460x110-indent-now

TMCBlog.com – Bro sekalian, Cukup menarik melihat aksi aksi yang dilakukan Ducati saat pengetesan Privat Di Sepang selama 3 hari bersama dua test rider mereka Michele Pirro dan Casey Stoner.  . . Di awal pengeetsan kita sempat dibuat kepo oleh penampakan ‘salad box’ di samping end Muffler Ducati GP17 yang awalnya sempat disinyalir sebagai part yang berhubungan dengan patent Drawing Jet engine Ducati yang baru. Namun Via Crash.net Gigi Dall Igna menampik hubungan antara ‘salad box’ dan patent Drawing Jet engine Ducati yang baru seraya berkata bahwa ‘ arahnya saja ( Patent dan Saladbox )  sudah berbeda ‘

MBtech - TMC sep16

Untuk Sobat ketahui sinyalemen awal ‘salad box ‘ mengarah ke patent Drawing Jet engine Ducati adalah karena pemikiran out of the box yang berfikir bahwa pembalikan arah semburan dari jet ( dalam hal ini exhaust) bisa membuat  sebuah gaya ‘rolling’ sendiri yang bisa dimanfaatkan untuk melawah afek wheelie ban depan yang awalnya bisa di antisipasi oleh Winglets ( cek gambar di bawah ) . . so  awalnya rumor patent Drawing Jet engine Ducati adalah sebagai anti wheelie yang akan menggantikan winglet depan . ..  lumayan smart . .

Namun sayang seperti yang tmcblog ceritakan di awal paragraf . . Gigi Dall Igna menampik hal tersebut . . atau jangan jangan belum mau dibuka semua ?? 😀

Hal kedua yang bisa tmcblog simpulkan dari foto foto yang dishare Sobat Jurnalis MotoGP Peter McLaren dan Juga sempat di kupas oleh Giorno di Blog Manziana adalah hadirnya berbagai macam sensor yang Giorno Katakan sebagai COSO  . . pada dasarnya ini adalah sebuah Non-Contack Optical Sensor yang bekerja sangat teliti dan bertugas mengukur perubahan jarak yang dihasilkan saat sebuah kendaraan bergerak dinamis 0-250 km/jam . . Bisa bayangin lagi lari 200 km/jam lalu jarak lendutan swing arm bisa kebaca  . . apa nggak keren itu sensornya sob . ..

Tercatat ducati meletakkan sensor sensor ini di :

🙄 bagian tengah dari Motor

🙄 bagian belakang dari GP17 . . dan juga di beberapa foto disinyalir jarak antara body di subframe dengan permukaan ban . . . Lha ini apaan sob ? . ..  Perkiraan tmcblog dalam privat test ini ducati ingin sebanyak banyaknya mengetahui behaviour gerakan dari masing part gerak/ kaki kaki dengan sangat sangat super duper teliti . . mereka ingin tahu sekecil kecilnya detail perubahan gerakan terhadap setiap setingan yang dilakukan. Jadi alat alat ini ( COSO) bukanlah sebuah antiwheelie, namun merupakan sensor alat bantu untuk mengetahui efek anti wheelie, kehadiran ‘salad box’ dan perbedaan sasis, fairing yang dilakukan Ducati di awal Musim ini  . . semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

 

 

 

 

23 COMMENTS

  1. Kemungkinan Ducati melakukan itu guna membuat si Desmo nurut sama Jorge mengingat gaya balap dia unik yaitu saat di apex dia sudah membuka gas kecil.

    #NgawurOpinion

    Guest
  2. Feeling saya salad box isinya semacam flywheel/bandul yg berputar dgn bantuan aliran tekanan gas buang, sedangkan optik sensor membantu menetukan kemiringan poros flywheel jadi ‘salad box’ kemungkinan mirip dgn gyroscope fungsinya membantu kontrol traksi saat kecepatan tinggi terutama menjelang tikungan.

    Menurut saya tahun ini Ducati masih konsisten setting mesin topspeed dgn mengunakan tool tambahan ‘salad box+optik sensor’.

    Guest
  3. sepertinya ducati ini semenjak turun ke motogp dan champion di 2007 lewat CS27 rentang 2007-2016 ini baru sekali juara seri lewat AI29 tidak sebanding dgn cara mereka yg terus melakukan research mekanisme teknologi yg blh di bilang wow banget (mekanisme robotic) mereka blom mendapat hasil maksimal dalam prestasi dgn gelontoran dan research yg….ahh gk kebayang (opini)

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.