo!!! Mm93



%d bloggers like this: