jump to navigation

[Tech Talk ] Alter Ego desain Part Supercharger dengan mekanisme Pompa . .. wah Semua Motor bisa pakai supercharger nih ? December 1, 2016

Posted by Taufik in : tech talk, Teknologi Otomotif , trackback

460x110-indent-now

cengkareng-shop

  440x100_tirei

TMCblog.com – Bro sekalian, Seperti Kita lihat di Kawasaki H2 . .  Power Motor bisa meningkat dengan mengaplikasikan Teknologi Supercharger dimana ada udara yang tinggi densitas oksigennya dipompa masuk menggunakan pompa turbin ke dalam Ruang bakar. Nah udara dengan oksigen berdensitas tinggi ini jika di ledakkan dengan BBM yang kaya maka hasilnya adalah power yang tinggi. Nah kasus khusus supercharger jika menggunakan tenaga bantuan dari exhaust dinamakan Turbocharger . . . Ada satu perusahaan part performa bernama alter ego, menciptakan sebuah alat dengan ide yang tetap berdasarkan cara supercharger dimana dimasukkan udara dengan densitas oksigentinggi ke ruang bakar melalui throttel body. Namun Alter ego memanfaatkan kick back exhaust untuk ‘ menendang ‘ udara dengan densitas oksigen tinggi ke ruang bakar . . . Mirip turbocharger, namun lebih mini dan lebih berkesan plug-and-play  . . . kita bahas yuuk

MBtech - TMC sep16

tnt25_tmcblog

Bentuk realnya adalah sebagai berikut ini sob

drum-charger-cheap-motorcycle-turbo-1

drum-charger-cheap-motorcycle-turbo-3

Lalu alat di atas itu pada dasarnya terbagi seperti bagian berikut ini :

drum-charger-cheap-motorcycle-turbo-5-png

drum-charger-cheap-motorcycle-turbo-12

drum-charger-cheap-motorcycle-turbo-15

terlihat di tengah ada semacam membran elastis yang tahan panas dan tidak dapat ditembus oleh udara. Kenapa harus tahan panas ? karena berhubungan dengan gas buangan exhaust yang biasannya memang panas . ..  Nhh secara umum cara kerjanya adalah sebagai berikut ini :

drum-charger-1

di atas adalah gambar saat alat tidak bekerja

drum-charger-1a

Setelah motor menyala/aktif, maka akan ada gas exhaust yang masuk dari lubang ( lihat gambar  dari kanan bawah ) lalu dorongan gas exhaust ini akan ‘menekan’ membran dan akan membuat membran merapat nantinya

drum-charger-2

Setelah fase ‘dorongan ‘ gas buang selesai, maka membran akan balik ke posisi semula . . dan saat balik ke posisi semua ini , secara alami akan ‘menyedot’ udara bersih dari luar untuk masuk ke dalam ruangan  ..

drum-charger-3

Nah saat gas exhaust kembali datang, maka membran akan terdorong (terpampatkan lagi) uniknya Alter ego membuat sistem klep satu arah, Gas bisa masuk -namun nggak bisa keluar di jalur input dari drum charger ini. Sehingga udara yang ada di dalam membran tidak bisa keluar ke arah input, namun hanya bisa keluar kearah output yang arahnya ke Throttle body/ ruang bakar

Hasil ‘tendangan’ ini akan membuat udara kaya oksigen akan termampatkan dan membuat udara menjadi tinggi densitas oksigennya . . dan kalau sudah tinggi kerapatan osigennya maka salah satu syarat sistem supercharger sudah terpenuhi . . setelah itu tinggal kasih bbm lebih maka  akan terjadi daya ledak lebih tinggi yang muaranya power output saat sistem supeharger via drum ini diaktifkan.

drum-charger-cheap-motorcycle-turbo-18

Grafik di atas adalah Grafik klaim kenaikan powernya sob . . . 20% naik power maksimumnya

drum-charger-cheap-motorcycle-turbo-19

drum-charger-cheap-motorcycle-turbo-6-png

drum-charger-cheap-motorcycle-turbo-8-png

drum-charger-cheap-motorcycle-turbo-4

sumber :

http://newatlas.com/drum-charger-cheap-motorcycle-turbo/46648/

http://alterego-hardware.com/

taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

EnglishHindiIndonesianJapaneseSpanishThaiVietnamese

 

Comments»

1. udinsastro - December 1, 2016

Seberapa efisien wak dg pemakaian supercharger?

udinsastro - December 1, 2016

Utk penggunaan sehari-hari maksudnya

2. Beni - December 1, 2016

Joz. .podium

3. bark - December 1, 2016

edunnn nemplok di samping betis..
panas gak tuhh kalo pake celana pendek?

4. Ndemik - December 1, 2016

Lebih mini di artikel(nvx/nmax) kemarin..
Dimana bisa beli & harga nya brp wak? Sparepartnya gimana? Apa ganti seglondong jika ada part yg rusak?

5. Coupai - December 1, 2016

Itu box filter udara bawaan motor di copot kah? Atau cuma dibolongin buat saluran drum charger ini?

6. Angie - December 1, 2016

Ide bagus nih wak, pake membran, meminimalkan penggunaan part pendukung, lebih sederhana… cuma menurut sy yg newbie ini ada beberapa kelemahan: 1. Daya tahan membran, apakah akan awet, 2. Pressure, tekanan udara (boost) tidak akan sekuat turbin, 3. Stabil, apakah mampu memberikan pressure yg konsisten bila digeber kontinyu dalam waktu tertentu dibanding turbin… hehe selebihnya oke banget nih Alter Ego, keren 😁

7. Zizowoembro - December 1, 2016

Ada dampak negatif tidak ke mesin… terutama piston silinder head dan klep… untuk pemakaian jangka panjang…

8. zzz - December 1, 2016

kira² aman gk wak kalau pakai jeroan standar,,otomatis udara kompresi & hasil ledakxkan meningkat,

Taufik - December 1, 2016

saya pikir ini nggak terlalu ekstrim , powernya saja cuma naik maks 20%, imho

9. riza endartama - December 1, 2016

seperti di artikel aslinya kang, ini mesti per silinder karena membrannya mengsinkronkan diri dengan sebuah silinder…jadi kalo dua silinder ya mesti dua alat…repot yah…

10. Bang Herman - December 1, 2016

Saya bingung masangnya
Trus nasib knalpo bagaimana
Di modifkah
Menurut saya lebih pratis turbocharger karena jdi satu sama mesin
Rpm rendah dah dapet

Bang Herman - December 1, 2016

Eh typo supercharger

11. anigaV - December 1, 2016

kalo diterapin dimotor lain bakal jebil mesinnya wak krna durability kurang bagus. baru kawasaki yg berani masang, honda aja yg katanya teknologi paling canggih gak berani masang takud ketauan kualitasnya, dan cukup fokus jualan motor receh. n ilustrasi kog motor indie yg sering cuci gudang wak.

addicz - December 1, 2016

Honda opo AHM?
Kalau Honda Global ya udah punya yang Turbocharger 250cc.
Saya heran dengan kata2 ‘baru belajar’ dari sales seperti anda. Seolah hanya pabrik junjungan anda yang paling hebat di dunia. Bisa diperjelas lebih detail gan?

bone - December 1, 2016

Ekekekee

Marjinal tingkat dewa,,,, ngomonge sok tau bingitss,,,
Padahal naik Kawasaki juga baru Kaze r ma athelite hahahaha,,,

😄😂😄😂😄😂

12. anigaV - December 1, 2016

suzuki malah paling parah wak, boro boro make supercharger, wong baru belajar bikin sport aj 150 cc. buat dua silinder juga sohc buatan cino. miris tenan.

paijo - December 1, 2016

wkwkwkwk……
lo guyon cung, 150 cc 4 tak pertama di indonesia tu fxr dari kisuzu, paling akhir tu yahama, kawansakit ja g bisa bikin 150 cc 4 tak disini

paijo - December 1, 2016

wkwkwkwk……

lo guyon cung

paijo - December 1, 2016

w lupa kawansakit 150 cc 4 tak cuma trail doang

WONG REJANG - December 1, 2016

AnigaV ,Kau ni dg punyo kerjoan lain yo selain ngadu domba sana sini…?
Ayo KETEMU KITO BELAGO Yok.!!!
Posisi aku d RAJABASA , KAU DIMANO HAAa..??
Apo Nak kucari sampe KETEMU KAU..??
TUNGGU KAU EEEE..

addicz - December 1, 2016

@Paijo, Kawasaki yang bisa buat pesawat dan shinkansen ‘baru belajar’ bikin 150cc 4tak. Guyon kamu. Jangan ikutan FBK dan FBY akut pake kata-kata ‘baru belajar’ lah.

13. Adi - December 1, 2016

Jk motor kompresi dah tinggi, dipasang langsung situ dipastikan timming pengapian tdk sesuai, harus mapping ulang jk gk mau jebol mesinnya
Gk peduli merk apaan, ttp harus disesuaikan tdk asal PNP

14. Tobey - December 1, 2016

Secara teori sangat sederhana, sangat aplikatif.
Hanya saja seberapakah efektif?
Pertanyaannya seberapa elastis & seberapa sensitif kah membarnnya.
Pada saat rpm rendah (stasioner) memang terdengar dentuman ‘dud-dud-dud’ berarti setiap dud udara menendang setelah itu ada jeda untuk membran menarik lalu menendang lagi di ‘dud’ berikutnya.
Tapi bagai mana dirpm yg lebih tinggi? Di RPM 7000n saja hampir tidak rapat.
Atau ada per pembalik?
Seberapa kuat? Apa gasnya kuat menekan?
Klep dg per saja bisa floating di rpm tinggi.
Apa membran ini tidak akan hanya tertekan dirpm tinggi?

Ke2 berapa persent gas yg diarahkan kealat ini?
Dari gambar terlihat Gas buang hanya mendorong dari leher pipa knalpot yg dicabang. & gas itu buntu dialat itu tidak mengalir kemana mana. Kalau turbocharger gas lewat. Bagai pengaplikasiannya dg bentuk kenalpot yg berbeda beda? Misalkan dg kenalpot Freeflow. Otomatis gas buang lebih cepat keluar & tampa hambatan. Dari situ gas yg menendang ke alat semakin kecil.

Ke3 bagaimana lagnya?
Kita semua tau, kelemahan turbo charger adalah lag. Dimana ditarikan throttle pertama udara buang belum kuat, sesaat setelah hentakan pertama baru baru ada boost yg mendorong. Melihat dari kontruksinya pipanya sangat panjang (dibanding turbo) bagaimana dg lagnya?

Ke4 dari gambarnya tidak tampak alat pengatur pembebas udara. “cesss” yup’s pasti hapal betul bunyi ini. Gas dorong yg dibebaskan saat perpindahan gigi / menutup throttle ditutup. Jika tidak kebayang ga saat de akslerasi sudah menutup throttle tapi udara masuk masih cepat. & saat engine brak justru semakin cepat? Bisa nylonong..

Note: hanya ingin berdiskusi, tidak bermaksud menghardik sebuah inovasi.. Hebat buat yg menemukan & merancang. Semoga kedepan semakin disempurnakan & menjadi terapan. Untuk hidup yg lebih cepat 😀

Lunavry - December 1, 2016

Coment orang cerdas
Pasti bukan sales yg mulutnya bocor
Lanjutkan bro..

telo - December 1, 2016

Karep mu wawe vro

15. Firman - December 1, 2016

Cara kerjanya hampir mirip alat pompa udara aquarium ya wak? Mengandalkan membran tapi dengan bantuan Udara ex dari knalpot
Yang jadi pertanyaan, panasnya udara itu akan seperti apa ya wak?
Karena saya cenderung lebih mendukung pemakaian supercharger kalau untuk di motor, meski harus membebani crank dalam pengoprasian

16. ardiantoyugo - December 1, 2016

beat pake supercharger… 😯

17. choirilmoto - December 1, 2016
18. biar tidak bodoh - December 1, 2016

teknologi supercharged beda sama turbocharger…..googling saja.

19. biar tidak bodoh - December 1, 2016

teknologi supercharged beda sama turbocharger googling saja

20. biar tidak bodoh - December 1, 2016

supercharged beda sama supercharger….. teknologinya beda bro…..

21. ken39 - December 1, 2016

sistem membran, di kompresor airbrush jg ada yg pake membran gini… dan itu umurnya pendek, harus sering ganti, istilahnya gampang letoy…

nah, itu buat tekanan max 10-20psi (yg biasa dipake buat ngecat mokit), gimana tendangan gas keluar motor ? harus bener2 kuat tuh bahannya

22. den bagus - December 1, 2016

Paling dmen nih..klo ada artikel bgni,..smiga kedepan ny banyak artikel sperti ni

23. dave - December 1, 2016

matic jg bs toh,

24. PemadamKebakaran - December 1, 2016

nih dah di patenin atau kgk?
masih ragu ……. mungkin powernya lebih kecil dari supercharged atau turbocharged.
ketahanan membrannya gimana

25. saeroji - December 1, 2016

cara kerjanya seperti rotax pompa bensin nih

26. sucahyo - December 1, 2016

Bagus bila bisa beneran untuk motor cc kecil. Problemnya tinggal oktan bensinnya cukup atau tidak

27. NEUTRAL - December 1, 2016

Moga moga aja pemerintah melarang ini dijual di pasaran, bahaya kalau sampai dijual, anak anak alay pakai beat / matic lainnya yg knalpot bobokan atau modifikasi aneh yg ga enak dilihat karena saking kreatifnya pasti beli nih alat

28. verver - December 2, 2016

hmm, jdi cma pke shockwave dri exhaust utk bkin ‘naik-turun’ membran… jdi gk kena panas langsung kayak kipas turbo charger.. tpi ke elastisan membran ttp bsa berkurang. bole jg tuh d bkin sndri.. hehehe…
kira2 bsa gk ya klo pke shockwave dri intake.. soalnya dlu prnah bkin ‘kantong pernapasan ke dua’ tpi bahan trlalu lunak jdi kembang kempis trus jdinya berisik deh :v

29. wong deso - December 2, 2016

kenapa pake ribet?
bukan sok pinter wak, motor matic sebenarnya punya kelebihan udara yaitu dari kipas pendingin sebelah kanan crank, itu udara cuma “dialirkan” ke blok silinder, seandainya “pembungkus” blok dibuatkan corong ke box filter bukannya lebih simple?!
krn udara hangat mesin tercampur dengan udara bebas plus adanya dorongan (mampat) di-filter-kan masuk mesin, prinsipnya mirip kan…???



%d bloggers like this: