460x110-indent-now

440x100_tirei

img_20161011_095057

Sobat TMCBlog.com sekalian, ada satu berita yang muncul dan cukup jadi perbincangan sebelum event Motegi GP Jepang akhir pekan ini adalah soal Yamaha-Lorenzo-Ducati. Dikabarkan bahwa Jorge Lorenzo diminta oleh Ducati untuk private test motor Ducati di sirkuit Jerez bulan November nanti. Namun belum ada konfirmasi entah Lorenzo akan test motor spesifikasi 2017 atau motor yang spesifikasi 2016 versi akhir untuk adaptasi feeling dari Yamaha ke Ducati, kemungkinan sih bakalan GP17. Satu yang pasti, Yamaha tidak memperbolehkan juara dunia 2015 itu jajal Desmo GP sob. Waduh, kok jadi panas nih situasinya.

MBtech - TMC sep16

Yamaha mengisyaratkan bahwa MotoGP musim depan akan lebih kompetitif bahkan sejak tes pra-musim nya. Dari kubu Yamaha diberitakan pihaknya melarang (atau lebih tepat kata-katanya tidak mengizinkan) Jorge Lorenzo untuk mengetes Ducati Desmo GP17 karena Por Fuera masih berada dalam ikatan kontrak dengan Yamaha dan para sponsor sampai pada tanggal 31 Desember 2016. Sedangkan Ducati yang mengundang Lorenzo untuk test (secara private) bersama team barunya tersebut di tanggal 23-24 November 2016 yang artinya Lorenzo masih terikat sama Yamaha saat test nanti.
img_20161011_095106
Namun dari Ducati yang diwakilkan Davide Tardozzi, menilai keputusan dari Yamaha tersebut sebagai hal yang tidak mewakili semangat sportifitas dalam dunia balap. Mengingat Ducati yang memperbolehkan Andrea Iannone untuk test bersama Suzuki, dan juga dia menambahkan kalau Suzuki pun memperbolehkan Maverick Vinales untuk test bersama Yamaha. “Kami mencoba untuk memecahkan masalah dalam situasi ini dengan berbagai cara, tapi ada dinding penghalang di depan kami. Ducati tidak berpikir untuk menahan Iannone untuk mencoba motor Suzuki, karena hal semacam ini sudah wajar dalam ruang lingkup balapan.” Ujar Tardozzi.
images-2
Yang menarik dari adanya berita ini adalah beredarnya rumor bahwa keputusan Yamaha tersebut adalah atas dasar Valentino Rossi yang mempengaruhi Yamaha terkait Lorenzo. Kita cross check lagi ke belakang ya. Dilihat dari sejarahnya pada 2010 lalu saat Rossi berpindah team dari Yamaha ke Ducati, terhitung Vale hanya ikut test resmi di hari Senin atau sehari setelah GP Valencia bertempat di sirkuit yang sama. Yamaha pun juga melarang Rossi test Ducati secara private karena masalah menghormati ikatan kontrak sponsor team. So, sudah bisa disimpulkan deh bahwa rumor tersebut berasal dari asumsi yang tidak berdasar sob. Dan kesimpulan yang terpenting adalah Yamaha hanya mengizinkan pembalap yang berpindah team lain, (seperti Jorge Lorenzo) test resmi sesuai jadwal dari Dorna, jika ingin private test maka harus menunggu habis masa waktu kontrak pembalap dengan Yamaha.
img_20161011_095329
Ngomongin soal test MotoGP, jadwal test resmi dari Dorna ada 4 kali tes yaitu:
  1. 15 – 16 November 2016 bertempat di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. [ setelah balapan Valencia ]
  2. 30, 31 Januari  2016 – 1 Februari 2017 bertempat di sirkuit Sepang.
  3. 15 – 17 Februari 2017 bertempat di Philip Island.
  4. 10 – 12 Maret 2017 bertempat di sirkuit Qatar. [ Malam hari ]
Jadi kalau ada tes yang di luar jadwal di atas ini, berarti itu private test ya sob. Oiya nih, pastinya sesi test yang paling ditunggu-tunggu waktu post race test Valencia di hari Senin, karena itu adalah hari dimana kekepoan bisa terjawab (lebay, hahaha). Gimana gak, saya sih penasaran sama Lorenzo diatas jok Desmo GP, Iannone bersama GSX-RR, Vinales nyemplak YZR-M1 dan juga KTM RC16 sob,.. Silahkan kalau mau berdiskusi di kolom komentar yah..
Nugie TMCBlog

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

60 COMMENTS

    • Satu pembalap terbaik yamaha lepas,lorenzo lebih unggul dari rossi.head to head dg rossi 3 : 2 masih unggul lorenzo.dg berpindah ke mesin v jelas tahun depan lebih unggul dari rossi.marq juara,lorenzo runner up untuk tahun ini dan tahun depan.prediksi ane??????

    • ekekek..
      jelas gak boleh …
      secara M1 motor paling seimbang
      antara power dan handling ..
      so kalo jolor bocorin bumbu ke ducati
      ya berabee ….

      ????

  1. ya harusnya ianone sm vinales dilarang aja biar adil,,
    tapi kalo emang ducati sm suzuki ngasih ijin ywd gt,,
    kalo yamaha ga kasih ijin ya emang keputusan nya gt,,
    masa musti ikut2an tim laen?
    mungkin ada pertimbangan2 lainnya,, cmiiw

    • Kalo sponsor jadi alasan, apa gak boleh ngetes motor tanpa sponsor (kosongan di fairing termasuk tulisan desmo 17 deh sekalian). Itu gimana masbro? Dan aneh juga disaat MV ngetes yamaha, trs JL jadi gimana gitu.. belom lg di iklan2 tivi ane jadi gimana jg gitu liatnya.. miris masbro.. gimana nih opini sampeyan?

    • masih rumor, namun kemungkinan JL99 tetap bisa test Ducati Desmo 17 GP hanya di test resmi yakni yang hari setelah race valencia 2016 nanti

  2. nih yg nulis bro nugie….? bukan wak haji…? ane kepo juga…..
    sesekali tampil dong sebagai artikel para kontributor TMCBlog….

    • kalau menurut ku jika alasannya takut dicontek ya . nggak nyambung juga
      karena boleh test atau nggak di pasca Valencia tho tahun depan JL99 tetap bersama Ducati kan?

  3. Wah rossi nih keliatan banget takut kalah ma JL sampe pengaruhi yamaha buat gak ngasih ijin test desmo… Takut keok musim depan kali ye…? Pisss he he

  4. Seperti yang sudah saya tulis di artikel. Tidak diizinkan karena terbentur masalah kontrak sponsor. Lorenzo boleh tes Desmo di sesi post race test Valencia kok. Beda kontrak kan beda peraturan nya sob.

  5. menghormati sponsor gmn kang bro ??? …
    lah bukanya lorenzo udah ga dipasang iklan lagi bahkan sama yamaha indonesia ??

    alesan saja itu .. sakit hati dan ketakutan yang lebay.. wkwkwk..

    • Waktu sampeyan teken kontrak kan ada banyak klausul, dan semua perjanjian itu ada masa waktunya. Kalo dilanggar berarti termasuk perbuatan wanprestasi thd kontrak. Ntar kalo melanggar trus dikenakan penalti, malah dibilang lebay lagi.. Makanya kontrak tsb ijaga sampai masa berlakunya habis, kapan habisnya? Ya terhitung sejak 31 Desember 2016. Kan Lorenzo yg tanda tangan sendiri tanpa paksaan.

    • Iya rawan jga sih mslah penanggalan kontrak..kontrak berakhir di akhir musim gp..kalo tanggal mah kesepakatan berdua, bisa tanggal sehari habis race bisa mollorr sampk 1bln/ akhir taun..tergantung kesepakatan, kyak mv yg tgl 30nov atau ianone tgl 28nov…kurang tanda *) nih buat kontraknya

      *) kontrak dapat berakhir dipercepat dgn alasan……
      Etc

    • Juara sieh kayaknya susah Mas-Bero,,
      tapi lebih baik record-nya dari Rossi di Ducati
      pasti bisa’ karena ada Casey Stoner di sana’_

  6. Mv kayaknya kontrak sponsor habis di november coii…
    Itu kontrak motor/suzuki lo bkan yg privat mcam helm, gloves, energy drink dll

  7. udah pada dijelasin terbentur masalah kontrak klo private test, koq masih aja pada ngomong miring, takut lah inilah, bandingin yg lain lah, pada pernah tau kontrak (surat perjanjian) kagak seh, klo test resmi boleh/diijinin, silahkan aj klo mo “perkosa” JL dgn Desmo GP17/16 moga aj bisa “ereksi” dan “ejakulasi” spt make M1 ben tetep seru race-nya

  8. Lorenzo itu di larang ikut tes privat, klo test resmi sesuai jadwal dorna kan di bolehin sama yamaha begitu kan wak nuggie. Heee ngawur sih

    • Ini yang saya lagi ubek-ubek cari tau mas semenjak tanda tangan kontrak Vinales-Yamaha, belum ketemu jawabannya. Agak konyol kalo fairingnya M1 Vinales ada logo Monster tapi helm Arai nya ada logo Red Bull ?

  9. Sya jadi kepo nugi itu siapa yah? Apkah anaknya ? Ato kerja brg? .
    Udh 2thn lebih ngikutin blog ini baru ngeh ada mas nugi????
    Tlg jwb

  10. di detik dijelaskan kalo vinales uji PRIVAT dgn yamaha tgl 23-24 nov di sepang

    kalau alasan sponsor, maka bisa di bicarakan
    jika tidak berarti pihak suzuki tidak menghormati sponsor
    n seinget gw dulu larangan rossi tes ducati bahkan pada tes resmi
    CMIIW

    menurut gw ini murni strategi yamaha
    agar lorenzo (n rossi dulu) tidak cepat adaptasi n ngasih input tambahan untuk pengembangan
    jika hanya tes valencia, maka input pengembangan selama musim dingin hanya segitu2nya
    (inget apa yang terjadi kemudian dengan rossi)
    kemudian tes sepang dilakukan pada musim dingin
    (inget kasus honda tahun lalu)
    sedangkan phillip island n qatar terlalu mepet

    but still yamaha punya hak untuk melarang

  11. Wak Taufik atau Wak Nugie ,,
    Bmana dengan pembalap tim satelit Yamaha Apa kasusnya juga sama ?

    Dimana hanya boleh tes motor pabrikan lain disaat tes resmi ?

  12. nunggu artikel tech talk MotoGP sama yg hot2 nih wak haji mang nugie om pecino!!

    eh btw,kpan nih wak haji dkk nongol di MotoGP trans7?? kabuuuuurrrrr!!!!

  13. Dulu waktu Rossi pindah dari HRC Honda ke YFR Yamaha juga di larang ikut test private oleh Honda.

    Come on lah FB-FB yg nyinyir, ini semua selain masalah kontrak sponsor, juga masalah strategi team.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here