jump to navigation

Video : Seperti ini Motor Sport Honda dirakit di Plant 5 AHM Karawang November 5, 2016

Posted by Taufik in : Honda , trackback

460x110-indent-now

440x100_tirei

TMCBlog.com – Bro seklaian, Plant 5 AHM karawang emang tempatnya remote banget dari Jakarta, dahulu  Pres-Dir Astra International masih secara UnOfficial mengenalkan Plant ini sebagai Plant 4A . . namun seiring berjalannya waktu , saat peresmian, Plant ini kembali dikenalkan sebagai Plant 5 yang tugasnya memperoduksi Motor motor sport Honda yang sekarang ini sudah mulai banyak bertebaran di jalan. Produk produknya antara lain adalah Honda CB150R, Honda CBR150R dan yang baru saja dioperasikan adalah line Produksi Honda CBR250RR . . . Untuk cerita Line Operasi Honda CBR250RR kita pending dulu, ada pembahasan super menarik plus foto foto dari Plant yang perakitan mesinnya saja Debu Dilarang masuk tersebut . . Untuk pembahasan Plant 5 AHM yang pertama Kita akan masuk ke Line Produksi yang mebangun mesin dan merakit Produk seperti Honda CB150R dan Honda CBR150R  . . Video diatas adalah Video buatan AHM yang tmcblog rekam untuk bisa sobat sekalian semua saksikan bersama sama  . . Cekidot deh

cengkareng-shop

MBtech - TMC sep16

tnt25_tmcblog

plant5-ahm-1

plant5-ahm-2

Di Video atas bisa kita saksikan proses awal adalah proses pencetakan mesin atau diecastnya. AHM menggunakan mesin tipe Hi pressure Die Casting maupun Low Pressure Casting disana. Hi Pressure digunakan sepertinya untuk bahan bahan yang butuh hardnes tinggi seperti cover crank case, silinder dan lain lain.

plant5-ahm-3

Nah, dari tempat pencetakan di Hi maupun low pressure die casting. Hasil diecest dibawa melalui sebuah lori otomatik yang berjalan mengikuti garis kuning hitam yang berada di lantai, jadi nggak digeret atau di kendalikan langsung oleh manusia sob

plant5-ahm-4

Machining area adalah tempat dimana Diecast hasil pencetakan akan diolah untuk mebuat satu gelondongan mesin

plant5-ahm-5

plant5-ahm-6

Di Machining area sudah digunakan tangan robot untuk menjamin kepresisian dan kekonsistenan proses maupun hasil kerja

plant5-ahm-7

Lalu ada proses pengepres-an, baisannya untukk membuat bentuk bentuk seperti tangki bahan bakar

plant5-ahm-8

plant5-ahm-9

Proses pe-ngelasan dan pemasangan part seperti Fuel Pump di tangki bahan bakar pun di lakukan menggunakan model otomatik robot seperti yang terlihat pada Gambar di atas sob

plant5-ahm-10

Bagian bagian yang tajam di ujung ujung dari hasil proses pengeresan pun di gerinda supaya tidak membahayakan menggunaan proses yang juga otomatis

plant5-ahm-11

seperti juga di pabrik pabrik otomotif lain ada Plastic injection Process yakni tempat dimana bentuk bentuk part cover atau apapun yang terbuat dari plastik

plant5-ahm-12

Proses pemotongan part plastiknya dilakukan menggunakan robot sob

plant5-ahm-13

plant5-ahm-14

White Body storage, Ini agak nggak ngerti juga maksudnya apa, mungkin part seperti fuel tank disimpan dulu sebelum ada order untuk pengecatan dan lain lain

plant5-ahm-15

Proses pengecatan Sasis dilakukan di sebuah ruangan khusus dengan air mengalir agar limbah catnya bisa lansgung terbawa air

plant5-ahm-16

nahh, penempelan striping decal dilakukan menggunakan decal air dengan manual

plant5-ahm-17

Proses penempelan bar code pada mesin

plant5-ahm-18

lalu proses penamaan/ penomeran mesin  ( di ketrik secara otomatis )

plant5-ahm-19

plant5-ahm-20

Ketepatan penempatan hal hal detail seperti klep, baut, dan lain lain di ukur menggunakan koordinat

plant5-ahm-21

karakuri system sebuah sistem storage zigzag yang telah banyak digunakan oleh banyak perusahaan perakitan otomotif sob . . silah cek deh di youtube banyak contohnya

plant5-ahm-23

plant5-ahm-24

Setelah itu part part disiapkan   .  nah siap untuk di lakukan perakitan akhir nih

plant5-ahm-25

plant5-ahm-26

Diatas adalah beberapa skrinshot foto proses perakitan Honda CB150R

plant5-ahm-27

Nah Honda CB150R siap berbentuk mesin yang sudah ditempel ke Rangka begitu juga kaki kaki dan suspensi

plant5-ahm-28

Foto diatas menunjukan proses setelahnya yakni Honda CB150R sudah ditempelkan body body plastik, lampu dan tentunya fuel tank

plant5-ahm-29

setelah Perakitan selesai dilakukan inspeksi akhir dan diukur beberapa variabel seperti idle rpm,  . . di ruangan kotak tertutup ini lah Motor Honda CB150R dinyalakan untuk pertama kalinya

plant5-ahm-30

keluar dari ruangan inpeksi siap untuk di distribusikan

plant5-ahm-31

Nah foto diatas adalah bird view dari kompek Plant 5 AHM karawang, rencananya disamping  kiri dari foto diatas juga akan ada pabrik Part dari AHM sob . . . Gede niiih . . . semoga ilustrasi diatas dapat memberikan gambaran kepada bro sekalian seperti apa proses perakitanMotor motor Honda khususnya CB150R dan CBR150R di Plant 5 AHM . . semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

EnglishHindiIndonesianJapaneseSpanishThaiVietnamese

Comments»

1. paijo - November 5, 2016

Warbyasah

Iseng komen - November 6, 2016

Emg kerja d astra group bikin ngiler, itu staf qc checking gt aja bisa d atas 5jt gajinya… Hmmmm

2. ptpl4 - November 5, 2016

pertamax

3. mirsani - November 5, 2016

Waah….

4. zizie - November 5, 2016

wow…kerennnn

5. Anton - November 5, 2016

Coba cek gir pompa oli, apakah gampang rompal kalo di geber. Trauma aja wak, ntar di recall. Salam BIKER.

rdy - November 5, 2016

ekekkeke

iya tuh kayak CB150 Gir Chamshaft gampang Protol Loyo

hayayayaya

6. sayap dewa - November 5, 2016

modern ya pabriknya..
btw kantor ane salah satu supplier part cutting untuk AHM lho, hehe..

7. Sarip - November 5, 2016

..
Kalo di ahm sendiri nyebutnya plant extension . Bukan plant 5 .
Maklum pakde .. mantan karywan plant 4

8. standar aja - November 5, 2016

coba untuk lebih ditingkatkan lagi :
1. Build quality produknya termasuk
1.1 sambungan part per part lebih presisi, tidak ada sela yg mengganggu. tidak cepat longgar sambungan partnya ketika dibongkar. sehingga menimbulkan bunyi2an yg tidak enak didengar.
1.2 cat kalau bisa lebih bagus lagi, lebih kinclong tidak cepat pudar
1.3 material plastiknya kalau bisa lebih tebal.

sontoloyo - November 5, 2016

Cat udh yg terbaguss..

Dari pada Tetangga.. Cat tebal cepet ngelotok..

Ilmu pengecatan.. Smakin tebal cat smakin gampang megelupas.

Cat yg bagus.. G perlu didoble doble.. Tp hasilnya… Bagus..

Fix FBY tuolol.. Cat Kuda terbang aja.. Kinclong cung.

sontoloyo - November 5, 2016

Masih adakahh org yg ngomong cat tebel itu bagus..

Motor SO UL temen ane Depanya ngelotok alias terkelupazz.. Yhh kualitas cat Kuda terbang Ko.

akeno dxd - November 5, 2016

Ane di rumah ada product AHM
Baru 2 bulan pake
Cat warna item gampang banget kegores sama partikel kotoran macem pasir atw tanah sehabis kehujanan.
Trus bagian plastik yg doff jga gampang kusem.
Fakta.
Bda ama product yg lain kalo urusan cat mh.
Untuk AHM payah buat urusan cat.
Tuk vitur ama yg lain mh oke lah.

9. rosok gandrung - November 5, 2016

hahayyy…
itu baru sebagian wak…
liat aslina lebih lebih lebih n lebih…
salam satu hati

10. ardiantoyugo - November 5, 2016

wuih… keliatan bersih ya…

sontoloyo - November 5, 2016

Dipersilahkan FBY mengelakk… Dan mengarang cerita..

Sy maklumi zaza FIX bipolar akut kekekeke

11. tomcat - November 5, 2016

Coba minta jatah bikin moge dong…masa thai mulu yg dipercaya.. Honda. Kawak..ducati..bmw. Triumph…pada ngerakit moge d sana…ngerakit doang masa g bisa pelit ni jepang…ngiri euy…

12. Hendy - November 5, 2016

wak apa cbr250rr jg d bikin di plant 5 AHM? apa d pabrik lain?

sontoloyo - November 5, 2016

Disinyalirrr… Ketek KTM lebihh zeeedeeepp… Dr pd suzuki..

Karna zama zams ketek indehee nehi nee…

Dipersilahkan FBY nguuuueeempeeeettt Diketek KTM.. hoho Zaammban..

13. kobay - November 5, 2016

keren….

sontoloyo - November 5, 2016

Kakakaaabuuurrr ahhh zebelum grombolan kaum marjinal pd daten buang sampahh.. Yg dipimpin Org gila Mbah Modar…

14. akeno dxd - November 5, 2016

Test coment

15. akeno dxd - November 5, 2016

Ceck

16. pain nagato - November 5, 2016

Pertamax oplos

17. standar aja - November 5, 2016

Yaelah ane dibilang BC, dibilang FBY katanya.
om @sontoloyo, ane punya pario125 putih, catnya memang gampang pudar dari putih ke putih gading/putih tulang, itu motor selalu ane jemur di parkiran. terus kena keringat dikit warnanya luntur, gampang baret.

the'mitz - November 5, 2016

Semua kalo di jemur ya iya lah bro namnya jg cat dmna mna kena sinar mata hari ya begitu. Mkanya yg pada punya mobil di tutupin klo panas ya biar ga ngelupas sama catnya berubah warna.

tj - November 5, 2016

Belum pernah liat byson sijemur y om??
Bhahahahahaha..
Warna cat merah berubah jadi kekuningan..
Bhahahahaha..

18. imexa - November 5, 2016

woww.. yang buat robot transformer

19. eko354 - November 5, 2016

Memang sekarang udah zamannya produksi massal otomotif pake robot.
Lebih konsisten dan presisi.

Joni - November 5, 2016

Gak bisa sepenuhnya pakai robot bro, di Indonesia peraturan pemerintah berbeda dengan dijepang di sini harus seimbang antara tenaga robot dan manusia karena pabrik di Indonesia di anjurkan memakai sistem kerja padat karya, harus memakai tenaga manusia agar mengurangi jumlah pengangguran

20. Rizal - November 5, 2016

Proses pemasangan ban,pengisian pelumas,bahan bakar,tekanan angin,dll gmna wak??

21. BJK - November 5, 2016

pada heboh ngomongin cat? uhuk uhuk..
*lirik cat yg msh kinclong dr 2 motor merk S di garasi, pdhl udah sering di parkiran, mau panas mau ujan..

22. Anton - November 5, 2016

New R15 akan jadi sport fairing 150cc paling eksklusif di kelasnya. Kalo suzuki jadi launching GSX 150 R yang juga menggunakan DOHC. Salam BIKER.

23. DaJo - November 5, 2016

hmm keren.

24. dave - November 6, 2016

Luar biasa..

25. cung realita produksi - November 6, 2016

buat para pembaca
yakin lah di machining khususnya crankcase aslinya gak kaya di video..
bahkan lebih parah..
di mesin f*ne boor*ng masih sering trouble aslinya.
belum setelah proses harus di w*shing dan itupun masih sering manual.
dan terakhir ada pengecekan kebocoran menggunakan angin…tanyakan tuh part yg NG (N*t G*d) alias tang ada bocor bocor diapain lagi..
ada proses yg namanya impr*g part yg bocor bocor di masak sama cairan khusus dalam suhu tinggi ..
yang terbaru ada yg di l*cktite manual (cairan locktite)
dan tanyakan juga yang udah di impr*g dan di l*cktite masih ttep bocor diapain tuh part buat kejar produksi..wkwkwk

26. Aku - November 6, 2016

Josss…

27. bach - November 6, 2016

Ternyata mesin juga dirakit di sini ya..

28. marq the winner - November 6, 2016

Beuh serba robotik wak 😆

29. fans ducati - November 6, 2016

ruangan bagian bikin cover body kualitas tebal sebelah mana wak?



%d bloggers like this: