TMCBlog.com – Bro semua, hari ini Sabtu 18 Maret 2017 merupakan seri perdana Indospeed Race Series atau IRS di musim 2017. Sebuah event yang cukup besar dengan status kejurnas, meskipun terhitung tahun ini hanya 2 kelas saja yang menyandang statua kejurnas dari total 8 kelas yang dilombakan. Kelas tersebut adalah Kejurnas 150 dan Kejurnas 250 yang diisi oleh pebalap top Indonesia seperti Hendriansyah, Harlan Fadhillah, Immanuel Pratna dan lainnya. Diselenggarakan di sirkuit internasional Sentul Jawa Barat di tengah guyuran hujan cukup deras, team-team baru mantap menunjukkan performa terbaik mereka, semua pebalap tampil maksimal meskipun cuaca kurang mendukung jalannya balap siang tadi. Adalah Richard Taroreh dan Willy Hammer yang membesut R series mampi tampil apik di masing-masing kelas kejurnas bersama Yamaha.

Richard Taroreh

Pebalap asal Papua Barat, Richard Taroreh yang tergabung di tim Yamaha Yamalube Jasti Putra FDR NHK 549 Kaboci Racing Team ini mendominasi babak QTT serta race 1 kelas kejurnas 150. Sejak awal memang tampil kuat sejak awal race, bersaing sengit dengan Gupita Kresna daei team Yamaha Yamalube PT. MJB Swallow Nissin KYT KYB Borneo, hingga silih berganti memimpin race. Namun berhasil diatasi Richard dengan gap finish yang tipis yakni 0.114 detik antara keduanya.

Hasil Kejurnas Sport 150

“Saat race 1 tadi lihat waktu saat QTT cuma selisih 2 detik. Awalnya mau coba kabur dari rombongan, tapi tidak bisa karena trek basah, terpaksa main aman mundur ke tengah untuk menjaga kondisi mesin. Baru saat 2 lap terakhir Saya coba untuk ke depan dan berhasil finish pertama. Sempat bertarung ketat dengan Gupita. Motor Saya lebih unggul di tenaga atasnya mas, sementara motor Gupita power bawahnya lebih unggul. Jadi pas keluar tikungan motor dia lebih cepat keluarnya, sedang motor Saya unggul di trek lurus.” Jelas Richard Taroreh.

Willy Hammer

Sementara di kelas Sport 250 cc, Wilman Hammar dengan Yamaha R25 mampu ungguli Rafid Topan dan juga Immanuel Pratna. Willy, sapaan akrab Wilman Hammar, yang bernaung di team Yamaha Yamalube NHK IRC Nissin DID NGK Bahtera ini menang atas kedua pembalap tersebut di race 1 Kejurnas 250 cc dengan gap yang sangat tipis.

Sejak awal balap memang saya berhasil menempel Imanuel dan Topan, cuma gak bisa nyalip karena gir-nya gak sampai. Tadi pakai ukuran gir untuk kondisi hujan, soalnya kalau girnya dipanjangin bisa ketinggalan power mesin, jadi mau gak mau Saya korbanin di putaran atasnya. Dari sesi latihan sampai race, saya terus mencoba mencari settingan gir yang tepat. Akhirnya pada saat race saya memilih untuk menggunakan perbandingan gir yang lebih ringan. Ini mungkin akan membuat saya kalah di trek lurus, namun saat keluar tikungan, saya bisa lebih cepat. Saya sudah mencoba sejak lap-lap awal untuk ke depan, tapi belum mampu, jadinya saya coba fokus di lap terakhir. Dan ternyata berhasil menang tipis dari Topan.” Ungkap Willy.

Selisih waktu Wilman Hammar dengan Rafid Topan cuma 0.009 detik Bro, dan berhasil mendahului di detik-detik terakhir menjelang bendera finish dikibarkan.

Hasil Kejurnas Sport 250

Demikian yang bisa TMCBlog sampaikan, satu yang dinantikan yakni kehadiran Astra Racing dengan Honda CBR250RR nya di seri 2 nih. Salam masbro.

Nugie TMCBlog

 

97 COMMENTS

    • Harap dimaklumi memang sejatinya pembalap dari honda ALL NEW CBR150R ingin main aman,dikarenakan ban tidak bisa menghandle tenaga CBR150R yg screamer.
      Terlalu liar,apalagi saat hujan.

      Tapi melihat si Lele wadon harap dimaklumi,sesuai dengan habitatnya yg basah dan jg faktor mesin yg inferior tidak bertenaga,sehingga sang pembalap pede

      Guest
    • Harap dimaklumi memang sejatinya pembalap dari honda ALL NEW CBR150R nggak Level CBR meladeni kelas marjinal SOHC, DOHC CBR itu sekelas kaum eliteee, motornya klo kena aspal lokal jadi alergi batuk batuk terus protol, apalagi hujan… bisa kena kurapan catnya brubah warna

      Guest
    • Honda masih langganan posisi 12-13 wak?…cbr250rr mana? …kenceng aja nggak cukup toh? …perlu motor yg bagus di semua lini ..ya handlingnya
      .ya powernya..ya akselerasinya …semua masih didominasi R25

      Guest
    • kalah ya rob?? DOHC banci emang bisa apa ??!!!! real DOHC tu sebelah . logo S bukan sayap ke ef ci

      Guest
    • Bukti bahwa motor bagus ngak cuma lebih kenceng dikit pake mode sport +. Segala …silahkan cbr250rrrrr keluarin dah sport+++ buat jabanin R25 di sentul kalo berani.

      Guest
  1. Mantap R15 v2 masih cukup kuat di event balap IRS ini.. Berharap ada 3 motor pabrikan terbaru dibawah mas nugie/ wak haji :

    -CBR150R (DOHC near square/ overstroke)
    -GSX R150 (DOHC overbore)
    -R15 v3 155 (SOHC overstroke + vva)

    Pengennya sih lihat sama2 standart, tapi sampe kapan juga gak ada event balap resmi yg bakal nyelenggarain hal itu ya wak haji/ mas nugie.. Hehe cmiiw

    Guest
    • Herannya yg beli cbr250rr kagak liat dulu fakta p14 ini …yg ada di otak mrk perasaan jumawa bhw cbr250rr motor superior tak terkalahkan ..R25 dianggap motor inferior …fakta di sirkuit sentul berbicara lain woyy

      Guest
    • Ya ga semua orang beli motor motor patokannya hasil race..juara race mas..banyak hal lain..mas taulah senagai irang smart

      Guest
  2. Untung saja hujan deras si cbr150 bisa juara 3 kalau balapannya kering ane jamin cbr150 balik ke posisi terbaik no. 14

    Guest
  3. Cbr 250 dah terkencing2 dengar raungan r25.makanya lemes duluan.
    Cbr 150 yg ribuan taun ikut balap malah di injek r15.Cuma di congor fbh mesin honda itu kuat

    Guest
    • dan cuman di congor sales fby saja yang bilang motor yamaha standar mammpu membalap honda…
      kalo udah racing ya beda lagi bro..
      tapi ya begitulah semua sudah realitanya..

      Guest
    • Casnan govlok. Balapan koq minta nya kondisi std. Gak sekalian tu std tengah dipasang?? Spion juga?? Lu mikir pake dengkul sih. Biasa ugal-ugalan di jalan raya.
      Balap profesional ya sekalian nguji kualitas material suatu produk. Kuat gak buat puluhan lap digeber rpm maksimal?

      Guest
    • Trae fbh otake do goblok kabeh.
      Sales tebar brosur sok ngerti mesin.
      Makane sinau ben ngerti honhon ki motor bosok

      Guest
    • Justru real teknologi apakah benar- benar kencang atau tidaknya ya di race. Jadi pada kenyataannya teknologi yang menang itulah yang terbaik. Kalo sama2 standard ,pabrikan juga ngejar durabilitas. Dan yang keluar terakhir harusnya punya fitur dan power yang lebih baik karena ada parameter pembanding. Kalo keluar terakhir dan power kalah ya insinyur nya harus di keplak!

      Guest
    • coba penulis gali lebih dalam kepada Bambang Gunardi, komandan Indospeed Motorsport selaku promotor penyelenggara IRS 2017 yang diklaim sudah berjalan selama 7 tahun dan memang konsisten mengembangkan balap sport di tanah air. Pak Bamang Gunardi ini pemain senior dunia balap tanah air dan kerap menjadi juri di level balap MotoGP.

      “Soal tidak ikutnya Honda di Kejurnas Sport 250 cc, memang patut disayangkan. Honda memang ingin regulasi standar pabrik seperti di balap Asia. Menurut ilustrasi saya, idealnya yang baru datang menghormati yang sudah datang lebih dahulu. Yamaha sudah bermain 2 tahun dan kita juga mengakomodir masukan Honda dengan piston dan magnet standar pabrik, “terang Bambang Gundardi saat dihubungi langsung penulis.

      “Kenapa tidak mencoba bertarung dulu ? Kenapa takut ? Balapan itu suatu proses dan sebuah tantangan. Soal Honda ini, memang betul saya butuh sponsor mereka, tapi kita juga punya harga diri dan tidak mau ditekan. Kita harus menangkap aspirasi semua yang terlibat, “tambah Bambang Gunardi. Lebih lanjut, ada pula sebuah ilustrasi lagi dari penulis. Paling tidak, hal demikian memperjelas fenomena ini.

      Minggu lalu, tepatnya pada Sabtu malam (11 Maret), ada dua mekanik yang bersamaan melakukan dyno-test di padepokan Creampie Jogjakarta, yaitu Mlethiz MBKW2 dan Gendut GDT Racing. Jadi bersamaan ya. Kalau naik ke mesin dynonya pasti bergantian. Mereka mendyno YZF-R25 dan CBR250RR. Intinya, memang ada perbedaan signifikan sehubungan horse power (HP).

      YZF-R25 sementara ini unggul sekitar 4-6 HP dari Honda CBR250RR. Itupun bisa lebih jika dibanding keluaran tenaga R25 Syahrul Amin yang disebut Gendut GDT lebih tinggi. Sampai saat ini, Honda CBR250RR memang tenkendala part racing pendukung, belum lagi urusan riset kompresi dan sebagainya.

      “ECUnya memang belum ada, mas. Padahal sangat penting, “tukas Mlethiz MBKW2 saat bertemu penulis dalam momen pengukuran dyno tersebut. Merujuk pada kenyataan tersebut diatas, diprediksi kuat, perfoma Honda CBR250 RR belum mampu bersaing dengan Yamaha YZF-R25. Dan memang regulasi Kejurnas Sport 250 di Indonesia justru stratanya jauh lebih tinggi dibanding Asia Road Racing Championship 2017 (ARRC 2017) yang notabene dominan standar pabrik

      Intinya simpulkan sendirilah

      Guest
    • Mantaf nih bro sandal jepit …kalo koment tuh kayak bro ini ..menyajikan data & fakta …koment cerdas & bermanfaat …tdk spt koment fbh kronis spt mateo dkk yg cuma mampu menghujat yamaha motor buosok (piye faktanya R25 mampu tercepat meliuk2 lincah menakhlukkan sirkuit sentul

      Guest
  4. Gen CBR itu gen motor sayur dari kelas balapan dunia mau kelas 150cc, 250cc sampai 1000cc cuma motor ayam sayur.

    Chiken pok pok pok

    Guest
  5. Buat yg ributin 5 cc di New R15 VVA

    Yang sohc jadul overstroke 150cc Yamaha ngak pernah takut balapan national Dan international ngak pernah Minta pembedaan regulasi walau cuma 1 cam tidak mewekan walau lawan sudah DOHC 2 cam Dan yg katanya DOHC punya potensi lebih kalau udah full oprek tambah ngaciir katanya.

    Inilah gilanya Yamaha yg DOHC 150cc saja Masih dilawan tanpa ampun di sirkuit manapun Oleh sohc jadul overstroke 150cc. Dan hasilnya kejuaraan national disapu bersih podium Oleh sohc overstroke jadul 150cc.
    Dikejuaraan national 150cc di Malaysia baru-baru ini pun sohc menguasai juara 1 Dan 2 lewat MX King Dan no. 3 Baru Supra GT-R. Padaha joki Supra GT-R adalah pembalap juara ARRC 600cc 2016 dengan segudang pengalaman. Bukti mesin SOHC gaharr siap melibass DOHC manapun ditempat sirkuit manapun.
    ARRC tahun 2017 dipertandingkann kelas Baru 150cc mass-product. Dan SOHC overstroke 150cc gaharr akan ikutan meramaikan.

    Kenapa yg katanya DOHC 150cc kasta tertinggi malah mewekan dengan hadirnya SOHC VVA 155cc. Kalau memang DOHC 150cc hebat buktikan menang dikejuaraan balapan national Dan international . no mewekan.

    Guest
    • Sotau lu cung
      Ilmu cetek koar soal mesin ekekekekk

      Buktinya DOHC ALL NEW CBR150R adalah dohc paling berpower dan torsi terbesar saat ini,apalagi saat mesinnya menganut screamer engine yg mana powernya meledak2 liar.
      Melihat trek yg basah tidak mungkin untuk menggeber motor dengan tenaga liar,makanya pembalap honda main aman.

      Knp Lele sohc ora laku bisa podium?
      Sesuai habitat ikan lele yg basah dan mesinnya seperti matic tidak bertenaga dan lemotttt,makanya masih aman main trek basah.

      Salam King of Sentul and MS

      ALL NEW CBR150R

      Guest
    • Harap dimaklumi memang sejatinya pembalap dari honda ALL NEW CBR150R nggak Level CBR meladeni kelas marjinal SOHC, DOHC CBR itu sekelas kaum eliteee, motornya klo kena aspal lokal jadi alergi batuk batuk terus protol, apalagi hujan… bisa kena kurapan catnya brubah warna.

      Buktinya DOHC ALL NEW CBR150R adalah dohc paling berpower dan torsi terbesar saat ini (versi robby… sudah di test pake dino… merek dinosaurus) ,apalagi saat mesinnya menganut screamer engine yg mana powernya meledak2 liar. (versi robby …. mesin liar… pantesan mesin dikandangi pake tralis, takut teriak teriak (screamer) terus protol, klo ada kandangnya protolnya aman (ada didalam) takutnya protolnya kececer di jalanan kan repot, pas dinaikin sampe rumah si robby motor tinggal stang sama ban

      Guest
    • @Robby
      owhh C*R power bengis Screamer yg power cuman 14Hp itu ya vrohh???
      maaf nih wak jadi ikut²an nimbrung.. gemes soalnya ane lihatnya hehe

      Guest
    • Robby t bego apa cengoh si, emng lu tau mesin screamer t ap,? Cbr150r ko d bilang msin screamer, mkanya yg pake t otaknya bkan dengkulnya,

      Guest
    • Robby fbh akut kronis yg nggak bisa melihat fakta cbr150r diasepin r15 dari taon ke taon ..abangnya cbr250rr jg lunglai tak berdaya ..kalah gesit di sentul

      Guest
    • Klan Cbr bertahun2 keok lawan r15 & r25 …kini hadir cbr250rr mencoba menekan panitia spt kata bro sandal jepit ..krn nggak dituruti cbr250rr keder & ciut vs r25 , fakta & data berbicara di sentul

      Guest
    • cbr cuman tes the water boss . sekarang ini honda jepang sedang melakukan riset Honda Verza RR ( verza pake fairing ) untuk pelawan tanguh r15 secara mesin sudah mengganut SOHC yang kencang putaran bawah , kalo cbr kan bener kata bang Robby mesinnya DOHC yang screamer itu kencengnya hanya akan terjadi apabila sudah menyentuh HIGH RPM sedangkan sirkuit yang dipakai balap pun kurang panjang untuk mengkail potensi CBR sejatinya , maka demi itu lah r15 plonga plongo bisa santai terlebih dahulu hingga Honda Verza RR turun balap melawan R15 . wait n see saja boss

      Guest
    • bener banget, tenaga liar. 17ps gitu lohhh … liar drpd perza , bingson, thunder, gl max , gl pro , Mega pro , Supra , wakakaa
      #geli degernya m sumpah . LIAR ?? 17HP cung?? kkk

      Guest
  6. gk seru klo gk bnyk brand yg ikut…jngn alasan lg lg fokus ikut arrc .,..ymha jg ikut arrc bs kok ikut irs jg….mmg sngt d sygkn ….smpai kpn tkut head to head…masak tkut jualn gk lku krna efek race….ayolh honnda..ms mu udah 80 persen…!! ramaikn buat tontonn yg mnariklhhh.

    Guest
  7. Blog sebelah bilang wajar , pake part racing soalnya .penasaran ntar kalo cbr 250 rr yg menang di arrc apa masih bikin artikel aneh2x lagi

    Guest
    • Percuma berroo.. iyain aza warung sebelah memang gitu selalu timbul ini itu ,andaikan,bila,demikian ,dan ,lain2 .
      Ngoahahahaha…

      Guest
    • Ya betul, blog sebelah agak nganu apa gimana ya. Lah wong motor buat balap ya pasti smua udah full korek, tp ko artikelnya kesannya cuman motor Yamaha aja yg dikorek. Motor honda malah ga disinggung.

      Guest
    • Kalo ada yang masalahin part racing ya kebangetan. Namanya juga race!! Intinya teknologi yang menang itulah yang terbaik di race. Tapi belum tentu juga di harian. Tapi kalo di race ya harus kencang, dan yang kalah berarti teknologi yang digembor-gemborkan tidak sesuai.

      Guest
    • terserah mw ngomong apa….sblh keliatan bgt pnggiringn opini…berita kyk d buat buat…..gk kyk tmc apa adanya…

      Guest
    • Disinilah bijaknya yamaha ..tidak menggembar gemborkan siapa yg terkencang di jalan raya..itu sangat tidak mendidik & berbahaya , nyawa rider/ nyawa org lain taruhannya
      Untuk membuktikan yg terbaik sesungguhnya ya di sirkuit , full protect more safety priority

      Guest
    • Disinilah bijaknya yamaha ..tidak menggembar gemborkan siapa yg terkencang di jalan raya..itu sangat tidak mendidik & berbahaya , nyawa rider/ nyawa org lain taruhannya.
      Untuk membuktikan yg terbaik sesungguhnya ya di sirkuit , full protect more safety priority

      Guest
  8. Level CBR itu sekelas kaum eliteee, motornya klo kena aspal lokal jadi alergi batuk batuk terus protol, apalagi hujan… bisa kena kurapan catnya brubah warna

    Guest
    • Iah bener gan dijemur/kehujanan ditempat parkir gampang berubah warna. Ini motor paling jelek kualitas materilnya….sering dibawa sprint cepet ancur tuh mesin, apalagi olinya federal atau ahm….kaki kayak dioven mesin motor (panaaasss)

      Guest
    • Sayangnya real calon konsumen kurang menahami mana motor kualitas terbaik sesungguhnya ..honda sangat masiv beriklan di tv, di media, di blog papan atas penggiringan opini..sehingga calon konsumen terkecoh ..dikira honda kah motor kualitas terbaik

      Guest
    • Sayangnya real calon konsumen kurang memahami mana motor kualitas terbaik sesungguhnya. ..honda sangat masiv beriklan di tv, di media, membentuk tim swat, di blog papan atas rutin penggiringan opini..sehingga calon konsumen terkecoh ..dikira honda kah motor kualitas terbaik

      Guest
  9. gsx 150 blm ikut yaa?? overborenya ngeriii..calon lwn spdan r15…mngkin klo cbr pke yg versi overbore thai…bisa jbnnin r15…syg mesin udh oke kok di bkin overstrokeee!!!! jg sistem cams bkn dohc murni lngsng nonjok kyk gsx,..blunder ahm nih. .

    Guest
  10. Ane lupa cibi2 itu DE O HA CE ya,ane tidak terima,ini berita palsu,HOAX ,pokok nya cibi2 yg juara,harus ada balap ulang, cibi2 tetap terkencang sejagat raya, mesin super DE O HA CE,WK WK

    Guest
  11. Fbh pada kabur …dari pada baca artikel bikin kecewa mending sebar brosur di lampu merah…wk wk

    Guest
    • Biasa kelakuan fkutang..balap kalah, lari ke MS…
      Sudah terbukti. Ya, kan? Ya, kan??
      Ngoahahaha…

      Guest
  12. masing masing punya kelebihan ternyata….
    yang satu hebat di jualan.. padahal kualitas…hmmm
    yang satu hebat di balapan… ga ngaruh juga ke MS..
    yang satu menuju bangkit…. dengan senjatanya yang baru..

    semua sepertinya udah ada kodratnya…

    Guest
  13. masing masing punya kelebihan ternyata….
    yang satu hebat di jualan.. padahal kualitas…hmmm
    yang satu hebat di balapan… ga ngaruh juga ke MS..
    yang satu menuju bangkit…. dengan senjatanya yang baru..

    semua sepertinya udah ada kodratnya…

    Guest
  14. Sohc gahar ngebul ternyata mampu tempeleleng dohc cengeng…kata blog sebelah yamaha ga ori meainnya banyak yg di rubah katanya (ngakak) namnya balap (Racing) semua juga ga ori atuh kuyaaaaaaa begitu juga motor produk ahm

    Guest
  15. Casnan March 18, 2017 at 20:46
    hahaha… yang harusnya sebar brosur itu sampean…. lihat noh MS mu berapa?

    reply : 😅😅😂😂 tuh kan hmmm udah kuduga jurus pamungkas brojol clo udah tersudut dan ngomong soal Race ngoahahahahaha… MS lg MS lg… dasar sales kacung lu tongg 😂😂😂😂

    Guest
  16. Pertinyiinyiii kapan ya sesembahan ngepbeha menang lawand R15? bosen yahmama juara trus ekekekekek.. kasi nafaslah buat Kambingers cebongker Biar gak kabur bikin OMR dagelannnn ngiahahahahahaha upsss 😅😅😅😅😂😂😂😂

    Guest
  17. di blog andalanku gus tri sempet nyinggung jg Race Asia Sp 150 underbone… MX king Dihadapkan Dngn Supri GeTeRrr nah lohhh… katanya mongstorrr adventure kogh malah diturunin balap?? knp bkn Sosis soycin melambai 178 daya Tai kucing yg jd lawan MX king? 😂😂😅😅 ada yg tau??? tuh kan udah kuduga cuman gimmick Ngoahaemprettt Kibul yg tak lekang oleh congorrrr ngoahahahaha gak jauh beda ma ketololan ngepkutanggg bh

    Guest
  18. Ah ini mah balapan guyon balapan setingan mana ada lele dumbo sohc dan tukang recal 2x juara, ah setingan nih setingan kaya artis yg menang award hahaha

    Guest
  19. Tinggal menunggu kemenangan di Motoprix.

    Setelah mendapat peningkatan BAN-PT dari Akreditasi C ke Akreditasi A. Eh salah, peningkatan status kejuaraan daerah ke Kejuaraan Nasional sejak 2016.

    #Salam Satu PEMIKIRAN 😀

    Guest
  20. Vote yamaha lah, walopun ane bukan penggemar yamaha, supaya honda berbenah, bosen liat hasil race yamaha semua, dan bosen juga liat hasil market share honda semua

    Guest
  21. Aduhhh ketawa gak habis-habis. DOHC honda paling berpower dan menganut screamer.

    Itulah kenapa sebagian orang mengatakan sales dan fanboy nya sering membodohi konsumen 😂😂😂

    Guest
    • Yoi…gw juga ngakak guling2 salto 3x.
      Ngomong screamer gak ngerti artinya & cara kerjanya.
      Fixed fkutang kumpulan sales dongo

      Guest
  22. ekekekekek

    Maluuuuuuuu Coyyy pakai Produk HONDA.

    Pengin dijual Nego aja HONDA …

    memaluuuuukannnn koar koarnya selangitttt..

    hayayyayaya

    Guest
  23. Balapan kudu standar ???? Kenapa ga lu minta bikin kelas OMR ngondah aja ke indospeed beres perkara..
    OMR 250cc cbr250r
    Jadi ada 2 kelas nantinya
    Kelas 250cc tune up dan kelas OMR 250cc ngondaaaah..
    Untuk hari ini pikiran saya berubah soal cbr250r, di harian begitu kencang..tp ketika ikut race takut, apakah material mesin yg lembek takut protol ???
    Terbukti buatan AHM dan Honda thai itu beda jauh..jauh berkualitas produk2 honda thai..

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here