jump to navigation

Update Mesin Idling Stop Yamaha . . . disinyalir Beda Dengan Mesin Idling Stop ACG eSP Honda September 8, 2016

Posted by Taufik in : Tematik Motor baru, yamaha , trackback

460x110-indent-now

cengkareng-shop

bluecore-125-aircooled-engine

TMCBlog.com – Bro sekalian, Jujur saja setelah Yamaha Janus Rilis di Vietnam, TMCBlog merasa ikutan kepo ingin tahu seperti apa sebenarnya mesin SSS 125 cc air cooled yang diaplikasikan ke Sosok Yamaha Janus tersebut. Bukan apa apa, Kalau saja mesin yang dipakai adalah mesin yang sama plek dengan apa yang pernah di patentkan Oleh Yamaha dengan pengaplikasian Generator  yang berfungsi sebagai starter, maka dipastikan akan terjadi perubahan banyak ( major Change ) atas mesin Yang dipakai di banyak Range Produk Yamaha ini mulai dari Yamaha Mio Z, Yamaha Soul GT, Yamaha Fino dan Mungkin kedepan Yamaha X-ride . . . dan jika itu terjadi, akan terjadi bedol desa, rame rame ganti mesin ..  cost produksi dan cost marketing pasti banyak  . . Nah tmcblog baru saja menerima update info awalan yang cukup penting dari mesin Idling stop Yamaha yang disinyalir beda dengan mesin ACG Honda . . . Namun sebelum masuk ke pembahasan mesin Cekidot dulu beberapa flashback berikut ini sob

440x100_tirei

MBtech - TMC sep16

Bicara Kasus  . . . Yamaha pernah melakukan hal dimana mesin di beberapa Varian mau nggak mau harus diganti karena platform berubah banyak yakni ketika pindah dari mesin 115 cc YMJet ke mesin 125 cc Blue core. Dengan Pengalaman tersebut YIMM Pasti sudah tahu rasanya terseret seret dengan banyak masalah marketing . .  Gimana Nggak, silahkan bayangkan Mio udah 125 cc tapi soul GT ( secara possitioning diatas Mio ) masih 115 cc . . apa nggak mumet kala itu ? . . Honda Juga pernah ketika naik dari mesin 110 cc Dinamo starter ke mesin 110 cc ACG . . Beat sudah 110 cc eSP tapi Vario 110 yang diposisikan diatas Beat belum . . . apa nggak juga merasa tergadaikan kala itu ?

SSS-Janus

Nah balik lagi ke Info Yang tmcblog terima bahwa mesin 125 cc yang akan dihadirkan di Next Mio, SOul GT, Fino dan mungkin nanti Xride adalah Mesin 125 cc air cooled / Air Forced Cooled ( berpendingin udara ) disinyalir Tetap akan menggunakan  dinamo starter . ..  nahhh terlihat cukup berbeda dengan mesin Idling stop yang dipakai oleh Honda ataupun terakhir mesin iGET Piaggio series yakni menggunakan AC Generator yang berfungsi sebagai starter dan juga sebagai Generator.

Namun Info tambahan yang masuk ke tmcblog mengatakan bahwa dimensi Dinamo starter dari Mesin mesin 125 cc Air Cooled Idling stop ( SSS ) series yang akan dipakai oleh Yamaha ini akan jauh lebih besar dibanding dinamo starter yang dipakai oleh mesin 125 cc air cooled skutik yamaha sekarang . . . korelasinya dari dimensi lebih besar ke Idling stop apa yah sob? apakah untuk ‘menyimpan’ arus lebih besar? silahkan coba sobat diskusikan soale tmcblog juga kepo pengen tahu 😀

Kalau info ini benar, disinyalir memang ini adalah bagian dari rencana cerdas bin strategis Yamaha yang nggak mau pusing pusing bedol desa lagi mengganti mesin secara keseluruhan ( major Change )  . .  Disinyalir tetap akan ada banyak common Part dengan part part mesin Blue COre 125 cc air cooled yang lama  . .. dan tidak menutup kemungkinan bahwa mesin mesin 125 cc mio Z, Soul GT dan Fino sebelum ini ( yang sudah dibeli oleh konsumen ) kedepan bisa di ‘upgrade’ menggunakan fitur SSS dengan mengganti beberapa part seperti ECU, dinamo starter dll . . . kalo penerawangan tmcblog ini tepat . . . smart banget Yamaha  . . silahkan dikunyah kunyah dan semoga berguna sob

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

EnglishHindiIndonesianJapaneseSpanishThaiVietnamese

Comments»

1. yususph - September 8, 2016

good improvement …

Dhimas - September 8, 2016

Intinya Ga Punya Modal

Jadi cuma setengah2

Ga All Out spt Honda

Aldi - September 8, 2016

Dari dulu Yamaha ketinggalan mulu
Malu atuh sama slogannya

Mo dar - September 9, 2016

Sss suka stop sendiri…ssstt

2. yususph - September 8, 2016

pertalite di rumah wak haji ..

3. Vega joss - September 8, 2016

josss Wak Haji

Marquezz - September 8, 2016

Yamaha smart otak atik mesin yg ada ditambah sss,mesin blue core dimodif sss,konsumen pinter beli motor yg memang di set(dibuat khusus)idling stop yaitu mesin esp(honda)😁😁😁😆😆😆

ary - September 8, 2016

@ marques : ente bener2 sales sejati HONda 😅😅😅😅😂😂😂

Dhimas - September 8, 2016

Yamaha selalu ketinggalan

4. Thomas - September 8, 2016

Mungkin drpd mengganti seluruh skema mesinnya yg sudah “blue core” (ibaratnya blue core kemarin sudah dianggap sempurna oleh yamaha tp skrg dirombak lagi nanti kesannya blue core kmrn gak sempurna karena ada sistem baru lagi yg berubah total), my opinion sih mesin tetap blue core lama tp yamaha merubah desain dari dinamo sttr yg tidak berisik lagi (senyap) seperti produk sebelah, sehingga pada saat SSS dicangkokan sudah tidak terdengar pada saat start/nyala. Lebih minim cost jdnya

5. semar - September 8, 2016

nyimak

6. M16 - September 8, 2016

Mantav

7. juragan - September 8, 2016

minim inovasi
sss pake dinamo

vixion pake vva matic

marqovet - September 8, 2016

ntar pakai dohc d tuduh nyontek,krepmu opo to cung😁😁😁😆😆😆

Marquezz - September 8, 2016

Lucu jika motor sport pake sohc vva😁😁😁😆😆😆tehnologi moto jipi..

al~fattih - September 8, 2016

Bisanya ente apa.? Cuma mbacot aja.!

Muke Gile - September 8, 2016

fitur ngemis di lampu merah ..

Kata zelez zlubb.

onAld - September 9, 2016

Ga juga..
Perubahan yg sederhana/simpel tapi efeknya besar. Pasti blm pernah coba nmax jadi blm tau performa dr mekanisme vva.
Ga usah pake istilah inovasi..
Semua pabrikan terus2an berinovasi kok..
sss pun seharusnya bawa perubahan yg cukup signifikan dibanding non sss..

8. wonkaggsant - September 8, 2016

Masih sepi…cara lain dari Yamaha..

Dhimas - September 8, 2016

Maklum modal cekak

Ga bisa spt Honda yg bisa bikin All new

Klo Yamaha biasanya motif dikit, msh dgn ciri khas kejadulannya

miko - September 8, 2016

All new piye mboon…plastiknya masih iwir2 gitu…

Muke Gile - September 8, 2016

fitur buat orang kismin di tiru juga.. ..

hadeuh.

9. visitor - September 8, 2016

smart kalau tolak ukurnya pengambilan keputusan akan situasi yang ada, tidak smart kalau tolak ukurnya adalah perencanaan jangka panjang produk-produk yang (akan) dikeluarkan
#SokTauBangetGakSih

Anton - September 8, 2016

Tolok ukur, bro. Bukan tolak angin. Salam BIKER.

marqovet - September 8, 2016

biker opo kowe,biker ontel apa biker mongstot?

10. ChUrUtZz - September 8, 2016

Mungkin yamaha juga gengsi ngikutin iss nya honda dan i-getnya piaggio, tp mnrut ane klo dinamo stater tambah besar secara dimensi logikanya sih berat totalnya nambah juga

11. rdy - September 8, 2016

Ekeekkekeke

Ya Intinya Aruss juga wakkkk alon alon asal.kelakon

jangan kayakkk sebelahhhh SSS/ ISS gampang Koit

hayayayayaya

Muke Gile - September 8, 2016

mAksud nya gimana ??

bejo - September 9, 2016

Best comment of the year..gak jelas blassssss

12. Numpanglewat - September 8, 2016

Ini baru yamaha, ga ikut ikutan kaya sebelah 😀

13. davied - September 8, 2016

mungkin yamaha hanya mengambil cara ringkasnya,dengan membuat generator dan starter berbentuk “modul”,tidak perlu merubah banyak daleman mesin,hanya mengeluarkan magnet pengapian dari mesin dan menjadikannya satu dengan dinamo starter dalam bentuk yg lebih besar….mungkin ya

14. davied - September 8, 2016

mungkin yamaha hanya mengambil cara ringkasnya,dengan membuat generator dan starter berbentuk “modul”,tidak perlu merubah banyak daleman mesin,hanya mengeluarkan magnet pengapian dari mesin dan menjadikannya satu dengan dinamo starter dalam bentuk yg lebih besar….mungkin ya

15. Numpanglewat - September 8, 2016

Komenku nguap kaya pertamax plus wakaka

16. nipah - September 8, 2016

brarti dinamo starter tidak berfungsi sebagai pembangkit listrik sebagaimana di piaggio & ndaho, cuma berpungsi sebagai starter sj?

yang berarti masih punya spull+magnet sebagaimana matic jadoel lainnya hanya ganti dinamo starter jumbo. klo emang demikian smartnya dimana ya wak?

menyan - September 8, 2016

Setuju ma yg ini. intinya gak jadi satu kesatuan ya sob. Mugkin biar irit cost. Bener pertanyaanya? Smart nya di mana? Kan cuman kayak modifikasi.

Pam - September 8, 2016

Kl g smart..g bakal bisa buat motor..huuu

fahri - September 8, 2016

waw motor pake spul + magnet dibilang jadoel wkwkwk

Laros - September 8, 2016

Mungkin yang dimaksud smart untuk strateginya.. imho

Taufik - September 8, 2016

yap saya cuma analisa soal strategynya, saya belum bisa komen soal teknologinya, wong belum ngeti jelas sob

17. kakung - September 8, 2016

menyimak

18. Bonsai Biker - September 8, 2016

mantab

19. ms - September 8, 2016

system beda munkin karena terkait patent.
dinamobesar=torsi besar agar lebih mudah dan lebih silent saat starting engine.

20. bul.. - September 8, 2016

berarti nanti kaya dinamo mobil ya wak

21. PRANK - September 8, 2016

dinamo stater lebih besar?? akan butuh arus yang gede juga kalo gitu..maaf wak dinamo stater bukan buat nyimpen arus wak 😀 yang nyimpen arus ya si AKI 😀 mungkin logis juga kalo dinamo stater lebih gede secara akan di pake buat idling stop.sehingga kekuatan dinamonya akan 2x lebih berat kinerjanya dibanding dinamo stater yang biasa di pake sekarang.

Taufik - September 8, 2016

siappp, thks tambahannya

22. FBO - September 8, 2016

Bukannya ACG dan SSS harusnya 1 kesatuan ya wak? Dalam hal ini SSS tanpa ACG bakal bikin suara starter motor terdengar kasar ketika SSS diaktifkan..
Maaf wak saya gak terlalu paham soal tehnikal mesin, saya cuma orang awam yg kepo saja.. 🙂

23. Marquezz - September 8, 2016

Apa acg starter dah dipatenkan honda,sehingga yamaha bikin sss yg beda,walau kalah canggih sama honda😁😁😁😆😆😆

24. Somplak - September 8, 2016

SSS stupid stop sistem…fitur khusus fby yg suka nyontek bilangnya beda…..bikin fitur yg lain GA bisa…apanya yg smart

marqovet - September 8, 2016

penemunya juga bukan honpret bro😁😁😁😆😆😆

MT_Rider - September 8, 2016

Yg smart yg g beli honda..paham?!

bejo - September 9, 2016

Bagi fbh yg smart ya yg gak beli yamaha

25. hondanavi - September 8, 2016

wak haji
tolong reviu honda navi yang lagi booming di india saat ini wak..
matik model laki ..
sepertinya kalo yamaha atau honda indonesia mau buat motor ini yakin bakalan jadi booming juga secara saat ini sudah bosan dengan matik yang ada ..
https://www.motorbeam.com/2016/06/bikes/honda-navi/honda-navi-sales-cross-10000-units/

26. hondanavi - September 8, 2016
27. hondanavi - September 8, 2016
28. Mbuhlah - September 8, 2016

Mau model kayak apa juga masa bodo lah, Wak, suka-ada duit-beli… bosen-jual. Yang penting nggak bletak-duorr aja kalo dipake… Kalo buat ane pribadi sih gak penting-penting amat feature ini, cuma buat bahan jualan doang….

29. fbmotor - September 8, 2016

Bukan follower

30. dave - September 8, 2016

waduh, ga ngerti gini2an dah,, hehe..

31. H666 - September 8, 2016

Smart atw buat kelinci percobaan si sbnrny,,sm ky ymjetfi trs gnti bluecor…intiny mngkn msh bljr krn yg lbh ngerti sbnrny????

32. motorideweb - September 8, 2016
33. fandiartz - September 8, 2016

Dinamo besar biar bisa menghasilkan suara blethak duor yang legendaris itu kah?
Hehe…

34. ardiantoyugo - September 8, 2016

dulu ymjet, ganti bluecore, sekarang sedikit diganti lagi…

Transportasi massal masih jauh dari harapan: http://wp.me/p7LBn5-20c

35. yamahon - September 8, 2016

aduh..napa yamaha slalu ketinggalan….

36. Omatinus - September 8, 2016

Kl menurut saya itu langkah bingung yamaha,bukannya mengurangi bobot,part ini malah nambah…

37. yamahon - September 8, 2016

komenku ilang..oknum ki

Taufik - September 8, 2016

tmcblog selalu berusaha membuat kolom komentar sehat
jangan selalu berburuk sangka dulu kalau masuk jaringan dan harap sabar ya 🙂

38. mboh - September 8, 2016

Kalo lebih besar apa nanti nyedot arus listriknya juga lebih besar?? dan apa ga bikin mesin tambah beban waktu jalan, karena ikut muterin dinamo yang lebih besar, kalo ga salah info dinamo starter yamaha tetap terhubung ke mesin walaupun mesin udah nyala, sedangkan honda sebelum ACG, dinamo akan terputus setelah mesin nyala, makanya bunyi bletak karena gesekan pinion yang menghubungkan dinamo dengan penggerak kruk as pas distarter. CMIIW, jgn dibully kalo salah :mrgreen:

39. rotom09 - September 8, 2016

smart dimananya ya?
apa smart dalam menjaga perasaan konsumen yg terlanjur beli tipe sekarang?
atau smart dalam mengirit cost biar tidak terlalu mayor change gitu?

40. Degun - September 8, 2016

Filosofi yamaha kando namanya ini.. improvement aj perlu ulang dr awal

41. bedhoel - September 8, 2016

saya pake vario yg ada fitur iss, hmmm jarang di pake, kalo macet2 jalan tersendat kurang enak juga pake iss nya, paling kalo pas lampu merah yg lumayan lama baru aktif iss nya, kalo macet banget sampe stak, ya udah matiin stop kontak… dulu sih penasaran banget ama fitur iss, tp pas udah tau oohhh kaya gini… hehehehe…

42. wisnu3ds - September 8, 2016

keep nyi nyi rr yang g butuh tehnology….ngumehehehehe,,,,

biar makin mantep skutik yamaha mengejar ketinggalan…

43. galakxi - September 8, 2016

josssssss..

Update tiap hari,blog tentang teknologi,entertainment,misteri,sepak bola,sport,aneh dan unik,dan info lainnya.https://galakxi.wordpress.com/

44. Pam - September 8, 2016

Josalh…biar konsumen lama tdak begitu kecewa…mau sss tinggal kodif dikit jadi…

45. semar - September 8, 2016

14. nipah – September 8, 2016

brarti dinamo starter tidak berfungsi sebagai pembangkit listrik sebagaimana di piaggio & ndaho, cuma berpungsi sebagai starter sj?

yang berarti masih punya spull+magnet sebagaimana matic jadoel lainnya hanya ganti dinamo starter jumbo. klo emang demikian smartnya dimana ya wak?
Reply
menyan – September 8, 2016

Setuju ma yg ini. intinya gak jadi satu kesatuan ya sob. Mugkin biar irit cost. Bener pertanyaanya? Smart nya di mana? Kan cuman kayak modifikasi.
________________________________________________________________
sek sek maksudmu opo ora ono spull + magnet, lha klo gak ada ngisi arus akimu pakai apa? sebenernya tau gak seh apa itu acg? konsepmu kebalik bro acg tuh generator dibuat bs jd starter buat gantiin dinamo starter, bukan sebaliknya
gak salah en sah” saja masih pakai dinamo starter buat iss/sss, intinya khn motor diset dlm kondisi tertentu otomatis off en tgl putar gas motor nyala, tgl liat aj klo gak efisien (teknikal maupun marketing) paling yo ganti acg

46. pocong kesrimpet - September 8, 2016

ora ngerti bab mesin… ngene iki

47. Riski Miranto - September 8, 2016

inovasi

Refrensi modif buat pengguna new vixion
http://rpmsuper.com/galeri-modifikasi-new-vixion-dengan-full-fairing/

48. paman tang - September 8, 2016

intinya biar hemat cost produksi wak…
tinggal kirim spare part ke dealer,,colek sana colek sini tempelin ke stok yg ada,,tadaaa….jadilah sudah sss 😀

49. SuRyA - September 8, 2016

sudah seharusnya berbeda dari yg sudah ada

https://dk8000.org/2016/09/06/review-singkat-smart-for-two/

50. Ghif - September 8, 2016

Wak engga bosen liat kolom komentar disini isinya cancer semua, saling serang gajelas

padahal isi blognya sangat menarik dan bermanfaat wkwk

Taufik - September 8, 2016

kalo komentar yang cuma hujat2an kagak saya tanggapi dan bahkan kadang nggak saya baca, sorry ya buat yang komen hujat-hujatan

Max max - September 10, 2016

Hapus aja wak kalo gtu. Gak guna juga menuh2in kolom comen

51. INVINION Z - September 8, 2016

MENUNGGU PELG KUALITAS HONDA, SOK DEPAN BLKG SHOWA…MDH2AN MESIN JG ENAK DI PANDANG…GA BULET YG GA JLS…

52. Pioo - September 8, 2016

Mungkin konsepnya jika honda tempat stater n dinamo isi/generatornya nd satu n berporos di poros engkol/spull magnet
Sedangkan yamaha cm tempatnya dipindah/digabung di dinamo stater IMHo nd dinamo stater kelihatan besar
Hehehehe

53. ebiethok - September 8, 2016

Dinamo gede=accu gede..
Pake accu mobil kali yak!!?? (Ini baru inovasi)

harjono - September 9, 2016

Padahal yang bikin orang pindah ke honda kan stater senyapnya. Bukan ISSnya. Kalo gini yamaha bakal modiar. Matik honda bakal melenggang sendiri.

54. Belitong - September 8, 2016

Persaingan akan semakin seru, terlepas siapa yang canggih, namun konsumen nggak bakalan nanyain teori kecanggihan yang perlu bagi konsumen teknolgi tersebut benar benar bermanfaat baik mereka.

https://belitong.wordpress.com/2016/09/08/mencoba-hepsonline/?iframe=true&theme_preview=true

55. Ndemik - September 9, 2016

Team swat udah nandain nih biat bully besok klo nih produk jd kluar..meskipun nanti kluar bener2 senyap ttp aja dinamonya kna bully..
Segede apa jg blm tau, nambah brt berapa kg?

56. Max max - September 10, 2016

Semoga iya wak n n max jg gt biar tambah jos hehehe



%d bloggers like this: