TMCBlog.com – Bro seklaian, beberapa Hari yang lalu ada Emal Masuk ke tmcblog dari Bro M Nurdin Ismail yang isinya bercerita tentang masalah yang sempat ahdir menimpa salah seorang rekannya pemilik Suzuki GSX-R150 terutama masalah Keyless Keynya . . . Beliau bercerita sebagai berikut  . . ” Temen saya belum genap 1 bulan meminang gsx, hari sabtu kemarin dia pergi kerumah mertua pake mobil, namun remote gsx kebawa karena disimpan di jaket, entah gimana kejadiannya remote tertinggal di rumah mertua (subang) teman saya di Bandung. ketika senin pagi teman saya baru sadar remote nya ketinggalan dan otomatis motor gak bisa nyala, karena remote hanya di kasih 1 sedangkan kunci ada 2, tapi apa daya kunci tanpa remote motor tetap tidak bisa nyala. akhirnya teman sya ngantor pake gojek. Hari ini remote udh sampe rmh karena di kirim via ekspedisi, namun masalah belum selesai, ternyata batre remote HABIS dan motor gak bisa dipake lagi. gak kebayang kalo lagi touring batre habis, mesti nyari dulu toko yg jual batre. Dan ini sempet saya tanya ke marketing suzuki ketika ada pameran tapi mereka gak bisa jawab ” . . . Pertanyaan ini tmcblog Forward Ke SIS dan Suzuki pun memberikan jawaban resminya sebagai berikut sob  . . .

Q&A Keyless:

Tanya : Ketika membeli Suzuki GSX-R 150 konsumen mendapat berapa remote dan diberi kunci cadangan juga? Berapa jumlahnya?

Jawab : satu buah remote dan satu buah anak kunci. Di dalam remote terdapat ID number rahasia yang perlu diingat / dicatat oleh pemilik.
Pemilik bisa membeli remote tambahan di Dealer Suzuki dan memasukkan kode ID remote yang baru ke dalam system GSX-R150. Dalam hal ini pemilik perlu ke Dealer Suzuki untuk mengeset ID number remote yang baru.

Tanya : Untuk penggantian baterai remote, bisa dilakukan sendiri atau sebaiknya dibawa ke bengkel resmi Suzuki?

Jawab : penggantian baterai remote sangat mudah dan bisa dilakukan pemilik sendiri. Caranya dengan membuka tutup remote menggunakan obeng minus, setelah tutup remote terlepas maka langsung terlihat baterai, tipe battery adalah : Button Battery CR2032

Tanya : Bagaimana pengoperasian GSX-R 150 untuk bisa menghidupkan mesinnya ketika remote hilang atau tidak berfungsi?

Jawab : GSX-R150 bisa dioperasikan dengan memasukkan kode rahasia ID number pemilik dengan cara menekan knob. Dalam hal ini pemilik perlu menghubungi Dealer / Halo Suzuki supaya dipandu langkah-langkahnya. Dealer / Halo Suzuki akan memverifikasi terlebih dahulu pemilik GSX-R150 tersebut.

Tanya : Ketika remote hilang atau dicuri, pemilik khawatir remote dipakai untuk mencuri motornya. Nah bisa kah remote ini dinon aktifkan? Kalau bisa bagaimana caranya?

Jawab : bila remote GSX-R150 hilang, maka ID number remote tersebut bisa dihapus dari system GSX-R150. Dalam hal ini pemilik perlu menghubungi Dealer / Halo Suzuki supaya dipandu langkah-langkahnya. Dealer / Halo Suzuki akan memverifikasi terlebih dahulu pemilik GSX-R150 tersebut.

Tanya : Keyless Ignition ini hanya utk pengaman, menghidupkan mesin motor? Keyless Ignition kerhubung ke kabel listrik di aki dan massa?

Jawab : Keyless Ignition selain pengaman, juga kepraktisan pemilik dalam mengoperasikan motornya. Ya, terhubung ke battery / aki. Bila koneksi ke battery terputus, maka knob switch otomatis akan terkunci dan motor tidak bisa diaktifkan, hal ini sebagai pengaman kalau ada pencuri yang mencoba memotong kabelnya.

Tanya : Keyless Ignition mencocokkan  gelombang antara yang ada di switch utama dan remote. Dalam mebaca gelombang ini apakah menggunakan antena? Bila ada posisi antena dimana Pak?

Jawab : Ya menggunakan antenna yang berada di bawah jok tempat duduk. Radius antenna ini adalah 1 meter. Sedangkan answer back system radius 20 meter.

Tanya :  Keyless Ignition System apakah dijual ? Sebab  Biasanya bagi yang senang modifikasi ingin pasang ke motornya yang belum dilengkapi supaya keren seperti GSX-R150. Bila dijual berapa harganya?

Jawab :Ya dijual. Tetapi karena dirancang untuk GSX-R150, Suzuki tidak menyarankan diaplikasikan untuk tipe selain GSX-R150. Harga komponen akan diinformasikan ketika launching bulan Februari nanti.

Taufik of BuitenZorg

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

 

94 COMMENTS

    • Aneh bgt byk yg bilang ribet. Ribet dr mana cb?? Klo motor lain model kunci biasa trus kuncinya ketinggalan jg sama aja kan ga bisa dinyalain?? Klo masalah remote cadangan kan udah dibilang bisa beli lg di dealer. Klo masalah baterai emang agak aneh masa br sebulan habis. Mungkin ada cacat baterainya. Gw sih yakin engineer suzuki udah ngitung harusnya baterai bisa tahan lama lbh dr setahun.

      Guest
    • Yg bilang ribet orang udik bin kampungan pekok. Ketahuan gk punya mobil. Orang susah diajak maju cuma bisa protes bin otak oplak.

      Guest
    • Wakakakakkakakak.. ente gagal paham broo.. yang dibawa cukup remot aja.. knop/anak kunci ngapain dibawa bawa ? ? Itu juga remot bisa dimasukin ke tas, nggak perlu keluar masuk kantong kayak kunci biasa. Yang penting jarak nggak lebih dari 1 meter.. malah lebih praktis. Ribetnya dimana ??

      Guest
  1. reibet.. pas touring,, remut hilang signal ga ad (lagi di puncak), trus pas ad signal pass telp pulsa tiba2 habis.. naah,,, apes bner kyaknya yg punnya… …

    Guest
    • Caranya itu remote nggak usah keluar masuk tas.. ditaroh di tas aja.. lagian kalo pas pake kunci biasa, terus ilang, nggak ribet ? Ya tetep ribet wakakakakak.. duuhh…

      Guest
  2. Mau tanya, itu baterai kenapa bisa udah habis? Padahal baru Sebulan loh?
    Dan anggep aja umur baterai remote sekitar 1-2 bulan, tapi malah cepet banget habisnya?

    Guest
    • emang ente kira keyless motor gak bisa ilang? itu cuma menimalisir doank cung. motor ente tetep bisa didorong ma yg nyuri, banyak kalo ente rajin nonton video, motor gak bisa hidup tapi kunci stang dah patah motor tetep didorong. koplal loe. orang orang kaya loe yg motornya kebanyakan ilang.

      Guest
    • @sales kaoskaki a.k.a anigaV ciyeeee.. udah biasa ya cung? Hahahaha.. motor atlit apa kabar cung ? Masih ada ? Kiloin lah.. wakakakakak

      Guest
  3. Tugas dealer menjelaskan dengan detail sebelum motor di kirim ke konsumen, sekaligus melakukan register dan mengajari cara menghidupkan motor dalam keadaan darurat/batt remote habis.

    Guest
  4. wak haji tolong tanyain dong ke suzuki tentang GSX S 150 apa bisa dipasangi imobilizer punya GSX R 150 dan PNP engga?

    Guest
  5. Aneh ah, masa kunci keyless doang ga sampe sebulan habis
    Sy pake ford ecosport titanium matic udah hampir 2 taun biasa aja tuh, pake smartkey padahal

    Guest
  6. Agak ribet mungkin kedepan pake input manual aja tanpa kunci seperti hp pakai pin
    Tinggal pencet saklar elektrik masuklan pin baru mesin nyala

    Guest
  7. keren deh, praktis dan aman, kek bawa mobil, nyaman sama skali ga ribet ko bro… itu batt awet kok, klo di mobil sih biar tambah awet, remotenya jgn disimpen tll deket sama mobil parkir soalnya itu mancar signal terus, klo jauhan sinyal putus otomatis transmiter di mobil atau di remote ga nyari/ connect, gt sih.. tau deh klo di motor ini, mungkin sama

    Guest
  8. ya ribet c jadinya,,
    apalagi kalo orang nya pelupa gt jg,,
    nah yg bikin lebih ribet lagi,,
    kalo ngehubungi dealer terus bertele2,,
    atw kejadian nya malem2,,
    emang ada yg 24jam?

    Guest
    • Pendekar itu kan buat mobill ya jelas komponen ada beda batrei juga ada beda…ribett mmg ini…apa lagi kalo lupa ..tanya terus sama halo suzuki ..pas lgi asik turing ehhh ilangg …jauh kota jauh Desa …gimana yaa ? Hihi

      Guest
    • Hoax bijimu
      Udah jelas ini faktanya ada
      Mungkin batre yg ini termasuk batre yg cacat atau produk lama

      Guest
  9. Itu gimana ceritanya Batre abis .. cepet amat..??? belum ada 2 bulan

    Naas juga baca kronologisnya :
    Motor ada Kunci nya ketinggalan..
    Kunci ada batre nya abiss..

    next Kunci ada batrenya baru.. motor bensin Tak ada ? ? amit amit amit.. heheh..

    Guest
    • Biasa bro cerita karangan titipan redaksi. Yg penting info bermanfaat. Paling yg nanya org suzuki sendiri biar keluar artikel ini.

      Guest
  10. Paling enak simpel dan aman ya pake keylles yg tetap ada kunci immobilizer yg di tanam chip di anak kuncinya..dalam keadaan darurat…kunci bisa di pake..!

    Guest
  11. bener ya motor jadi gak rawan dicuri. tapi kan buka jok belakang sama buka tangki pakai knob nya itu yang berfungsi kayak kunci biasa. bisa diambil donk bensin dan jok belakangnya?

    Guest
  12. Ribet karena belum terbiasa…kedepannya semoga ada aplikasi nfc untuk kondisi darurat, jadi tinggal pasang app di android terus tinggal tempel deh…mirip sbike di seri J 2016 nya samsung…
    semoga petinggi sis yg baca saran saya nih..

    Guest
  13. wah, itu beneran udah 1 bulan pakai GSX?
    kayaknya heboh2 delivery unit GSX baru 2 minggu wak.
    lagian masa 1 bulan udah habis baterai.
    Baterai tv saya aja bisa tahan minimal 3 bulan.

    HOAX mungkin tuh wak.

    Guest
  14. 14. pendekar elus dada – February 8, 2017

    buat yang bilang 1 bulan habis batrenya itu HOAX banget lah.
    saya pake mobil tahunan tahan.
    ==========================
    “saya pake mobil tahunan tahan. ”

    Ya itu kan mobil, ini motor bro. baru tahun ini di Indonesia, motor produksi lokal ada fitur keyless. Wajar kalo masih ada cacat macam baru 1 bulan udah abis batrenya.

    Lagipula yang merasakan langsung kejadian batre abis belum genap 1 bulan itu pemiliknya kok. Jadi kecil lah kemungkinan kalo mau HOAX.

    Jadi kesimpulannya ya PT. SIS harus memperketat QC mengenai remotenya. Jangan sampai kejadian seperti belum 1 bulan, batre udah abis, terulang kembali. Sekalian juga kasih edukasi terhadap pemilik agar batre bisa lebih awet bila memang QC nya sudah diperhatikan.

    Oh iya, PT. YIMM juga harus perhatikan ya. Ambil pelajaran dari kasus ini. Jangan sama kejadian juga di XMAX.

    Guest
  15. Harus ada update tingkat lanjut. Minsalnya di motor harus ada tombol on off penerima sinyal. Begitu juga di remotnya biar sama2 awet batrenya. Berguna jika motor ga di pake dalam jangka waktu tertentu. Dari harus copot aki?

    Guest
  16. Amann anti maling bngt siii
    Mungkin blm terbiasa yak
    Napi ya itu ribett bngtt…kalo lagi pergi jauh remot hilang pas jauh desa atau kota pas lagi jalan jalan sinyal Hp susah misal ..mau call center halo suzuki ya ribett lagii…posisi udah mau menjelang sore / malam…..hadehh
    Harus pake baju kusus yak kayaknya baju yg ada saku di depan di Dada yg terasa terus ..simpan remotnya
    Battrei cepet habis mungkin sebab selalu terhubung sinyal nya remot dgn keyless nya jadi laju habiss …kudu banyak bawa battrei.

    Guest
    • klo sy sih pake snap hook yg pk screw (carabiner) aja bro tinggal kaitin di ikatan ikat pinggang, ga akan lepas, hehehe.. belum terbiasa, sm blom nyobain jd suka aga parno kek gw dl, pdhal sih klo ud biasa nyaman banget. btw klo di mobil ada suara bip.. bip.. bip.. bberapa kali, klo remote menjauh atau diluar jangkauan, mungkin kedepannya ada tambahan gitu.

      Guest
  17. belum ada sebulan batre remot habis…??

    ah paling juga karena keseringan dipake buat coba2 atau showoff sama temen2nya ttg sistem keyless ini…maklum motor baru kan banyak yg penasaran

    Guest
  18. kaya di vespa piaggio yah,,, maksudnya ada chip nya gtu…bagus lah motor sekarang mang harus gtu…kunci coklat buat reset id number, kunci biru buat dipake…yah tapi itu jangan sampe ilang…dikasih gembolan yang kerasa kalo jatoh atau gampang nemuinnya…kalo gw pribadi,,kunci motor terkait dengan, ada 4 kunci gembok alarm, 1 kunci rumah, dan satu id masuk parkiran…hehehe,.,,,kebayang gemriciknya…

    Guest
  19. @muke gila…

    Naas juga baca kronologisnya :
    Motor ada Kunci nya ketinggalan..
    Kunci ada batre nya abiss..
    next Kunci ada batrenya baru.. motor bensin Tak ada
    ntar ada bensin…motor belom beli
    motor ada, kunci siap bensin ada…belom punya kecengan alias jones
    apalgi ntar..

    hahaha

    Guest
  20. keyless anti maling? meminalisir kali. koplak kalo bilang keyless anti maling. liat video pembobol motor, motor gak bisa hidup kalo kunci stang patah tetep aj didorong tuh motor n biasa ad temannya.

    maling paling males nyuci motor yg rodanya di gembok, krna buat lama. perhatikan aj di video2 maling motor, mereka pasti dek roda depan n belakang buat ngecek digembok atau kagak.

    Guest
  21. Di Balikpapan-KalTim nih GSX-R dah nongol, Tapi cuman biru sama hitam matte (doff).
    Yang biru asli kinclong abis, yang hitam doff kayak motor buluk Dan gak terawat. Padahal saya naksir warna hitam doff ini, karena saya kira seperti warna merk sebelah.
    Tapi kayaknya yang dikirim ke dealer-dealer baru GSX-R, padahal saya justru pengen lihat dan coba duduk diatas yang GSX-S.
    Tinggal ganti tampilan seperti motor adventure, atau bikin bodywork buat fairing yang lebih berkelas, sesuai kreativitas dan desain yang sesuai tuntutan zaman.

    Guest
  22. Sangat aneh kalo cuma 1 bln batrei habis. Atau sama suzuki kurang kontrolnya sehingga dikasih/terisi batrei bekas (sdh pernah digunakan untuk percobaan atau tester).
    Soalnya remote motorku 1,5 tahun baru ganti batrei. Setidak-tidaknya ya yg model keyles mungkin 8bln baru batrei hbs.

    Sekedar saran juga, sebaiknya suzuki itu memberi 2 buah remote seperti halnya kalo kita pasang alarm motor juga dapat 2 remote sehingga kalo ada apa2 ada cadangannya.
    Saya kalo keluar malah selalu bawa 2 kontak dan 2 remote buat jaga2

    Guest
  23. Seharusnya key nya pake RFID passive. Scannernya terletsk di motor jadi ga perlu ganti battre. Code pada RFID passive kan bisa di program

    Guest
  24. Makanya kuncinya gantungin sama dompet stnk, kalau masih ilang juga itumah gimana orangnya aja hehehe. harusnya dealer kasih kunci cadangan atau engga pas beli langsung disaranin beli kunci cadangannya

    Guest
  25. Udah ada yang verify kalau batere benar2 habis? Ada yang sudah pegang batere bekas nya? Ada yang sudah mengecek apa memang benar sudah habis?

    Ini isu bola liar, batere nya belom habis, tapi user berandai2 kalau batere habis bagaimana. Titik. Stop press.

    Ngga setuju berarti kamu pengkhianat NKRI.



    Opoohh…

    Guest
  26. agak ribet sih, semisal remote hilang waktu touring.. trus kemudian pulsanya abis, lalu yg terakhir dealernya tutup dan udh diganti buat org jual martabak?trus kalok kayak gitu kasusnya si oemilik kudu piye ???saat2 seperti itulah jaringan dealer sangat diperluin.. mangkanya yamaha sm honda bisa terus bertahan sampe sekarang, karna memang jaringannya mudah, dealer2 gak ada yg tutup, semisal motor trouble bisa di bawa ke beres terdekat? lha ini si juki masalahnya dealernya banyak yg udh tutup? susah banget daahh? semoga next bisa di perbanyak lagi dealernya?

    Guest
  27. Mungkin belum terbiasa, bagi yang belum pernah punya kendaraan (mobil/motor) dengan sistem keyless tolong jangan asal komen aja. Pelajari dulu kelebihan dan kekurangannya. Namanya teknologi buatan manusia pasti ada kekurangan, tapi dibandingkan dengan sistem kunci konvensional ya beda jauh lah. Kalau perlu coba pinjam atau test kendaraan punya teman atau di dealer biar tau rasanya keyless itu gimana.
    Saya juga pernah ngalamin kok, batere remote habis, ga bisa buka pintu, apalagi mau nyalain kendaraan. Tapi ada solusinya dan masalah selesai, ga pake ribet. Peace… 🙂

    Guest
  28. # Pertanyaan diatas sifat nya TEKNIS
    # nah gw ada pertanyaan yang sifat nya SAFETY
    # GSX R posisi sedang jalan kenceng/ touring..
    # Nah kan kunci di kantongi, bertepatan ketika batere HABIS
    # Pertanyaan nya :
    1.Apakah MESIN akan MATI seketika, karena sinyal MATI?
    2.Apakah Mesin tetap hidup, sampai di matikan, baru nanti tidak bisa hidup karena tidak dapat sinyal dari KEY?

    #Kalo jawaban nya no 1. –> Apakah ada resiko pengendara akan terkungkal karena tiba2 Engine Break ? berhubung ga ada slipper cluctch nya?

    # Mohon di tanyakan Wak kepada Suzuki
    # Thank

    Guest
    • Saya bantu jawab ya
      No.1 : mesin tetap nyala, jalan normal.
      No.2 : ya betul, ndak bisa starter

      Guest
    • mungkin semacam remote TV..

      kalo lagi asik nonton tetiba batre remote abis, Gak serta merta TV jadi mati Off..CMIIW cuma Gak bisa pindah channel aja..

      Guest
  29. pelajari cara nyalakan mtor tanpa remot..
    di hapal sehapal-hapalnya..
    trus remotnya simpen d rumah..
    jdi tiap nyalain motor pke kombinasi kode yg ribet itu..
    walo ribet, tetap tenang biar remot ktinggalan :v

    Guest
  30. Mau kendaraan bagus n sdkit aman,tpi modal beli remot keyyless cadangan ra mampu…
    JANGAN KELIATAN KISMIN YG PENGEN WAH.

    Guest
  31. sbnernya simple, semua pasti ada kendala gmn tinggal elo menyikapinya…spt hal nya injeksi..dua kali gw ke abisan aki di vixion ama vespa, lo bayangin lagi ngelaju sedang pas mo nyebrang tiba2 matot, yang kedua motor mo dihiupkan gak ada power sama sekali, ada KS,,,gak guna…hehehe, tapi hanya sekali atau dua kali dalam 4 tahun make motor…

    ini juga mungkin pernah ada saat puyeng ama remote, tapi kesini2 semua motor pasti begitu…

    Guest
  32. Aslinya ga ribet malah canggih dan lebih aman,
    yang bilang ribet itu kampungan.
    makanya biar ga pusing takut lupa narok remote jadiin satu aja remote sama STNK dan dompet….
    jadi selama dompet dan STNK ada dikantong Anda sudah barang tentu motor bisa anda gunakan.
    JELAS
    oRANG Udik pake motor canggih ya ngeliatin malu maluin.
    diiiiiiiik udik
    diiiiiiiik uduk

    Guest
  33. Itu yg cerita kisah keyles Ignition System bukan motornya yang salah tapi orangnya.
    Salahnya dimana :
    1. salah sendiri remotenya ketinggalan di jaket dan kebawa mobil mertua yg jauh dari tempat, klo ga kebawa ke subang kan motor tetep hidup, knp nyalahin keyless motornya, trus klo anak kunci yg kebawa juga bisa dipake tuh motor.
    jadi mau anak kunci atau remote namanya kebwa orang ya pasti motor ga bisa dipake lah….aneh
    2. batery remote habis, duh duh bukannya sudah diinformasikan oleh dealer klo baterai mau habis kan ada tandanya, tru lagian knp ga prepare baterai cadangan 2 atau 3 biji tarok di dompet apa gmn….lagin baterainya murah pake banggggggeeeeeeettttttt 3 rebuan mas

    Guest
  34. Aq pke satria fu th 2014 pke tmbahan remotte anti maling asli dr suzukinya (rp.450rb). Dr th 2014- sekarang .. Posisi remote aq gbung am anak kunci jd klu hujan ya khujanan terus pasti. Aman smpai sekarang gag pernah ada msalah baterai hbis… Klu baterai hbis bru 2 bulan aneh itu.. 1:1000 remotte kale… Dan gag bs d bikin komentar … Krn tdk mwakili 15% pngguna remotte asli dr suzuki ..

    Guest
  35. yg udah biasa ngantongi kunci mobil pasti gak ngerasa ribet, malah merasa keamanan terjamin, lebih tenang dari tangan jahil

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here