460x110-indent-now

 
2017-ktm-duke-390-21

TMCBlog.com – Bro sekalian, Di Tahun 2015 yang lalu santer media media di India mengabarkan bahwa ada sinyalemen KTM Duke dan RC 390 tidak akan lagi mengunakan Kabel kawat Baja untuk langsung menggerakkan Klep Kupu kupu di throttle Body dan akan menggantinya dengan sebuah rangkaian elektronik yang mereka sebut dengan rider by wire ( RbW) / Throttle By  wire ( TbW). Nah membaca banyak sinyalemen tersebut tmcblog jadi kepo, apa benar sinyalemen RBW atau TBW dihadirkan di Duke 390 dan RC390 ?

MBtech - TMC sep16

2017-ktm-duke-390-24

Video yang foto fotonya skrinsotnya sudah tmcblog publish beberapa jam yang lalu diputar berulang ulang dengan fokus ke handle bar kanan dari Spyshot Video KTM Duke 390 . . . dan terlihat memang ada dua sinyalemen gambar yang mengarah ke sistem Ride by Wire di Next Duke 390 ..  yakni, tidak adanya kabel kawat menonjol ke arah bawah dari panel saklar handlebar kanan seperti  yang ada di Duke 390 lama , untuk gambarnya  sobat lihat di atas . ..

2017-ktm-duke-390-25

Dan satu lagi, hadirnya tombol saklar pilih 4 arah  di handlebar Kiri yang menurut pembuat video ada menghasilkan lebih dari satu opsi performa untuk KTM Duke 390 semakin menunjukan bahwa sepertinya benar Ride By Wire akan dihadirkan di Duke 390 . . . Duke 390 sendiri rencananya akan diperlihatkan untuk pertama kali secara Official di EICMA MILAN 2016. Dan yang jadi pertanyaan selanjutnya adalah, apakah update elektronik ini juga akan dihadirkan di varian varian di bawahnya seperti Duke/ RC 200 dan 250 cc? Kalau Ya . . artinya kedepan Bukan Hanya Honda CBR250RR yang akan mulai menggunakan teknologi yang katanya membuat respon throttle menjadi lebih smooth dan responsif ini . . . kita tunggu saja  . . semoga berguna . .

Taufik of BuitenZorg

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

26 COMMENTS

    • RR beda ma R lho pak. Sama saja yang R1 ma R1M, K1600GTL ma exclusive, civic ma type Rdll. Beda versi beda harga.

      Guest
    • cbr250rr blm bisa kl di bilang overprice krn blm ada yg sebanding di fitur, yg overprice itu cbr250r di bandingkan dgn rr mono apalagi dgn ktm

      Guest
  1. Dengan kemanjuan perkembangan elektronik yg eksponensial, sistem ride by wire (yg sudah lama dipake di mobil dgn istilah drive by wire) ke depannya akan jadi murah dan reliable.
    Sehingga nantinya akan lebih banyak dijumpai di mobil maupun motor.
    Lihat saja sistem injeksi, sekarang mesin angkot aja udah pake injeksi.

    Guest
  2. Fitur gimmick gak guna dipake. insinyur ktm tidak percaya titah kerajaran mazapahit. bahwa ini fitur mubasir tenaga seberapa pake rbw / riding mode.

    Guest
  3. IMHO
    throttle by wire is throttle by wire
    tidak pantas disebut ride by wire KARENA untk disebut ride by wire tidak cukup dipasang TbW..
    perlu clutch by wire , electric (power) steering ? , ESA ? dan tentu saja brake by wire :mrgreen:

    Guest
  4. CBR250RR gak keluar” ya gara” ini, dan fitur tambahannya, serta set harga yg masuk akal, bahaya kalau fitur gini di bikin seenaknya, soalnya nyangkut sma keselamatan berkendara, blm lagi partnya gak di rawat kmudian rusak, dan yg beli ini motor pasti jg bkn dari kalangan yg ngerti motor aja, pasti ada dr orang yg pngin keren aja,

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here