460x110-indent-now

TMCBlog.com – Bro sekalian berita datang dari Yamaha Eropa yang secara resmi menghadirkan sebuah proyek wadah sekaligus sebagai jalan bagi pebalap amatir Yamaha untuk mengawali karirnya ke jenjang yang lebih tinggi lagi atau dengan kata lain mengorbitkan go international. Mungkin berbeda seperti akademi balap ya, karena program Yamaha Blu Cru tersebut dimaksudkan untuk membantu pebalap lokal atau setingkat nasional, untuk mengembangkan karir di level lebih luas lagi yang selama ini memang jadi kendala dalam karir seorang pebalap.

MBtech - TMC sep16

tnt25_tmcblog

Yamaha BLU CRU membuat sebuah “jalan” untuk  generasi balap masa depan dengan program Blu Cru yang merupakan sebuah platform untuk mendukung bakat-bakat muda naik level di kedua bidang balap, maksudnya di balapan off-road dan on-road racing. Platform ini diharapkan untuk menciptakan lingkungan profesional yang aman untuk mendorong, membina dan membangun bintang balap muda masa depan, melalui bimbingan dan pengalaman yang berbeda resmi dari Yamaha Racing. Platform Blu Cru pada akhirnya akan menggiring pebalap muda untuk mencapai level puncak di setiap disiplin balap global yang diperebutkan oleh Yamaha. Para pebalap resmi Yamaha Racing di MXGP, Enduro, Dakar, WorldSBK, WSS dan Endurance memiliki tanggung jawab sebagai duta program Blu Cru ini. Pebalap elit sebagai contoh untuk generasi balap muda, dalam menegakkan nilai-nilai kunci untuk balap dan juga sebagai representasi dsri Yamaha, termasuk didalamnya kinerja team, pendidikan, dedikasi kepada pabrikan, rasa hormat kepada sesama dan kesehatan dan kebugaran seorang pebalap. Tak lupa juga soal perilaku di hadapan para media.

OFF ROAD

Untuk pebalap Yamaha dengan bidang off-road, bermula pada:

  1. Kejuaraan YZ125 Blu Cru Cup dalam level nasional bernama 125 Championships dimana mereka menggunakan motor Yamaha YZ125 (2 tak) sekaligus merupakan pra-musim  dari program ini.
  2. Setelah pebalap terbaik diterima, mereka akan diberikan dengan paket Blu Cru dengan sejumlah benefit, termasuk Yamaha Racing paddock dan juga pakaian seragam biru Blu Cru, Blu Cru stiker ditetapkan untuk motor mereka YZ125 dan banyak benefit lagi lainnya.
  3. Para pebalap di kejuaraan nasional mereka akan mencapai pada level YZ125 Superfinale Cup, sebuah balapan internasional yang sesungguhnya digelar di acara MX (Motocross) terbesar di dunia, di Matterley Basin di Inggris.
  4. Tiga pebalap terbaik dari balapan tersebut akan bergabung dengan dua wildcard dan melanjutkan untuk mengambil bagian dalam Yamaha Masterclass yang unik di bawah bimbingan dan ajaran Blu Cru Ambassadors (yaitu pebalap resmi profesional Yamaha).
  5. Dari satu pembalap yang beruntung ini akan dijemput untuk bergerak ke atas dan bergabung dengan tim Yamaha sebagai pembalap resmi mereka di EMX125 Championship 2018 Eropa.

ON ROAD

Untuk 2017 program Blu Cru on road racing, memastikan bahwa pebalap profesional Yamaha dengan segudang pengalaman juga bisa berbagi dengan bintang road race masa depan. Sistemnya seperti ini:

  1. Enam pebalap kompetitif dipilih dari kejuaraan nasional mereka atau kejuaraan Internasional dan dikemudian hari akan berpartisipasi dalam kelas WSS300, bersama Yamaha mereka YZF-R3 dengan paket Blu Cru secara penuh.
  2. Pada akhir musim 2017 ada kuota sebanyak 14 Masterclass peserta akan terdiri dari dua pemenang dari Italia dan Perancis R3 Challenge, bergabung dengan tiga pembalap dari masing-masing Belanda, dan Yunani pada YZF-R3 Cup dan selanjutnya dua pengendara wildcard dari Italia dan Perancis di ajang R3 Challenge.
  3. Para pemenang dari Italia dan Perancis dalam R3 Challenge otomatis akan lulus dari Masterclass, bergabung dengan lebih maksimal bersama enam lulusan untuk memasuki musim 2018 kelas WSS300 dalam Kejuaraan WorldSBK.
  4. Kedelapan pebalap tersebut (2 pemenang + 6 pebalap Masterclass) akan mendapatkan keuntungan dari paket pengendara YZF-R3 Blu Cru, didedikasikan untuk mendukung pembalap muda di lingkungan balap internasional. Benefit akan mencakup Racing kit, dukungan layanan balap di trek, pakaian crew secara penuh dan masih banyak lagi.

Para pebalap akan berpartisipasi dengan pembalap top untuk bergabung dengan STK600 pada tim resmi Yamaha sebagai pembalap resmi mereka pada musim berikutnya. Nah yang cukup menarik juga, para fans balap bisa mengikuti kegiatan kandidat Blu Cru sepanjang musim dengan update reguler pada saluran digital Yamaha Racing, termasuk Yamaha-racing.com ditambah akun-akun pada media sosial Yamaha.

Lalu kalau kita lihat pada penjabaran resmi dari Yamaha di atas, kenapa berfokus pada kawasan Eropa saja ya? Opini saya, akan lebih baik ketika program bagus seperti ini juga diadakan untuk daratan Asia. Mengingat penjualan Yamaha terbesar ada di Asia, terlebih lagi banyak juga potensi pebalap muda dari Asia yang perlu diperhatikan dan tidak kalah dari Eropa atau Amerika.
Menurut saya sih mekanisme bisa seperti ini. Asia punya balapan dengan level regional, bahkan internasional yaitu ARRC (Asia Road Racing Championship) yang menyelenggarakan kelas AP250 dengan basis motor sport 250 cc. Ambil top 3 atau top 5 pebalap Yamaha dari kelas AP250 untuk mengikuti program Blu Cru di Asia (apabila ada). Mengingat juga motor-motor yang dipakai balap merupakan produksi Asia Tenggara, yah setidaknya ada bentuk terims kasih gitu ya sama Asia, hehehe… Tapi beneran, jujur saya kepingin banget ada pebalap dari lokal Asia apalagi asal Indonesia bisa diajari untuk jadi profesional di tingkat dunia. Balapan di WSBK bersama pebalap top belahan dunia lainnya, kan keren banget tuh. Maklum, selama ini Asia hanya pebalap Jepang yang sanggup setara pebalap Eropa dan Amerika. Mungkin kalau Turki mau kita masukkan ke region Asia, praktis hanya Kenan Sofuoglu yang bisa mengobrak-abrik dominasi pebalap Eropa. Silahkan share opini mu sob…

Nugie TMCBlog

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

37 COMMENTS

    • Jgn sampai sprti doni tata dr yamyam ikut gp cuma posisi trakhir trus.
      Udh gtu ada siaran nya lg “from hero to zero” hahaha from zero to hero tp balik lg ke zero lg
      “From zero to hero , to zero again”
      Hahaha

      Guest
    • Sbenarnya sih nggk ush bertele tele-tele

      JUaRa DUNia MotoGP = Honda
      JUaRa DUNia MotoGP Moto2 = Honda
      JUaRa DUNia MotoGP Moto3 = Honda
      JUaRa PmBalap naik MOTOGP = Honda
      JUaRa PmBalap naik MOTOGP2 = Honda
      JUaRa PmBalap naik MOTOGP3 = Honda
      JUaRa PmBalap naik MotorHonda = Honda

      Guest
    • Hanya Yamaha yg bisa begini, honda mana ada yang sampai tahap internasional.

      Guest
    • ekekekek…

      terbukti produk yimm
      dipercaya eropa ..
      eksport terus mengalir nih …

      asal jangan laris diborong dealer saja ..
      # lirik siapa ini ya .

      ????

      Guest
    • ekekek…

      seumur umur
      belum pernah denger motor bikinan ahm dipakai dibenua eropa ..

      mak jlub.

      ???

      Guest
  1. mungkin yamaha masih belom percaya kemampuan pembalap asia. padahal pembalap asia terutama indonesia sering banget di iming”in jargon goes to motogp atau road to motogp wkwkwk.
    beda sama honda yang sampe bikin divisi balap asia khusus nanganin pembalap asia ada honda team asia, asia talent team, asia dream cup. yang ditanganin sama para ahlinya ada shinya nakano, alberto puig, hiroshi aoyama, makoto tamada sama tadayuki okada. dan udah terbukti pembalap asia mampu berbicara dikancah internasional.

    Guest
    • ekekek…

      kini nasibnya jadi pembalap karung goni
      aka muter2 dialun2 bersama cbr dohc guyon..
      si gepeng namanya … peraih tropi #14 irs

      ?????

      Guest
    • trus Kbrnya gmn,yg lolos dr indonesia,ke tingkat dunia siapa,cm dr yamaha kali,yg ikut gp dan Wss,walau hasil ny g ada,atau msh nunggu lg wkwkwk

      Guest
    • Blunder kualitas krupuk = blukru ?

      Wkwkwkwkwkw

      Laku 100 bijik kate kipas2 dollar

      Sebulan nyaris 0 unit… Wakakakka
      Suram baru 2th brojol

      Lha piye nasibpe produk gagal sidartok helm Meerett25 ???
      Horrrraaa Payu Blazt

      ????

      Guest
  2. bagus mekanismenya , coba cari pembalap indonesia , kan banyak yang berbakat

    Penjualan CBR250RR Dua Bulan Laris Manis , Ninja tertekan
    http://wp.me/p1PyOo-1pG

    Guest
  3. kabarnya tentu baik, kita bicara fakta aja jangan ngmong yg ga berbukti kaya darmo, kalau ente tau pembalap muda indonesia didikan honda ada yg membalap di level cev repsol di eropa, ada yg juga yg pernah membalap di balap ketahanan 8 jam suzuka yg lainya ente googling aja, biar ga di sangka omongan saya omong kosong

    Guest
    • ekekek..

      truzz kapan ke moyong GP nya ..???
      doni tata saja full musim ..
      yg tabah cung …

      ???

      Guest
    • Kancah internasionalnya cm di CEV aj y brow,? Betul ane setuju,kalo pengen ikut gp,sementara mimpi dl aja,biar kesampaian

      Guest
  4. Seng penting mbinae ojo nggowo motor yamyam yang dijual diindon kang.. masak balap pakai mesin metic sohcing.. ekekeke kata fbh

    Guest
    • ekekek..

      nyesek juga dikasih tulisan
      repsol segede gaban
      dapat tropi urutan #14 irs ..

      zlub.

      ???

      Guest
  5. ekekek…

    sembalap ahm yg di CEV repsol
    kapan naik ke level gp nih .. ??
    keburu tua ntarr … di php nih endingnya .
    doni tata saja full musim …

    ???

    Guest
    • Ejekekek..

      Sekelas Viar,Minerva juga bisa Naro pembalap atau bikin Team Di moto2..

      Tapi sekelaas Ahm yg dipikir bukan naro Instan pembalap bisa ngeGas motor di moto2/MotoGp.. tapi bisa bikin prestasi bawa Bendera Indonesia Di podium ..

      Guest
  6. … ‘ ingin sih jadi pembalap ? Ada di angan – angan ? Tapi, ngeri kalo jatuh secara hebat ? Sebab, takut patah tulang ? Wwaaa … 7 X !

    Guest
  7. Terbukti pembalap didikan sendiri di motogp malah dibuang,yg produk asli kompetitor dibajak,buat jualan diiklan seolah olah dia yg berjasa sampai pembalap tersebut menang pertama kali ,pabrikan kaya gitu dibanggain kalau dalam cerita wayang wataknya seperti kurawa

    Guest
  8. Kita (Asia) yg jadi konsumen setia, eh malah Eropa yang dapat manfaatnya.
    bener-bener kurang terimakasih memang.
    Atau mungkinkah memang Yamaha yang di region Asia gak punya program yang sama, atau memang Asia sengaja gak dapat benefit Dan kesempatan seperti Eropa?

    Guest
  9. pas baca judulny kirain buat perjenjangan di ASIA.. gak tau nya eropa SUEEEkkkk..

    Gak di anggep.. bener bener real jadi pekerja (ka***ng).. yg dapet fasilitas malah daratan eropa…

    Beda sama pabrikan Suzuki (Suzuki Asia Chalenge) ,Honda (Asia Dream cup,ATC,dll..),Kawasaki (lewat tangan Ibnu sambodo aktif Balap di tingkat Asia /ARRC agar pembalap lokal dapat jam tebang kompetisi)

    Wadah mana wadah…??..kalo biasa makan mie Instan ..emang demen Yg instan” doang..!!

    Guest
    • kalo yamaha mah cukup aja pake jargon goes to motogp atau road to motogp pasti udah seneng. wkwkwk…

      susah bro dijelasin disini kalo fby somplak gak ngerti. ali adrian aja diakuin pembalap yamaha, padahal doi dari tim privater cuma pake motor yamaha.

      kalo dari semua pabrikan sih jelas yang serius honda sampe bikin divisi honda team asia buat menangani bibit pembalap asia. yang nanganin ada makoto tamada, hiroshi aoyama, alberto puig, tadayuki okada sama shinya nakano. skrng kita liat muncul nama nakagami, khairul idham pahwi, kaito toba, sasaki, nakarin dipentas gp. cuma sayangnya orang indonesia belom ada yang lolos kesana. kalo saya bilang sih tinggal masalah waktu aja soal perjenjangan sudah terlihat jelas

      Guest
    • Terus kelanjutannya sekarang gimana?

      Ada bukti positifnya ga?

      Serius nanya, yang ke jenjang selanjutnya mana? Atau motogp mana?

      Kalau gitu ya sama aja cuman bisa mata belo sambil ngomong mongstor iku Honda. Wkwkwkwkwkw

      Guest
    • Ini bahas wadah atau pembalapnya? .

      Kalo wadah.nyaa yaa masih ada sampe sekarang terus bergulir..

      klo hasil didikan/jebolan nya yaa banyak yg mulai Berkompetisi di moto3,..from japan,Thailand..

      Kalo pembalap Indonesia yg diwadah tsb.. BELON Ada yg naik ke wadah moto3/gp .. tapi Sudah Kompetitif di wadah asia.. itu bagus..itu kemajuan berarti.. .. ..

      Wadah nya open siapa saja.. boleh ikut.. sapa tau Ada adek-adek kita yg punya bakat.. silahkan daftarkan musim 2018..

      Makanya sebisa /sedini mungkin adek” kita jangan Fanatik fansboy kayak yg udah mBah-Mbah di blog.. tar gak berkembang bakatnya.. kasian.. kasian..

      Guest
  10. semenjak ane suka motogp, cita cita ane ingin jadi pembalap…tp sepertinya tidak akan terealisasi deh… mengingat umur sudah terlalu tua
    http://kuri2ruta.blogspot.co.id/2017/01/desain-fairing-samping-bmw-hp4-by.html

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here