460x110-indent-now

TMCblog.com – Bro sekalian, Di artikel sebelum ini kita mengentahui adanya penggantian Motor KTM RC250 Rakitan tahun 2015 dan Rakitan Tahun 2016 yang dilakukan Bro Miqdam . . Nah mungkin ada yang tanya, lhoo tahu dari mana itu rakitan 2015 dan 2016 ? Ternyata bisa dilakukan Via Nomor Rangka/ VIN Number  . . Nahhhh Gimana Caranya Tahu mengenai Tahun Perakitan Sepeda Motor ( atau produk otomotiflainnya ) melalui Nomor Rangka / VIN Number? Cekidot sob

MBtech - TMC sep16

tnt25_tmcblog

melihat Vin Number/ nomor rangka kadang mumet karena merupakan kombinasi dari banyak angka dan huruf . . namun ternyata ada cara bacanya sob . . cekidot lagi nih referensinya  . .

dan ini adalah Penjelasan mengenai Digit ke 10 dalam Section VIS

Nah dari referensi yang tmcblog ambil dari wikipedia di atas . . ternyata komponen yang bisa dilihat sebagai tahun perakitan adalah digit ke 10 ke atas ( sampai digit ke 17 ) sekarang kita cek kasus dari KTM RC250 Bro Miqdam

VIN Numbernya tertulis VBK-JY-E4-07-FC1-30710 . . . Bro bisa lihat  DIGIT ke 10 tertulis F yang jika di cek ke tabel atas  . . diperoleh informasi bahwa motor inia dalah Model year 2015

Sedangkan Unit Penggantinya memiliki VIn number sebagai berikut

VIN Numbernya tertulis VBK-JY-E4-00-GC1-59211 . . . Bro bisa lihat  DIGIT ke 10 tertulis G yang jika di cek ke tabel atas  . . diperoleh informasi bahwa motor inia dalah Model year 2016 . . . nahhh sekarang sobat bisa cek sendiri Nomor rangka Sepedamotor atau kendaraan milik mas bro sekalian untuk mengetahui model Year/ tahun perakitannya  . .semoga berguna . .  salam dari lombok

Taufik of BuitenZorg

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

 

31 COMMENTS

    • Trims info nya bang
      Penah punya bokap astrea prima nomer vin tahun jaman segitu kek apa , jadul jd nggak ngerti jg kan kebijakan pemerintah yg ada . Justru dg blok blok kyk bang topik memberi info lebih. Dulu jg ada yam alfa 2r jg model vin beda. Semua nya udh dijual hehehe. Mtor jadul. Pnah juga beli suz thundr 125 tp seken pajak mati 2th hehehe , stnk nggk ada, ada nya bpkb mati tp 2th hehehe. Akhirnya dijual juga thndr 125. Hehe no fansboy

      Guest
  1. Nice share wak..
    Seminggu lalu sy dibuat pusing wktu beli motor keluaran baru tp krn gk pngen dpt rangka/mesin lama alias thn kemaren (sebenernya gk masalah jg sih,tp lari ke iseng2 jadinya). Ya sudah sy gugling2 cara liat thn pmbuatan dll dan trnyata memang cranya mudah, liat sj ke nomor rangka digit ke-10 yg wak haji share diatas. Cuman utk bulan sy gbs mastiin krn gk bisa dicari. Meski gt ada cara lain sih buat mastiin itu bulan ke berapa, misal dgn melihat dibalik plastik bodi kanan kiri, teben depan, atas, higga slebor (ini ngomongin motor saja ya wak) yg oem. Disitu bakal ada thn dan bulan pembuatan dlm kotak2 kecil dan ditandai dgn titik meleleh kyk jarum panas di colokin ke tanda itu wak (misal yg dicolokin di thn 14 15 16 sedangkan 17 18 gk dicolok, lalu bulannya 1-7 dicolok dan 8-12 gk, brarti itu produksi bulan 7 th 2016), cara lain yg lbh simpel jg ada dgn lihat kode di ban (dgn syarat ini ban msh ori dr motor alias blm diganti empunya). Ada kode embos diantara merk, ukuran ban (misal 90/90 14 35P) dan ada 1 lg embos elips kecil dan didalamnya ada 4 angka misal 3216, itu artinya keluaran ban minggu ke 32 (alias bulan ke-8, dirata2 1 bulan ada 4 minggu) dan thn 2016 (tp berhubung ban ini beda perakitan dgn motornya sndiri, jd paling mendekati patokannya ya embos kecil di bodi2 yg dijelaskan sebelumnya).

    Nah dari situ bisa kelihatan kan wak setidaknya bisa mengira2 ini motor perakitan bulan brp thn berapa. Gitu wak.. cmiiw

    Guest
  2. Nomor rangka motor KTM ditempel stiker ya? Kalo mau ngurus pelat gimana donk, gak bisa digesek kaya motor lain? Kan perlu ada gesekan nomer rangka di kertas..

    Guest
  3. Wak numpang nanya dong,KTM RC250 gada niatan dibuat twin cylinder gitu?mau ambil nih kalo beneran
    Thx wak

    Guest
  4. Wak, kalau mau tau kendaraan dirakit dimana gmn caranya? Contohnya mobil saya kode awal rangka VF (Perancis), apakah artinya benar2 Cbu france? Kalau yang semi CKD gimana? Sebenarnya no.Rangka itu dicetak di Pabrik perakit atau pabrik pembuat?

    Guest
    • saya perkirakan pertama adalah tempat manufaktur sasis
      contoh : sasis Ninja 250 itu jepang tapi prod di Thailand
      RC250 sasis austria namun dibuat di pune india

      Administrator
    • ya berulang sob, tinggal perkiraan aja, nggak Mungkin CB100 gelatik 1974 adalah produksi 2004 thos . . ajdi ada aspek penilaian kelogisan

      Administrator

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here