460x110-indent-now

pict : Michelin

TMCblog.com – Bro seklaian, Foto di atas yang diprovide oleh Michelin memperlihatkan sesuatu hal yang mungkin lepas dari perhatian kita di musim 2016 yang lalu. Di foto yang dijepret selagi gelaran MotoGP Motegi Jepang 2016 yang lalu di atas, pada  Daerah swing arm Yamaha M1 Yamaha Movistar terlihat paling tidak secara visual ada 5 sensor dua di kiri, dua di kanan dan satu di tengah . . . Lihat deh sob, Bagaimana Roda Belakang Yamaha M1 begitu memperoleh perhatian Penting  . . Kira Kira Buat apa sensor sensor tersebut ?

MBtech - TMC sep16

Perkiraan tmcblog, disinyalir Sensor sensor tersebut punya tugas untuk memberitahukan informasi temperatur di 5 bagian dari ban yakni

  • 2 sensor Bagian Bibir paling pinggir luar Kanan dan Kiri ( A dan E )
  • 2 sensor Bagian Kanan dan kiri ( B dan D )
  • 1 sensor Bagian tengah dari Ban ( C )

Cara kerjanya seperti apa ? hmmm sampai saat ini tmcblog baru menduga bahwa cara kerja dari sensor sensor tersebut kemungkinan mirip dengan cara kerja dari termometer infra merah yang biasa kita temukan dalam bentuk seperti senjata api ( temperature gun ). Dengan 5 sensor temperatur tersebut, Team dapat dengan tepat dan bahkan real time jika datanya dapat di hadirkan via telemetri yang online mengenai temperatur dari 5 titik permukaan ban belakang yang dipakai oleh pebalap.

pict : http://www.motorsportmagazine.com/

Dan Info mengenai temperatur ini dapat dengan lebih pasti membantu team menganalisa style riding dari pebalap, daya gerus asphal ke Karet ban ( durabilitas ban) , sampai memberikan data lebih lengkap mengenai efek spin ban belakang yang berlebihan terhadap durabilitas ban  . . data data tersebut juga akan berguna bagi Michelin untuk mendevelop ban yang lebih pas buat gelaran MotoGP ke depan . . pokoknya ini semua menyangkut Bagaimana Roda dan ban Belakang dari MotoGP begitu memperoleh perhatian Penting ! . . silahkan dikunyah kunyah sob . . Semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

 

21 COMMENTS

  1. Apakah data sensor ini bisa jadi salah satu patokan buat crew ngasih kode (BRK/Rossi) ke Rider untuk saat race berlangsung..??.. ..

    Guest
  2. tyre sight sensor ?? klo memang sensor ini di buat/ di pasang oleh pihak michelin kemungkinan semua motor pakai sensor ini utk mencari data2 atau kualitas dr ban dsb. dan klo sensor ini di buat/di pasang oleh team tertentu kemungkinan utk mencari data2 telemetri di turn left cornering, straight dan turn right cornering imho ya ???

    Guest
  3. Bisa sensor suhu bisa sensor tingkat keausan ban. Jika mengacu pada penggunaan infra red. Ada thermometer ada pengukur jarak (semacam long distance meter) yang bisa mengukur tingkat keausan karet ban.

    Guest
  4. lhah wong di motor normal aja ban belakang yg lebih cepet aus kok…makanya dapet perhatian penting…kalo pake ban dalem,,yg lebih sering bocor ya ban belakang *maaf kalo salah*

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here