jump to navigation

[Know How ] Seperti ini Proses Pengundian Mesin di kelas Moto2 October 9, 2016

Posted by Taufik in : motogp , trackback

460x110-indent-now

cengkareng-shop

undi-moto2-3

TMCBlog.com – Bro sekalian sesuai dengan tema utama balapan Murah, maka Mesin yang dipakai di kelas Moto2 merupakan mesin yang seragam. Mesin yang punya power sekitar 130 hp dan berasal dari mesin Honda CBR600RR yang disiapkan oleh sebuah perusahaan bernama ExtrenPro berbasis di Sirkuit Aragon. Nah Mesin ini setiap 3 seri sekali di kembalikan oleh team ke ExternPro untuk di rekondisi. setelah hasil rekondisi tentunya mesin mesin akan kembali ke ke team. namun uniknya mesin yang awalnya dipakai belum tentu dipakai lagi oleh team atau pebalap yang sama. So bisa jadi di 3 seri awal satu mesin dipakai oleh Alex Marquez, di 3 seri berikutnya dipakai oleh Sam Lowes atau Johan Zarco atau bahkan Hafiz Syahrin untuk 1.500 km dan sekitar 10 ribu kali pergantian gear  . . nah ini dikarenakan pada setiap 3 seri sekali ada proses pengundian sob . . . gini ceritanya  . .

440x100_tirei

 MBtech - TMC sep16

undi-moto2-1

Jadi Pengundian dilakukan pada hari Kamis sekitar jam 10.30 pagi dimana perwakilan setiap team hadir di Pitlane dimana mereka akan bertemu MotoGP Technical Director Danny Aldridge dan Deputy Technical Director Gary McLaren. Sepanjang yang tmcblog tahu Proses pengundian dilakukan sangat sederhana dimana Pak Danny Aldridge memagang satu kantong kresek hitam berisi koin yang telah diberi nomor.

undi-moto2-2

Dan Koin yang diperoleh oleh masing masing perwakilan team akan menunjukan mesin yang mana yang mereka akan pakai di 3 seri berikutnya.

Setelah Pengundian selesai dan team mengambil Box berisi mesin, maka externPro mengecek kesiapan akhir secara fisik dari mesin terutama mengecek 4 titik seal mesin yang tidak boleh dibuka yakni di Box Camshaft, ACG generator, Cover Clutch/ kopling. Setelah itu tmcblog memperoleh konfirmasi bahwa semua team memperoleh alokasi 12 liter Oli Full Sintetis degan spek 10W-40 bermerk Liqui Moi sehingga mereka dapat berganti mesin selama 3  seri balap. Kebanyak team mengganti Oli pada setiap sabtu sore sebelum balap dimulai di hari ahad. Busi menggunakan merk NGK yang emrupakan HRC race Kit.

undi-moto2-5

Setelah mesin di peroleh oleh Tiap team, maka mesin tersebut akan di bawa ke PIt Box untuk dirakit ke Sasis dan disiapkan untuk pemakaian Latihan di Jumat Pagi. Selain itu mesin lama yang telah dipakai 3 seri belakangan juga akan diserahkan team ke Staff ExternPro yang akan mengecek apakah Sealnya berada dalam kondisi yang sesuai. . . Proses pengundian ini menyebabkan alokasi mesin di kelas Moto2 boleh dibilang cukup adil karena memang setiap mesin boleh dibilang hampir identik dan merata performancenya sehingga keunggulan setiap pebalap di kelas ini adalah lebih ke keunggulan sasis ( prototipe) , suspensi , dan keunggulan di Skill yang memuarakan pada kompetisi ketat di setiap racenya . .  semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

sumber

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

EnglishHindiIndonesianJapaneseSpanishThaiVietnamese

Comments»

1. Aji Nazarudin A - October 9, 2016

mantap nih mesin…

2. bark - October 9, 2016

Di Undi… Weleehh

3. amrock - October 9, 2016

pertamax turbo 1

4. amrock - October 9, 2016

gk jadi pertamax turbo

5. Yes - October 9, 2016

1 lek

6. han - October 9, 2016

klo gk salah itu mesin di racik lagi sama HRC yang dari awalnya 130hp jadi 150hp ~ ,

7. Paijo - October 9, 2016

Under 130hp kok bro..
Cek this out
http://world.honda.com
Lebih detail mengenai mesin moto2

Dominic - October 9, 2016

Tinggal setting gear, fi, sasis, dan kemampuan racer

8. dehardy - October 9, 2016

one make race ? 😒

mungkin perbedaan teknis lebih ke frame antara kalex dan suter

Taufik - October 9, 2016

dan suspensi juga salah satunya sob

9. Honda Yes Yamaha Yes - October 9, 2016

2016 all sasis adl kalex bro. Ga ada yg pakai suter.

10. Mesinrompal - October 9, 2016

wak, mesin yang dikembalikan langsung di undi lagi apa di ganti sparepartnya. kalu emang diganti komponen apa saja yang diganti setiap 3x balapan.

Taufik - October 9, 2016

mesin yang dikembalkan tentunya nggak langsung diundi, butuh proses rekondisi dulu
bnuktinya mereka terima dulu mesin baru, baru mereka kembalikan msin lama
jadi externpro itu punya stok lebih dari 1 kali seri

11. Fajri - October 9, 2016

belum paham wak, brrti 3 race itu 1 mesin atau 1 paket mesin yg terdiri dari bbrp buah mesin?

Taufik - October 9, 2016

i mesin bro

12. bang Herman - October 9, 2016

iklan Wak haji ada Xiaomi yi camera action 900rban
pengen lihat review nya 🙂

13. helloe - October 9, 2016

berarti yg jd pembeda suspensi,sendalpot,ban.ama skill sembalapx…

14. Badu - October 9, 2016

Oli 10/40?

Sigra aja standarnya pake 0/20

15. permen - October 9, 2016

wkwkwkwk 2016 bukan all sasis kalex kali. suter, tech3 sama speed up juga ada. cuma mayoritas kalex bukan berarti semuanya kalex.

16. permen - October 9, 2016

wkwkwk komen buat honda yes yamaha yes malah nyasar kesini

17. pengamat - October 9, 2016

Durasi camshaft, sistem kopling & pengapian seragam,
Setidaknya masih ada knalpot yg bisa diotak-atik
Sasis, suspensi & ban menyesuaikan karakter setingan mesin & rider.
Lumayan lah dari pada lo manyun….. Xixixixixixixi

18. permen - October 9, 2016

wak ko buka via hp tampilanya beda wak. susah mau bales komen.

btw saya baru tau kalo mesin moto2 diganti atau diundi tiap 3 seri sekali. saya kira diundi hanya pas awal musim di mulai. berarti selain sasis dan suspensi, skill pembalal juga berpengaruh bgt disini.

19. waw - October 9, 2016

hrc keren juga ya. tak kira mesin bisa dibuka buka sama team, eh taunya disegel tho. jadi ambil teknologinya gk gampang.

Wong Beneran - October 9, 2016

Ya iya lah bro, HRC ga mau kecolongan juga keles,
Waspada penyusup Yahmaho, mau jiplak techno supersport CBR600R

Taufik - October 9, 2016

ya cuma 4 titik yang disegel

marq the winner 2016 - October 9, 2016

4 titik yg sangat krusial dn itu penting 😆 biar yg gk ikut contex” aplgi taun dpn ktm ikut di moto2 😆 bhya dong klau gk di segel 😆

20. Test - October 9, 2016

Kalo motogp kyk gini gimana jadinya

21. Siputih - October 9, 2016

Berarti gak ada motor cadangan? Trus gak ada flag to flag.

Taufik - October 9, 2016

saya belum bisa jawab

22. juniperxt - October 9, 2016

kalo hancur kecelakaan gimana wak
jatah cuman satu hihihi

Taufik - October 9, 2016

diganti

23. ChUrUtZz - October 9, 2016

Berarti merekondisinya harus presisi banget tuh, bayangin aja berapa buah mesin yg direkondisi n harus sama performanya, tapi kadang di trek lurus ada beberapa pembalap yg keliatan banget topspeednya atau akselerasinya lbh tinggi itu apa cuma masalah aerodinamis ama ecu wak?

Star kid - October 9, 2016

Kalo itu sih kayaknya perbandingan sproket alias gear nya..
Ada yang di set buat top speed, ada yang buat akselerasi…

Taufik - October 9, 2016

suspensi, setingan suspensi memperngaruhi akselerasi keluar tikungan
sasis tentu
bobot pebalap
keberanian late braking dll

24. komodojantan - October 9, 2016

ane masih bingung. kalo mesinnya sama tapi sasisnya beda, lalu gimana dengan dudukan mesinnya? karna setahu ane dudukan mesin juga punya pengaruh terhadap stabilitas sasis. nah moto2 kan ada yang sasisnya beda. apa mungkin tiap sasis meletakan dudukan mesin sama walopun beda merek sasis?

Taufik - October 9, 2016

para pengembang sasis, dipastikan mengembangkan sasia tetap didasrkan mesinnya bro, jadi ya tetap mounting enginennya sama / mirip

25. meneng reader - October 9, 2016

21. juniperxt – October 9, 2016
kalo hancur kecelakaan gimana wak
jatah cuman satu hihihi

wehh juniper nick name nya
network admin kah bro,.? mantab biasanya yg make juniper perush multinasional nih atau govt yah.
wkwkwkw

btw kayanya jin/dhemit ketok magic nya mereka jauh lebih high tech,.
>> yg dikerahkan utk solving problem yg agan utarakan itu
wkwkwk

26. Benedict87 - October 9, 2016

Kalo dapet olinya liqui moli, gmn yg dpt sponsor kayak Sam Lowes gt wak?
Pake oli sponsor apa ttp Liqui Moli juga?

Taufik - October 9, 2016

ya kayaknya olinya tetap Liqui Moly .. cek di artikel setelah ini juga, mereka dapet jarah liqui Moly 12 liter

27. Are wege - October 9, 2016

Nice artikel wak , enak buat belajar

28. DaJo - October 9, 2016

hmm.

29. dave - October 10, 2016

kenapa setelah di rekondisi terus dibalikin nya diundi mas?
kenapa ga dibalikin ke yg punya pertama gt?
ada concern apa gt?



%d bloggers like this: