460x110-indent-now

TMCBlog.com – Bro sekalian, kita sudah sama-sama menyimak jalannya sesi uji coba pra-musim MotoGP atau yang lebih sering disebut dengan Winter Test MotoGP, di Sepang selama tiga hari sejak 31 Januari sampai pada hari kemarin tanggal 1 Februari 2017. Ternyata seru banget sob ketika kita bisa jadi salah seorang yang pertama mengetahui teknologi baru yang dipakai oleh team di musim kompetisi yang segera berjalan. Saya sendiri gak menyangka bisa melihat perkembangan terkini dari mesin-mesin balap prototype kelas dewa. Eh lebay, kelas premier maksudnya. Seperti contoh, saat pertama mendengar secara langsung dengan kuping kepala saya sendiri, raungan mesin terbaru Honda dan juga saat melihat fairing ‘concealed winglet’ nya Yamaha Movistar. Rasanya tuh berbeda, terlebih lagi situasi di Sepang tidak terlalu ramai seperti pada saat Race Day berlangsung. Padahal nih ya, masuk ke Sirkuit saat winter test kemarin itu ternyata GRATIS TIS TIS…. Lah kok bisa?!

MBtech - TMC sep16

Terus terang saja, TMCBlog baru tahu kalau masuk trek Sepang selama sesi test pra-musim itu gratis sob. Awal ceritanya tuh begini. Pemandangan dari ruangan Media Center sirkuit telihat ada lumayan banyak orang yang menonton di main grandstand, yang memang seberang-seberangan dengan media center SIC (lokasi ada di atas paddock). Dari situ yang muncul dalam benak saya adalah, bereapa harga masuk tiket untuk menyaksikan winter test? Kalau tiket saat race day kita semua bisa tahu lewat website resmi MotoGP ataupun travel agent yang biasa menyediakan paket wisata ke Malaysia.

Ketimbang kepo terus-terusan, maka berangkatlah saya dari media center ke pintu utama SIC yang jaraknya lumayan jauh. Jauh karena kita harus mengitari sisi luar trek, terlebih lagi pintu paddock berbeda dengan pintu publik. Yang pernah ke Sepang pasti tahu deh. Untungnya TMCBlog dapat pinjaman Kawasaki Z125 yang memudahkan jika harus mobile kesana kemari. Tiba di pintu utama saya tanya-tanya dengan officer disana, dan mereka bilang “It’s free of charge” . Baru tahu sob, beneran deh saya itu baru tahu kalau nonton MotoGP saat test itu gratis.

Ada “tapi” nya nih, yang gratis itu hanya bagian main grandstand ya. Jadi untuk sektor tribun dan hillstand tidak dapat diakses sama sekali saat sesi uji coba. Itu pun sudah lebih dari cukup, kalian yang mau lihat pebalap idola tinggal bermodal teropong atau kamera, lalu pilih bagian tribun utama mana yang paling dekat dan paling enak untuk memantau kegiatan pebalap kesukaanmu. Bebas kok bawa kamera atau teropong, disana yang saya lihat banyak yang begitu. Dan juga tidak dibatasi, kalau mau bawa sanak saudara sekalian juga tidak ada yang melarang. Satu lagi, bawa makanan dan minuman sendiri ya kalau kalian ingin menonton sesi Winter Test di Sepang, karena area mall tidak ada yang berjualan sama sekali. Beda dengan di Indonesia yang mungkin ada pedagang colong-colongan masuk berjualan atau nempel di pagar untuk menjajakan air atau mie instan.

Lepas dari bagian tribun utama dan mengitari sirkuit, saya kembali ke media center yang melewati paddock semua team. Mata melihat banyak juga fans yang berkerumun di dekat pintu paddock sisi belakang. Jadilah saya menanyakan hal yang sama. Dan jujur, jawaban mereka bikin saya cukup kaget. Karena beberapa ada yang memang bagian dari undangan, ada juga yang bisa memperoleh akses milik temannya yang seorang jurnalis lokal namun berhalangan datang ke SIC. Dari dua jalur tersebut, ada juga (bahkan mungkin banyak) yang masuk melalui jalur “orang dalam”. Bermodalkan ‘fee’ sebesar ratusan sampai 1,000 Ringgit Malaysia, mereka bisa mengakses bagian bagian belakang paddock selama sesi test berlangsung di tiga hari itu. Fans yang saya tanyakan bilang, semua ada resikonya, kalau sampai ketahuan oleh pihak official pasti ada denda atau mungkin juga sekalian punishment. Ada keuntungan dan kerugiannya sob, saya sih tidak merekomendasikan cara terakhir ini karena selain dari akibatnya yang pasti terbilang tidak main-main, uang yang kita keluarkan itu terhitung besar, sekitar 3 juta jika di-rupiah-kan.

Jadi, Winter Test Sepang di tahun depan, silahkan kalian semua datang ke Sepang, boleh pilih “jalur” yang mana saja selama kalian merasa nyaman dan aman. Modal tiket pesawat, penginapan dan ongkos untuk transportasi ke trek sih udah puas nengokin rider idolamu semua selama tiga hari. Minta tanda tangan atau mau foto bareng rider MotoGP atau mekanik masing-masing rider sih silahkan banget sob.

NB: Bagian belakang paddock sangat terbatas untuk diambil gambarnya.

 

Nugie TMCBlog

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

39 COMMENTS

  1. Kalo di indonesia,masuk skitaran stadion buat pacaran ud dipungut biaya wak..orang indonesia itu kreatip dlm urusan cari duit

    Guest
    • Apalagi presiden skrg, kreatif banget buat pungli berkedok membantu pemasukan negara akibat defsit apbn wkakwkakw

      Guest
  2. ciri-ciri orang dalem atau cara negonya gimana ya? sayang 3 hari itu pelaksanaan selalu hari kerja kantoran,knapa ya bukan week end?…(curhat mode on; kehabisan jatah cuti)

    Guest
  3. Pdahal gratis kok sepi ya di sini berita blognya ja rame pa lagi bisa liat langsung pemblap dan suara motornya dijamin penonton berjibun pa lagi gratis…

    Guest
  4. ngapain muter wak.. kan bisa nyeberang jalan kaki lewat tunnel dibawah straight..
    kalo ga salah turunnya deket exit pitlane.. hehehehe.. 😀

    Guest
  5. ngapain muter wak.. kan bisa nyeberang jalan kaki lewat tunnel dibawah straight line..
    kalo ga salah turunnya deket exit pitlane.. hehehehe.. 😀

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here