TMCBlog.com – Selamat malam bro sekalian, dari Hard Rock Cafe Pacific Place Jakarta saya Nugie melaporkan event launching resmi dari Honda CMX500 Rebel atau yang beken disapa Rebel 500. Motor ini terus terang mengingatkan saya dengan sosok Sportster, tapi dengan cita rasa desain overal tetep khas Jepang. Hehehe.. salut buat desainer Honda. Rebel 500 ini diproduksi di Thailand, so statusnya adalah completely build up di pasar Indonesia. Honda mendesain Rebel terbaru ini berdasarkan pada karakter para penggemar big bike yang memiliki jiwa berani dan buat biker yang ingin mengekspresikan identitas individual serta menyukai kebebasan. Nah, kebebasan berekspresi disini bisa kalian tuangkan dalam bentuk memodifikasi/mengkustom si Rebel ini masbro. Memang beneran gampang buat dimodifikasi deh.

Setelah saya perhatikan dengan seksama secara langsung, Rebel 500 ini lebih condong kepada motor style Bobber. Kenapa lebih kepada Bobber ketimbang cruiser? Riding position Rebel sedikit lebih ‘sigap’ dengan footstep yang tidak terlalu ditempatkan di depan area motor. “Jadi posisi rider lebih natural dan stang juga cukup pendek sehingga rider merasakan kenyamanan pada Rebel 500” ujar Koji Sugita san. Oh iya, seat height Rebel cukup pendek sekitar 69 cm saja. Jadi buat rider setinggi 160-an sentimeter seperti saya sangat nyaman untuk dipakai harian.

Saat ngobrol-ngobrol santai bersama Sugita san disela-sela acara launching Rebel tadi, informasi yang TMCBlog terima cukup banyak. Pertama soal mesin, karena masih berbasis mesin Honda paralel twin 500 series (seperti CB500F, CBR500 dan juga CB500X) spesifikasi mesin masih sama dengan sibling-nya. Yang membedakan hanya pada settingan map ECU, profil camshaft dan juga final gear ratio. Rebel ini fokus pada tenaga di putaran rendah sampai ke tengah, wajar karena Rebel 500 punya genre berbeda dengan 3 saudaranya.

Lalu seperti yang kita tahu soal varian Rebel, diluar negeri dipasarkan 2 jenis Rebel yaitu Rebel 500 dan Rebel 300. Ketika ditanya soal Rebel 300, Sugita san merespon bahwa hampir mustahil untuk menjual Rebel 300 cc di Indonesia karena pajak yang sangat tinggi untuk motor sekelas 250-300 cc. Tapi bukan tidak mungkin kedepan akan ada Rebel 250 dengan basis satu silinder dari old CBR250R. Kenapa gak pakai mesin CBR250RR sekalian? Beda jati diri masbro, mesin paralel twin CBR250RR menurut Sugita san didesain untuk performa dan teknologi tinggi. Jadi kurang cocok jika disematkan kepada Rebel karena filosofi dari motor bobber Honda ini modern minimalis.

Yang unik dari Rebel 500 ini kunci kontak dan kunci stang nya terpisah. Mengingatkan kepada Honda CB gelatik jaman dulu nih. Pada Rebel, kunci stang ada di sebelah kanan sedangkan kontak untuk hidupkan motor ada di sisi kiri.

Lalu motor ini punya ukuran ban yang gendut, dengan rim ukuran 16 inci di kedua roda, dibungkus dengan ban tebal membuat Rebel khas dengan aura bobber. Pengereman pakai Nissin masbro depan belakang. Sokbreker depan ukuran 41 mm dengan travel 140 mm sedangkan dibelakang pakai double sokbreker kekar. Cakep bener deh.

Untuk sementara itu dulu yang bisa saya sampaikan dari event peluncuran Rebel. Nantikan berita detil dari Honda Rebel 500 selanjutnya di TMCBlog.com, soalnya motor ini patut untuk dipantengin, ganteng, beda dan customable. AHM membuat strategi bagus pada Rebel ini, memenuhi line-up Big Bike sekaligus terjun di segmen yang terbilang baru untuk pasar Indonesia. Salam.

Nugie TMCBlog

43 COMMENTS

  1. Mantaf jiwa raga n rock n roll bingit mang
    https://bikermendowan.wordpress.com/2017/03/17/honda-rebel-500-yang-rock-n-roll-abezzz/

    Guest
  2. Assalamualaikum kang taufik, ada kabar terbaru kah tentang motor konsep honda CX-02 yang sempet dipamerin di india ?

    Guest
  3. Classic moge…mantap broo kira kira kl dijual di negeri ini mungkin harganya bakalan selangit..hehe.. Tp kl duitnya ada si nggak masalah..

    Guest
  4. Ya kalo anak muda pake motor 147 jutaan

    Kalo anak muda tajir ya mampu wak, kalo anak muda alay, mentok pake sonic atau satria fu, minta vixion aja ngamuk ngamuk ke orang tuanya paksa kredit 5 tahun upping price

    Guest
  5. CB500X punya komponen dan fitur jauh lebih ramai. Dan sanggup terabas berbagai medan.
    Calon pembeli kena tipu. Saya tidak paham maksud Honda di sini.

    Guest
    • Beda atuh kang, kaya bandingin CRF 250 rally sama CBR 250 R single silinder. Sama mesinnya beda peruntukan. Bahkan antara CRF250L sama CRF 250 rally beda juga pernak perniknya

      Guest
    • Maksudnya:
      Saya tdk paham dgn Honda DALAM MENENTUKAN HARGANYA (dibandingkan dgn CB500X).

      Guest
  6. Lumayan, cuma masih tetap tertarik ke rc390, wak ada info kapan rc390 versi 2017 masuk? Ga sabar naik kelas, pake duke 200 oprek dikit dah mantap pengen nyicipin rc390 pake ktm powerpart.

    Guest
  7. Honda CMX500 Rebel… Motor Bobber untuk Anak Muda Yang Berjiwa Bebas!

    Kalo harganya, Anak Muda juga kah?
    Wkwkwkkwkw

    Guest
  8. knpa gk bkin yg 150cc ,basis mesin Cb150 ,,wahh mantap tuh,,motor sport mulu bosen wakkk.. skali” jd pionir, jgn ikut”n mulu.. cmiwwww…

    Guest
  9. Kl liat model emang bagus dan kl pake mesin 250cc malah itu yg dtggu2 konsumen indonesia. Dg mesin twin sbnarnya lbih baik krn ini yg diinginkan konsumen wlpun rada krg pas. Mau gmn lg itulah konsumen kita. Seharusnya honda bljar kegagalan cbr 250, dulu mereka jg ngotot mesin 250 terlalu kecil utk 2 silinder. Mereka membuktikan kl cbr 250 single gagal total.

    Guest
  10. Dulu sempat ada Phantom 150, sibling nya NSR150SP/new RR.. Mesin kayak NSR tapi bentuknya chopper..

    Sekarang ada Rebel, mesin sama kayak sport CBR500 bentuknya chopper jg

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here