Order GSX-R-S150
jump to navigation

Aprilia Uji Fairing ‘Winglet’ RS-GP di Winter Test Philip Island February 16, 2017

Posted by nugie tmcblog in : Aprillia, motogp , trackback

460x110-indent-now

cengkareng-shop

440x100_tirei

TMCBlog.com – Bro sekalian, disaat berlangsungnya winter test MotoGP bertempat di Philip Island Australia, seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya bahwa pihak Aprilia oleh Romano Albesiano sudah berjanji akan menguji coba paket aerodinamika fairing yang terbaru untuk Sam Lowes dan Aleix Espargaro di mesin RS GP mereka. Pihak Aprilia mengklaim bahwa dengan desain baru itu, dapat menyumbang bantuan downforce sampai 40%, sama seperti winglet namun ini LEGAL bro dari wing ban rule yang efektif mulai diterapkan di tahun ini. Dan per hari ini barulah fairing dengan desain baru tersebut dipakai oleh Aleix (terpantau saat artikel ini terbit) yang boleh dibilang bentuknya RS GP kini mirip dengan RSV4 Superbike massal pabrikan Aprilia. Imho.

Pict by: GPOne.com

Engineer dari Aprilia menilai bahwa, dengan desain yang ada ini tidak merubah banyak efek downforce karena sama dengan titik letak dari tempat pemasangan winglet pada pengalaman selama setahun pada RS-GP versi 2016.

Lalu menurut Romano bahwa adanya ide desain dari fairing RS-GP ini adalah sebuah karya dari pemikiran para insinyur dan staff Aprilia sebagai bentuk interpretasi dari aturan pelarangan winglet. Menurut dirinya, apabila fairing tersebut berhasil di Philip Island maka akan berfungsi juga di trek lainnya sepanjang kalender MotoGP tahun ini. Sebab menurut Romano, PI adalah sirkuit yang cukup sulit dan angin disana cukup kencang (lokasi di pinggir laut soalnya bro).

Dengan demikian Aprilia memilih jalan yang berbeda dengan fat fairing Yamaha, meskipun sama-sama memiliki tujuan untuk menambah downforce dengan cara memasang winglet tersembunyi. Aprilia lebih memilih untuk main aman dengan cara ‘menggantikan’. Maksudnya pada upper side fairing tersebut yang dulunya letak sepasang sirip namun kini diganti menjadi semacam tunnel untuk menambahkan downforce.

Tahun lalu ada #WingletWatch , tahun ini sepertinya akan perang desain fairing ya. Tapi perlu diingat, peraturan terbaru membatasi untuk masing-masing pebalap hanya diperbolehkan sebanyak satu kali untuk meng-update desain fairing selama satu musim balapan. Jadi gak bisa sembarangan update tiap seri dengan model berbeda.

Nugie TMCBlog

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

EnglishHindiIndonesianJapaneseSpanishThaiVietnamese

Comments»

1. udinsastro - February 16, 2017

Muncul beneran nih sayap sayap (winglet) baru

2. Dodi - February 16, 2017

Pertamax

jimoo - February 16, 2017

pling bgus sih hrc fairingnya bersih dr inovasi..
masih kalem dg gaya lama…

3. Batman - February 16, 2017

weee sereeeem

4. Hendry - February 16, 2017

Semoga lebih seru tahun ini, Aprilia sudah mulai bejaban dengan pabrikan Jepang!

5. Ardiantoyugo - February 16, 2017

Wahahaa… Beneran pada mikir gimana cara ubah fairing…

6. bark - February 16, 2017

kok jadi aneh yaakkk…
di coak coak gitu..
wkwkwk

7. mas abdi - February 16, 2017

Smart ini idenya.. terus efek ke kecepatan gimana wak haji?

nugie tmcblog - February 16, 2017

Fokusnya ke downforce bro. Tapi soal efeknya pada top speed atau saat menikung sih udah diperhitungkan matang2 oleh engineer. Saya gak tau detilnya persis

8. shiro - February 16, 2017

apa nggak ganggu aerodinamic motor di straight tuh?

nugie tmcblog - February 16, 2017

Gak ganggu pastinya. Kan sudah di test terlebih dahulu di wind tunnel. Proses R&D nya makan waktu bro, pasti presisi perhitungannya

freakeinstein - February 16, 2017

Kalo menurut gw pasti ngaruh (sorry om nug…)
Tp spt om nugie bilang “pabrikan pasti sudah memperhitungkan”
Makanya f1 d zona drs, wing belakang d buka untul ngurangin donwforce sehingga bisa lebih kencang
inget ngurangin downforce, bukan d tiadakan, sebab kalo tidak ada downforce grip akan hilang

9. zika - February 16, 2017

jadi gak sabar nih pengen liat seri perdana nanti di losail sirkuit, qatar

10. dave - February 16, 2017

para engineer masing2 pabrikan kenapa ga ngurusin ecu aja ya bro?
kan dulu2 ga pada pake winglet ga pengaruh gt,,
gara2 ecu masing2 uda pada pinter,, cmiiw,,
sekarang kenapa lebih milih pusing pikirin fairing gt?
kalo dapet algoritma buat down force di ecu kan bs gt,, cmiiw ya

skidrow - February 16, 2017

Ya kan skrg udah unified software ECU gan

nugie tmcblog - February 16, 2017

1. ECU gak berefek ke downforce.
2. Adanya pembatasan beberapa variabel di software yg buat motor kurang canggih. Beda dr tahun 2014 dan sebelumnya akibatnya sering mengalami wheelie. Gejala wheeli itu yg di eliminir dgn winglet/fairing baru tsb.

11. Muke Gile - February 16, 2017

Apa dengan fairing ini bisa masuk 10 besar buat A.espargaro..?

12. Arko - February 16, 2017

Saya spendapat. Persis kayak Mr. Suppo. Soal aero sepertinya agak trlalu berlebihan. Entah cuma saya yang merasa bahwa penmbahan aero merusak estetika dari motor. Atau mungkin karena belum terbiasa melihatnya. Tapi ya entahlah, kita hanya penikmat balapan yang mengingingkan balapan yang kompetitif. 🙂

arai - February 16, 2017

liat saja kedepannya hrc ikutan lebay atau gak.

13. lemon - February 16, 2017

Air Ram nya kayak SUZUKI GSX 150 R.

14. freakeinstein - February 16, 2017

Hm… komen gw d artikel fairing yamaha diaminin aprilia

15. jimoo - February 16, 2017

apa gk mlh ngurangi downforce tuh..??
mlh angin ngalir plong ke blkng.??
di bndingkn yg normal fairing angin lbh bnyk terdorong keatas…

16. creed - February 16, 2017

bang, racing suitnya beda ya sama sepatu dan sarung tangan merknya??

17. trabas - February 16, 2017

terlihat koyok gabungan YZF-R1 2009 karo Ninja ZX-10R, imho, cmiiw

18. Ncex - February 16, 2017

Apa ini salah satu resep aprillia sudah mulai kompetitif? Bahas dong wak ttg pabrikan satu ini hehe

nugie tmcblog - February 16, 2017

Boleh

19. ongolongol - February 17, 2017
20. sgb - February 17, 2017

Wak, jaman Aprilia pas era 900cc perasaan juga bikin kaya gini di RS Cube-nya. Itu beda apa sama ya



%d bloggers like this: