460x110-indent-now

Bro sekalian,  semua motor yang digunakan di MotoGP saat ini menggunakan Rantai sebagai pendeleveri akhir power dari mesin ke ban . . nah seperti kita ketahui power yang dihasilkan mesin MotoGP itu boleh dibilang gede banget yakni sekitar 220 hp dan bahkan bisa lebih dari itu. . .  Nah pasti kepo, Rantai apa dan dengan spek seperti apa yang di percaya untuk menyalurkan power segitu besar dari mesin ke ban ?   . . . kebetulan web motorcycle sempat menjelaskannya berdasarkan tulisan Jurnalis senior motogp yakni Neil spalding  . . cekidot deh

440x100_tirei

MBtech - TMC sep16

rantai-m1-1

Mr Spalding menjelaskan bahwa pebalap seperti Valentino Rossi biasa mempercayakan Yamaha M1 nya menggunakan rantai DID jenis ERV3 dengan sprocket gear terbuat dari Titanium dengan penggantian setiap 500 km pemakaian. Nah sprocket Titanium sendiri yang sulit ditemukan. Titanium memang lebih kuat dibanding alumunium, namun lebih sulit dibentuk karena kerasnya bahan. Balik lagi ke Rantai . . . dengan DID Jenis ERV3, maka rantai yang dipakai Rossi adalah rantai 520 yang memiliki dimensi jarak antara pin 5/8 inchi. Disinyalir sprocketnya adalah Home made.

rantai-m1-2

Moment di mana sprocket dan rantai memperoleh tekanan dan tarikan paling besar adalah saat launch control atau pada saat start. Nggak Tahu berapa besarnya stress yang diderita sprocket dan Rantai, namun itulah sebabnya sprocket menggunakan bahan titanium. Kalau masih pakai alumunium disinyalir bisa cepat rompal alias dalam bahasa jermannya Phrothooolll . . . Nah DID ERV3 sendiri punya spek kekuatan dan durabilitas yang lumayan sob . . angkanya di 8.660 Pounds Tensile Strength yang artinya itu rantai akan kuat dan tidak akan terdeformasi misalnya diberi gandulan seberat hampir 4 ton ! . .

chain-by-did-passo-520-modello-erv3-racing-made-in-japan

Gimana gambaran realnya 8.660 Pounds Tensile Strength ? sebagai gambaran gampangnya gini 2 mobil Pajero Sport Dakar @ 2000 kg kalo digantung di rantai ini, maka rantai Motornya Rossi masih bisa menahan beban tersebut . .  ngeriii nggak tuh sob.  Rantainya sendiri memiliki bobot 3,3 pon ( 1,5 kg) per 100 mata rantai dan menggunakan X Ring yang telah kita bahas kemarin memiliki tingkat durabilitas dan pelumasan yang lebih baik 2 kali lipat dari rantai dengan O Ring. . .  Sialahkan dikunyah kunyah , semoga berguna #MotoGPFact

sumber

Taufik of BuitenZorg

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

67 COMMENTS

  1. Wedyan…..

    Klo pelk nya sendiri gmn kekuatanya wak?

    Gx mungkin kan kena lobang langsung mlenyot macem motor dsni

    Guest
  2. penasaran dengan rantai yg dipake motor massal rcv-s wak, pake apa dan berapa bobotnya? kalo harga ane gak nanyak wak ???

    Guest
  3. Klo Gak Salah Tensile Strenght itu titik putus material pada test tarik.. dibawah itu ada yield strenght dimana material mulur sebelum putus di titik yield strenght..

    8.660poundforce(lbf) itu klo dikonversi ke kilogramforce itu 3.928kgf

    jadi 2 pajero sport @2.000kg total 4.000kg klo pakai satu rantai putus rantainya wak..

    klo rantainya 2 masih kuat

    Guest
  4. beliin aja tuh buat pemilik tiger sama vixion, mungkin bisa ngobatin bunyi kemrosak rantenya.kan dua2nya biang rantai kemrosak dijalan hahahahahahaha…..

    Guest
  5. tapi bagaimana dg kejadian rantai putus zxrr nya kawasaki pas jaman 800cc. apa waktu itu tekhnologi rantai msh buruk

    Guest
  6. Wak, request pembahasan artikel boleh gak?

    Ulas donk artikel perkiraan bbm usage di dashboard motor seperti nmax, r25, cbr250rr dan sejenisnya, apakah mereka ngitungnya pake algoritma statis (dimana cuma di ukur dari misalkan rpm doank) atau dinamis misalkan kualitas bbm, betotan gas, rpm doank, sensor di injeksi, oksigen masuk, atau malah di hitung langusng dari tanki, jadi bisa jelas antara deviasi penggunaan bbm di dashboard dengan rider yang berbeda, misalkan gendut, kurus, boncengan, ron yang lenih tinggi, dll

    Guest
  7. Om taufik.. aku mau tanya.. kalau seandainya ganti arm.. trus rantainya harus nambah 1 mata.. apa ada pengaruhnya dengan kekuatan rantai..?? takutnya gampang aus.. atau putus parahnya..
    Mohon infonya om.. please..

    Guest
    • saya pikir ngak sob, asal pemasangan/ penambahan mata rantai benar dan kekuatan/ spek rantai tetap sesuai dengan kaki kakinya

      Administrator
  8. bawaan tiger udh DID jg keknya, malah ga pake pin sambungan.
    kuat bgt tuh rantai dari beli ga pernah ganti rantai sampai hilang ma motornya, wkwkwkwkwk

    Guest
  9. kalo rantai yg bekasy perkilo berapa wak??
    Buat modif gembok motor,biar aman dari maling.
    Tanyain wak, 75rb saya beli.

    Guest
  10. Wak, coba tanya ke petinggi atpm tentang indikator perkiraan konsumsi bbm, nanti pas tech talk cbr250rr atau bisa saat ada undangan tanya jawab sama yimm tentang indikator usage bbm di nmax atau r25

    Guest
  11. Request artikel sprocket gear nya wak….tentu bahannyabahannya harus sama kuat, dr titanium juga kah? Mau ngrongsok rantainya wak ,buat jaket bullet proof.

    Guest
  12. Ranyai TDR racing pesennya di DID tuh, kodenya sama 415ER… Tertulis jg di web tdr, rantai ini dipesan, dibuat oleh pabrik rantai terbesar di dunia. Harganya lbh murah dr sss lo.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here