jump to navigation

[ Tech Talk ] Seberapa Kuat Rantai yang dipakai di MotoGP ? October 1, 2016

Posted by Taufik in : motogp, tech talk , trackback

460x110-indent-now

cengkareng-shop

Bro sekalian,  semua motor yang digunakan di MotoGP saat ini menggunakan Rantai sebagai pendeleveri akhir power dari mesin ke ban . . nah seperti kita ketahui power yang dihasilkan mesin MotoGP itu boleh dibilang gede banget yakni sekitar 220 hp dan bahkan bisa lebih dari itu. . .  Nah pasti kepo, Rantai apa dan dengan spek seperti apa yang di percaya untuk menyalurkan power segitu besar dari mesin ke ban ?   . . . kebetulan web motorcycle sempat menjelaskannya berdasarkan tulisan Jurnalis senior motogp yakni Neil spalding  . . cekidot deh

440x100_tirei

MBtech - TMC sep16

rantai-m1-1

Mr Spalding menjelaskan bahwa pebalap seperti Valentino Rossi biasa mempercayakan Yamaha M1 nya menggunakan rantai DID jenis ERV3 dengan sprocket gear terbuat dari Titanium dengan penggantian setiap 500 km pemakaian. Nah sprocket Titanium sendiri yang sulit ditemukan. Titanium memang lebih kuat dibanding alumunium, namun lebih sulit dibentuk karena kerasnya bahan. Balik lagi ke Rantai . . . dengan DID Jenis ERV3, maka rantai yang dipakai Rossi adalah rantai 520 yang memiliki dimensi jarak antara pin 5/8 inchi. Disinyalir sprocketnya adalah Home made.

rantai-m1-2

Moment di mana sprocket dan rantai memperoleh tekanan dan tarikan paling besar adalah saat launch control atau pada saat start. Nggak Tahu berapa besarnya stress yang diderita sprocket dan Rantai, namun itulah sebabnya sprocket menggunakan bahan titanium. Kalau masih pakai alumunium disinyalir bisa cepat rompal alias dalam bahasa jermannya Phrothooolll . . . Nah DID ERV3 sendiri punya spek kekuatan dan durabilitas yang lumayan sob . . angkanya di 8.660 Pounds Tensile Strength yang artinya itu rantai akan kuat dan tidak akan terdeformasi misalnya diberi gandulan seberat hampir 4 ton ! . .

chain-by-did-passo-520-modello-erv3-racing-made-in-japan

Gimana gambaran realnya 8.660 Pounds Tensile Strength ? sebagai gambaran gampangnya gini 2 mobil Pajero Sport Dakar @ 2000 kg kalo digantung di rantai ini, maka rantai Motornya Rossi masih bisa menahan beban tersebut . .  ngeriii nggak tuh sob.  Rantainya sendiri memiliki bobot 3,3 pon ( 1,5 kg) per 100 mata rantai dan menggunakan X Ring yang telah kita bahas kemarin memiliki tingkat durabilitas dan pelumasan yang lebih baik 2 kali lipat dari rantai dengan O Ring. . .  Sialahkan dikunyah kunyah , semoga berguna #MotoGPFact

sumber

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

EnglishHindiIndonesianJapaneseSpanishThaiVietnamese

Comments»

1. abeng - October 1, 2016

kalau dipake harian bisa seumur hidup tuh….

Mizi - October 1, 2016

Tergantung pelumasan kangbro

Soichiro - October 1, 2016

Rantai sih kuat wak,cuma mesin yg gampang phrothoooll😂😂😂

2. M3 - October 1, 2016

rompal wak..tantai suruh ngunyah..ekekek

M3 - October 1, 2016

rompal giginya..

3. bimata - October 1, 2016

edan.. lebih kuat dari rantai kapal tuh.. 😀

4. jupiz09 - October 1, 2016

pertamax

5. angling darmo - October 1, 2016

Wedyan…..

Klo pelk nya sendiri gmn kekuatanya wak?

Gx mungkin kan kena lobang langsung mlenyot macem motor dsni

6. nugie tmcblog - October 1, 2016

Manteb om. Mahal pasti tuh sproket nya

7. suopo - October 1, 2016

salah men, itu 4 ton tu gaya (F)

bukan 4 ton berat (w)

8. RG - October 1, 2016

bener rantai DID awet banget, ane pake jarang stel rantai kendor, jangan lupa di bersihkan.dn.dilumasi

9. bikerlover250 - October 1, 2016

ayo beli buat motor kesayanganmu hehe

10. Zack - October 1, 2016

Harganya berapa wak haji? Kali aja kebeli

11. boymin - October 1, 2016

menarik ini..kalo tim lain gimana wak ducati.honda suzuki.kan mereka juga beda merk rantainya..maaf kepo wak 😀

12. freakenstein - October 1, 2016

Mekanika teknik

13. alle - October 1, 2016

rantai kawak h2r yang dipake ngebut 300km lebih pake kayak gitu atau sejenis juga…???

Taufik - October 1, 2016

nanti dilihat bro

14. bandot - October 1, 2016

Cocok ni rante buat repo darmo

Nguik

15. paino - October 1, 2016

yah percaya deh… DID githu…

16. oklik - October 1, 2016

penasaran dengan rantai yg dipake motor massal rcv-s wak, pake apa dan berapa bobotnya? kalo harga ane gak nanyak wak 😹😹😹

17. uddien - October 1, 2016

Klo Gak Salah Tensile Strenght itu titik putus material pada test tarik.. dibawah itu ada yield strenght dimana material mulur sebelum putus di titik yield strenght..

8.660poundforce(lbf) itu klo dikonversi ke kilogramforce itu 3.928kgf

jadi 2 pajero sport @2.000kg total 4.000kg klo pakai satu rantai putus rantainya wak..

klo rantainya 2 masih kuat

Taufik - October 1, 2016

iyah bener, pajeronya dicopot kapnya dulu yah biar bisa deket sama 3928 kg ? 😀

18. Muke Gile - October 1, 2016

Nah.. nambah ilmu lagi.. makasih

19. jipan23 - October 1, 2016

DID = DAIDO
udh lama jadi oem rante motor di indonesia

20. are wege - October 1, 2016

Nice info wak taufik,. Wak WordPress masih trouble ya

Taufik - October 1, 2016

belum ada perbaikan dari wp nya bro

21. ndas lele reborn - October 1, 2016

ikut nyimek aja wak…

22. tukang_gorengan - October 1, 2016

beliin aja tuh buat pemilik tiger sama vixion, mungkin bisa ngobatin bunyi kemrosak rantenya.kan dua2nya biang rantai kemrosak dijalan hahahahahahaha…..

23. bang Herman - October 1, 2016

saya beli rantai kemarin merk-nya RISSIN
Kata penjualnya ini bukan untuk MotoGP 🙂

24. e36 - October 1, 2016

tapi bagaimana dg kejadian rantai putus zxrr nya kawasaki pas jaman 800cc. apa waktu itu tekhnologi rantai msh buruk

Taufik - October 1, 2016

baru langsung putus bro ?

25. jo - October 1, 2016

wuih, berarti rantainya berat dong wak..kan per 100 mata rantai 1,5kg.!

Taufik - October 1, 2016

segitu spek dari DID nya sob

26. ardiantoyugo - October 1, 2016

woh… DID merk rantai teknologi motogp to… baru tau…

First impression Honda Civic Turbo: http://wp.me/p7LBn5-24l

27. black - October 1, 2016

Rantai DID bukan barang baru di indo ya wak….? .dlu KAZE R saya thun 97 aja udh pke …..

Taufik - October 1, 2016

bener, bukan merk baru

28. Mbah nhomo - October 1, 2016

Wak haji ndagel.. msk rantai segitu kuat disuruh dikunyah2…. remukk untune wak

Taufik - October 1, 2016

qiqiqiiqqi

29. clutch99 - October 1, 2016

Satu set gir nya bisa buat beli motor ane 2 biji sama ongkos makan yg naik seminggu…..

30. Pembaca tmcblog - October 1, 2016

Wak, request pembahasan artikel boleh gak?

Ulas donk artikel perkiraan bbm usage di dashboard motor seperti nmax, r25, cbr250rr dan sejenisnya, apakah mereka ngitungnya pake algoritma statis (dimana cuma di ukur dari misalkan rpm doank) atau dinamis misalkan kualitas bbm, betotan gas, rpm doank, sensor di injeksi, oksigen masuk, atau malah di hitung langusng dari tanki, jadi bisa jelas antara deviasi penggunaan bbm di dashboard dengan rider yang berbeda, misalkan gendut, kurus, boncengan, ron yang lenih tinggi, dll

Taufik - October 1, 2016

menarik nih, ada link referensi nggak sob

31. suzukibestmoment - October 1, 2016

klo yang nano tech lebih kuat lagi

32. Brandalz - October 1, 2016

Klo 520H seukuran rante tiger, n250,cbr250 wak
Wkwwkwkkwkwkk

Taufik - October 1, 2016

iyah bener

33. coneyor 900 - October 1, 2016

Di pake buat revo darmo pas kali ya…

..

34. plat titanium - October 1, 2016

jd ingat kejadian desmo yg sproketnya rompal, rantainya terlalu tangguh

35. ipanase - October 1, 2016

kenapa harus pajero, kok bukan vios atau freed yak?
#ngacir
pertamax7.com/2016/10/01/warna-baru-yamaha-r125-versi-2017-biru-menggoda/

Taufik - October 1, 2016

bhahahhaaha

Qwerty al ghifari - October 1, 2016

Kenapa pajero? Karena kalo bmw second, nanti ada yang sakit hati, ngoahahah

36. olif - October 1, 2016

Kok ane ragu ya kalo yg nulis artikel ini tuh wak haji taufik. Beda gaya bahasa wak?

Taufik - October 1, 2016

saya yang nulis koq

37. Agista - October 1, 2016

Om taufik.. aku mau tanya.. kalau seandainya ganti arm.. trus rantainya harus nambah 1 mata.. apa ada pengaruhnya dengan kekuatan rantai..?? takutnya gampang aus.. atau putus parahnya..
Mohon infonya om.. please..

Taufik - October 1, 2016

saya pikir ngak sob, asal pemasangan/ penambahan mata rantai benar dan kekuatan/ spek rantai tetap sesuai dengan kaki kakinya

38. kucink kecil - October 1, 2016

bawaan tiger udh DID jg keknya, malah ga pake pin sambungan.
kuat bgt tuh rantai dari beli ga pernah ganti rantai sampai hilang ma motornya, wkwkwkwkwk

39. a ha - October 1, 2016

kalo rantai yg bekasy perkilo berapa wak??
Buat modif gembok motor,biar aman dari maling.
Tanyain wak, 75rb saya beli.

40. Rizal - October 1, 2016

Tanya wak,lost powernya brp persen?? Harganya brp??

41. Assasin - October 1, 2016

kalau rantai yang di pakai HRC, terutama marq jenis apaan wak?, kan yg di bahas hanya punya Mba Ross

agung p - October 1, 2016

Rk sob

42. Pembaca tmcblog - October 1, 2016

Wak, coba tanya ke petinggi atpm tentang indikator perkiraan konsumsi bbm, nanti pas tech talk cbr250rr atau bisa saat ada undangan tanya jawab sama yimm tentang indikator usage bbm di nmax atau r25

43. paman tang - October 1, 2016

did bukane ada di suzzuki shooter juga yak?

44. Zoe - October 1, 2016

Request artikel sprocket gear nya wak….tentu bahannyabahannya harus sama kuat, dr titanium juga kah? Mau ngrongsok rantainya wak ,buat jaket bullet proof.

45. Reyhan - October 1, 2016

Nanti bakal muncul produk rantai racing motogp

46. mat jengking - October 2, 2016

ini ky lek banaran yg ngomong apa perasaan ane doang, biasanya wak haji ga gini bahasanya..
hmmmmmmm..

47. ira satryana - October 2, 2016

Berarti bs narik kapal terbang yak mogok yak?? 😁

48. dave - October 3, 2016

luar biasa dong kekuatan nya ya,,
sempet penasaran c emang,,
itu motor ngebut2 gt pake rante apa ya,, ckck



%d bloggers like this: