TMCBlog.com – Bro sekalian, seperti sobat semua ketahui tmcblog bulan ini membali satu unit motor bekas dari seorang teman SD . . satu Unit Motor Honda Astrea Grand Impressa Pertama 1997 . .

Keadaan Motor saat pertama Kali hadir boleh dibilang banyak PRnya silahkan cek saja di artikel terdahulu . . . mesin sih masih bisa diajak kerja buktinya itu Motor masih sanggup berjalan dari daerah cibubur Jakarta timur ke Bogor  . . Namun beberapa detail baik di body, kaki kaki, suspensi dan mesin masih banyak yang perlu diganti . . ini jelas memberikan excitement sendiri buat tmcblog . . udah lama ngutek ngutek di motor baru terus, kangen sama motor jadul  . . . berikut ini adalah Video sebelum restorasi :

dan restorasipun dimulai.

Langkah pertama adalah menginventarisasi apa saja yang harus diganti . . dan ternyata setelah diinventarisasi  . . lebih mudah menyebutkan hal hal yang tidak diganti dari pada part part yang harus diganti . . banyak mas broooo . . . so part part yang tidak diganti adalah . ..

  • Mesin dan sasis, termasuk standar tengah dan samping
  • kabel gas dan rem
  • headlamp, stoplamp, lampu sen, dan kelistrikan
  • body belakang kiri kanan
  • tutup aki dan baterai kiri kanan
  • dasi tengah ( hanya di modifikasi)
  • handle ban belakang
  • ban dan velgnya
  • Suspensi depan
  • spatbor depan bagian belakang dan tengah
  • mesin fuelmeter, lampu lampu indikator pada spedometer

Selain itu semua diganti  . ..  dan diusahakan menggunakan Honda genuine part ( HGP) , kalo nggak ketemu minimal part dari astra otopart/ aspira . . . proses pembelian ada di toko part terdekat seperti Kawan motor bogor di jalan mawar atau pun mayoritas beli Via Online store .. .  proses pemesanan dan pengumpulan part pengganti membutuhkan waktu 2 pekan lamanya . . .

Setelah terkumpul . . jadi deh proses restorasi dilakukan . .. Body body walaupun tulisan striping sudah berumur tetap tmcblog pertahankan karena itu adalah ‘tanda dari kelahiran’ motor ini . . awalnya sayap kiri dan kanan mau dipertahankan , namun akhirnnya tidak bisa karena lobang lobang murnya sudah banyak yang pecahhhh . ..  jadi diganti sepasang sayap HGP yang ‘ndilalah sudah ada tulisan Honda Astrea Grand Impressa nya . . mantabbb

Prosesnya boleh dibilang tmcblog kerjakan sendiri, mulai dari ngutak ngatik elektronik di speedometer, sampai diluar rencana seperti bongkar komstir karena harus membawa T bawah ke tukang las untuk membuang baut yang patah hehehe . . . mulai dari ngelap ngelap sasis yang berdebu .  . sampai sedikit sedikit memilox agar kelihatan kinclong hitam . ..

Dan akhirnnya jadilah Si Aki sudah pakai baju dan perlengkapan baru . . . sebenarnya Motor ini adalah Motor 1997 which is nggak pakai rak depan . . namun biar lebih manis dan fungsional, rak depan yang biasannya hadir di Astrea Prima dan Astrea Grand tahun awal 91-92 dipakaikan juga di Grand Hitam ini . . .

Hal hal lain yang belum terjamah adalaah bagian mesinnya, terlihat sudah ada suara suara mendengung, sepertinya mungkin ada part transmisi yang sudah haus . . namun sambil mengunggu overhaul mesin, sementara pekan lalu si Aki sudah Masuk Ke AHASS untuk di tune up dan ganti Oli dengan Oli Khusus buat moor motor tua yakni AHM Oil MPX 3 yang Viskositasnya kental  . . .

Untuk selanjutnya silahkan sobat sekalian bisa lihat di Video dan galeri foto . . Semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

38 COMMENTS

  1. Wak Haji, kalo boleh tau habis berapa buat restorasinya? Ane punya beberapa bangke bebek honda jadul di gudang. Kalo gak mahal2 amat mu ikutan restorasi juga nih. Makasih sebelumnya wak.

    Guest
  2. Harga part yg harus diganti lebih mahal dprd harga motor nya y wak??hehehe,,,tp ada kepuasan tersendiri yg tdk bisa diukur dgn uang yg dikeluarkan,,iya kan wak???mantappp wiss

    Guest
  3. Jadi inget tetangga saya sekitar tahun 2000 beli motor grand warna striping hijau atau biru gitu, harga 11jt dan dlu liatnya udah wow haha sekarang masih ada kyanya tuh motor, tp kondisi ya bnyak yg kurang karena dipake angkut hasil panen wkwk

    Guest
  4. Cakep wakkk secara ini kualitas Honda federal masih asli dan awet kualitas jempolan, kalau buatan ahaem menyedihkan wakkk

    Guest
  5. kalo ane punya astrea star 1996 gila bener buatan honda FEDERAL , mesinnya buandel tenan, walaupun body udah kiwir2 , tarikannya gak ada matinya

    Guest
  6. menarik…

    Om Taufik.. Gimana kalo motor retorasi para pembaca blog ini juga sesekali di muat artikel TMCblog.. mantap itu..(saran aja)

    Guest
  7. 3. saiful – February 24, 2017

    Gila nihh sampai setelan rantai dibelikan yg ori HGP punya….

    Setelan rantai buat arm gepeng kan masih ada. Supra fi 125 sw kan armnya masih gepeng. Apa yang anda maksud tutup rantainya???

    Guest
    • Mungkin maksudnya cover rantainya kaya model suzuki cristal gitu bahannya plat besi, btw mulus cui motornya, kl ada yg beli tinggi lepas aja sih menurut gw..

      Guest
  8. Adik saya punya 3 motor grand bulus. 1 untuk ke sawah(dikampung) 1 untuk ke pasar, 1 yg paling bagus buat klo kondangan saja.

    Guest
  9. Lagi jaman restorasi..
    Skrg mulai dr club oeloeng, V75, RC100, sampek RX King sering wara wiri di jalan…

    Tak lekang oleh waktu…

    Guest
  10. Keren kang, sedikit saran, jari jari velgnya sebaiknya diganti, pakai partsnya HGP juga atau federal, kinclong abis. Dan sepertinya standard tengah sudah kurang jag jag, mending ganti juga, ngga berapa mahal kok.

    Guest
  11. Ya ampuun bikin inget waktu dulu lulus sekolah dasar pulang kampung di Cilacap malem2 taun 2000 dianter Uwa jalan-jalan nyari bakul mie ayam. Malem-malem gelap di Adipala belum masuk listrik orang-orang pada ngumpul di rumah tetangga nonton TV pake aki. Saking gelapnya itu Astrea Grand klo lewat terang banget, pohon dulu masih rimbun sih.
    Sekarang dibanding lampu yg lain ya udah samar, kalo yg apik tuh si pelek pasti pada kinclong

    Guest
  12. Duh wak, saya jd inget motor guru saya waktu SD tahun 2000-2006. Motornya persis begitu, tapi gk tau tahun brp. Entah sekarang msh ada atau gk

    Guest
  13. Wak Haji Ganti papan tulisan spedometer grand dmn ya?
    cari-cari susah banget yang ori..punya saya sudah buram nih..

    Guest
  14. Cara moles bodi supaya kenceng dan kinclong gmn ya min? Soalnya aku punya grand dan masalah yang blm bisa ditangani cuma bunyi dari bodi motor yang pastinya sangat mengganggu. Mohon pencerahan

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.