460x110-indent-now

cengkareng-shop

440x100_tirei

sumber : Viva

TMCblog.com – Bro sekalian, memasuki Tahun fiskal baru 2017 pemerintah menetapkan rencana kenaikan dalam biaya tarif berbagai macam layanan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) di lingkungan Polri dan akan efektif berlaku mulai besok 6 Januari 2017. Selain karena mengikuti faktor Inflasi, Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati seperti yang tmcblog ambil dari Republika, komponen PNBP tersebut sudah selayaknya naik, karena tidak pernah berubah sejak 2010 dan beliau mengharapkan dengan kenaikan Tarif PNBP di lingkungan polri ini juga akan menstimulasi kenaikan kualitas pelayanan

MBtech - TMC sep16

tnt25_tmcblog

Dari Yang bisa tmcblog lihat untuk kendaraan Roda dua/ Sepeda motor kenakan berkisar antara 100% sampai 181 % sedangkan untuk kendaraan roda empat lebih tinggi lagi yakni Mulai naik dua kali lipat ( 100% ) seperti tarif pembuatan pelat nomor polisi sampai naik 4 kali lipat ( 300% ) seperti tarif penerbitan STNK perpanjangan/ STNK baru . . .

Berikut daftar kenaikan tarif PNBP di kepolisian:

  1. Penerbitan STNK baru dan perpanjangan untuk motor atau roda tiga dari sebelumnya Rp 50 ribu menjadi Rp 100 ribu. Sedangkan biaya penerbitan STNK roda empat atau lebih, baru dan perpanjangan dari semula Rp 75 ribu menjadi 200 ribu.
  2. Pengesahan STNK roda dua atau roda tiga dari gratis menjadi Rp 25 ribu. Sedangkan untuk pengesahan STNK roda empat atau lebih sebesar Rp 50 ribu.
  3. Penerbitan STCK untuk roda dua atau roda tiga tidak mengalami perubahan, yakni Rp 25 ribu. Sedangkan penerbitan STCK kendaraan roda empat atau lebih dari semula Rp 25 ribu menjadi Rp 50 ribu.
  4. Penerbitan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) untuk roda dua atau roda tiga tidak mengalami perubahan, yakni sebesar Rp 25 ribu. Sedangkan biaya penerbitan TNKB untuk kendaraan roda empat atau lebih mengalami kenaikan dari semula Rp 25 ribu menjadi Rp 50 ribu.
  5. Penerbitan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) baru maupun penggantian untuk kendaraan roda dua atau tiga naik dari Rp 80 ribu menjadi Rp 225 ribu. Sementara penerbitan BPKB baru/penggantian untuk kendaraan roda empat atau lebih dari semula Rp 100 ribu menjadi Rp 375 ribu.
  6. Penerbitan surat mutasi ke luar daerah, untuk kendaraan roda dua atau tiga, dari Rp 75 ribu menjadi Rp 150 ribu. Sementara per bulan surat mutasi untuk kendaraan roda empat atau lebih dari semula Rp 75 ribu menjadi Rp 250 ribu.
  7. Penerbitan STNK Lintas Batas Negara untuk roda dua atau tiba baik baru maupun penggantian, yang semula tidak dikenakan tarif menjadi Rp 100 ribu. Sedangkan untuk kendaraan roda empat atau lebih menjadi Rp 200 ribu.
  8. Penerbitan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) Lintas Batas Negara untuk roda dua atau lebih Rp 100 ribu, sedangkan untuk kendaraan roda empat atau lebih Rp 200 ribu

Update terakhir, setelah via CNN indonesia president RI mempertanyakan kenaikan tariff stnk Riga Kali lipat ini. Pemberitaan jadi macem macem. ADA Yang bilang ini bukan urusan instansi Kami DLL DLL … So jadi nggak nih Naik tariff ?

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

 

74 COMMENTS

  1. gw baru tau ternyata semurah itu selama ini, kalo via biro jasa berasa mahal banget itu perpanjang….pernah sekali bea balik nama pas pemutihan…gratis cmn ngantrinya naujubile

    Guest
  2. pernah bayar pajak di samsat cikarang….namanya jg blm tau caranya…nanya sama pakpol…..malah marah2… “udah ikutin aja itu orang2 yg lg isi formulir” dg nada aga tinggi.

    Guest
    • Sudah hal biasa om. Pernah alami juga di samsat jaktim di kebon nanans hehehee nanya tahapan2nya malah di omelin wkwkkww…. Gk taunya di situ yg antri calo smua & polisi diem aja thu

      Guest
    • sama bro ane di satpas daan mogot juga digituin pas nanya” beda test sim online sama manual,, selogan melayani, mengayomi dan melindungi masyarakat cuma omong kosong..

      Guest
  3. menyimak terjangkau juga ya lima tahun sekali
    pertamax7.com/2017/01/05/warna-dan-grafis-baru-yamaha-mt-25-di-tahun-2017-pengaruh-magis-mt-family-harga-tetap/

    Guest
  4. Baguslah kalo gt. Biar orang2 gk latah ganti motor tiap bulan. Jalanan dah sempit coy… Jangan cuman kejar ms aja pabrikan tapi hikin kendaraan yg berkualitas minimal 5tahun masih oke aja .

    Guest
  5. Jujur gak tuh pemerintah alasan naiknya.??

    rakyat sih nurut/manut aja.. .. ..

    ejekek… ..

    BBM naik
    Pjk Naik
    Semua Naik

    Media juga adem aja.. .. jadi rakyat Adem aja.. .. .

    Guest
  6. ini pencerahan wak, rata rataa orang cuma baca biaya naik….tapi mereka ga pernah jalan sendiri untuk urus biaya itu (pake calo)
    dengan kayak gini orang awam jadi tahu ongkos real nya berapa, “jasa calo” berapa.
    satu hal lagi, sudah 10 tahun ga naik….ini ga di share media lain…hihihihi

    Guest
  7. Saran saya, Mending pajak progresif atau harga kendaraan baru yang dinaikkan.

    fakta dilapangan :
    Orang kaya dapat pengampunan pajak (Tax amnesty)
    Rakyat kecil malah pajak dinaikkan, bbm naik, tarif dasar listrik juga naik.

    Guest
  8. maaf agak sedikit keras
    ini tidak lain adalah punglinya pemerintah ( just my opini ) yang di sahkan undang2.

    Guest
  9. Masyarakat diminta bantuannya buat bantu pemerintah bayar utang negara yang fantastis. Kalau dulu di zaman SBY ada yang nangis lo waktu SBY naikin harga BBM. Sekarang yang nangisnya udah jadi menteri, kira-kira nangis juga ga ya? Kan sekarang yang naiknya serentak, BBM naik, kepengurusan STNK dan BPKB ikut naik, malahan TDL juga ikut naik.

    Guest
    • Harusnya sekarang bukan nangis lagi mbro… Tapii Pingsan..!!!

      Wong dulu cuma BBM yg rencana Naik dah heboh,demo, nangis si nganu..

      Sekarang kan SERENTAK naiknya..

      tar lagi juga di batalin.. Ada Pahlawan kesiangan.. !!! Test waterr Basii..

      Jadi Lempar lempar’an…tuh semua yg bertanggung jawab..

      kalo rakyat adem adem aja…lanjut naiknya… kalo rakyaat Cemas,esmosi,marah.. Langsung lempar-lempar’an.. & muncul Pahlawan kesiangan.. !!!

      Guest
    • Wah paham betul ente mas..

      Ya mudah2an, tp yg ane blm paham gaji pns gede2 ya? Atau ane yg salah tau?
      Trs yg honorer ini yg kebalikannya.. sama kyk yg di pelosok2 jg

      Guest
  10. kalo gitu bensin 100perak aja seleter
    pajak free
    no ppn
    no pph

    beras 100 perak seleter
    semua orang jadi tukang parkir aja 10rebu cukup buat seminggu.

    negara jual2in pulau. enak kan hidup

    Guest
  11. ah elah ginian aja ribut..
    udh 10 TAHUN ENGGA NAIK lho..
    klo baru setahun baru deh pada ribut!
    lagian ini tarif per5tahun, bukan perbulan!
    nyicil mobil 3jt/bln aja pada mampu, masa 300rbu/5 taun aja kaga mampu???
    klo macet ngeluh, giliran disuruh mengurangi penggunaan kndaraan pribadi pada protes.. ckckck

    Guest
    • Rakyat naik kendaraan pribadi biar hemat..

      Hitung”an deh sana.. misal bandingkan naik motor isi bensin 20rb udah bisa kemna aja,keluar rumah aktifitas..bahkan masih sisa Bensin di Tanki BBM buat besok.

      Naik angkutan umum :
      1) keluar rumah cari ojek buat ke jalan raya keluar dari perumahan.Rp..?
      2) Naik angkot nyambung 2x trayek Rp..?
      3) Naik bus kota Rp..?
      4) Sampai tujuan yang sm dengan naik motor.. hitung cukup gak PP Rp 20rb (seperti Beli bensin motor)

      Motor <250cc bukan barang mewah..

      Guest
    • Jgn lupa cicilan motor/mobil perbulan dibagi hari kerja dimasukin jg masbro.. lerawatan serpis, oli, sparepart dll jg dihitung.

      But overall masih vote pake kendaraan sendiri sih ketimbang naik angkot, alasannya bkn ke biaya operasional sj, tp waktu tempuh jg diperhitungkan. Angkot malesnya kalo dpt yg ngetemnya lama (didaerah ane yahh)

      Guest
    • Asu koen!!!! Congore jokowi arek iki! Mana alamat rumahku! Tak parani, tak suek cangkemmu,asu!

      Guest
  12. 10 tahun apa 7 tahun wak?
    Soalnya Bu Sri Mulyani info 7 tahun dari tahun 2010 tidak ada kenaikan…
    sumbernya ada di det*k.com 😀

    Lagian naiknya ya masih batas wajar lah, masa iya ga bisa simpen dana sebesar 200-500rban buat bayar pajak?
    Bayar nya juga 1 tahun 1x ini kok, ga setiap bulan kan?
    Malahan ganti plat nomor juga 5 tahun sekali..
    Terlalu manja Indonesia..

    Tapi yaa semoga dengan kenaikan BBM, Listrik, Pajak Kendaraan, dapat diimbangi dengan kenaikan pendapatan tahun ini. Aamiin..

    #Enjoy the ride aja dah..

    Guest
    • Otak gak gablek kmu! Sok2an kaya kmu, mana rumahmu? Tak suwek cangkem kmu!

      Guest
    • Ah payah antek PDIP udah masuk sini bahaya, dulu waktu jadi oposisi koar”nya minta ampun waktu bbm naek dan wacana tdl naek, skrg blasss subsidi kaliam cabut, tunjangan kalian cabut, bbm kalian naikkan, harga sembako menggila, DASAR MUNAFIK

      Guest
  13. Jaman SBY, APBN ngggak jebol, masih bisa ditalagin dari pajak dan pinjaman LN, kenaikan yang berhubungan dengan hajat hidup orang banyak , bisa diredam, salah satunya ribut2 oleh PDIP
    sekarang APBN jebol, utang LN jadi andalan karena Pajak juga jauuuuuuh di bawah target
    so whats next, yach cari talangan dari DN dalam bentuk kenaikan2,,,byuuuh
    kenaikan gaji dihitung dari inflasi tahun lalu yang berkisar 3-5 persen ,offside dengan current condition
    biasanya barang2 kalo BBM naik sih harga2 naiknya mah bisa 10%-an

    Guest
  14. Update terakhir, setelah via CNN indonesia president RI mempertanyakan kenaikan tariff stnk Riga Kali lipat ini. Pemberitaan jadi macem macem. ADA Yang bilang ini bukan urusan instansi Kami DLL DLL … So jadi nggak nih Naik tariff ?
    —————————————————–
    lho gimana ini koordinasinya? kok ngga kompak? kok presidennya sendiri malah mempertanyakan? ora genah iki

    Guest
    • Lah wong yg buat kebiajakan naikin tarif polrinya sendiri, yo wajar jadi gak jelas gak ada kordinasinya

      Guest
  15. Tapi percayalah & bersabar karena…?

    Seekor Tikus gak mungkin memimpin kelompok singa…

    begitu juga..

    Seekor singa gak mungkin memimpin kelompok Tikus..

    Tikus memimpin tikus
    Singa memimpin singa

    Jadi pemimpin adalah cerminan masyarakatnya/kelompok

    instropeksi diri masing”.

    Guest
  16. setuju asalkan SELURUH jalanan bagus, tidak ada lubang, ada jalur sepeda n pedestrian, juga sistem drainase baik. perawatan jalan bagus, begitu ada lubang segera ditambal secara profesional. cukup itu saja, saya kira masyarakat tidak akan ngedumel.

    Guest
  17. Update terakhir, setelah via CNN indonesia president RI mempertanyakan kenaikan tariff stnk Riga Kali lipat ini. Pemberitaan jadi macem macem. ADA Yang bilang ini bukan urusan instansi Kami DLL DLL … So jadi nggak nih Naik tariff ?

    Taufik of BuitenZorg

    Ujung-ujungnya kayaknya ada berita “saya tidak baca sebelum tanda tangan”

    Guest
  18. Kalau kendaraan umum bisa ngeluarin biaya lebih murah dari pakek kendaraan pribadi tanpa di suruh pun ane bakal pakek kendaraan umum,lha ini ongkos sekali jalan pakek kendaraan umum=ongkos 2hari pakek kendaraan pribadi.
    kalau mau pemakaian kedaraan pribadi berkurang buat transportasi umum yg murah&nyaman. ane yakin tanpa di suruh pun rakyat balakan pindah ke angkutan umum,bukan gedein pajak

    Guest
  19. Hanya sekedar Info tgl 6 januari 2017 s/d brktnya kenaikan hanya pada biaya Adm sbesar Rp 25000 utk roda 2. Entah Biaya Adm apa, Namun begitulah info yg ane dpt dr Samsat bekasi, mengingat br sj ane melakukan prpanjangan STNK di tmpt itu..

    Guest
  20. yang lainya naik masih bisa diterima karena mungkin penyesuaian dengan material (kertas, blangko, segel/hologram, plat, cat) lha pengesahan STNK per tahun kenapa jd bayar 25rb? masa tinta sak uprit bayar 25rb? fotocopy saklembar A4 tinta kering aj gak ad 1rb, lagian juga ntu khn udah tugasnya, mosok yo kon bayar lg lha gajimu bukane buat itu jg?

    Guest
  21. Wak, ini pkb nya ikut naik gak? Buset dah sosmed di serbu sama pendukungnya kalo pkb itu gak naik, nyatanya banyak juga yang bayar pkbnya naik

    Guest
  22. Tahun 2010 sampai dengan awal 2017 ( anggap 2016 lah) kok dihitungnya 10 Tahun? 7 tahun aja belum genap apa lagi 10 tahun. Jangan lebay ah..

    Guest
  23. ini kan perpanjangan stnk aja atau kendaraan baru, dalam artian ini biaya untuk 5 tahun ke depan…tapi pajak satu tahunan masih sama kan yaaa wak…?? gak pengaruh sama berita kenaikan ini kan ??

    mungkin dengan adanya peraturan baru ini, orang2 kita bisalah ganti motor atau mobil tiap 5 tahun sekali…

    yang harus diinget pelayanan stnk, tnkb dan teman2 nya itu, harusnya setelah penetapan harga baru ini, kita gak harus nunggu sampe berbulan bulan seperti sekarang ini…

    Guest
  24. Pajek dinaikan tapi jalan busuk
    Lihat jalan pantura ancur.nunngu proses jadi bpkb,stnk sama nopol aja lamanya minta ampun,ini malah naik ngk tangung2 100-300%.perbaiki dulu jalan sama layanan’nya baru naik,,,kebiasaan wong cilik yang di cekik,,,

    Guest
  25. sedikit meluruskan…
    tidak ada pajak yang naik, yang ada retribusi yang naik.
    BBM… sebetulnya dari dulu naik turun harga BBM itu wajar, cuma yang nangis-nangis itu aja yang lebay.
    Presiden???? no comment…

    Guest
  26. sayang rakyat kecil..biaya hdup pas2an..smua naek lagi..rakyat kecil sperti kasi makan tikus pejabat2 aja. kalo gak sanggup memerintah, turun aja. jgn nyengsarain rakyat kecil. udah bodoh,,di bodoh2in org lg.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.