460x110-indent-now

mesin-tunggal-moto2

TMCBlog.com – Bro sekalian, seperti Kita ketahui sampai akhir Musim 2018 nanti HRC memiliki kesepakatan dengan Dorna Sport sebagai penyuplai tunggal Mesin untuk kejuaraan Moto2 dengan basis mesin Honda CBR600RR. Dan perusahaan yang diberi amanah untuk menyiapkan mesin mesin ini adalah ExternPro yang punya basis workshop di Sirkuit Aragon, Spanyol. Perusahaan ini mengambil alih tugas ini dari Geo Technology di akhir Musim 2012 dan bertanggung jawab terhadap umur pemakaian Mesin selama 2 Juta kilometer. Setelah mengetahui seperti apa proses pengundian dari alokasi mesin tiap team, sekarang mari kita diskusikan mengenai mesinnya itu sendiri . . cekidot deh

440x100_tirei

 MBtech - TMC sep16

Moto2 boleh dibilang adalah merupakan salah satu balap Motor murah, team dilaporkan cukup menyukai pola balap di Moto2 karena menurut para pemilik team faktor biaya di Moto2 sangat jelas hitam dan putihnya. Biaya lease mesin sangat jelas dan akurat. Sudah gitu pula mereka tidak perlu harus mengeluarkan uang tambahan untuk membayar insinyur untuk melakukan riset/RnD terhadap motor, membayar tukang tuning, membayar perakit mesin yang boleh dibilang punya rate yang abu abu pada setiap balapan tergantung seperti apa tingkat kesulitan pekerjaannya. Pokoknya di Moto2 team hanya fokus ke Pebalap  . . bagaimana pebalap bisa cepat

Mesin Moto2

externpro-5

Mesin Moto2 sendiri merupakan mesin Honda CBR600RR standar yang diberikan HRC Race Kit Part . Race Kit ini termasuk Kepala silinder yang telah di porting, per klep racing. ECU Racing, AC generator dan gir 1 khusus. Sementara itu Piston, Crankshaft, connecting rods, gearbox dan lain lainnya adalah Standar CBR600RR. ExternPro mengatakan bahwa mereka memiliki perjanjian dengan Dorna bahwa Motor yang disiapkan ke pebalap memiliki power sekitar ( Externpro bilang di bawah )  130 hp dengan batas ambang plus minus sekitar 3%. Namun ExternPro mengatakan bahwa selama ini mereka bisa mereduksi menjadi hanya sekitar 1% saja

ExternPro mengatakan ketika di test Dyno, dari 60 contoh mesin yang dujicoba, perbedaan hp antara masing masing mesin bervariasai hanya sekitar 1,2 hp saja  . . yoii 1,2 hp dari hampir 130 hp kan memang bener 1% . . . bener bener detail !

Apa yang dilakukan ExternPro saat rekondisi ?

Mesin mesin masuk ke workshop rekondisi setelah 3 Seri dengan penggantian Piston, Crankshaft, dan Con-Rod. Semua mesin diberi nomor dengan jejak rekam medis pemakaian yang lengkap. Mesin ini di seal di 4 tempat untuk mencegah team mengganti dengan modifikasi sendiri yakni seperti di Box Camshaft, ACG generator, Cover Clutch/ kopling.

externpro-4

Apakah mesinnya selalu baru ?

Banyak pertanyaan apakah mesin mesin yang dipakai pebalap Moto2 adalah sama sekali baru ? cekidot. Yap ada mesin baru,  dan ada pula mesin yang sudah direkondisi oleh ExtrenPro Jumlahnya ada sekitar 200 unit. Pebalap memperolehnya dengan cara Lotere alas diundi. Mesin mesin ini bersirkulasi di sepanjang musim dari tangan pebalap, workship rekondisi ExternPro, dan diruang pengetesan Dyno.

zarco2

Seberapa Sadis Mesin  Moto2 Di pakai oleh pebalap ?

Mesin mesin Moto2 boleh dibilang menjalani sirkulasi pemakaian yang sangat mencengangkan saat mengetahui betapa para pebalap mengeksploatasi mereka sampai titik maksimum. Sebagai catatan, pebalap Moto2 melakukan pergantian gear sebanyak 90 ribu kali pada setiap Akhir pekan balap/ setiap seri sehingga untuk satu musim mereka melakukan pergantian Gear sekitar sebanyak 1.600.000 kali. Rev Limiter digeber sampai maksimum 15.900 rpm dan bahkan lebih saat para pebalap melakukan downshift. sampai sini terlihat betapa mesin CBR600RR adalah mesin yang luar biasa durable.

Trevor Morris, ExternPro Technical Director mengatakan bahwa mesin mereka dipasang semacam alat perekam karakter riding pebalap. Para pebalap ada yang mencapai 17 ribu rpm saat downshift. dan bila ini ketahuan oleh ExternPro maka ExternPro akan pergi ke garage dan memberitahukan kepada team fakta ini seraya mengatakan bahwa jika hal ini dilakukan semenjak awal , maka pada race seri ke 3 mereka akan memperoleh penurunan power.

externpro-2

Apakah Mesin yang diterima Oleh pebalap harus kena proses Inreyen ?

Setelah Mesin di rakit dan di rebuild, mesin di test dan dijalanankan di tempat pengujian Dynamometer milik ExternPro dan dinyalakan selama 2 jam terus menerus. hal ini dilakukan ExternPro sebagai hal yang mereka sebut sebagai Inrijden Run atau running in, atau yang biasa kita kenal dengan Inreyen. Maksudnya adalah agar ketika mesin ini di terima oleh team, maka mesinnya sudah bisa langsung di gas Pol Oleh pebalap.

moto2-oil

Pelumas dan bahan bakar apa yang digunakan Mesin Moto2?

Dalam proses pasca rebuild perakitan, mesin akan ditest dyno menggunakan bahan bakar Elf dan Pelumas Liqui Moly. dan saat race sendiri Externpro memberikan 12 liter pelumas spek 10W-40 bermerk Liqui Moi untuk team berganti Oli yang bisa dilakukan pada hari sabtu sore.

Kalau Rusak atau Crash, apakah ada penggantian ?

Mesin yang dipkaai setiap pebalap hanya SATU . . . kalau ada Crash dan Rusak Ya ada penggantian dari technical Director, Namun alokasi mesin pengganti tidak bisa dilakukan saat Sesi latihan berlangsung atau saat 30 menit terakhir menjelang Race saat di mulai Sightning lap.. Flag to Flag Race ? kayaknya tmcblog belum lihat ada nya bike-swap di Moto2, mereka cuma masuk Pit Box, ganti ban lalu mulai lagi . . jadi masih amenggunakna mesin yang sama, cuma ganti Ban saja dan ganti setingan.

Mesin CBR600RR penah ada masalah di Moto2?

Tidak ada gading yang tak retak. Mesin Moto2 pun memiliki kelemahan, namun jelas minim. Dengan kenyataan bahwa Mesin dieksploatasi habis habisan sampai limit tertinggi menurut extrenPro hanya ada 5 masalah dari berjuta juta kilometer yang dijalaninya. 3 diantara 5 masalah tersebut adalah kerusakan baut pada Crank. Masalah itupun setelah dicari tahu disebabkan oleh proses starter / penyalaan mesin yang tidak sesuai dengan petunjuk

Silahkan dikunyah kunyah dan semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

sumber

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

 

91 COMMENTS

    • Pertama karena made in Japan. Quality control dan proses produksi pasti beda antara mesin yg akan di supply ke dorna dg mesin yg dijual umum. Klo sampe ada failure pasti bikin malu Honda di hadapan dorna.

      Guest
  1. Bussyeeet mesin cbr600 tangguh banget!! Ediyan..
    Ngemeng2 wak haji trnyata ga cuma manusia aja ya yg butuh rekam medis ya wkwkwkwkwk

    Guest
    • ExternPro mengatakan bahwa mereka memiliki perjanjian dengan Dorna bahwa Motor yang disiapkan ke pebalap memiliki power sekitar ( Externpro bilang di bawah ) 130 hp dengan batas ambang plus minus sekitar 3%.
      =========≠===================
      baca kalimat itu tong wkwkwkwk.
      disitu udah dijelasin udah ada perjanjian sama dorna powernya 130 hp. kalo diminta dorna lebih dari segitu yak otomatis honda juga mengikuti laj.

      Guest
    • Itu kata Wak haji mesin standar dengan tambahan racing kit dari hrc dapat 130hp ..
      Masa mesin standar trus di kasi racing kit powernya malah disunat ada ada aja

      Fakta di lapangan dan kebanyakan di Eropa dan Amerika motor 600cc paling kencang memang Yamaha R6 dan ini standar tanpa ubahan apapun ingat !!

      Maka dari itu timbul pertanyaan , kenapa Yamaha tidak menjadi suplayer dengan mesin r6 saja ..
      Apa Yamaha sudah terlanjur pede karena penjualan R6 yang sehat dan tidak butuh moto2 sebagai salah satu cara promosi atau ada alasan lain

      Guest
    • Standaran R6 brpa si, gk lebih dari 115 hp, cbr dlam keadaan stndar 100 hp, kalo mo bandingin sesama spek race, liat noh wss, terkuat itu zx, malah mv agusta bsa nampol jg di wss

      Guest
    • menurut gw yah, sebenarnya gk ada yg salah dengan mesin r6. cuma pabrikan harus menyiapkan line produksi mereka buat memenuhi jumlah kebutuhan ajang kompetisi, dan sepertinya yamaha gak mampu menyiapkan line produksinya. serta dianggap gak menguntungkan. cmiiw

      Guest
    • R6 wss600 aja tembus 145 hp, gak mungkin moto2 prototipe cuma 130 hp
      😀
      power moto2 itu rahasia dan gak akan bocor. honda bilang 130 hp, dulu awal munculnya moto2 ada yg bilang 140 hp, ada yg bilang 150 hp. smua rahasia pabrikan

      Guest
    • Yamaha R6 standar perawan sekitar 122hp
      Tanpa racing kit ..

      Ganti knalpot racing bisa kali cuma 130hp pasti bisalah .
      Nah itu dia , padahal bagus kalo Yamaha , Ktm Kawasaki dll juga ikut …
      Biar seru awkawkwkwk

      Guest
    • bisa, beli aja CBR600R, lalu beli HRC Racing kit, trus beli sasis deh sama Suter atau kalex

      Administrator
  2. “ExternPro mengatakan bahwa mereka memiliki perjanjian dengan Dorna bahwa Motor yang disiapkan ke pebalap memiliki power sekitar ( Externpro bilang di bawah ) 130 hp dengan batas ambang plus minus sekitar 3%.”

    Berati ada pembatasan power dari Dorna wak??alesannya apa??
    Kenapa gak dioprek mendekati maxsimum??

    Guest
    • Di awal kan dah ditulis..
      Ini balapan paling irit,makanya paling disukai oleh banyak team balap.
      Kalo mau dilebihi horse powernya bisa, tapi lebih mahal. Padahal daya tarik moto2 ada di low cost nya

      Guest
  3. Kira kira pabrikan mana nanti wak yang bakal jadi suplay mesin selepasnya musim 2018??
    Apakah yamaha dengan mesin r6 nya atau mungkin kawasaki dengan mesin zx636 nya??
    Atau KTM dengan mesinnya?? Lebih condong kemana wak??

    Guest
  4. Awet banget yaa mantaps .. dari berjuta juta kilometer only 5 yg bermasalah, 3 mesin gara gara salah Ikuti petunjuk pemakaian.

    Guest
  5. Moga-moga Yamaha supplay tahun berikut nya yee.. yee..yee..

    Kan kata Simpatisan Yamaha R6 jauh lebih superior dari mesin CBR600 ..

    Pasti gak perlu Racing Kit macam CBR600.. setandar Pabrik Yamaha R6 langsung terbang ke langit ketujuh..

    Guest
    • menurun gw om, penerus mesin moto2 yang proper buat bikin mesin seperti sekarang hanya KHI alias kawasaki heavy industry. tp itupun kalo kawasaki sudi mau terjun ke motogp

      Guest
    • Pffft yahomo mau turun di kelas moto2..? ???
      Moto3 aja g punya ngarep moto2..?

      Jgn mimpi terlalu tinggi aja lah…??

      Guest
  6. [Opini] Sumpah bodo amat Moto2 yg suplay mesin siapa dan pabrikan mana.

    Yang penting tuh ada Pembalap Muda INDONESIA di situ yg bisa berTarung di Grid depan.

    Harusnya AHM & Yamaha Indonesia Terjun di Moto2 .. kata artikel diatas Murah & Mudah jelas Hitam dan putih biayanya. Team tinggal fokus ke pembalap biar cepat & melesat bagai Anak panah. Daripada Sponsorin team MotoGp yg sampaii detik ini blom ada Pembalap Indonesia dstu.

    KTM aja tahun 2017 berani turun di Moto2 walau gendong mesin CBR600. Kalo pabrikan kebanyakan *Baper* Yaa rugi sendiri.. .. ..

    Guest
  7. wah begitu ya wak haji infonya mantap, setelah kontra Dorna dan HRC berakhir, mesin apa yang akan di pakai oleh moto2 nanti?.

    Guest
  8. Berarti Moto2 redding yang dijual itu mantap juga berarti dipake harian-touring, ga lebih repot dibanding moge italy, hehe *kucing”an ma polisi karna off the road

    Guest
  9. Gimana perbandingan nya dengan rules di WSS? Kalo bisa sekalian perbandingan lap time, power antara moto2 vs WSS

    Guest
  10. Ha…ha…ha…!!! Primosi jelang hadirnya cbr.
    Bloggernya aja yg kunyah mesinnya. Mudah-mudahan gigimu kuat.

    Guest
    • Fix_ Dia FBY Marjinal Wak,,
      Menuhankan Yamaha,,
      Yamaha is the best apapun itu,,

      Biarin zaza’ Wak,,
      Biar dia yg rugi sendiri,

      Guest
    • udah d kasi info gratisan, dibilang promosi.
      dasar sales otak udang lu.

      sono baca blog sesembahan lu yg artikelnya paling netral sedunia*

      *ngakunya

      Guest
    • CBR yg mana bos ? yg 600cc kan mau dsuntik mati kan !kalo mo memfitnah orang tuh pake otak jngn pake bokong!

      Guest
  11. Sahabat-sahabat saya yg kumel..!!!
    Cbr 600 bukan semata2 d stop krna ga lulus euro4 ( bagi honda riset apa sih yg ga bisa ), tapi karena biaya development SS 600cc yg hampir m’nyamai SBK1000cc sehingga ga realible bagi pabrikan dimana biaya riset mahal tp dihadapkan dgn positioning price yg sulit. Ituuu..!!

    Guest
  12. Wak nanya, itu hrc yg nyuplai mesin ke moto2 itu berupa kontrak berbayar apa gak? Soale kalo di F1, pirelli menyuplai ban itu tidak dibayar, bahkan buat nempel logo di mobil aja mesti nambah bea sponsor. Apa penyuplai mesin di moto2 jga demikian? Kalo gratisan, nti pas habis kontrak 2018, pabrikan mana yg kira2 kuat jadi suplier mesin moto2? Thanks.

    Guest
    • saya belum tahu bro
      saya coba cari tahu dan dapet jawabannya
      msin pengganti diperoleh dari technical direction
      mengenai flag to flag . . . apakah Di Moto2 ada pernah a da kejadian bike -swap ?
      kayaknya mesinnya sama, ganti ban saja

      Administrator
  13. Pergelaran Moto2 itu kan terjadi di musim 2010, Dimana DORNA buka Tender buat penyuplai mesin, dan Honda yg bersedia jadi penyuplai mesin, karena pabrikan lain tidak ada yg mau *tidak sanggup jadi penyupali mesin,
    Kalo diambil benang merahnya, Rule Moto2 MotoGP itu similar dengan rule GP2 F1, dimna Renault jdi penyuplai mesin GP2 buat semua team yg ikut berpartisipasi, hanya frame+aerodinamika+suspensi yg membedakan setiap peserta,,
    Tujuannya DORNA MotoGP nd FIA F1 itu untuk membuat balapan lebih murah dan banyak team yg bisa berpartisipasi,,

    Seperti itu,,

    Guest
  14. Di postingan sebelumnya, saya tempelkan link sumber ini..biar reader lebih tahu tentang moto2..
    Tak lihat lagi kok ngilang, Tahunya malah dibahas tuntas disini.

    Guest
  15. Dsuntik mati y wes ben rang moto2koq pake euro4,,oia wak klo aturan dorna cm ky gt knp dr pabrikan laen g ad yg mw maenan mesin 600cc buat moto2 y??jd g pake tender2an,,toh yg bs nyewain mesin murah tp banter&durable jg psti bkl dcari sm tim2moto2kan??

    Guest
  16. DORNA ngikut FIM Mas-Bero,,
    Lha FIM ngikutin temannya FIA – GP – F1
    Githu’ kronologisnya Mas-Bero,,
    Mungkin nanti next meeting FIM DORNA keluar policy baru,,
    Untuk saat ini ea’ kayak gitu,,

    Guest
    • tapi gitu2 di standing pembalap cluzel ada di no 3 dibawah 2 pembalap kawasaki

      lalu damana para penyemplak motor dewa cbr600 dan r6? ternyata cbr nya jacobsen ada di bawahnya cluzel, nah kalau r6? masih terjebak di posisi 13 ngiahahahaha

      Guest
  17. iya R6 emg kenceng. bahkan katanya karakter mesin R6 terbuas di kelasnya dan paling menyenangkan untuk digeber. ZX udh ga usah diragukan lagi di WSS juga bisa unjuk gigi. Tapi disini masalahnya bukan mana mesin paling kenceng atau paling enak atau paling hebat. Masalahnya pabrikan terkait mau dan sanggup ga menuhin target produksi sekian mesin per musim untuk mengakomodir Moto2 itu sendiri. Its all about business. Ga menutup kemungkinan KTM atau bahkan Mahindra nanti bakal siap jadi supplier di Moto2.

    Guest
  18. kayanya, mungkin honda juga nglakuin riset terselubung pada mesin cbr 600 ini, sapa tau tahun2 kedepan muncul mesin honda 600 cc baru berdasarkan riset pemakaian di moto2 ini. pabrikan lain juga bisa andai gantiin honda stelah 2018..

    Guest
  19. Wak, ExternPro yang tuning dan riset apa cuma pasang HRC Racing Kit?.
    kalau cuma pasang HRC Racing Kit berarti part ini sudah tersedia dipasaran atau cuma dibuat untuk keperluan Moto2, apakah team di WSS juga bisa mendapatkan part ini.

    Guest
  20. Moto 2 menunjukkan bahwa kalau kehebatan team, dan kemampuan pembalap menjadi kunci kemenangan, bener2 skil yang di pakai.
    Thanks wak Haji artikelnya nambah pengetahuan

    Guest
  21. wah,, beruntung bgt dong yg dapet hp lebih gede,,
    1 hp jg lumayan lah,, hehe..
    btw bener jg tuh kalo flag to flag masa ganti ban dulu di tengah2 race?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here