460x110-indent-now

undi-moto2-3

TMCBlog.com – Bro sekalian sesuai dengan tema utama balapan Murah, maka Mesin yang dipakai di kelas Moto2 merupakan mesin yang seragam. Mesin yang punya power sekitar 130 hp dan berasal dari mesin Honda CBR600RR yang disiapkan oleh sebuah perusahaan bernama ExtrenPro berbasis di Sirkuit Aragon. Nah Mesin ini setiap 3 seri sekali di kembalikan oleh team ke ExternPro untuk di rekondisi. setelah hasil rekondisi tentunya mesin mesin akan kembali ke ke team. namun uniknya mesin yang awalnya dipakai belum tentu dipakai lagi oleh team atau pebalap yang sama. So bisa jadi di 3 seri awal satu mesin dipakai oleh Alex Marquez, di 3 seri berikutnya dipakai oleh Sam Lowes atau Johan Zarco atau bahkan Hafiz Syahrin untuk 1.500 km dan sekitar 10 ribu kali pergantian gear  . . nah ini dikarenakan pada setiap 3 seri sekali ada proses pengundian sob . . . gini ceritanya  . .

440x100_tirei

 MBtech - TMC sep16

undi-moto2-1

Jadi Pengundian dilakukan pada hari Kamis sekitar jam 10.30 pagi dimana perwakilan setiap team hadir di Pitlane dimana mereka akan bertemu MotoGP Technical Director Danny Aldridge dan Deputy Technical Director Gary McLaren. Sepanjang yang tmcblog tahu Proses pengundian dilakukan sangat sederhana dimana Pak Danny Aldridge memagang satu kantong kresek hitam berisi koin yang telah diberi nomor.

undi-moto2-2

Dan Koin yang diperoleh oleh masing masing perwakilan team akan menunjukan mesin yang mana yang mereka akan pakai di 3 seri berikutnya.

Setelah Pengundian selesai dan team mengambil Box berisi mesin, maka externPro mengecek kesiapan akhir secara fisik dari mesin terutama mengecek 4 titik seal mesin yang tidak boleh dibuka yakni di Box Camshaft, ACG generator, Cover Clutch/ kopling. Setelah itu tmcblog memperoleh konfirmasi bahwa semua team memperoleh alokasi 12 liter Oli Full Sintetis degan spek 10W-40 bermerk Liqui Moi sehingga mereka dapat berganti mesin selama 3  seri balap. Kebanyak team mengganti Oli pada setiap sabtu sore sebelum balap dimulai di hari ahad. Busi menggunakan merk NGK yang emrupakan HRC race Kit.

undi-moto2-5

Setelah mesin di peroleh oleh Tiap team, maka mesin tersebut akan di bawa ke PIt Box untuk dirakit ke Sasis dan disiapkan untuk pemakaian Latihan di Jumat Pagi. Selain itu mesin lama yang telah dipakai 3 seri belakangan juga akan diserahkan team ke Staff ExternPro yang akan mengecek apakah Sealnya berada dalam kondisi yang sesuai. . . Proses pengundian ini menyebabkan alokasi mesin di kelas Moto2 boleh dibilang cukup adil karena memang setiap mesin boleh dibilang hampir identik dan merata performancenya sehingga keunggulan setiap pebalap di kelas ini adalah lebih ke keunggulan sasis ( prototipe) , suspensi , dan keunggulan di Skill yang memuarakan pada kompetisi ketat di setiap racenya . .  semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

sumber

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

42 COMMENTS

  1. wak, mesin yang dikembalikan langsung di undi lagi apa di ganti sparepartnya. kalu emang diganti komponen apa saja yang diganti setiap 3x balapan.

    Guest
    • mesin yang dikembalkan tentunya nggak langsung diundi, butuh proses rekondisi dulu
      bnuktinya mereka terima dulu mesin baru, baru mereka kembalikan msin lama
      jadi externpro itu punya stok lebih dari 1 kali seri

      Administrator
  2. wkwkwkwk 2016 bukan all sasis kalex kali. suter, tech3 sama speed up juga ada. cuma mayoritas kalex bukan berarti semuanya kalex.

    Guest
  3. Durasi camshaft, sistem kopling & pengapian seragam,
    Setidaknya masih ada knalpot yg bisa diotak-atik
    Sasis, suspensi & ban menyesuaikan karakter setingan mesin & rider.
    Lumayan lah dari pada lo manyun….. Xixixixixixixi

    Guest
  4. wak ko buka via hp tampilanya beda wak. susah mau bales komen.

    btw saya baru tau kalo mesin moto2 diganti atau diundi tiap 3 seri sekali. saya kira diundi hanya pas awal musim di mulai. berarti selain sasis dan suspensi, skill pembalal juga berpengaruh bgt disini.

    Guest
  5. hrc keren juga ya. tak kira mesin bisa dibuka buka sama team, eh taunya disegel tho. jadi ambil teknologinya gk gampang.

    Guest
  6. Berarti merekondisinya harus presisi banget tuh, bayangin aja berapa buah mesin yg direkondisi n harus sama performanya, tapi kadang di trek lurus ada beberapa pembalap yg keliatan banget topspeednya atau akselerasinya lbh tinggi itu apa cuma masalah aerodinamis ama ecu wak?

    Guest
    • Kalo itu sih kayaknya perbandingan sproket alias gear nya..
      Ada yang di set buat top speed, ada yang buat akselerasi…

      Guest
    • suspensi, setingan suspensi memperngaruhi akselerasi keluar tikungan
      sasis tentu
      bobot pebalap
      keberanian late braking dll

      Administrator
  7. ane masih bingung. kalo mesinnya sama tapi sasisnya beda, lalu gimana dengan dudukan mesinnya? karna setahu ane dudukan mesin juga punya pengaruh terhadap stabilitas sasis. nah moto2 kan ada yang sasisnya beda. apa mungkin tiap sasis meletakan dudukan mesin sama walopun beda merek sasis?

    Guest
    • para pengembang sasis, dipastikan mengembangkan sasia tetap didasrkan mesinnya bro, jadi ya tetap mounting enginennya sama / mirip

      Administrator
  8. 21. juniperxt – October 9, 2016
    kalo hancur kecelakaan gimana wak
    jatah cuman satu hihihi

    wehh juniper nick name nya
    network admin kah bro,.? mantab biasanya yg make juniper perush multinasional nih atau govt yah.
    wkwkwkw

    btw kayanya jin/dhemit ketok magic nya mereka jauh lebih high tech,.
    >> yg dikerahkan utk solving problem yg agan utarakan itu
    wkwkwk

    Guest
  9. Kalo dapet olinya liqui moli, gmn yg dpt sponsor kayak Sam Lowes gt wak?
    Pake oli sponsor apa ttp Liqui Moli juga?

    Guest
    • ya kayaknya olinya tetap Liqui Moly .. cek di artikel setelah ini juga, mereka dapet jarah liqui Moly 12 liter

      Administrator
  10. kenapa setelah di rekondisi terus dibalikin nya diundi mas?
    kenapa ga dibalikin ke yg punya pertama gt?
    ada concern apa gt?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here