Pict: instagram @mhmdarvin @onespeedshop

TMCBlog.com – Malam ini sedang iseng exploring Instagram, dan langsung terhenti karena melihat foto dua buah KTM RC390 dengan knalpot balap dan sudah sangat jelas sedang berada di Sentul. Diunggah oleh @onespeedshop sebagai akun instagram resmi produsen knalpot ternama, WRX, yang menjadi supplier knalpot kedua RC390 tersebut. Sepertinya masih dalam tahap riset knalpot masbro, karena terpantau ada dua model knalpot pada model motor yang sama. Nah, menurut saya ini pasti ada kaitannya dengan ajang KTM RC Cup Asia yang akan dimulai pertengahan tahun ini. Potensi KTM RC390 sih gak main-main, dengan bekal 1 silinder dan sasis teralis, performa RC sebanding dengan rival Jepangnya dimarket Eropa dan Amerika. Lalu sejauh mana persiapan KTM untuk ajang RC Cup Asia?

Pebalap KTM RC Cup yang mewakili Indonesia adalah M. Reihan dan Erry Permadi dan sudah melakukan sesi latihan demi percepat adaptasi dengan tunggangannya serta mencari-cari seting terbaik untuk melawan rival pebalap lain se-Asia. KTM RC Cup Asia yang saat akhir bulan Januari lalu secara resmi diumumkan di sirkuit Sepang, Malaysia adalah ajang perjenjangan regional dan sekaligus menjadi step pertama sebelum ke jenjang internasional yang pasti level persaingannya lebih tinggi.

Ini agenda serius loh, sampai-sampai KTM mengutus Jeremy Mcwilliams, sang veteran MotoGP yang terlibat proyek Aprilia RS3 sejak 2002 silam, untuk menyukseskan agenda KTM sebagai Advisor gelaran . Jadi kalau kalian merasa KTM terjun di semua kelas MotoGP dan supporting class nya full factory team itu untuk menyaingi Honda, yup kalian benar masbro. Lah ini sampai dibuat kelas kadet buat menjaring bibit pebalap lebih luas lagi. So, kalau Honda punya Asia Talent Cup, si orange punya KTM RC Cup Asia!

RC390 nggak sengaja versus CBR250RR ???

Kembali ke motor, KTM itu terkenal dengan konsistensinya meracik motor yang Ready To Race. Apa saja motor keluaran KTM itu genrenya siap diajak balap. Bagi saya, KTM RC cuma butuh sedikit ‘sentuhan’ supaya makin kental aura balapnya, dan itu yang terpantau pada motor yang dipakai selama latihan di Sentul tersebut. Windshield besar, ban slick, knalpot racing, single seat kit jadi starter pack untuk turun ke trek.

Pict by: instagram @mrx_photograph

Sebelumnya KTM RC sering terpantau ikut fun race dan hasilnya bisa sampai ke podium. Padahal lawan-lawannya mesin 2 silinder tuh dan terakhir kabarnya sang KTM RC masih minim ubahan balap. Ya namanya juga balapan road race masbro, bukan cuma keunggulan mesin saja yang jadi kunci kemenangan.

Saya jadi tidak sabar mau lihat aksi pebalap di RC Cup Asia nih, apalagi ada wakil dari Indonesia nih. Jadwalnya nanti akan TMCBlog share masbro.

Nugie TMCBlog

tmcblog youtube channel
TMC ADS

12 COMMENTS

  1. Koq KTM ga ngambil pebalap yg sedikit lebih muda kyk A.M Fadli, atau kenapa tidak ngambil sekalian Rafid Topan aja, kan dy seangkatan M.Reihan

    Guest
  2. Rc390 di track yg banyak tikungan bisa kejar CBR600. 1 silinder bisa bersaing dgn 4 silinder lumayan aneh juga nih motor.

    Guest
    • Menurut ane tergantung rider kali ya bro, toh juga beda bobo jauh 2 motor itu, apa lagi kl ngomongin corner skill, you need more practice, kalo geber motor lintasan lurus anak alay juga bisa. Kalo misalnya sama2 lari 190 an trus sama2 late brake, saya secara pribadi lebih memilih rc 390 drpd moge, yaaa.. kaya cbr 150 vs gsxr150 beda berat beda banyaknya tenaga yg di keluarin untuk jinakin motor di tikungan, simplenya gitu

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here