TMCBlog.com – bro sekalian, Bulan Januari 2017 angka distribusi Sepeda motor yang dicatat oleh aisi adalah sebesar 473.879 unit.  jika dibandingkan bulan yang sama tahun 2016 lalu dimana angka distribusi penjualan mencapai 416.263 unit Perolehan ini  naik  sekitar 13,84 persen. Dari 473.879 unit Honda mendistribusikan penjualan menguasai 77,81 %, Yamaha Menguasai 19,86%, Kawasaki 1,56% dan Suzuki 0,74 % ( Data AISI Via Kompas otomotif )

Jika dilihat dari Segmentase jenis motornya skutik menyumbang 83,42 persen angka distribusi penjualan pada Januari 2017 lalu. Kemudian diikuti motor sport dengan persentase 9 persen . . Sedangkan Bebek sudah semakin tergerus angka distribusi penjualannya sob. . . berikut adalah data 10 varian Motor yang paling banyak terdistribusi di januari 2016 menurut data AISI Via Detik Oto sob

  1. Honda BeAT Series: 173.438 unit.
  2. Honda Vario Series (termasuk 110 cc, 125 cc, 150cc): 101.934 unit.
  3. Honda Scoopy: 47.927 unit.
  4. Yamaha Mio M3: 31.023 unit.
  5. Yamaha NMAX: 19.491 unit.
  6. Honda Revo: 13.773 unit.
  7. Yamaha Fino: 12.187 unit.
  8. Honda CB150R: 9.906 unit.
  9. Yamaha V-Ixion: 9.259 unit.
  10. Honda CBR150R: 7.513 unit.

Sedangkan di segmen 150 cc Sport Full Fairing  menurut data yang tmcblog himpunVia Kompas Oto terlihat yamaha mendistribusikan sebanyak 2.116 unit Sosok yamaha R15 . . . namun tmcblog masih ragu angka ini adalah angka distribusi New yamaha R15 155 cc VVA secara motor ini sepetinya belum mencapai status delivery ke KOnsumen . . wong bandrol List harganya sendiri belum ada sob . .. Sedangkan Menurut kompas GSX-R150 memperoleh angka distribusi penjualan sebanyak 1.552  .. ini artinya Penjualan GSX-R150 menyumbang lebih dari 40% distribusi penjualan suzuki di Bulan Januari 2017 sob

Taufik of BuitenZorg

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

 

89 COMMENTS

    • cbr150 dibc habis2 sm darmo cs tp laris pol…. cb150 jg lbh laris dr pigson…,…yameha tinggal berharap sm nmex n meong……
      ms yameha mkn turun dibawah 20%…
      sijuki kasihan ga beranjak msh dibawah 1% ms melaasss…!!!
      bang t#imomok cs hrs lbh keras usahanya ngunggul2 in yameha sm sijuki!!! tp ms mlh mkn terpuruk!!!

      Guest
    • Kenapa Hontha ahaem laris
      1. Kredit dipermudah + cicilan kalau ditotal lebih murah bunga leasingnya dari Yamaha dan Suzuki apalagi Kawasaki
      2. Konsumen mau update tiap 2-3tahun / cicilan lunas pasti ganti motor baru tergoda imannya makannya pilih hontha harga jualnya masih gk terlalu jatuh kecuali spacy,old cbr,cbr ahaem,cb150r,verza,nmp,blade,supra125/geter
      3. Bengkel umum bisa karena teknologi Honda paling inferior dan mesin Salome(satu lobang rame-rame) + bengkel umum binaan ahaem ada lah

      Guest
    • @joni

      Itulah kelakuan FBH, ada motor baru dari honda beli, ada baru beli lagi…..

      Ngga kaya kumpulan kaun tapir, yamehek bikin motor baru mikir, ada baru lg mikir, kebanyakan mikir jd kaga beli…..

      JASJESJOS BELIMAH KAGAK……????

      Guest
    • #joni biar yamaha dibuat mudah tetep aja konsumen pilih honda.konsumen paham lah mana motor yg sesuai dg keinginan plus berkualitaa..

      ??????

      Guest
    • @joni
      Sekarang ane tanya boss, kenapa pabrikan lain gak melakukan hal yg sama, apa takut disebut follower?

      Guest
  1. yg jadi pertanyaan kok market share CBR 150 masih stabil y diangka >6000 ,belum terpengaruh dg launching GSX dan pemberitaan masive new R15… sedang dilain pihak kue Nmax langsung terpengaruh akibat launching Aerox 150…yg jadi pertanyaan suzuki kok masih kalah dg kawasaki…

    Guest
    • Yg jadi pertanyaanya yg katanya sales blue tapir product jos tiada cacat kok konsiten gak lakunya sementara yg product cacat dan selalu kibul2 kok terusan laku menggila…padahal yg diatas itu maha adil.

      Apa yg beli pada begok hanya isi hati sales blue tapir yg mampu jawab.

      Guest
    • Huahahahaaa sekarang iya pass FBY team
      ( BLUE TAPIR ) Cocokkkk …jas jes joss di bantu di ALfamart..

      Guest
  2. Bulan Januari juga menandakan sinyal bahaya buat Yamaha…
    Pertama kalinya distribusi bulanan di bawah 100 ribu unit sejak 2007

    Bagi AHM, kehadiran Forza lokal + CRF 150 dijamin langsung melesatkan MS jadi 80% karena langsung mendapatkan minimal separuh dari penjualan Nmax

    Kalo mau sekalian YIMM dibantai, rilis sekalian Zoomer, Remix,Airblade 125, dijamin MS Honda tembus 85%

    Guest
  3. artikel yang sangat ditunggu fby

    😀

    team blue tapir cuma jualan hoax dengan beceannya…
    konsumen makin pinter aja, mereka tau mana motor hitech, value dan friendly

    😀

    gawat nih honda makin dicintai dinegeri ini, kasian nasib tetangga..

    Guest
  4. Abaikan data Aisi..!!!!

    Penguasa Sentul lebih baik dari data Aisi

    kate sape? ????

    Kate kaum smart & gahul…!!

    Oooh pantes

    Guest
  5. Tuhan Maha Adil kawan, Honda mungkin saat ini diatas tp yakinlah beberapa tahun lagi Honda akan terpuruk. Bisnis tidak pernah ada selama nya di atas.

    Guest
    • Kamu cerdas…andaikan sales2 punya semangat kayak ente BCan gendeng ala sales blue tapir gak akan ada..karena punya tuhan hidup kita akan tenang..

      Guest
    • kalo gitu brarti motor udah nggak laku lagi soalnya honda lebih mengakar di orang awam,transportasi umum makin memadai n lebih diandalkan orang2 kayak dijepang,tapi kapan itu terwujud

      Guest
  6. Vixion hebat juga..
    Product jadul,,bulan kemarin dah ditumpuk banyak banget.. sekarang masih laku 9000an.. ngimbangi cb..
    Apalagi kalo besok dah keluar all new vixion.. hati2 cb tuh

    Guest
    • Facelift persemester klo udh kesalip,, Kya anak sekolah, kasian konsumen yg udh beli produk terdahulu ???

      Guest
    • Kok mikirin FBH sih, FBH mah santai, punya duit tinggal beli lg…..

      Emang si kaum tapir biru, beli motor kl bisa ampe ke anak cucu modelnya itu” aj……

      Ngoahahahahahahah???????

      Guest
  7. kalo gitu brarti motor udah nggak laku lagi soalnya honda lebih mengakar di orang awam,transportasi umum makin memadai n lebih diandalkan orang2 kayak dijepang,tapi kapan itu terwujud

    Guest
  8. apa? ms masih dipegang oondah? padahal abidin san sendiri sudah bilang dengan tegas: konsumen sekarang sudah pintar, tidak mau dibodoh-bodohi.

    apa itu calon konsumen pintar? calon konsumen pintar adalah mereka yang sebelum memutuskan membeli:
    1.calon konsumen ini mencari informasi sebanyak2nya dan sevalid2nya, baik dari dunia maya, forum forum diskusi, blog dsb, maupun testimoni pengguna langsung entah itu teman/kerabat yang telah lebih dulu menggunakan produk yang diincarnya
    2.calon konsumen ini melihat dan “menyentuh” langsung serta men-testride produk yang diincarnya secara real
    3.dan yang paling terutama, calon konsumen pintar, bisa memilah dan memilih mana informasi yang benar, dan mana informasi yang tidak benar!

    gak mungkin juga kan, pendapat abidin san di atas adalah salah?

    Guest
  9. wah..warna kuenya kog kebolak balik..yg merah punya yimimi yg biru punya ngahaem…
    ntar ada yg baper nih.. padahl kn warna kebanggan masing2 pabrikan tuh…

    Guest
  10. tak berapa kemudian muncul beberapa ekor beruk yang berdalih, honda menang karena brand yang sudah mengakar!

    jawaban gua sih, situ anak kemaren sore? gua balik tanya, waktu 2009-2010, ms oondiah dan ms yahmamah hampir sama kuat di angka 44 persen-an akibat brand yang sudah kuat? ya enggak lah om, itu artinya ada elastisitas brand/merk di dalam benak konsumen indonesia. fakta!

    sekolah lagi sono yang pinter, biar kalo komen gak keliatan dungu!

    Guest
    • ekekekekek

      kenyataan emng begitu
      masih kemakan brand dr omongan tetangga temen2 ngikut ngikutann….
      dan AHM belum mengenal “Numpuk Dideleer” dan Tim marketing nya masih lugu belum ngekkor gaya marketing Yamaha sejalan dengan Yamaha yg adem ayem …

      hayayayyayaya

      Guest
    • Jualan adem ayem…??

      Jadi fix tiap hari fby makan nasi aking..??
      Krn g peduli laku apa nggak, makanya makin nyungsep melulu..??

      Guest
    • Rdy te blue tamirr….seindah alasanyaa jas jes jos …menang balapp …emang montor harian buat kebut kebutan di jalann …hahaha…

      Guest
  11. Masa kata rdy si pinokio yg udah high tech, 125cece, merk yahomo pula kalah sama teknologi jadul scopy hon yg masih 108cece..???

    Guest
    • Ga usah sm scoopy vroo……

      Lawan revo aj dah…????

      Oia, moped yamaha msh d jual ga sih, yg VEGA DORCE…….

      Abadi d gudang tuh, ckckckckck????

      Guest
  12. cilok – February 11, 2017
    Salah,78℅ orang di sini cm brand,ya namanya jg orang kampung
    ==========
    di atas ane ini adalah contoh beruk dungu yang gak punya malu untuk mempertontonkan ke dunguannya.

    gua kasih fakta ya:

    di sulawesi ada 2 propinsi dimana ms yahmamah mencapai 64 persen pada tahun 2015, artinya yahmamah menguasai pangsa pasar roda 2. pertanyaannya: apakah 2 propinsi tadi masyarakatnya adalah smart seperti klaim fansboy nya? ternyata tidak, boro boro smart, 2 propinsi di sulawesi tadi termasik propinsi dengan tingkat buta huruf paling tinggi di indonesia

    gua gak perlu bilang nama kedua propinsi tadi, sila google sendiri.

    Guest
    • ekekwkwkek

      Tim sewottt yaa brooo

      di belain belan menetakan Market Yamaha ngesave omongan Pak Abidin sampai hingga Sulawesi

      patut kamu ketahui sulawesi pulau Indah gunung lautan komplit mau jalan tinggi sampai terendah dan kamubketahu dr zaman abad lampau Orng Sulawesi sudah bisa bikin kapal Pinisi ..kapal yg diakui global dan termasuk kapal Mewah….Nah lohhh FBH tim Sewott aneh anehh jiannn..

      hahayayayaya

      Guest
    • Tolong gak usah rasis ya mas. Saya keluarga dari Sulawesi. IP sampeyan Mau di acak macam apa aja saya bisa ktm batang hidung sampeyan. Sblm saya tuntut hukum, sampeyan saya getok dulu pake palu gada.

      Guest
  13. ekekekekek

    yaa baguss dong pak Abidin San Memotivasi bahwa kita emng Smart ….
    dr pada kata Margono cs ..kita memenuhi keinginan konsumen tidak melihat langkah kompetitor
    Konsumen yg mana ????
    1. Apa konsumen ingin numpuk di deler
    2. Apa konsumen ingin produknya gagal cacat
    3. apa konsumen ingin produknya bouross bensin
    4. apa konsumen ingin produknya suram
    5. orng tahu sering ikut2 itu mochinn nah AHM persis kayak mochin

    hayayayaya

    Guest
    • Ngabidin si “bos tukang baper” dibilang smart..???

      Smart ya jualan yg bener & laku keras, bukan ngeles akut melulu..??

      Sono sebar brosur yg bener, masa ngbecek tiap hari bukannya laku malah jeblok jualanlu..????

      Guest
    • ekekekekekekek

      dr pada Margogon ” Tukang kibul ” dan Ngelesss
      tukang kibul yaa gitu turun temurun ke bawahannya…
      angka distribusi dibilang angka penjualan

      hayayayayaya

      Guest
    • Angka distribusi banyak ya tandanya motor laku, mana ada motor g laku distribusi ampe 50.000 perbulan..?? ??

      Ah males mbahas si ngabidin, entar baper lagi kaya kemaren kemaren sampe patihnya kena semprot..??

      Guest
  14. kalah sama negara tetangga dmn moge menjamur. kita terjebak turun temurun berkutat di motor cc kecil yg murah. kpn kita jadi negara maju?

    Guest
  15. Mau Nanya para komentator yang budiman …

    Apa yang beli Vixion Kemarin,hari ini.. termasuk Golongan Kaum smart? ???

    Kan udah jelas desas desus di mana mana bakal ada New Vixion yang berubah total.. .. ..??

    Kayakna kurang relevan dibilang smart buyer..

    Guest
    • ekekekekek

      karena sudah jelas Yamaha Vixion gak neko neko pas mantab..
      silahkan muka gile membeli Vixion ditunggu di deler…

      hayayayayayya

      Guest
    • Ahh sorry ya lau..

      Muke Gile nunggu New vixion zaza..

      sapa tau pake USD,banana Crispy,Deltabox pasti,Mesin 155VVA
      …???

      keecuali di diskon 15jt.. boleh lah pertimbangan ..

      EJEKekekek..

      Guest
  16. Nitip saran buat yamaha wak

    Tingkatkan inovasi
    Tinggalkan MESIN jadul
    tingkatkan pelayanan daeler servis
    Pecat SALES PLONGA PLONGO
    Bersihkan FBY FEKOK

    Mungkin akan menaikkan ms waktu yg akan datang

    Guest
  17. mbah darmo kemungkinan akan di pecat dari tim marketing yamaha di karenakan teknik marketingnya yang membuat penjualan yamaha semakin anjlok dan malah memperburuk image yamaha.

    Guest
  18. Kenapa Honda bisa sukses dengan motor matic cc kecilnya?
    menurut pengamatan saya sih motor matic Yamaha Sekarang kualitas sama bagusnya sama matic honda,,,
    tp karena produk Yamaha di masa lalu yaitu Mio karbu itu sendiri yg bikin Yamaha jatuh Ms nya…

    di lingkungan rumah, saudara2 saya itu dulunya fanatik Yamaha…mulai dari Bapaknya sampe dua anaknya pake Yamaha Rx King, Force1, F1zr, Mio Karbu…

    tp begitu Beat injeksi launching, mereka beli satu honda beat dan langsung dibandingin sama Mio karbu…

    Mio karbu boros, pelek gampang rusak, cvt cepet aus nya, dibawa touring gak kuat nanjak, dll…sedangkan beat??biarpun joknya bikin sakit, kabel spidometer gampang putus, spidometer gampang retak2, standar tengah gampang rusak, tp performanya masih lebih bagus dibanding mio karbu karbu…

    jadilah mereka jual itu mio lalu beli, vario 150 2 unit, Supra 125 dan mereka pun ngerasain kalo motor matic Honda lebih baik menurut mereka…

    bayangin ini baru satu kejadian di satu keluarga fanatik motor Yamaha…apalagi di keluarga2 lainnya…

    tugas berat Yamaha itu naikin image Mio series nya kalo mau rebut pasar,,,krna segmen paling laris itu ya kelas matic dek rata cc kecil…

    Guest
  19. Benerkan, Yamaha akhir tahun sengaja maksa ngeluarin stok NVL spy keliatan paling banyak penjualannya ditahun 2016, biar diaku raja sport 2016, Mbeeh … buktinya begitu masuk jan 2017 penjualannya langsung nyungsep kesalip CB,. Jelas itu cuma trik doang spy ga kalah malu kesalip sama si CB.. Trs kemana stok yg diumbar akhir tahun 2016, lakuu …Mbeeeh numpuk nooh di gudang.. Yamaha bego, nggak mikir siapa yg mau beli motor di akhir tahun biarpun ngeluncurin special edition bling-bling yg dibully semua orang, sebiji pun ga pernah liat dijalan. Trs kl udah gini mending dapet nama tp rugi cash flow dan over stock digudang atau jaga stok dan tetep dapat untung seperti yang dilakukan Honda… itulah begonya Yamaha, ga salah MS nya tetep segitu2 aja, krn orang-orang Yamaha berpikirnya TIDAK CUKUP SMART UNTUK MELAWAN HONDA !!!! Sori to say … !! Peace !!

    Guest
  20. Komentar2 disini sudah sangat keterlaluan dan melewati batas wajar. Penyebutan nama seseorang dgn salah dan dgn maksud menjelekan org tersebut. Penyebutan nama hewan yg menurut budaya kita kurang baik. Hingga sikap RASISME terhadap warga Sulawesi yg dilakukan oleh oknum yg bernickname portmanteau & rdy. Saya tegaskan sekali lagi nickname PORTMANTEAU Dan RDY, tolong komentar sewajarnya atau jutaan warga Sulawesi yg akan datang dan mengajari anda cara bicara yg baik.

    Guest
  21. Oh begitu
    Masih beatok yg menjadi raja penjualan ngahaem
    Tak kirain cbr gepeng
    Kok vario digabung” sih kang taufik klo yg 150 penjualanya gimana dibanding dgan nmex

    Kalau vixion mmg setelah facelift terakhir jarang melihat dijalan kota saya. Yg sering dijalanan itu r15 dan cbr150. New Vixiom dan new cb150 hanya bisa dihitung pake korek api kayu

    Guest
  22. 47. Yookee – February 11, 2017
    Komentar2 disini sudah sangat keterlaluan dan melewati batas wajar. Penyebutan nama seseorang dgn salah dan dgn maksud menjelekan org tersebut. Penyebutan nama hewan yg menurut budaya kita kurang baik. Hingga sikap RASISME terhadap warga Sulawesi yg dilakukan oleh oknum yg bernickname portmanteau & rdy. Saya tegaskan sekali lagi nickname PORTMANTEAU Dan RDY, tolong komentar sewajarnya atau jutaan warga Sulawesi yg akan datang dan mengajari anda cara bicara yg baik.
    =======
    tolong copy paste comment gua yang bilang gua merendahkan orang sulawesi, sekali lagi tolong bilang di kalimat mana?

    gua cuma bilang fakta, bahwa di sulawesi ada 2 propinsi yang termasuk propinsi dengan tingkat buta huruf tertinggi di indonesia. itu fakta bos. tidak ada maksud merendahkan samasekali!!! baca baek baek comment gua!!!

    situ sekolah enggak? bisa bedain fakta dengan niat/maksut/comment merendahkan enggak?

    sila lu cek, gua kagak kayak darmo ataw rdy, kalo gua comment pasti pake bukti/fakta!!!

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here