Order GSX-R-S150
jump to navigation

[Tech Talk ] Bagaimana Roda Belakang MotoGP begitu memperoleh perhatian Penting ! January 20, 2017

Posted by Taufik in : motogp, tech talk , trackback

460x110-indent-now

cengkareng-shop

440x100_tirei

pict : Michelin

TMCblog.com – Bro seklaian, Foto di atas yang diprovide oleh Michelin memperlihatkan sesuatu hal yang mungkin lepas dari perhatian kita di musim 2016 yang lalu. Di foto yang dijepret selagi gelaran MotoGP Motegi Jepang 2016 yang lalu di atas, pada  Daerah swing arm Yamaha M1 Yamaha Movistar terlihat paling tidak secara visual ada 5 sensor dua di kiri, dua di kanan dan satu di tengah . . . Lihat deh sob, Bagaimana Roda Belakang Yamaha M1 begitu memperoleh perhatian Penting  . . Kira Kira Buat apa sensor sensor tersebut ?

MBtech - TMC sep16

Perkiraan tmcblog, disinyalir Sensor sensor tersebut punya tugas untuk memberitahukan informasi temperatur di 5 bagian dari ban yakni

Cara kerjanya seperti apa ? hmmm sampai saat ini tmcblog baru menduga bahwa cara kerja dari sensor sensor tersebut kemungkinan mirip dengan cara kerja dari termometer infra merah yang biasa kita temukan dalam bentuk seperti senjata api ( temperature gun ). Dengan 5 sensor temperatur tersebut, Team dapat dengan tepat dan bahkan real time jika datanya dapat di hadirkan via telemetri yang online mengenai temperatur dari 5 titik permukaan ban belakang yang dipakai oleh pebalap.

pict : http://www.motorsportmagazine.com/

Dan Info mengenai temperatur ini dapat dengan lebih pasti membantu team menganalisa style riding dari pebalap, daya gerus asphal ke Karet ban ( durabilitas ban) , sampai memberikan data lebih lengkap mengenai efek spin ban belakang yang berlebihan terhadap durabilitas ban  . . data data tersebut juga akan berguna bagi Michelin untuk mendevelop ban yang lebih pas buat gelaran MotoGP ke depan . . pokoknya ini semua menyangkut Bagaimana Roda dan ban Belakang dari MotoGP begitu memperoleh perhatian Penting ! . . silahkan dikunyah kunyah sob . . Semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

EnglishHindiIndonesianJapaneseSpanishThaiVietnamese

 

Comments»

1. oncom - January 20, 2017

siap wak

oncom - January 20, 2017

Pertamax di amankan

2. oncom - January 20, 2017

Podium 2

3. oncom - January 20, 2017

Podium 3

4. ebiethok - January 20, 2017

sadis

5. ebiethok - January 20, 2017

sadis tenan

6. orang awam - January 20, 2017

bener-bener laboratorium berjalan

7. dave - January 20, 2017

luar biasa,, team laen pake sensor itu jg ga ya?

Pengamat komentar - January 20, 2017

Jelas pake lah bro.. hhhhhh cuma sekedar sensor mesti semua hampir sama bro

8. Muke Gile - January 20, 2017

Apakah data sensor ini bisa jadi salah satu patokan buat crew ngasih kode (BRK/Rossi) ke Rider untuk saat race berlangsung..??.. ..

9. M3 - January 20, 2017

suzuki serius kyaknya..
udah ada bannernya…

10. bom panci ngapusi - January 20, 2017

biar gal egol wak…

11. dehardy - January 20, 2017

tyre sight sensor ?? klo memang sensor ini di buat/ di pasang oleh pihak michelin kemungkinan semua motor pakai sensor ini utk mencari data2 atau kualitas dr ban dsb. dan klo sensor ini di buat/di pasang oleh team tertentu kemungkinan utk mencari data2 telemetri di turn left cornering, straight dan turn right cornering imho ya 😂😂😂

12. killbill1 - January 20, 2017

selain brake pad, karet roda itu bagian paling tersiksa dari semua komponen motor balap

13. Heru Tebe - January 20, 2017

Makin cakep aja dah teknologinya… so ga akan ada cerita lagi ban michelin yang rompak akibat over heat atau salah pilih ban hehehe

numpang share yang kang Taufik : http://terasbiker.com/2017/01/19/pasang-hugger-buat-si-vario-kecil-sih-tapi-banyak-manfaatnya-sob

14. Lupa Bernafas - January 20, 2017

Bisa sensor suhu bisa sensor tingkat keausan ban. Jika mengacu pada penggunaan infra red. Ada thermometer ada pengukur jarak (semacam long distance meter) yang bisa mengukur tingkat keausan karet ban.

15. paman tang - January 20, 2017

lhah wong di motor normal aja ban belakang yg lebih cepet aus kok…makanya dapet perhatian penting…kalo pake ban dalem,,yg lebih sering bocor ya ban belakang *maaf kalo salah*

16. ardiantoyugo - January 20, 2017

teknologi super canggih ada di situ…

2017 tahun kebangkitan Suzuki: http://wp.me/p7LBn5-2p5

17. Cak Sur - January 20, 2017

Beh.. Jan njelimet tenan arep balapan
Joss ae wes

18. DaJo - January 20, 2017

hmm keren.

19. pembalap kampung - January 21, 2017

teknologi sudah lama,kenapa musti heran?
ada tuh produksinya driven namanya mantis salah satunya.
ini juga dipasang di ban depan dan exhaust
infrared temp gun sudah ada sejak tahun 2000.
lihat videonya di :https://youtu.be/srdpyeMxRFg?t=45



%d bloggers like this: