460x110-indent-now

chain1

TMCblog.com – Bro sekalian, sekarang kita bahas dikit ya mengenai rantai sepeda motor. Secara umum rantai sepeda motor itu ada 2 jenis yakni Rantai sepeda motor tanpa ring dan Rantai Sepeda motor dengan Ring. Ring/ cincin pada rantai sepeda motor umumnya terbuat dari semacam bahan karet dan ditempatkan di antara dua lempengan logam yang membentuk rangkaian Untaian Rantai. Artinya pada Rantai Tanpa ring maka masing masing lempengan roller Logam akan langsung menempel dan tidak memberikan ruang bagi pelumas untuk ‘diam’  . ..  Rantai tanpa ring walaupun lebh murah secara pembuatan, namun butuh pelumasan eksternal yang lebih sering dan mudah habis tergesek karena dua logam selalu bergesekan. . .  Lalu seperti apa rabtai Dengan Ring ? . . Cekidot . .

440x100_tirei

MBtech - TMC sep16

Sedangkan Jenis Rantai sepedamotor dengan ring itu sekarang ini ada dua yakni Rantai sepeda motor jenis O Ring dan Rantai sepeda motor dengan jenis X ring.

146-1209-02-oo-ring-and-x-ring

  • Rantai O Ring, dinamakan demikian karena Ring yang menempati tempat diantara dua pelat memiliki bentuk melintang yang berbentuk hurup O seperti di atas
  • Rantai X Ring, dinamakan demikian karena Ring yang yang menempati tempat diantara dua pelat memiliki bentuk melintang yang berbentuk hurup X seperti di atas

Kesamaannya dimana ?

Kesamaannya adalah kedua ring adalah di fungsinya yakni sebagai seal yang menjaga komponen pelumasan ( Chain Grease) yang berada diantara dua pelat tetap di sana dan terhindar dari kotoran. Dan ingat pelumasan ini terjadi di daerah dalam, oleh karen itu bagian luar ( diluar Ring) harus tetap secara manual kita lumasi sendiri.

Perbedaannya dimana ?

oring

Silahkan sobat Bayangkan Jika rantai O ring seperti gambar diatas saat mengalami pemampatan, dua pelat logam Rantai yang akan menekan ring karet . . maka ringkaret akan berubah bentuknya ( bahasa kerennya terdeformasi ) menjadi ‘pengek’ dan akan membuat area sentuh (kontak) antara pelat dan kareat ring menjadi luas. Dan ini artinya akan membuat friksi/ gaya gesek akan semakin besar.

xring

Sedangkan Untuk rantai X-Ring, Seperti gambar di atas saat pemampatan, dua pelat logam Rantai, maka cincin karet nya bukannya malah ‘pengek’ seperti O Ring , tapi terpilin dan area sentuh (kontak) antara pelat logam dengan karet kurang lebih sama dengan tanpa pemampatan.

chain

Oleh karena itu logis kiranya jika pabrikan pembuat rantai Motor seperti DID berani mengklaim bahwa durabilitas Rantai dengan X Ring dua kali lipat Rantai O Ring dan bahkan untuk race sekelas MotoGP yang dipakai adalah Rantai dengan X Ring . . . Semoga berguna

Taufik Of BuitenZorg

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

 

37 COMMENTS

  1. yg sya tau klo macan orinya udah pke O ring …..klo u/merk DID yang pke X ring rantai size /type apa wak…kepo…..dlu Kaze saya orinya juga pke DID

    Guest
  2. Kenapa hanya rantai mahonda yg suaranya KEMROSAK.. tetangga ane New Cb baru 5bln an sdh KEMROSAK.. dan saya dengerin jg motor2 honda lainne kl lg jalan pada kemrosak yg lainnya kog ga yaa# ggal pAham

    Guest
    • Itu emang penyakit di motor hnd indonesia dari jaman tiger tp konsumen malah demen dgrnya kaya gmn gtu kaya ane suka dgr rantai berisik macam tiger ? klau di y kelemahan nya biasanya di metix knalpot suka nembak” klau utk vixion krn ane punya kelemahan nya di suara mesin yg kasar mgkin krn msh sohc tp bbm irit cuma speed suka tercekik klau buat sonic yg ane punya rante doank yg berisik mesin alus tensioner juga alhmdllh gk berisik utk vixion ane yg 2013 hrs sering periksa oli utk sonic hrs sering periksa air radiator itu aj ?

      Guest
    • Ane bukan fb, cb lepas besi tipis di samping yng nempel ke gir belakang..
      Dijamin bunyi kemrosak ilang..
      Klo mau bandingkan dengn produk lae y ato s, kayakya ga ada besi yang nempel di gir…kecuali r25

      Guest
    • rantai ninja ane jg kemrosak masbro. cbr jg sama, tp ane lumasin jd alus lg keduanya.. pengen alus pake punya bajaj nih penasaran mayan alus (meski tetep ada kemrosaknya dikiiitt). mbit ane yg kaga kemrosak ???

      Guest
  3. kira kira begini harganya sbagai gambaran

    rantai biasa kualitas OEM kisaran mulai 200rb-an
    rantai o-ring mulai 500rb-an
    rantai x-ring mulai 1jt-an

    Guest
  4. di ymh juga bunyi kok…gak tau klo old vix ama nvA tpi gak sedahyat tiger….masih wajar…kata bengkel sih karena panjang….

    Guest
  5. kenapa moto gp pilih pake x ring..? karena moto gp hanya dipakai di lintasan balap yang bersiih. jadi rantai o-ring yang dipakai di motor harian lebih baik dalam menahan kotoran..

    Guest
  6. Kalo menurut saya rantai tiger kemrosak karena desain dudukan gear ke pelek cuma ditahan damper kecil 4 biji tanpa nap gear. Damper tiger desainya membuat logam bergesekan dengan logam makanya cepet aus. ditambah lagi diameter gear tiger yg lebar. Sistem dudukan gear di pelek belakang sperti tiger juga ditemukan pada honda NSR R. beda nya NSR pake 5 biji damper dan diameter gear NSR lebih kecil daripada tiger. Dulu saya punya tiger, mau dikasi pelumas rantai sesering apapun cepat kemrosak lagi. Dibandingkan dengan sistem karet damper + nap gear membuat redaman hentakan torsi lebih baik dan tidak berisik.

    Guest
    • Ya betul om.. Rante ny awet bener ane aj make tahan sampe 3thn jarak tempuh 60k km lebih… Tp gir depan yg kdapatan patah..mgkin krn ukuranny kecil y..

      Guest
  7. Yg ori byson x ring wak kayaknya kl ga salah merk DID, Beda rasanya ma merk Indopart, Apalagi merk abal2, Baru pasang aja kmroosak

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here