460x110-indent-now

TMCBlog.com – Bro sekalian, Jika sobat sekalian telah menjadi penginden Honda CBR250RR tmcblog bilang sobat adalah orang orang yang cukup beruntung karena boleh jadi menurut tmcblog, Honda CBR250RR adalah Motor yang paling memiliki perlakuan khusus saat perakitan dibanding semua motor motor produk AHM baik itu varian sport, matik maupun cub/ bebek.

proses-produksi-cbr250rr-22

Secara umum dari Yang tmcblog lihat dan dengarkan penjelasannya, Ketelitian dan Kontrol pekerjaan yang dilakukan untuk Honda CBR250RR sangat Tinggi dan Presisi ! . . . kepo mau tahu seperti apa Ketelitian dan kepresisiannya ? Cekidot di Video dan pembahasan berikut ini sob

MBtech - TMC sep16

tnt25_tmcblog

proses-produksi-cbr250rr-4

Di Plant 5 Knusus sport AHM punya dua jenis Line Produksi yakni Sport Line dan supersport Line. AHM Menamakan Line Khusus produksi Mesin CBR250RR dengan nama Supersport engine Line. yang diunggulkan dari Supersport engine Line adalah Hi Andvance Manufacturing dan Super Clean manufacturing. Sebenarnya Sport Line itu sudah clean alias bersih, namun Line Produksi Di Supersport engine Line jauh lebih Besih lagi karena menurut ahm Sedikit saja ada Contaminant ( Kotoran ) akan mengganggu kerja mesin

proses-produksi-cbr250rr-6

proses-produksi-cbr250rr-11

Clean mulai dari suplayer suplayer seperti Crank case, Crankshaft dan lain lain. Jika tmcblog lihat, assembling engine untuk CB150R/ CBR150R dilakukan terbuka, maka untuk proses Assembling Honda CBR250RR dilakukan secara tertutup dalam satu ruangan yang dikondisikan dimana aliran udara mengalir dari dalam ke luar, artinya tekanan di dalam Ruangan asembling engine CBR250RR lebih besar dibandingkan tekanan di luar ruangan. Sehingga debu dari Luar tidak akan masuk kedalam ruangan Perakitan mesin.

proses-produksi-cbr250rr-12

Pabrik Supersport assembling System Honda CBR250RR Seperti info yang tmcblog terima menganut Traceable Manufacturing system. Dimana Semua part part kecil ( seperti misalnya sim jenis apa, toleransinya berapa, lalu Metal Duduk/ Tempat dudukan Crankshaft ) , yang digunakan di dalam mesin dapat Di Trace asal muasalnya  ..

proses-produksi-cbr250rr-37

Jika terjadi problem dapat di ketahui dengan cepat dan dapat di ambil tidakan solusinya yang pas sesuai dengan part yang diaplikasikan ke Motor. Setiap Part/ kelompok Part memiliki kode dan Barcode tersendiri dan disimpan dalam database produksi yang tentu bisa ditrace/ Traceable.

proses-produksi-cbr250rr-17

Di Setiap Proses pada perakitan mesin ada display yang menunjukan berapa besaran dan parameter ukuran yang bila tidak dilakukan / dilakukan diluar dari ukuran oleh operator pekerja yang melakukan perakitan mesin, maka akan ada alarm. Misalnya saja seperti berapa torsi dari sistem penguncian baut dan lain sebagainya.

proses-produksi-cbr250rr-36

Dan alat pengunci baut itu terkoneksi wifi ke sistem data base lalu jika terjadi kesalahan dalam pengaplikasian parameter penguncian Bukan hanya alarm, namun proses perakitan mesin Honda CBR250RR yang sedang dilakukan akan Berhenti/ Nge-Lock dan tidak dapat dilanjutkan.

proses-produksi-cbr250rr-19

Di dalam Supersport engine Line , satu orang dalam menangani satu bagian part dibutuhkan waktu kurang lebih 4 menit. Sebagai perbandingan, di line Engine asembly Biasa hanya membutuhkan waktu 35 detik. Dari seini terlihat betapa proses perakitan Honda CBR250RR dilakukan sangat hati hati dan konsisten.

proses-produksi-cbr250rr-32

Di Supersport engine Line, seperti yang tmcblog dengar penjelasan dari AHM, Numbering untuk mesin ( Nomor mesin ) itu tidak menggunakan sistem Press, namun menggunakan laser. Caranya adalah Numberingnya di citrakan dulu ke Kertas, lalu setelah proses Verifikasi selesai dan sesuai, maka baru proses dilanjutkan ke Pelaseran bagian mesin untuk Nomor mesin.

proses-produksi-cbr250rr-21

proses-produksi-cbr250rr-24

Di Supersport engine Line Plant 5 AHM ada sekitar 3 Quality gate . . artinya setiap unit motor yang sedang dirakit selain di pantau realtime setiap prosesnya melalui Traceable Manufacturing system, namun secara kelompok pekerjaan, akan diCek lagi melalui 3 kali pengecekan yang dilakukan Operator pengecekan terpilih yang kapabilitas pengecekan kualitasnya sudah terukur dan terpercaya. Di proses perakitan emsin ke rangka dan proses pemasangan part part plastik dan elektronik tidak dilakukan dalam ruang tertutup karena mesinnya sendiri sudah dalam keadaan tertutup.

proses-produksi-cbr250rr-23

proses-produksi-cbr250rr-28

Proses perakitan Honda CBR250RR di Di Supersport engine Line Plant 5 AHM menghasilkan 80 unit perhari dengan waktu perakitan motor dari ujung asembling mesin sampai motor dirakit dan ditest dalam ruang pengecekan QC membutuhkan waktu sekitar 80 sampai 90 menit  . . wiiihhh lama dan teliti banget sob . . . beruntung dah para konsumen Honda CBR250RR . . . Semoga Ulasan ini berguna sob

Taufik of BuitenZorg

sumber foto : skrinsot video di otomotif

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

99 COMMENTS

    • ekekek
      biar ngebulll eksport moncerrr …
      mesin klotok2 rompal gak lolos eksport..

      ????

      Guest
    • ekekek
      ngebull penghasil dollar
      klotok2 penampung KK

      nah sedap kan..

      ???

      Guest
    • Lemot sama Ambrol masa juara IRS 2016 kelas 150cc & 250cc???

      Oh iya lupa, kalian kan pemuja Hon**, btw nanti modarnya bareng Hon** yah. Udah banyak kok di jalan raya, kapan kalian nyusul? ?

      Guest
    • Yang ente sebutin itu R15 & R25 juara Nasional loh.

      Lalu mana CB150, CBR150 & CBR250…???

      Oh iya ane tau, cuma di mimpi aja ya gan ?

      Guest
    • silah baca sampai tuntas dan lihat dari mana sumber gambar gambar diatas pada ujung bawah artikel sob

      Administrator
    • Fix,_ Wak Haji line CBR250RR ini tidak ada ventilasi udara Wak,, Ruangannya sudah mengaplikasikan AHU(Air Handling Unit) macam di Mall, Pabrik Farmasi nd Pabrik Electronic, jadi dijamin dingin dan no debu masuk’ Sudah Standard CE (Certificate of Europe) nd JSA (Japan Standard Assesment),
      Dan yg mengerjakan karyawan tetap yg sudah bekerja lebih dari 5 tahun ke-atas,
      Lihat aja Wak, wajah mereka senior2,
      Jika dibandingkan dengan karyawan Plant-3 Cibitung,
      Bisa dipahami-lah,
      First Global Products from AHM,,

      hehehehe

      Guest
  1. Inilah kekuatan honda (AHM), kalau mreka mau, yamaha (YIMM) bisa dibabat habis, masih untung diberi nafas sedikit (MS 20%)…

    Guest
  2. wak punya photo hires cbr yang naked gak?….wiiih kayanya ganteng banget tuuuh bakalan…dah keliatan mo dibawa kemana aja tuh mesin ama sasis?….salfok malah liatin rangka ama aarea mesin….naked ama seri x nya bakalan mantep nih!

    Guest
    • Kuartal-3 2017 CB250RR nya launchingnya,
      2018 baru dipasarkan,,
      CB250X masih abu-abu,,
      Dan ada rencana juga extension plant-5 untuk produksi motor dual purpose lokal CRF150 L mesin Verza’ kalo yg CRF250L nd CRF250M(Supermoto) mesin CBR250 jomblo masih CBU Thai sepertinya juga di 2017,,

      hehehehe
      Siapkan Tabungan kalian,,

      Guest
  3. iya mas itu video nya otomotif.net
    ini honda bener-bener niat bikin motor, dari awal nunjukkin prototipenya sampai sekarang terus menerus keluar beritanya. semoga kualitasnya memuaskan lah

    oiya numpang tanya, dompet sama keychain itu buat 2700+ penginden atau 1000 orang pertama aja ya? kemarin ada yang bilang kesannya untuk seribu penginden pertama doang…

    Guest
  4. wak taufik . .l.e.b.a.y.y.y?

    yg namay ngrakit motor ya memang harus super t.e.l.i.t.i

    brarti yamaha,suzuki,kawasaki,viar,tossa,tvs asal ngrakit??

    Kok bisa lbh awet dr honda?

    Guest
    • Situ yg lebay, menunjukan jiwa haters, awet tidaknya sebuah motor tergantung bagaimana pakai nya aja.. apalagi kalo situ bandinginnya dengan nyebut merk2 china dan di bilang lebih awet dari honda, situ otaknya ilang dimana?

      Guest
    • Ane bkn fansboy tp klau ngomongin durability yg prnh ane rasain honda msh di atas yg ente sebutin klau soal kesetabilan bru ane pegang yamaha itupun pas masa juviter cw ama Z klau masalah kecepatan suzuki msh bertaji utk ukuran 150cc ke bawah yah yg ane omongin dn prnh ane rasain so bisa aja beda dgn yg ente rasain tp ini pengalaman pribadi aja?

      Guest
  5. ini baru top….. coz ini produk buat konsumsi global…ekspor eropa amrik…ga kyk c#r150..cm untuk kawasan asia tenggara….kualitasnya beda…!!!!

    klo mpe rompal ngebul kyk produk sebelah…bahaya…. dah bangga2 produk eksport (buatan indon#sia) …eh malah rompal rontok….kan malu2 in!!!

    Guest
  6. musti nya semua motor ky gini kerjain nya,,
    tapi bakalan lama keluar nya,, hehe,,
    ya hasilnya tapi kan jadi lebih bagus,,

    Guest
  7. Wak penonton pada norak, wajar lah hal demikian hanya untuk gimmick marketing, Ferrari aja handmade, tapi sayang 1000x material AHM all masih kalah sm kawak

    Guest
  8. tanya wak..
    klo kita indent sesuai keinginan bisa gak..
    misal ingin indentnyg hitam doff strip merah..tpi mau frame yg merah bisa gak wak..??

    Guest
  9. Bro joni betuuul…lagian jga smua pabrikan sma,ya bgtu,klo kwality control g terjaga.. ya bkal klotok2 alias ngebul bin recall

    Guest
  10. Sudah lihat lgsg di IMOS, ternyata kurang wah… Tengahnya kopong, belakang kurang ngigit desainnya. Desain tangki sih OK.

    Guest
  11. Caranya AHM promosiin motor ini bener bener total ya.
    Bukannya udah wajar untuk motor harga 60jtan untuk dirakit seperti ini.. lagian yang penting bukan hanya perakitan tapi juga quality control.

    Dari pengalaman pribadi sih selama pemakaian wajar motor keluaran pabrikan besar pasti sudah terjamin lah secara mereka juga jaga nama..

    Dan seharusnya jangan AHM aja yang dibanggain, mereka ngak akan begini tanpa YIMM yang merakit R25/R3 di Indonesia, suksesnya kawasaki dengan ninja 250 2 cyl, yang ditrigger sama suzuki dengan Thunder 250 nya

    Lihat 8 tahun lalu, motor 2 cyl sport baru ada dari kawasaki. itupun import dan pasar indonesia dianggap sebelah mata sama 2 pabrikan terbesar karena dianggap hanya cukup dengan motor matik, bebek, dan batangan.

    Coba liat sekarang dengan banyak motor dengan desain yang all-new.
    Semoga negara makin maju deh

    Adanya persaingan membuat pabrikan

    Guest
  12. kalau masalah traceability sepertinya semua pabrik sudah melakukannya wak, krn hal ini salah satu yg wajib dalam penjaminan mutu. hanya saja yg diawasi secara real time itu yg belum semua pabrik mau/bisa

    Guest
  13. Sayangnya AHM gak bisa bermain warna ya..
    Masak rangka merah dipadu sama bodi merah? Ducati aja rangka merah buat bodi item, rangkanya bener bener terekspos.

    Guest
  14. kalo kualitas n daya tahan mesin, tunggu dlu liat pembuktian sekitar 2 tahun ini ada masalah kagak. kalo built quality nya jelas masih sama dengan produk ahm lain, alakadad. kalo ente liat langsung n bandingin ma kompetitor ini masih dibawahnya. kalo ad yg bantah wajar, krna mereka makam dari situ plus fans die hard yg gak punya tapi koar koar.

    Guest
    • Geber 3 motor 250 cc disentul 3 jam nonstop(standar, pilih acak) sva yg meleduk dluan ????(pendapat) jgn emosi

      Guest
    • Kasihan fanboy kaoskaki kejang kejang, ketakutan ente?. gimana dengan produk sesembahan ente?. kualitas plastik protol, mesin jadul lemot, fitur kaga ada. jauh men, jgn dibandingkan dgn CBR250RR. sama R25 aja masih kalah kenceng, motor jadul operpret. kaoskaki ninin250 ngah..ngah..ngah..

      Guest
    • Klau bandingin quality sma vixi atau fu karbu gw jamin tuh kedua motor terkapar sma supra aje dulu tp bkn fit atau revo yah ?ane ngomong krn ane punya ketiga tuh motor cuma syg yg fu dah gw jual ane ngomong gini krn ane udah rasain .kelemahan S satu engine bandel kuat tp sekali turun mesin ambrol susah kembali sprti semula meskipun part ori klau Y kelemahannya satu penyakitan menular kesemua sektor yg ada si dlm engine klau H sering ganti part cuma bkn dlman paling kabel kilometer.engine sama durability nya hnya jrg rewel itu saja sih krn awam mesin cuma punya ketiga merk motor itu so itu pengalaman yg ane pernah alami yg pasti tdk ad yg sempurna ?

      Guest
  15. Beda sama pabrikan sebelah yang cuma nafsu ngejar target ekspor, produksinya kenceng…. Ehh ujung-ujungnya mesin ancur berantakan.

    Guest
    • Kan insinyur honda dah bilang swjak dulu kalo motor cbr250rr ini mesin paling kompak dan tercanggih dikelasnya sehingga malah nampak seperti mesin 1silinder tapi dibesarin dikit tapi power paling besar??☺️

      Guest
  16. Memang teknologi Honda baik software dan hardwarenya sangat canggih. Jadi tidak seharusnya kualitas mesin motornya jelek. Tapi toh nyatanya begitu. Apa mesin jelek tersebut disengaja?

    Lebih parah lagi, oli mesinnya juga jelek

    Guest
    • oli bawaan motor mah emang semuanya gitu…order pabrikan ke penyuplai…pokok e minta yg murah…ahaem oli 500km dah kemrosak…yamaaalubee 1000 km dah kemrosak…ini yg standar lhoh ya..bukan buat versi sport…

      Guest
    • 2.9 berarti lumayan lebar ya? susah nih nyari turning radius, rake dan trailnya. ketemu r25 (mirip r3) 2.7m, ninja ga ketemu sama sekali. rake dan trailnya cbr belum ada, kalau r25 vs ninja lebih gampang r25 belokinnya. mungkin bisa diliat dari wheelbase juga: 1380-1389-1400mm.
      Kesimpulannya dari yang paling mudah sampai susah di manuver: yzf r25 > cbr 250rr > ninja 250fi

      Guest
  17. Cma gimmik marketing ala ngahaem nih..

    Pabrikan seperti kawasaki suzuki yamaha pun sebenarnya sma.
    Dan untuk kualitas kompenen/part justru lebih baik pabrikan K S Y.
    Contoh di underbone 150cc antara fu injeksi vs sonic
    Mxking vs supra GTR..
    Sport 150 vixi cb150 gsx-s
    Silahkan klo gak percaya pelototin perbedaan kompenen/part mtr” tersebut..

    Guest
  18. Tangki platnya sama bentuknya dgn Megapro, cb150old/new/cbr150/verza, asli Honda emang guobliokks bikin tangki bbm bagus aja hora iso Dr gen cbr600, cb500, cbr1000 sama sj bentuknya bapak2 di cbr250rr cuma permainan kondom kesimpulan designer Honda emang aki2

    Guest
    • Wak haji berarti sistem asembly cbr250rr mirim seperti rc213v-s ya wak kelencangan baut engine harus standar ukurannya sma yg ter tera di monitor. Berarti setiap part ada barcode nya kd kalo part tidak presisi ukirannya otomatis dri pihak ahm lngsung tau ya wak? Joss cbr250rr

      Guest
  19. Yg namanya beruntung tu baru dikasi menang hadia. Byar bli mhal2 motornya untung dri mna?. Memng suda shrusnya kerja bgtu dri awal2.. GA sperti kasus Honda cb Yg paya kualiatasnya..!

    Guest
    • Payah kualitas? Balapan ma r15 atau vixi jg blm tentu menang. Sok iyes kadang komennya masang rasio aja blm bisa udah belga hahahah ???

      Guest
  20. yang lbh pnting bkn prosesnya, ttp kualitas material bhn, di akui tdk, thn jadul kualitas bhn lbh jos, mtr skr ringkih,

    Guest
  21. mau bersih atau enggak,ujung ujungnya juga di bengkel biasa.paling banter ahass yg juga tidak steril.apa kaitannya dengan performa? motogp aja tidak heboh heboh amat,ini mesin bakar biasa,apa dikira bikin prosesor?

    Guest
  22. Ini maksudnya mau nunjukin kalau motornya dirakit dengan kualitas baik tapi bisa jadi blunder….kalo gitu motor tipe lain apa ngerakinya ngasal dan QC nya rendah? Trus konsumen disuruh maklum kalau ada yg kriyat kriyet gitu?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here