460x110-indent-now

TMCBlog.com – Bro sekalian, karena tiga harddisk eksternal yang tmcblog miliki sudah pada penuh, plus ternyata akhir akhir ini butuh banyak banget media penyimpanan file digital terutama hasil pengambilan video, membuat tmcblog merasa perlu membeli lagi satu unit Hard Disk eksternal. Lihat lihat di Toko Online, ternyata ada satu merk yang lumayan value nih Yakni HardDisk Eksternal Hitachi Touro 1TB . ..  tmcblog beli seharga 635 ribu rupiah . . weleh cukup rendah ? udah dapet 1TB lagi . .. dulu biasannya harga segini baru dapet Hard Disk eksternal dengan kapasitas setengahnya . . . apa memang sekarang harga HardDisk Eksternal lagi turun yah ?

MBtech - TMC sep16

touro-4

Ok Karena toko online di Jakarta, maka cuma butuh dua hari doang HardDIsk ini sampai di Bogor dengan pengiriman kurir Regular .. .  awalnya takut karena tmcblog nggak pesan pengiriman menggunakan kayu. Bukan apa apa speknya  dari hardDisk Touro ini nggak include Semacam sistem peredam getaran di dalamnya . . maklum, Hard Disk Value hehehe.   ..  nah balik lagi, sampai Rumah langsung bongkar karena memang langsung mau di pakai hehehe nahhhh ternyata paket penjualannya juga termasuk sederhana sob  ..  cekidot deh cuma Unit Hard Dssk, Kabel USB, kartu garansi dan Buku panduan . .  weleh gak ada punch/ tas kecil nya . . emang beli versi paling Value jadi nggak ada Pounchnya 😀 . . ngirit

touro-1

touro-2

Dari segi dimensi, dan bentuk mirip mirip harddisk eksternal sebelumnya yang tmcblog miliki yakni western digital jenis WD element . ..  logis, katanya Hitachi sudah diakuisisi WD . . bener nggak tuh ? Lanjuttt, secara ergonomi Hitachi Touro ini lebih panjang sedikit dari WD element, tapi dengan permukaan yang sama sama kasar membuat HD eksternal ini masih tergolong nyaman dipegang.

touro-3

Gimana Performanya ? kayak ngetest motor, harus ada angkanya biar asik ngomongnya sob . . dan tmcblog pakai CrystalDiskMark 5.1.2 X64 diatas Laptop ThinkPad Yoga dengan sistem Operasi Windows 10 yang dihubungkan dengan kabel bawaan dari hardDisknya ke port USB 3.0 sendiri dan hasilnya seperti sobat bisa baca di bawah ini  . .

bechmark1

Lumayan banget buat HD Value kayakk gini . . kecepatan Write dan Readnya diatas 100 MBps . . . TMCblog cobain copy dari Hard Disk Internal laptop ke HD Eksternal ini . . . kalo cuma di bawah 100 MB sih udah kayak kedipan mata sob ..  cepet banget .. mungkin karena interfacenya yang sudah berupa port USB 3.0. Standar USB 3.0 ini diklaim mampu menawarkan kecepatan secara teori 10 kali lebih cepat dari port USB 2.0 . . . cobain real copy 3 items file secara simultan berukuran masing masing 100 MB-an  dari Memory card ke HardDisk eksternal Touro diperoleh

real-copy

wow . . speed 42,3 MBps  . . . ahhh segini udah cukup  buat transfer file Video yang volumennya gila gilaan dari GoPro Hero buat di olah di komputer .  . . HD Eksternal ini belum dipakai lama jadi secara durabilitas belum bisa ngomong banyak .. . segitu dulu sob . . semoga Bisa jadi bahan pertimbangan, jangan lupa simak Videonya juga sob

Taufik of BuitenZorg

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

45 COMMENTS

    • lha ini leptopnya SSD . . masih balik ke hdd eksternal biasa saya, soale lebih murah
      soalnya yang dicari bukan cepatnya, tapi kapasitasnya nih plus harga 🙂

      Administrator
    • Iya pake SSD buat sistem udah kaga usah defrag2 wak.. Lebih ngatjir.. RAM 8GB, dual VGA, wah maen jd gamer wak haji nantinya…

      Guest
  1. Saya punya wak… Yah, soal durability yg penting dirawat aja.. Contohnya punya saya setiap cop ke laptop slalu muncul pilihan: scan & fixing, continue without fixing 😀

    Guest
  2. wak aji,,sy kerja ditoko computer dimangga2 mall,& kbetulan toko sy distributor nya touro.memang hdd touro ini paling laku, dah gitu kualitas nya lumayan.sy liatnya dari servisan yg balik ke toko sangat sdikit.tp ati2 wak karena ada barang yg garansinya ga resmi soalnya klu ga resmi ktika rusak agak sulit claimnya.oh ya wak,klu butuh pouch/soft case sy ada banyak.klu wak aji mau sy kasih gratis.. hehehe

    Guest
  3. Ane punya WD 512 gb. Tapi kok kalo dihubungkan ke laptop kadang kebaca kadang tidak ya? Ane partisi jadi 3, dan udah hampir penuh semua. Paling banyak tinggal 11 gb memori tersisa. Apa ini berpengaruh ya?

    Guest
    • Gak pengaruh bro, rata2 hdd eksternal saya free spacenya cuma 2GB – 5GB. Coba ganti kabel USB 3.0 nya kalau masih sama coba format dengan zero format atau low level format, yg penting jangan lupa backup dulu data2nya

      Guest
  4. 7. sumeng – September 22, 2016
    punya saya 512 mb

    itu hardisk bro 512 mb?
    512 gb kali tuh
    klw msh beredar hrdisk 512 mb
    antik bener tuh
    sama rare nya kaya nyari flashdisk 256 mb jaman skrg
    wkwkwk

    Guest
  5. Kalau mau lebih cepat lagi pakai yg HGST (hitachi juga) tapi konsumsi power juga semakin besar + ditambah lg 100rb dari harga yg itu.

    Guest
  6. Wah Hitachi touro 1TB saya baru saja tadi sampe rumah, dan memang benar sekarang hdd hitachi (HGST) sudah bergabung dengan Western Digital, garansinya pun sampai 3 tahun. Desain dan fiturnya memang standar banget tapi kecepatannya sama saja dengan beberapa hdd eksternal saya yg harganya lebih mahal. Jadi menurut saya ini hdd best value dan most recommended untuk low budget.
    Walaupun performanya gak sehebat SSD di laptop saya tapi kalau cuma untuk data storage sudah sangat cukup, mantap pak haji gak salah pilih deh 😀

    Guest
    • USB C itu cuma bentuk aja, sejenis mini USB or micro USB, speed tergantung interface 2.0 atau 3.0/3.1.

      Guest
  7. Betul Mas Taufik, saya berani beli Hitachi Touro jg karena Hitachi sudah diakuisisi WD. Karena memang reputasi Hitachi di bidang storage cukup bagus kayak HDS (Hitachi Data Systems), kebetulan saya jg konsultan IT. Tau jg beginian hehe. Banyak perusahaan kok yg pake storage Hitachi.

    Guest
  8. saya juga punya wak.. yang model lama, lampu indikatornya diatas , namun sayang, setelah pake sekitar 2 tahun an eh jatuh dr ketinggian 1 meter..

    ndak terdekteksi lagi devicenya, masih bisa dibenerin ga ya bro2 semua ??? sayang datanya sihh..

    man dulu masih seharga 750 rb an belinya..

    Guest
  9. harus murah om sesuai hukum moore ; kecepatan mikroprosesor akan bertambah 2 kali lipat setelah 18 bulan”

    tapi konsumen/ end user akan jumpalitan jika mengikuti produknya

    Guest
    • hukum moore sekarang invalid gan.
      proses fabrikasi prosesor udah mentok soalnya.
      ngah ngah ngah ngah

      Guest
  10. sempat kepengen beli dari awal tahun kemarin.. harganya murah meriah di marketplace tenar.. semoga kebeli akhir tahun ini.. wak untuk kelemahannya apa aja selama pemakaian sampai sekarang??

    Guest
  11. Mas Taufik… Sekedar Saran…

    Kalo hanya untuk peruntukan Data Traveller bisa pakai yg 2.5″ (Non Adaptor)
    Tapi kalo untuk edit apalagi editnya dari Laptop (Non Desktop PC) dan memakan waktu yg cukup lama, lebih baik pakai yg 3.5″ + Adaptor, karena Asupan Listriknya akan lebih stabil yg dibantu dari Adaptornya.

    Asupan Listrik Laptop yg hanya dari Baterai gak sebagus asupan dari Listrik Rumah /PLN.

    Dengan catatan listrik di rumah jangan sering naik turun, atau bisa di atasi dengan Stabilizer Listrik…
    Untuk Stabilizer jangan beli yg nanggung, beli yg mahal sekalian… Sesuai kapasitas Watt’nya juga…

    Sepele ?? memang!
    Krusial ?? BANGET !

    masa bodoh ?? Silahkan tunggu, nanti bagaimana rasanya Hardisk jebol tapi Materi project masih di dalam dan tidak ada Copynya.
    Untung-untung kalo hanya project sendiri non komersil / Bukan data penting, naah Kalo Project Komersil dengan biaya besar yg hilang ???
    Silahkan di renungkan…

    #HanyaSaranSajaDariSeorangPekerjaDuniaKreativSekaligusSilentReaderBlogPunyaKangTaufik.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here