460x110-indent-now

440x100_tirei

152863_wp-ktm-moto2-pit-lane-aragon-2016-xl

TMCBlog.com – Brother sekalian ada satu lagi nih berita terbaru dari pabrikan KTM mengenai kelanjutan kiprah pabrikan motor asal Austria di kelas Moto2 setelah beberapa bulan yang lalu mereka telah me-release motor spesifikasi Moto2. Yup, kali ini KTM memperkenalkan skuad pembalap Moto2 untuk tahun 2017, dengan gabungan dua talenta muda Brad Binder yang sekaligus jadi kandidat terkuat sebagai juara dunia Moto3 2016 dan Miguel Oliveira asal Portugal yang akan tergabung dalam team milik Aki Ajo, Red Bull KTM Ajo Moto2 Team.

MBtech - TMC sep16

images-2

Ajo Motorsport menjadi team yang dipercaya untuk menjalankan sebuah team pabrikan KTM setelah sebelumnya juga sudah berjalan di kelas Moto3, Moto2 dan GP125 (jaman mesin 125 cc 2 tak). Dengan menggabungkan kembali Brad Binder dengan Miguel Oliveira dalam satu garasi team pabrikan, sepertinya KTM Ajo ingin melakukan akselerasi dalam hal adaptasi kerja sama (sharing data setup motor dan lainnya) dan menciptakan atmosfer yang baik dalam team tersebut karena Oliveira adalah pembalap reguler Moto2 tahun ini dengan Leopard Racing juga pernah jadi rekan satu team Brad Binder di Moto3 2015. Mungkin strateginya KTM adalah ingin menggabungkan pembalap yang berpengalaman (di Moto2) dengan seorang rider rookie bertalenta. Sebetulnya team Ajo Motorsport di Moto2 bukanlah team yang baru, karena team binaan Aki Ajo di Moto2 nanti adalah team juara dunia 2015 dengan Johann Zarco musim lalu, dengan pasti kosongnya 1 slot joki seiring perginya Zarco ke MotoGP musim depan. Itu artinya, team Ajo Motorsport hanya switch pabrikan sasis yang tadinya pakai Kalex menjadi pakai sasis KTM.

images-3

Ngomong-ngomong nih ya, ada satu hal yang cukup menarik untuk ditelusuri nih sob. Zarco sekarang ini (kalau kalian perhatikan) pakai suspensi WP berwarna hitam baik untuk fork depan dan monoshock belakang, menempel di full frame (main frame dan swimg arm) buatan Kalex, nah artinya KTM seperti menyusupkan suspensi WP (WP adalah anak perusahaan KTM) ke sasis Kalex selama 2 tahun kebelakang sebagai tolok ukur dalam riset pengembangan rahasia sasis KTM Moto2. Kalau begitu kondisinya Kalex seperti kecolongan dong ya? Bisa jadi memang iya, kecolongan, tapi ada bantahannya juga soal kabar ini sob. KTM dengan tegas menjelaskan bahwa saat musim kompetisi 2017 nanti tidak akan memakai jasa teknisi suspensi dari WP yang pernah bekerja dalam proyeknya bersama Kalex. Semua sudah tercantum dalam gentlemen agreement mereka kalau bicara soal data-data mengenai sasis-suspensi, jadi Kalex bisa sedikit lega deh tuh gak merasa ‘terlalu’ kecolongan.

KTM-WP-Moto2-1

Spesifikasi motornya sendiri adalah mesin CBR600RR digendong sasis model trellis khas KTM sebagaimana filosofi mereka di ajang balap lainnya seperti Moto3 bahkan MotoGP (RC16), swing arm alumunium dan suspensi merk WP di kedua rodanya. Seiring dengan masuknya KTM di kelas Moto2, tidak serta merta menjadikan mereka sebagai kandidat pengganti engine supplier seperti halnya Honda sejak 2010 lalu yang dijelaskan oleh CEO dari KTM Stefan Pierer bahwa mereka tidak tertarik untuk men-supply mesin untuk Moto2. Masih belum jelas juga regulasi teknis kedepannya seperti apa, single engine supplier kah atau malah seperti Moto3 yang mengadu motor full prototype ( dengan model multi Brand – red ) dengan batasan biaya riset dan juga pembatasan harga per unit paket motornya.

ktm-rc16-motogp-test-16

Lebih lanjut lagi Pit Beirer selaku Direktur Motorsport KTM menerangkan kalau kerja sama KTM dengan Ajo Motorsport semata-mata untuk membuat perjenjangan pembalap rekrutan KTM tidak terputus sejak akademi, Moto3, Moto2 sampai kelas tertinggi di MotoGP yang sudah komplit diisi oleh motor balap berspesifikasi pabrikan dari KTM. Diikuti juga oleh sponsor utama mereka, produsen minuman berenergi Red Bull yang makin menggenapkan strategi KTM untuk bersaing dengan HRC-Repsol yang selama ini sebagai raksasa di pentas MotoGP.
Moto2 itu balapan yanng paling dekat dengan MotoGP, dan KTM gak mau melepaskan pembalap binaan (sejak Red Bull Rookie Cup) beralih ke pabrikan lain hanya karena KTM tidak punya motor di intermediate class macam Moto2. Rugi besar sob ilmu dan pengalam mendidik seorang pembalap terancam lepas ke pabrikan rival karena terbentur keadaan. Pintarnya mereka ya disitu, mau menurunkan ego dengan membuat motor balap bertenagakan mesin dari pabrikan tetangga. Sangat pintar!
Last, Binder dan Oliveira dijadwalkan akan mencoba untuk test motor KTM Moto2 pada sesi winter test 16 November 2016 pasca round terakhir di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. 

Nugie TMCBlog

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

28 COMMENTS

    • sudah pernah dibahas, namun tidak saya jadikan judul
      jawabannya adalah karena mereka lebih punya data mengenai trellis/ truss frame ketimbang twin spar frame

  1. asyik, besok2 kalo semua jenjang sudah di isi sm pabrikan KTM, yg beli motornya udah bisa nempelin no. balap pembalap KTM 🙂
    udah ga usah nempelin repsol 93 atau movistar 99 lagi deh, bosen kali, di jalan udah banyak banget kyk dagangan pecel lele yg dimana2 ada 😀

  2. Wak kalo ngepbeye penjenjangan gmn tuh? Secara kelas moto3 moto2 ga ada yamamax disitu. Apa tinggal caplok pebalap terbaik dari moto2 wak?

  3. Ktm masuk jdi terkenal pa lagi juara di moto gp,dijamin dgangan makin laris model RC dan DUKE sukur2 model TRAIL jg keluar…asal hrga terjangkau dgn slogan readyy to race…honda yamaha keok…mdh2n mm93 idola gue kedepan bisa pndh ke KTM go to 2019..

  4. “Diikuti juga oleh sponsor utama mereka, produsen minuman berenergi Red Bull yang makin menggenapkan strategi KTM untuk bersaing dengan HRC-Repsol yang selama ini sebagai raksasa di pentas MotoGP”

    kan redbull juga sponsorin hrc repsol wak ?
    itu jadinya gimana wak ?

  5. provokatif banget strateginya…..jangan2 nanti HONDA malah mewek minta merek atw loga HONDA di tempel di fairingnya KTM moto2 soalnya mesinnya kan punya mereka tapi masa mereknya KTM…..wehehehe…….

  6. provokatif banget strateginya…..jangan2 nanti HONDA malah mewek minta merek atw loga HONDA di tempel di fairingnya KTM moto2 soalnya mesinnya kan punya mereka tapi masa mereknya KTM…..wehehehe…….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here