460x110-indent-now

lex-nurdin-indo5

TMCBlog.com – Sepang – bro sekalian, beberapa jam Yang lalu Gubernur sumatera selatan Pak Alex Noerdin kirim status di laman MedSos facebook miliknya mengenai update kegiatannya hari ini di sirkuit sepang Malaysia . ..  ternyata Pak Aleix Noerdin bertemu dengan jajaran Dorna Sport untuk memperlihatkan desain sirkuit yang sedang on progress pembuatan di Kompleks Olahraga Jakabaring , palembang , Sumatra selatan.

MBtech - TMC sep16

 Pak Lex Menurlisbegini : ” Tadi siang kami di Sepang diuandang Dorna menyepakati kerjasama bahwa sirkuit Moto GP Jakabaring mulai dibangun 2017. Saya bertemu CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta. Juga ada Ulrich Merres, Chief Designer Tilke GmbH& Co. KG., Insya Allah 2018 Sirkuit Jakabararing akan melenggarakan MotoGP “

lex-nurdin-indo6

Dan Pak Alex Pun menampilkan dan mempersilahkan CEO Dorna sport Carmelo Ezpeleta untuk melihat gambar desain Sirkuit jakabaring yang didesain oleh Desainer Sirkuit terkenal, Opa Hermann Tilke  . cekidot nih sob

sirkuit-jakabaring-motogp-i

Sirkuit Rancanngan Opa hermann Tilke ini memiliki spesifikasi

  • panjang 4,314 km ( 4.314 m )
  • 14 tikungan
  • 9 tikungan ke Kiri
  • 5 tikungan ke kanan
  • 8 Area tribun
  • kapasitas 130 K penonton

Bro bisa lihat di atas bahwa dalam paket kompek sirkuit Jakabaring ini juga terdapat sirkuit karting/ gokart . .  Jika dilihat dari gambar maka sirkuit ini berlawanan arah jarum jam dengan straight paddock/ start line berada di  sebelah kiri gambar  . . lalu masuk T1 sampai T4 Boleh dibilang fast area, tikungannya saling balas namun tidak terlalu sempit . . setelah T4 akan masuk ke Straight panjang dan bahkan lebih panjang dari Straight utama . . Ujung straight masuk ke T5 yang sempit dan Slow banget ..

Setelah T5 lalu di balas 3 kali tikungan ke kiri ke T6, T7 dan T8. Lalu Masuk T9 ,  T10 dan T11 yang speed corner.  T12 agak sempit sedikit . . masuk sedikit straight menuju T13 yang langsng disambut tikungan patah T14 . . Melihat Jumlah tikungan ke kiri yang banyak banget sampai berjumlah 9 tikungan . . sepertinya Sirkuit MotoGP jakabaring ini bakalan menjadi Sirkuit cepat . . Dasat opini tmcblog ini hanya berdasarkan perkiraan karena seperti kita ketahui sepertinya jauh lebih banyak orang bisa cepat nikung ke Kiri dari pada nikung ke kanan yang Tricky.

Selain itu Jelas banget  . . Ini adalah sirkuit yang bakalan butuh ban dengan tipe Asimetrik dengan kompon sisi  ban kiri lebih hard dari pada kompon karent ban sisi kanan  . . ini dikarenakan karena jumlah tikungan ke kiri hampir 2 kali lipat lebih banyak dari pada tikungan ke Kanan

Taufik of BuitenZorg

Sumber :

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

99 COMMENTS

    • Minum kopi dulu Pak_Haji,,
      Nulis sembari ngantuk kayaknya nieh’__

      hehehehe,,

      Mohon dikoreksi lagi tulisannya Pak Haji,,
      Biar gag menimbulkan salah paham bagi yg awam,,

      Terima-Kasih,,

      Guest
  1. bagus jgn dibahas beginian wak, kalo sircuit dah jadi n teken kontrak barulah dibahas. kalo sekedar bahas membhas begini dari sentul kemaren juga uda. hasilnya zonk.

    Guest
  2. ngeliat dr progres dan rencana penyelenggaraan, yg skrg lebih realistis.
    ttep optimis, biarkan yg pesimis tetap dlm dunia negatif mereka.

    Guest
  3. Sing jeneng’e menungso’ kui eo’ duwe’ roso’ ngantuk,, Nek nulis karo’ ngantuk njuk kepiye’__???

    Koyo’ ngono’ kok ora’ mudeng’_
    Ndesoo’ kowe’__

    Guest
  4. Kalo memang nanti hasilnya seperti itu’
    Sepertinya laptime’ dibawah 2 menit nieh,,
    Nd race bakal digeber diatas 25 lap bisa 27 ato 28,
    Sam’s kayak di Jeres’ Spain yg panjangnya 4’kman,,
    Wah kabar gembira nieh buat FBY kalo memang seperti itu layout nya,,

    tapi itu dulu waktu RC213V masih ada masalah sama akselerasi keluar tikungan,,
    Sekarang,,,
    eeekkkeeekkk

    Guest
  5. kayaknya yang 1,4 itu straightnya,untuk total panjang sirkuit 4314m…cmiiw
    semoga beneran jadi biar bisa liat motogp dikampung sendiri lanjutke mang alex!

    Guest
    • Jangan sirkuit asimetrik dong, karena cuma sekelas motoGP yang bisa sediakan ban asimetrik.
      kalau wsbk, aarc, atau omr lokal mau pakai juga kan kasihan..
      yang balance aja

      Guest
  6. Lebarnya kira-kira berapa Pak Haji,,
    12 – 16 meter kah,,??

    Kalo benar mantap Wak,
    itu sirkuit bisa juga buat gelar Jet darat F1,,
    Semangat Pak ALex Noerdin,,
    Pak ALex Noerdin Benar2 Sportman Sejati,,
    Salute’__

    Guest
  7. 1.4 kilometer? jangan jangan best lap time nya cuma bermain di angka 40 detikan nih? malah kalo rataan kecepatan 150 km/jam, bisa main di angka 33 detik an saja.

    Guest
  8. Klo g mudeng ki jgn asal njeplak menpora umbras umbrus tok, sy yakin pembangunan sirkuit ini jg psti ada instansi terkait mulai dr kepresidenan,kemenpora,dprd,gubernur,investor,dll.cmiw…so dmnpun pembangunan nya asal msh di Indonesia dan no PHP kita dukung positi thinking aja deh jgn cm nyinyir/negatip thinking bro.. yuk bersatu demi Indonesia

    Guest
  9. mungkin biar ban asimetrik phillip island bisa dipake disini juga kali,kan riset n produksinya jadi nggak nanggung buat satu sirkuit doang

    Guest
  10. Optimis jadi, Cukup 15menit bisa nonton motogp. Sip mantap wak alex!
    Semoga GSX-RR sudah sangat kuat dan kompetitif di Jakabaring nantinya, dan mudah2an rossi (however he is legend) blm pensiun, biar bisa nyicip sirkuit jakabaring dan empek-empeknya.
    Mari sama2 berharap kita semua bisa mendengar lengkingan suara knalpot motor2 prototipe motogp.

    Guest
  11. Ini baru greget. Semoga terrealisasi ya 🙂
    Ane amati layoutnya ini flowing track banget wak. Cuma ada 1 tikungan patah butuh hard braking yakni T5. Berhubung tanah di Jakabaring rata, kontur sirkuit ini flat. Gak apa2 lah tanpa tanjakan/turunan.

    Durasi race ane tebak 27 laps dg maksimal 28 laps berdasarkan panjang tracknya 4,314 km. Sirkuit ini punya 3 straight yg cukup panjang, dikombinasikan dg banyak tikungan yg mengalir. Menurut ane, semua pabrikan berpeluang sama di sirkuit ini. Cukup imbang lah.

    Guest
    • iya’ sieh Mas-Bero,,
      Harusnya sieh bisa ketemu 5.000 m,

      Tapi lumayanlah 4.314 m ketimbang Sentul yg cuman 3.000@n meter,,

      Siapa tahu nanti Pemda Lain ada yg mau bangun juga sirkuit standard internasional lagi, setelah Proyek Sirkuit Jakabaring ini berhasil,,

      Amiinn

      Guest
    • Rumah kamu juga flat Mas-Bero,,
      Juga gag punya identitas kayak kandang kambing,,

      Fix_ Kamu sok tahu Mas-Bero,,
      Yakin itu Suzuka Sirkuit ada underpass’nya, ??

      hahahaha

      Guest
    • Lahan udah mentok masih minta dipanjangin lagi 😆 wkwkwk
      Bersyukur aja lah bro. Tinggal tunggu realisasinya.

      Guest
  12. layout nya kok terlalu flat ya, kurang ada challenge, enggak memorable, seperti huruf S yang plain dan bland, bandingkan:

    -sepang, layout nya indah, orang akan inget kalo ada double straight yang panjang, bahkan mungkin triple straight, ada tikungan keriting S setelah straight yang panjang, ada identitas yang melekat, ada pembeda.

    -suzuka, ada triple tikungan keriting, ada underpass (satu satunya?) ada tikungan paling tajam dan lambat setelah keluar underpass, ada identitasnya.

    -shanghai, ada triple straight, ada corner macem awan megamendung yang menantang.

    -jerez, teknikal, sepang sebenernya agak niru ni sirkuit.

    -magny cours, seperti benua afrika dengan sungai nil yang membentang dari barat ke timur.

    jangan setengah setengah deh, yang lahir belakangan harus paling indah, paling menantang, paling diingat orang, paling keren.

    Guest
    • Gak usah bertele2. Maklumin aja ini karena keterbatasan lahan. Layoutnya mau diutak-atik lagi udah mentok dg lahan yg tersedia mengingat ini komplek sport centre. Di sebelah barat lahan utk calon sirkuit ini ada danau yg luas banget. Apa perlu harus reklamasi segala juga??
      Jadi syukuri aja. Tinggal lihat realisasinya.

      Guest
  13. ALEX – October 30, 2016
    Rumah kamu juga flat Mas-Bero,,
    Juga gag punya identitas kayak kandang kambing,,

    Fix_ Kamu sok tahu Mas-Bero,,
    Yakin itu Suzuka Sirkuit ada underpass’nya, ??

    hahahaha
    —–
    flat disini bukan artinya datar-flat, tetapi flat = membosankan, enggak greget, ane kasih masukan karena pingin gak setengah2, lu mau bikin sirkuit udah mahal mahal eh ternyata dibilang ama audiens eropa sebagai sirkuit yang flat? alias membosankan? justru kalo bisa bagaimana bikin sirkuit megah dengan distingsi fantastis, yang bisa menggeser kiblat otomotif asia tenggara khususnya dari sepang ke jakabaring, itu tujuan utamanya bos! dengan segala kelebihannya tadi maka sirkuit ini akan berumur panjang, karena punya nilai jual tinggi, coba belajar deh dari pengalaman sentul, apakah masih kepake ama dorna, apalagi f1? enggak kan?

    kalo bung Karno masih idup, dia pasti sependapat dengan ane.

    tapi siapalah gua ini, ngoahahahaha…..

    suzuka setelah start ada tiga tikungan keriting lepas itu ada curvy teknikal ke kanan trus ada deh underpass, trus belok tajam sekali ke kiri kecepatan di drop bawah 100 kmh.

    Guest
    • Kalo soal kontur tanahnya sih memang flat bro. Ini lahan tepi danau di komplek sport centre Jakabaring.
      Layout tracknya teknikal & flowing, gak bosenin. Riders suka yg begitu. Sentul malah yg bosenin tuh. Sirkuit Losail & Shanghai juga datar, tapi gak bosenin. Padahal rancangan Hermann Tilke juga loh itu. Misano juga flat tapi gak bosenin. Ada banyak sirkuit yg konturnya flat tapi gak bosenin. Track F1 malah mayoritas flat. No problem.

      Guest
  14. cenderung flowing, cepat, untuk F1 ada 2 DRS detection zone (pit straight dan main straight), jumlah lap sekitar 27-28

    Guest
  15. Harus ada tanjakan dan turunan biar seru kek laguna seca..tribun bikin yg cakep dan mewah kek yas marina abu dhabi..jgn nanggung dah palingan abis 1triliun dwg…

    Guest
    • Gak usah banyak nuntut bro. Itu lahannya rata, pinggir danau. Biarkan saja dibangun sesuai masterplan. Yg penting terlaksana dulu biar 2018 bisa gelar race world gp.

      Guest
  16. terlalu pendek.kurang panjang
    (p,minimal 5 km).trek lurus min 1km
    desain jelek,jauh sama sepang dan qatar.
    kapasitasnya jg sdikit kalo bs 500.000 k penonton

    Guest
    • Lahannya terbatas bro.
      Jelek gimana? Itu track flowing & teknikal bgt. Yg bikin juga orang yg sama koq dg sirkuit Sepang & Losail. Cuma ini kan lahannya sempit, di komplek sport centre. Apalagi di pinggir danau. Kapasitas tribun sedikit juga menyesuaikan luas lahannya. Masa’ di tiap sisi track dibikin tribun? Entar area utk lainnya gak kebagian donk. Ada 3 straight udah cukup lah ya.

      Guest
  17. kok cma 130 ribu doang, ga ckup itu. antusias orang indonesia trhdp motogp kan benar2 luar biasa. Kurang pokoknya…klo cma 130 ribu.

    Guest
  18. @taratata Ada mas yang ikonik, sequence T1 dan T2 sepertinya akan sangat menantang. Dia yang berani late breaking di T2 dan sedikit keluar racing line akan dapat orangnya di T3.

    Jarang lho ada sirkuit dengan tikungan patah/nanggung di T1. Start nya akan bakal menarik

    Sequence S di T9-T10-T11 juga sangat menarik karena bakal sangat menyakiti ban, medium speed S soalnya. Kalau rider ingin bisa nyalip di pit straight, sequence ini bener-bener harus perfect, kalau gak wassalam.

    Overall, treknya cukup teknikal ada tikungan slow speed, medium, dan cepat. Minusnya memang tergolong pendek tapi untuk MotoGP gak akan ada masalah karena saya yakin ini trek yang peluang untuk overtakingnya cukup banyak.

    Guest
  19. t4 kynya area gravel nya kurang panjang d,, cmiiw..
    abis straight gt panjang,,
    harusnya lebih panjang lagi gravelnya biar lebih safety cmiiw..

    Guest
  20. Disesuaikan dg luas lahannya bro. Lahannya terbatas makanya cuma bisa didapat panjang track 4,314 km. Masa’ iya seluruh sisi track mau dibikin tribun utk penonton? Kan harus mikirin area utk lainnya juga, misal utk parkir. Apalagi akan dilengkapi juga dg track gokart. Tapi ini track punya 3 straight, cukuplah utk geber top speed.

    Guest
  21. Lah kamu kamu kok wes debat masalah kurang panjang lah, kurang nanjak nurun lah, kurang banyak tribun penonton lah,apa lah apa lah .. memang anak indo cuma bisa menyela… coba deh biarin aja dlu diproses… nanti kan bisa diupgrade… kayak sepang kan tiap taun diupgrade sana sini… n saya yakin disini nanti jadi kandangnya marquez hiks hiks

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here